Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 156793 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: BPP Perhumas Bidang Komunikasi, 2004
659.2 PER
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
F. Kristiartono
"ABSTRAK
Tugas akhir ini secara deksrtptif membahas mengenai segala keglatan dan
strategi yang dijalankan oleh Indosat. Lebih khusus lagi, tugas akhir ini
mengungkap peranan divisi Public Relations Department Indosat dalam
membangun dan memelihara hubungan jangka panjang yang harmonis dan saling
pengertian dengan para pubilk demi menjaga reputasi perusahaan sebagai
perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia.
Sebagai perusahaan yang mengutamakan usahanya pada pemberian jasa
telekomunikasi Internasional di Indonesia, Indosat selalu berupaya untuk
memantapkan perannya sebagai pemimpin pasar (market leader) di Indonesia.
Semakin ketatnya persaingan, konvergensi teknologi dan aliansi global
adalah sebagian dari perkembangan yang mewarnai dunia pertelekomunikasian.
Kemampuan dalam mengantisipasi segala bentuk perkembangan yang terjadi
dalam dunia pertelekomunikasian merupakan kunci keberhasilan bagi Indosat. Hal
ini mencerminkan kemampuan Indosat dalam bersaing di pasar terbuka sekaligus
mencerminkan pula kesiapan Indosat untuk tumbuh menjadi perusahaan
telekomunikasi kelas dunia.
Indosat telah bertekad untuk terus mengupayakan hasil yang terbaik
sebagaimana yang diharapkan oleh para publik khususnya para pelanggan dan
pemegang saham. Untuk tujuan itulah Public Relations Department memainkan
peranan yang cukup vital bagi Indosat. Public Relations Department sebagai
pihak yang bertanggung jawab dalam membangun dan memelihara hubungan
jangka panjang yang harmonis dan saling pengertlan dengan publik-publik yang
dihadapi oleh Indosat, yaitu karyawan, pelanggan, investor, pemerintah, media
massa dan masyarakat umum. Sehingga dengan demikian, reputasi Indosat
sebagai perusahaan yang memiliki kinerja yang baik dapat tetap konsisten di mata
para publik dan dapat terus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.
"
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luthviana Riannisa Astari
"[ ABSTRAK
RINGKASAN EKSEKUTIF Analisis Situasi1 Kampus Update merupakan sebuah bisnis rintisan yang bergerak di bidang jasa promosi informasi bagi anak muda melalui media online 2 Kampus Update sulit menjalankan operasi bisnisnya karena tidak memiliki pendapatan finansial yang tetap setiap bulannya Minimnya pendapatan finansial Kampus Update diindikasikan dengan minimnya jumlah kerjasama beriklan yang berhasil disepakati bersama antara Kampus Update dan kliennya Hal ini disebabkan minimnya pengetahuan klien akan jasa yang ditawarkan Kampus Update dan pengelolaan hubungan dengan klien yang kurang maksimal 3 Kampus Update memerlukan sebuah program komunikasi yang dapat membangun reputasinya sehingga mampu membuat target khalayaknya mengetahui lini bisnis Kampus Update dan mau menjalin kerjasama dengan Kampus Update Program komunikasi ini diwujudkan dalam bentuk Program Komunikasi Cyber PR TujuanProgram komunikasi Cyber PR bertujuan membangun reputasi Kampus Update sehingga khalayak sasaran bersedia bekerjasama atau beriklan dengan Kampus Update sehingga pada akhirnya Kampus Update dapat memperoleh pemasukan finansial yang tetap setiap bulannya SasaranSasaran program komunikasi 1 Membangun pengetahuan mengenai lini bisnis Kampus Update kepada khalayak sasaran sebanyak 80 dalam setahun2 Membangun ketertarikan khalayak sasaran terhadap hal hal seputar kerjasama yang dapat dilakukan antara pelanggan dan Kampus Update sebanyak 60 dalam setahun3 Membangun hasrat kerjasama para khalayak sasaran sebanyak 40 dalam setahun4 Membangun reputasi Kampus Update sebagai sebuah bisnis yang dapat memfasilitasi kebutuhan khalayak sasarannya Sasaran bisnis 1 Meningkatkan pengetahuan mengenai lini bisnis Kampus Update kepada target khalayak sebanyak 80 dalam setahun2 Meningkatkan ketertarikan target khalayak terhadap hal hal seputar kerjasama yang dapat dilakukan antara pelanggan dan Kampus Update sebanyak 60 dalam setahun3 Meningkatkan hasrat kerjasama para pelanggan sebanyak 40 dalam setahun4 Meningkatkan pembelian produk jasa Kampus Update oleh pelanggan sebanyak 20 dalam setahun Strategi1 Implementasi Search Engine Optimization SEO akun Kampus Update2 Optimalisasi Search Engine Marketing SEM akun Kampus Update3 E Customer RelationsKhalayak Sasaran1 Perusahaan atau organisasi yang berpotensi menjadi klien baru Kampus Update2 Perusahaan atau organisasi yang pernah menjadi klien KampusPesan KunciKampus Update merupakan media online terbaik di Indonesia yang dapat memfasilitasi kebutuhan kliennya dalam mempromosikan kegiatan dan program yang berkaitan dengan anak muda Taktik1 Taktik untuk strategi Implementasi SEO akun Kampus Updatea Revitalisasi profil akun twitter facebook fanpage dan instagram Kampus Updateb Revitalisasi konten About Us di situs Kampus Updatec Pembuatan artikel online di situs Kampus Update dengan menggunakan indeks kata kuncid Pembuatan blog Kampus Update 2 Taktik untuk strategi Optimalisasi SEM akun Kampus Updatea Kerjasama dengan akun media sosial twitter rekanan sebagai linking assistanceb Kerjasama dengan blog rekanan sebagai linking assistance 3 Taktik untuk e Customer Relationsa Menjalin komunikasi dengan klien yang sudah pernah bekerjasamab Menjalin komunikasi dengan calon klien baruJadwalJanuari ndash Desember 2015AnggaranRp 2 000 000 EvaluasiMetode evaluasi yang digunakan adalah metode input output dan outcome

ABSTRACTEXECUTIVE SUMMARY Situation Analysis1 Kampus Update is a startup business that provides services in information and promotion for youth through online media 2 Kampus Update had difficulties in doing their business services due to no fixed financial income per month Lack of this financial income was indicated by lack of advertising cooperation between Kampus Update and the client This was caused by the lack of awareness that the clients had regarding the services that Kampus Update provides and the lack of customer relationship management from Kampus Update team 3 Kampus Update needs a communication program in order to build its reputation so it can build the awareness of their target publics about those services and finally cause them to be interested in cooperating in terms of advertisement This program planning is in the form of Cyber PR communication program GoalsCyber PR communication program rsquo s goals is to build Kampus Update rsquo s reputation so it bring clients will deal the advertising cooperation with Kampus Update so finally it can make Kampus Update gain the fixed financial income per month ObjectivesCommunication Program Objectives 1 Building the knowledge about Kampus Update rsquo s business services to the target publics by 80 in a year 2 Building the interest with the target publics in terms of cooperation that can be done between Kampus Update and the clients by 60 in a year 3 Building target publics rsquo desire to do the cooperation by 40 in a year 4 Building Kampus Update reputation as a business which can facilitate their target publics rsquo needs Business Objectives 1 Raising the knowledge about Kampus Update rsquo s business services to the target publics by 80 in a year 2 Raising the interest with the target publics in terms of cooperation that can be done between Kampus Update and the clients by 60 in a year 3 Raising clients rsquo s desire to do the cooperation by 40 in a year 4 Raising the number of the cooperation dealt with the clients by 20 in a year 5 Strategies1 Implementing Search Engine Optimization SEO by Kampus Update account 2 Optimizing the use of Search Engine Marketing SEM by Kampus Update account 3 E Customer RelationsTarget Publics1 Companies or organizations which are potential in being Kampus Update rsquo s next clients 2 Companies or organizations that have been Kampus Update rsquo s clients before Key MessageKampus Update as the best online media in Indonesia that can facilitate the clients in promoting the events and programs for young people Tactics1 Tactics for implementing the use of SEO by Kampus Update account rsquo s strategya Revitalizing the profile of Kampus Update rsquo s twitter account facebook fan page and instagram b Revitalizing the content of About Us in Kampus Update rsquo s website page c Creating online articles in Kampus Update rsquo s website page by using index d Creating Kampus Update rsquo s official blog 2 Tactics for optimizing SEM by Kampus Update rsquo s account rsquo s strategy a Partnering with similar twitter accounts as the linking assistance b Partnering with similar blogs as the linking assistance 3 Tactics for E Customer Relations rsquo strategya Communicating with the clients that have been partnering with them before b Communicating with the new potential clients TimelineJanuary ndash December 2015BudgettingRp 2 000 000EvaluationThe evaluation method used is the method of input output and outcome ;EXECUTIVE SUMMARY Situation Analysis1 Kampus Update is a startup business that provides services in information and promotion for youth through online media 2 Kampus Update had difficulties in doing their business services due to no fixed financial income per month Lack of this financial income was indicated by lack of advertising cooperation between Kampus Update and the client This was caused by the lack of awareness that the clients had regarding the services that Kampus Update provides and the lack of customer relationship management from Kampus Update team 3 Kampus Update needs a communication program in order to build its reputation so it can build the awareness of their target publics about those services and finally cause them to be interested in cooperating in terms of advertisement This program planning is in the form of Cyber PR communication program GoalsCyber PR communication program rsquo s goals is to build Kampus Update rsquo s reputation so it bring clients will deal the advertising cooperation with Kampus Update so finally it can make Kampus Update gain the fixed financial income per month ObjectivesCommunication Program Objectives 1 Building the knowledge about Kampus Update rsquo s business services to the target publics by 80 in a year 2 Building the interest with the target publics in terms of cooperation that can be done between Kampus Update and the clients by 60 in a year 3 Building target publics rsquo desire to do the cooperation by 40 in a year 4 Building Kampus Update reputation as a business which can facilitate their target publics rsquo needs Business Objectives 1 Raising the knowledge about Kampus Update rsquo s business services to the target publics by 80 in a year 2 Raising the interest with the target publics in terms of cooperation that can be done between Kampus Update and the clients by 60 in a year 3 Raising clients rsquo s desire to do the cooperation by 40 in a year 4 Raising the number of the cooperation dealt with the clients by 20 in a year 5 Strategies1 Implementing Search Engine Optimization SEO by Kampus Update account 2 Optimizing the use of Search Engine Marketing SEM by Kampus Update account 3 E Customer RelationsTarget Publics1 Companies or organizations which are potential in being Kampus Update rsquo s next clients 2 Companies or organizations that have been Kampus Update rsquo s clients before Key MessageKampus Update as the best online media in Indonesia that can facilitate the clients in promoting the events and programs for young people Tactics1 Tactics for implementing the use of SEO by Kampus Update account rsquo s strategya Revitalizing the profile of Kampus Update rsquo s twitter account facebook fan page and instagram b Revitalizing the content of About Us in Kampus Update rsquo s website page c Creating online articles in Kampus Update rsquo s website page by using index d Creating Kampus Update rsquo s official blog 2 Tactics for optimizing SEM by Kampus Update rsquo s account rsquo s strategy a Partnering with similar twitter accounts as the linking assistance b Partnering with similar blogs as the linking assistance 3 Tactics for E Customer Relations rsquo strategya Communicating with the clients that have been partnering with them before b Communicating with the new potential clients TimelineJanuary ndash December 2015BudgettingRp 2 000 000EvaluationThe evaluation method used is the method of input output and outcome ;EXECUTIVE SUMMARY Situation Analysis1 Kampus Update is a startup business that provides services in information and promotion for youth through online media 2 Kampus Update had difficulties in doing their business services due to no fixed financial income per month Lack of this financial income was indicated by lack of advertising cooperation between Kampus Update and the client This was caused by the lack of awareness that the clients had regarding the services that Kampus Update provides and the lack of customer relationship management from Kampus Update team 3 Kampus Update needs a communication program in order to build its reputation so it can build the awareness of their target publics about those services and finally cause them to be interested in cooperating in terms of advertisement This program planning is in the form of Cyber PR communication program GoalsCyber PR communication program rsquo s goals is to build Kampus Update rsquo s reputation so it bring clients will deal the advertising cooperation with Kampus Update so finally it can make Kampus Update gain the fixed financial income per month ObjectivesCommunication Program Objectives 1 Building the knowledge about Kampus Update rsquo s business services to the target publics by 80 in a year 2 Building the interest with the target publics in terms of cooperation that can be done between Kampus Update and the clients by 60 in a year 3 Building target publics rsquo desire to do the cooperation by 40 in a year 4 Building Kampus Update reputation as a business which can facilitate their target publics rsquo needs Business Objectives 1 Raising the knowledge about Kampus Update rsquo s business services to the target publics by 80 in a year 2 Raising the interest with the target publics in terms of cooperation that can be done between Kampus Update and the clients by 60 in a year 3 Raising clients rsquo s desire to do the cooperation by 40 in a year 4 Raising the number of the cooperation dealt with the clients by 20 in a year 5 Strategies1 Implementing Search Engine Optimization SEO by Kampus Update account 2 Optimizing the use of Search Engine Marketing SEM by Kampus Update account 3 E Customer RelationsTarget Publics1 Companies or organizations which are potential in being Kampus Update rsquo s next clients 2 Companies or organizations that have been Kampus Update rsquo s clients before Key MessageKampus Update as the best online media in Indonesia that can facilitate the clients in promoting the events and programs for young people Tactics1 Tactics for implementing the use of SEO by Kampus Update account rsquo s strategya Revitalizing the profile of Kampus Update rsquo s twitter account facebook fan page and instagram b Revitalizing the content of About Us in Kampus Update rsquo s website page c Creating online articles in Kampus Update rsquo s website page by using index d Creating Kampus Update rsquo s official blog 2 Tactics for optimizing SEM by Kampus Update rsquo s account rsquo s strategy a Partnering with similar twitter accounts as the linking assistance b Partnering with similar blogs as the linking assistance 3 Tactics for E Customer Relations rsquo strategya Communicating with the clients that have been partnering with them before b Communicating with the new potential clients TimelineJanuary ndash December 2015BudgettingRp 2 000 000EvaluationThe evaluation method used is the method of input output and outcome , EXECUTIVE SUMMARY Situation Analysis1 Kampus Update is a startup business that provides services in information and promotion for youth through online media 2 Kampus Update had difficulties in doing their business services due to no fixed financial income per month Lack of this financial income was indicated by lack of advertising cooperation between Kampus Update and the client This was caused by the lack of awareness that the clients had regarding the services that Kampus Update provides and the lack of customer relationship management from Kampus Update team 3 Kampus Update needs a communication program in order to build its reputation so it can build the awareness of their target publics about those services and finally cause them to be interested in cooperating in terms of advertisement This program planning is in the form of Cyber PR communication program GoalsCyber PR communication program rsquo s goals is to build Kampus Update rsquo s reputation so it bring clients will deal the advertising cooperation with Kampus Update so finally it can make Kampus Update gain the fixed financial income per month ObjectivesCommunication Program Objectives 1 Building the knowledge about Kampus Update rsquo s business services to the target publics by 80 in a year 2 Building the interest with the target publics in terms of cooperation that can be done between Kampus Update and the clients by 60 in a year 3 Building target publics rsquo desire to do the cooperation by 40 in a year 4 Building Kampus Update reputation as a business which can facilitate their target publics rsquo needs Business Objectives 1 Raising the knowledge about Kampus Update rsquo s business services to the target publics by 80 in a year 2 Raising the interest with the target publics in terms of cooperation that can be done between Kampus Update and the clients by 60 in a year 3 Raising clients rsquo s desire to do the cooperation by 40 in a year 4 Raising the number of the cooperation dealt with the clients by 20 in a year 5 Strategies1 Implementing Search Engine Optimization SEO by Kampus Update account 2 Optimizing the use of Search Engine Marketing SEM by Kampus Update account 3 E Customer RelationsTarget Publics1 Companies or organizations which are potential in being Kampus Update rsquo s next clients 2 Companies or organizations that have been Kampus Update rsquo s clients before Key MessageKampus Update as the best online media in Indonesia that can facilitate the clients in promoting the events and programs for young people Tactics1 Tactics for implementing the use of SEO by Kampus Update account rsquo s strategya Revitalizing the profile of Kampus Update rsquo s twitter account facebook fan page and instagram b Revitalizing the content of About Us in Kampus Update rsquo s website page c Creating online articles in Kampus Update rsquo s website page by using index d Creating Kampus Update rsquo s official blog 2 Tactics for optimizing SEM by Kampus Update rsquo s account rsquo s strategy a Partnering with similar twitter accounts as the linking assistance b Partnering with similar blogs as the linking assistance 3 Tactics for E Customer Relations rsquo strategya Communicating with the clients that have been partnering with them before b Communicating with the new potential clients TimelineJanuary ndash December 2015BudgettingRp 2 000 000EvaluationThe evaluation method used is the method of input output and outcome ]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
TA-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Mulyaningrum
"Perkembangan Bank di Indonesia saagat pesat, dari masa kejayaan bank, masa krisis ekonomi, kemudian sekarang bangkit lagi. Demikian juga yang terjadi pada BD, setelah merger dengan Sembilan bank dan keluar dari BPPN, maka BD yang sekarang telah berubah dengan meningkatkan kinerja karyawan, serta meluncurkan logo baru beserta visi dan misinya pada bulan Augustus 2002. Untuk mendukung hal itu, maka humas BD mempunyai strategi komunikasi dalam membangun citra perusahaan kepada khalayaknya.
Penelitian ini melihat upaya-upaya humas BD dalam membangun strategi komunikasi citra perusahaan.
Metode penelitian ini menggunakan kajian diskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi kasus dari Bank Danamon di Jakarta. Metodologi kualitatif sebagai prosedure penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dengan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. (Bogdan and Taylor, 1975 5). Dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan, penelaahan dokumen, dan data yang lain untuk menguraikan suatu kasus secara rinci, dapat dilihat apa yang telah dikerjakan humas BD dalam membangun citra perusahaan, maka sesungguhnya penelitian ini juga bersifat penelitian evaluatif dampak (akhir).
Dalam penelitian ini yang dijadikan unit analisisnya adalah humas BD, sedangkan unit observasinya individu. Informasi didapat dari humas BD, karyawan BD, nasabah BD dan wartawan.
Hasil wawancara dan pengamatan mendapatkan bahwa citra sebuah bank berhubungan erat dengan kepercayaan. Diperlukan waktu yang lama untuk membentuk sebuah citra perusahaan. Citra akan teriihat atau terbentuk melalui proses penerimaan secara fisik (panca indra) masuk ke saringan perhatian (attention filter) dan dari situ menghasilkan peran yang dapat dimengerti atau dilihat (perceived message), yang kemudian berubah menjadi persepsi dan akhirnya citra (M.Wayne de Lazier, 1976: 44). Dari hasi penelitian ini didapat kesimpulan bahwa citra BD sudah positif difihat dari publik internal maupun publik eksternal.
Saran dari peneliti adalah citra BD yang positif perlu dipertahankan dan dimaintain, karena perbankan erat hubungannya dengan kepercayaan. Begitu kepercayaan nasabah terhadap suatu bank menurun, maka untuk memulihkan kepercayaan tersebut sukar sekali."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T12195
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susaningtyas Nefo Handayani
"Setelah Polri memisahkan dirinya dari ABRI sebagai lembaga yang mandiri, berusaha memperbaiki citra dan kinerjanya sebagai salah satu aparat penegak hukum, yang memiliki jati diri dan profesionalisme dengan membawa visi dan misinya. Namun perubahan yang diharapkan menghadapi kendala yang besar khususnya citra buruk yang telah melekat selama ini dan berpengaruh terhadap upaya Polri dalam mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.
Fungsi strategi dan manajemen kehumasan bagi Polri diharapkan mampu dan efektif dalam mengembalikan citra dan kepercayaan masyarakat serta merumuskan, menjabarkan, mengkomunikasikan visi dan misi Polri baik secara internal maupun eksternal Polri.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan manajemen humas Polri dalam membangun citra Polri khususnya fungsi Polri, sebagai pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat.
Untuk melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan metode yang bersifat deskriptif dan kajian secara kualitatif yaitu berusaha menggambarkan atau menjelaskan mengenai strategi dan manajemen humas Polri. Metode pengambilan data ataupun pengambilan informasi dilakukan dengan wawancara mendalam (depth interview) terhadap informan (key person) yang menjadi subjek dari penelitian ini agar mendapatkan informasi aktual. Informan yang dimaksudkan tidak hanya dari pimpinan Polri tetapi juga melibatkan unsur masyarakat luar. Selain itu juga pengambilan informasi dilakukan dengan menggunakan studi literatur sebagai data sekunder. Hasil peneltian disajikan dalam bentuk naratif (life story).
Secara umum dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa sejauh ini strategi dan manajemen kehumasan Polri dalam membangun citranya sebagai aparat penegak hukum belum begitu berjalan sebagaimana mestinya, karena masih banyak faktor-faktor penghalang yang menghambat fungsi dan tugas humas kepolisian dalam membangun citra tersebut. Di samping itu pemahaman konseptual dan operasional kehumasan baik ditingkat pimpinan sampai ke bawahan belum sepenuhnya benar sehingga komitmen yang diberikan kepada pelayanan masyarakat masih dirasakan belum seoptimal seperti yang diharapkan masyarakat selama ini.
Disarankan kepada pihak Polri untuk memperbaiki strategi dan manajemen kehumasannya dan bila diperlukan dapat meminta bantuan dari ahli komunikasi agar citra kepolisian lebih baik dimata masyarakat."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T10907
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Catherina
"Kajian terhadap kinerja public relations Hotel Horison dalam mengubah citra korporasi, berangkat dari pemikiran bahwa dalam persaingan bisnis dewasa ini, citra korporasi sangat menentukan sukses atau tenggelamnya suatu usaha. Hal ini sudah terbukti pada banyak kasus, termasuk Hotel Horison sendiri pada tahun 1981 hingga tahun 1986. Citra Hotel Horison ketika itu identik dengan hotel judi dan pusat kemaksiatan. Akibatnya kineria hotel merosot tajam, yang tercermin dari tingkat penghunian kamar hanya 15 persen, sehingga membuat perusahaan hampir bangkrut.
Pemahaman yang clipergunakan untuk mengamati fenomena citra dalam konteks bisnis ialah, citra dapat dibentuk dan dapat juga direkayasa. Hal ini merujuk pada hasil. Studi public relations yang menyebutkan, semua organisasi dan perusahaan sudah memiliki citra. Persoalannya,apakah citra itu seperti yang diinginkan, atau baru sekedar fantasi.
Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran strategi persuasi dalam menelaah kineria public relations Hotel Horison dalam mengubah citra. Dengan kerangka pemikiran tersebut, ditemukan bahwa empat dari lima strategi persuasi telah dilaksanakan dengan baik oleh public relations Hotel Horison.
Di sisi lain, kinerja public relations Hotel Horison dalam mengubah citra ternyata mendapat tanggapan positif darl masyarakat/konsumen. Hal ini dibuktikan melalui metode Focus Group Discussion (FGD) yang digunakan dalm tesis ini. Sebagian besar menyatakan bahwa apa yang dilakukan selama ini sudah berada di jalur yang benar. Artinya, citra Hotel Horison sebagai hotel keluarga terlihat, dirasakan dan dinikmati. Namun demikian, masyarakat/konsumen tetap berharap agar upaya yang telah berhasil dicapai dapat dipertahankan dan ditingkatkan. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurunnisa Paquita Syech Abu Bakar
"Penelitian ini mengkaji strategi Public Relations (PR) dalam membangun citra Lembaga Legislatif, khususnya Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dilatarbelakangi rendahnya kepercayaan publik terhadap DPR, seperti yang ditunjukkan oleh berbagai survei opini publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Humas dalam membangun citra positif DPR RI serta media komunikasi yang digunakan. Teori yang digunakan meliputi Public Relations, Excellence Theory, dan konsep citra. Dengan paradigma post-positivisme, penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi kasus tunggal tertanam. Subjek penelitian meliputi kepala biro humas, kepala biro pemberitaan, dan wartawan eksternal. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, didukung dengan data sekunder dari jurnal, artikel, dan buku yang kemudian diverifikasi melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Public Relations DPR RI lebih berfokus pada pengelolaan informasi kelembagaan daripada membangun citra publik secara menyeluruh. Meski Demikiran, DPR RI memiliki beberapa strategi komunikasi untuk memperbaiki citra lembaganya, seperti program parlemen remaja, parlemen kampus, dan pemanfaatan media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Namun, penerapan Excellence Theory dalam praktik kehumasan DPR RI menghadapi tantangan seperti keterbatasan partisipasi dalam pengambilan keputusan strategis dan kurangnya keselarasan harapan dengan pimpinan puncak. Upaya membangun citra positif DPR RI juga dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan kontrol atas narasi media, rendahnya keselarasan harapan dengan pimpinan puncak.

This study analyzes the Public Relations (PR) strategies employed in building the image of the Indonesian House of Representatives (DPR RI), given the low public trust in the institution according to opinion surveys. The research focuses on the strategies and media used by the DPR RI Public Relations Office. Using a post-positivism paradigm, the study employs a qualitative single embedded case study approach. Research subjects include the head of the PR office, head of the press bureau, and external journalists. Primary data were collected through interviews and observations, complemented by secondary data from journals, articles, and books. The findings reveal that DPR RI's PR function is more oriented towards managing organisational information rather than enhancing the overall public image. Nevertheless, DPR RI employs several communication strategies to improve its institutional image, such as youth parliament programs, campus parliament initiatives, and the use of social media platforms like Twitter, Facebook, and Instagram. However, the application of the Excellence Theory in DPR RI's PR practices faces challenges such as limited participation in strategic decision-making and a lack of alignment in expectations with top leadership."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Putu Hendra Sanjaya
"ABSTRAK
Tesis ini membahas manajemen kehumasan pada instansi pemerintah dalam
membangun kredibilitas atas perubahan peran dan fungsi organisasi. Humas
Pemerintah idealnya mempunyai kedudukan strategis yang memberikan
keleluasaan dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Humas yang modern dan
dinamis.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dan berbasis
studi kasus. Hasil Penelitian menunjukkan pada prinsipnya menajemen
kehumasan di BPKP masih berada dalam area penyampai informasi kepada
publik, belum berperan dalam pengambilan keputusan strategis di dalam
organisasi. Peningkatan pemahaman akan ilmu komunikasi di pemerintahan
sangatlah penting, agar kegiatan kehumasan yang dilakukan berada dalam koridor
ilmu dan praktek public relations.

ABSTRACT
This thesis discusses the PR management in government institutions for
developing credibility at the time of organizations change. Government PR ideally
has a strategic position to provide flexibility in carrying out the duties and
functions as a modern and dynamic PR.
This study is a qualitative research based on descriptive design and case studies.
Results of the research show that, PR management in BPKP still in the area of
communication technician, not yet in organization strategic area. Improving the
understanding in communication science for the government are essential, so that
PR activities undertaken by the government are in the corridor of the science and
practice of PR."
2012
T31145
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bernika Irnadianis Ifada
"Trend hidup back to nature makin marak dimanapun, termasuk di Indonesia , maka persaingan berbagai jenis industri di Indonesia yang memiliki basis produk berbahan baku tumbuhan atau bahan alami seperti jamu dan kosmetika tradisional meningkat. Meskipun kondisi ini masih diikuti oleh stigma tentang khasiat dan efek dari produk jamu, namun tingkat persaingan temyata semakin tinggi dikarenakan permintaan pasar yang senantiasa meningkat, diikuti daya akomodir masing-masing industri untuk mengatisipasinya yaitu dengan peningkatan kapasitas produksi, dan yang tidak bisa dielakkan adalah dukungan potensi hayati Indonesia yang kaya akan tumbuhan atau Mega Bio-Diversity.
Salah satu pemain terbesar di industri jamu dan kosmetika tradisional Indonesia adalah PT. Mustika Ratu Tbk, yang berlokasi di Graha Mustika - Pancoran Jakarta, hingga scat ini mampu menguasai tiga puluh persen (30% ) dari total pangsa pasar. Perusahaan yang sudah lebih dari duapuluh dua tahun malang melintang di industri jamu dan kosmetika tradisional ini memiliki produk yang hampir mencakup seluruh lapisan usia dan kebutuhan. Produk-produknya tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, namun juga telah diekspor dengan kontribusi penjualan yang meningkat setiap tahunnya.
Perkembangan perusahaan dalam kurun waktu tahun 2002, 2003 hingga 2004, kapasitas produksi PT. Mustika Ratu Tbk , selalu meningkat hingga mencapai jumlah 4512 ton. Meski demikian karena tingginya tingkat persaingan di industri ini maka tidak menutup kemungkinan posisi Mustika Ratu kini mampu direbut oleh pesaingnya dalam waktu yang tidak lama. Untuk itulah kinerja Public Relations sebagai bagian dari divisi di perusahaan haruslah maksimal demi kemajuan.
Agar mampu bersaing dengan seluruh pemain di industri jamu dan kosmetika tradisional, PT. Mustika Ratu membutuhkan strategi public relations yang baik, tepat dan mumpuni, dalam membantu bagian pemasaran, yang menjadi induk dari divisi public relations di Mustika Ratu, untuk kemudian membukukan volume penjualan yang sesuai dengan target. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji keberlakuan teori strategi public relations yang mendukung pemasaran produk industri, dalam hal ini PT. Mustika Ratu Tbk, guna menyusun rekomendasi yang dapat digunakan untuk mempertahankan loyalitas konsumen lama dan meraih lebih banyak lagi konsumen yang melakukan buying action terhadap produk perusahaan.
Kerangka konsep yang digunakan berhubungan dengan definisi dan lingkup strategi komunikasi pemasaran, konsep public relations sendiri tentunya, serta komunikasi. Untuk mempermudah pengertian maka dibuat sistematika organisasi pemikiran, penulis menggunakan berbagai penjelasan tentang strategi dan komunikasi, serta ruang lingkup public relations sendiri, agar dapat mempertemukan kepentingan strategi public relations dengan volume penjualan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif, yang berusaha menggambarkan, memaparkan situasi dan kondisi, tetapi tidak mencari atau menjelaskan hubungan, juga bukan mengkaji hipotesis atau membuat prediksi. Pencarian data dilakukan melalui metode wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen serta data pendukung lainnya.
Temuan yang dihasilkan dari penelitian berupa paparan serta deskripsi dari pelaksanaan program-program public relations yang dilakukan oleh PT. Mustika Ratu Tbk, bersama divisi promosi, yang jugs berada dibawah bagian pemasaran dalam memperoleh volume penjualan yang diinginkan serta untuk memperbaiki citra produk jamu, seperti maksimalisasi publikasi atau media exposure, serta event khusus.
Strategi yang dilakukan PT. Mustika Ratu Tbk ini tidak banyak berbeda dengan perusahaan yang bergerak dalam industri yang sama. Namun untuk dapat lebih baik dan mempertahankan posisi market leader seperti saat ini, maka Mustika Ratu harus lebih maksimal lagi memberdayakan public relations division berikut seluruh elemen-elemennya, meski upaya dekat dengan media memiliki peran panting, namun demi peningkatan kinerja make elemenelemen strategi dan program-programnya mutlak dikembangkan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T22122
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jonathan Adi
"Untuk membangun ekuitas dan reputasi suatu perusahaan diperlukan suatu usaha kegiatan komunikasi yang terpadu. Peningkatan ekuitas perusahaan tergantung dari koordinasi seluruh elemen pemasaran. Namun para pemasar cenderung kurang menggunakan public relation, padahal program public relation bila dikoordinasi dengan elemen-elemen bauran pemasaran lain akan memberikan efektivitas yang luar biasa.
Reputasi perusahaan adalah aset yang tidak nyata (intangible asset), dan tidak pernah muncul dalam laporan keuangan. Narnun, reputasi yang baik merupakan sesuatu yang sangat didambakan oleh para pimpinan pertlsahaan, karena bila dikelola dengan baik akan memberikan sesuatu yang sangat bernilai bagi konsumen. Reputasi perusahaan tidak terlepas dari koordinasi fungsi-fungsi perusahaan seperti pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, komunikasi dan operasi. Tetapi harus dikomunikasikan, sehingga konsumen dapat mengidentifikasi nilai-nilai fundamental dalam perusahaan serta menghubungkan atau mengasosiasikannya dengan produk-produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.
Manfaat dari reputasi yang baik antara lain menimbulkan sentimen positif konsumen terhadap produk-produk dan harga saham perusahaan, sehingga keuntungan perusahaan makin meningkat. Loyalitas dan produktivitas karyawan akan meningkat. Hubungan dengan pemasok akan bertambah baik karena timbulnya rasa saling percaya.
Komunikasi pemasaran berperan penting dalam memberikan informasi kepada para stakeholders mengenai kepribadian (keadaan sebenarnya dari perusahaan), identitas (apa yang disampaikan oleh perusahaan), dan citra (bagaimana masyarakat melihatnya). Bila ketiga faktor tersebut dipadukan maka akan tercipta yang disebut ekuitas perusahaan.
Schering-Plough merupakan suatu contoh perusahaan yang konsisten dalam mengelola reputasi, sehingga secara konsisten pula selama 13 tahun berturut-turut angka pertumbuhan perndapatan per saham selalu dua digit, menjadikan perusahaan ini menjadi salah satu pemain utama dalam industri farmasi global. Standar etika dan integrasi yang tinggi menjadi landasan bagi semua kegiatan bisnis di perusahaan ini. Bagi perusahaan ini, kesuksesan dapat diukur dengan berbagai cara. Salah sau pengukuran yang penting adalah hubungan perusahaan dengan komunitasnya. Schering Plough percaya bahwa demi kebaikan perusahaan maka perlu melibatkan semua anggota perusahaan secara aktif dalam komunitas dimana perusahaan tersebut beroperasi. Schering-Plough juga percaya akan tanggung jawabnya kepada pemegang saham untuk memberikan pengembalian modal investasi yang menarik. Selain itu, perusahaan ini memberikan lingkungan kerja yang optimal untuk pengembangan diri para karyawan dengan renumenrasi dan imbalan yang setimpal dengan kinerja individual.
Menyadari perlunya mengelola reputasi untuk membentuk ekuitas perusahaan, maka Schering-Plough Indonesia merasa perlu untuk mengevaluasi citra perusahaan dalam persepsi konsumen, khususnya para dokter. Karena itu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui posisi citra perusahaan dibandingkan dengan perusahaan farmasi lain, baik lokal maupun asing di Indonesia. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta meneliti pilihan tindakan strategis yang perlu diambil untuk memantapkan kekuatan-kekuatan yang dimiliki dan meminimalkan kelemahan-kelemahan perusahaan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>