Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Farid Pardy
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlakuan akuntansi galon sebagai kemasan yang dapat dikembalikan di PT. XYZ sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. XYZ yang menjual air mineral menggunakan galon sebagai sarana penjualannya. Penelitian ini menggunakan data dan informasi internal PT. XYZ. Berdasarkan data dan informasi tersebut, penelitian ini menganalisis perlakuan akuntansi galon sebagai kemasan yang dapat dikembalikan menggunakan standar akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa galon sebagai kemasan yang dapat dikembalikan milik PT. XYZ belum memenuhi standar akuntansi keuangan. Penelitian ini memberi rekomendasi perubahan perlakuan akuntansi galon kepada PT. XYZ yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum di Indonesia.

This study aims to analyze the accounting treatment of gallon as a returnable container at PT. XYZ in accordance with generally accepted accounting standard in Indonesia. This is case study at PT. XYZ which uses gallon for its sales equipment. This research analyzed internal data and information of PT. XYZ. Based on these data and information, this study analyzed the accounting treatment of gallon as a returnable container using generally accepted accounting standard in Indonesia. The result shows that gallon as a returnable container owned by PT. XYZ has not met financial accounting standard. This study provides recommendation for changes in the accounting treatment of gallon to PT. XYZ in accordance with generally accepted financial accounting standards in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggiani Nyssa Clarissa
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis atas usulan perancangan sistem dan teknologi informasi siklus pendapatan penayangan iklan media televisi di PT. XYZ. Saat ini, terdapat dua sistem informasi yang digunakan PT. XYZ dan belum terintegrasi satu sama lain, yaitu Broadcast Management System (BMS) sebagai sistem produksi penayangan iklan dan Oracle Finance (ORAFIN) sebagai sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Selain itu belum adanya fitur-fitur utama yang terintegrasi dalam sistem sehingga menimbulkan beberapa masalah yang mempengaruhi kinerja divisi terkait. Akibatnya, memungkinkan terjadi perbedaan atau kesalahan jumlah penagihan iklan karena sistem yang ada saat ini belum memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), dimana peneliti melibatkan langsung para pengguna sistem informasi siklus pendapatan pada PT XYZ untuk mengidentifikasi langsung permasalahan dan kelemahan sistem informasi siklus pendapatan yang ada saat ini serta menganalisis kebutuhan selanjutnya. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi data-data pada PT XYZ. Metode yang digunakan untuk merancang pengembangan sistem informasi siklus pendapatan penayangan iklan ini adalah metode FAST (Framework for the Application of Systems Technique). Penelitian ini memberikan solusi kepada PT. XYZ berupa sistem informasi siklus pendapatan baru yang dapat mengintegrasikan sistem-sistem yang sudah ada serta menambahkan fitur-fitur penting yang dibutuhkan oleh pengguna sistem sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan atas penagihan piutang serta dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan secara andal sebagai dasar pengambilan keputusan.

ABSTRACT
This study aims to analyze the proposed of an information system and technology of revenue cycle for the broadcasting of television media advertisement at PT. XYZ. Right now, there are two information systems that used by PT. XYZ and have not integrated yet with each other; those are Broadcast Management System (BMS) as an advertisement production system and Oracle Finance (ORAFIN) as an Enterprise Resource Planning (ERP) system. Moreover, there are is no main feature integrated yet in the system that caused several problems that affect the performance of the related divisions. As a result, it can make a different values of an advertisement billing because the current system does not meet the user needs. This research is a case study with a qualitative method. The research methodology is using Participatory Action Research (PAR), where researchers use users of information systems directly PT. XYZ to identify information of information systems that exist nowaday and analyze their subsequent needs. Data was acquired by interview, documents analysis, and observation at PT. XYZ. The method used to develop information systems of revenue cycle is FAST (Framework for the Application of System Technique) method. The result of this study provides a new revenue cycle information system that can integrate the existing system to minimize the billing error and provide the reliable information as based on decision making."
2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moh. Nurcahyo H.
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses warranty dan mencari solusi atas banyaknya klaim warranty yang penyelesaian klaimnya lebih dari lima hari di jaringan diler PT. XYZ dan memberikan usulan perbaikan atas prosedur warranty. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan adanya kelemahan dalam proses warranty di diler PT. XYZ terutama pada pengelolaan kontrol internal di masing-masing diler tersebut. Hasil dari penelitian ini menyarankan perbaikan standar operasi baku atas proses warranty di diler yaitu dari proses membuat klaim warranty, proses klaim dan pengiriman warranty sampai dengan menerima jawaban klaim warranty.

The purpose of this study is to analyze the process of warranty and to find the solutions of why there are so many claims of warranty that settled more than five days in the dealer network of PT. XYZ and to provide the proposal of improvements over warranty procedures. This research uses qualitative method with case study approach. In this research presents the facts on the warranty process in the dealer network of PT. XYZ from the process of creating warranty claims, claims and delivered warranty claim process until the receiving of warranty claims. The result of the research shows the weakness in the warranty process in the dealer of PT. XYZ mainly on the management of internal controls in each dealers. The results of this study suggest the improvement of standard operating procedures on the warranty process in the dealership of the process of making warranty claims, claims process and warranty delivery until receive warranty claim answers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Aini
"Penelitian ini bertujuan melihat dan mengevaluasi persiapan yang telah dilakukan oleh PT. Bank X dalam penerapan PSAK 71 dan dampak dari penerapan PSAK 71, khusus untuk aset tresuri. Bank X saat ini dalam proses persiapan untuk penerapan PSAK 71. Berdasarkan analisis dampak PSAK 71 terkait aset tresuri tidak terdapat dampak signifikan pada tahap klasifikasi dan pengukuran. Namun pada pencadangan kerugian nilai terdapat kenaikan pencadangan sehingga dapat menurunkan rasio capital adequacy ratio pada Bank X. Untuk dapat menjaga rasio capital adequacy ratio, Bank X dapat melakukan penerbitan surat berharga subordinasi.

The objective of this study is to observe and evaluation of preparation that had be done by PT. Bank X to implement PSAK 71 and impact of implementation PSAK 71, especially treasury asset. At this moment, Bank X in the process of preparation implementation PSAK 71. Based on analysis, there is no significant impact of PSAK 71 for treasury asset in classification and measurement phase. However in impairment phase, there is significant impact, the provision is increase then the capital adequacy ratio will be decrease. Bank X can maintain the capital adequacy ratio with issue subordinated bond."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herlina Mustikha
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan PSAK 24 (revisi 2013) terhadap kualitas akuntansi yang diukur menggunakan manajemen laba dan relevansi nilai. Penelitian ini mengambil sampel perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PSAK 24 (revisi 2013) berpengaruh positif terhadap manajemen laba dan relevansi nilai. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perubahan ekuitas berpengaruh positif terhadap relevansi nilai dan OCI terkait PSAK 24 tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dan relevansi nilai setelah penerapan PSAK 24 (revisi 2013).

This study aims to analyze the impact of changes in the statement of financial accounting standards (PSAK 24)revised 2013 on Accounting Quality measured by earnings management and value relevance.This research used companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2014-2017 as sample.
This research concludes that the implementation of PSAK 24 (revision 2013) has a positive impacts on earnings management and value relevance. The result also finds that changes in equity has positive impact on value relevance and OCI related with PSAK 24 has no significant impact on both earnings management and value relevance after implementation of PSAK 24 (revision 2013).
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meilinda Irianti Putri
"ABSTRAK
Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi adalah satu-satunya laboratorium pemeriksaan kualitas air paket A dan paket C yang ada di wilayah Sumatera Barat bagian bagian utara yang dimanfaatkan bukan hanya oleh kota Bukittinggi tapi juga oleh kota/kabupaten di wilayah Sumatera Barat lainnya.
Proses pengelolaan sampel air saat ini masih dilakukan secara manual, sehingga memakan waktu yang cukup lama mulai dari registrasi tipe pemilihan pemeriksaan sampai dengan mengirimkan sampel kepada petugas oemeriksa (pranata laboratoium kesehatan). Proses kegiatan yang belum terkomputerisasi ini menyebabkan pencatatan dan pelaporan yang mendukung sistem informasi tentang pemeriksaan kualitas air sering tidak lengkap dan tidak akurat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi pengelolaan sampel air pada UPTD Laboratorium DKK Bukittinggi agar didapatkan bentuk formulir dan penyajian yang terkomputerisasi yang dapat mempersingkat waktu.
Pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan pendekatan terstruktur mengikuti tahapan siklus hidup pengembangan sistem. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi sistem di UPTD Laboratorium DKK Bukittinggi. Sistem yang dikembangkan berbentuk prototype.
Sistem informasi ini diharapkan menghasilkan infromasi yang cepat, tepat dan akurat yang dapat digunakan pihak manajemen dalam pengambilan keputusan untuk melakukan evaluasi pelayanan.

ABSTRACT
District Technical Unit (DTU) Laboratory of Bukittinggi District Health Office (DHO) is the only laboratory for water testing of Package A and Package C in northern West Sumatera. It is not only utilized by Bukittinggi but also by nearby areas in west Sumatera.
Water sample management is still in manual that is takes time longer starting from registration of testing type to sending sample to examiner (pranata laboratium kesehatan). The process is not computerized yet, and it causes incomplete and inaccurate reporting and recording of water quality test.
This research purpose to develop water sample management information system in DTU Laboratory of Bukittinggi DHO and to develop computerized forms and presentation that can reduce time of process.
This system development uses structured approach of system development life cycle (SDLC). The data collection process is by doing interview and observation in DTU Laboratory of Bukittinggi DHO. The system is developed in the form of prototype.
This system information is expected to produce rapid, appropriate and accurate information that can be used by management in making decision related to service evaluation."
2013
T41438
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meilinda Irianti Putri
"Unit Pelaksana Teknis Daerah(UPTD) Laboratorium Dinas Kesehatan
Kota (DKK) Bukittinggi adalah satu-satunya laboratorium pemeriksaan kualitas
air Paket A dan Paket C yang ada di wilayah Sumatera Barat bagian utara yang
dimanfaatkan bukan hanya oleh kota Bukittinggi tapi juga oleh kota/kabupaten di
wilayah Sumatera Barat lainnya.
Proses pengelolaan sampel air saat ini masihdilakukan secara manual,
sehingga memakan waktu yang cukup lama mulai dari registrasi tipe pemilihan
pemeriksaan sampai dengan mengirimkan sampel kepada petugas pemeriksa
(pranata laboratorium kesehatan). Proses kegiatan yang belum terkomputerisasi
ini menyebabkan pencatatan dan pelaporan yang mendukung sistem informasi
tentang pemeriksaan kualitas air seringtidak lengkap dan tidak akurat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi
pengelolaan sampel air pada UPTD Laboratorium DKK Bukittinggi agar
didapatkan bentuk formulir dan penyajian yang terkomputerisasi yang dapat
mempersingkat waktu.
Pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
terstruktur mengikuti tahapan siklus hidup pengembangan sistem. Pengumpulan
data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi sistem di UPTD
Laboratorium DKK Bukittinggi. Sistem yang dikembangkan berbentuk prototype.
Sisteminformasiini diharapkanmenghasilkaninformasi yangcepat,
tepatdanakurat yang
dapatdigunakanpihakmanajemendalampengambilankeputusanuntukmelakukaneva
luasipelayanan.

District Technical Unit (DTU)Laboratory of Bukittinggi District Health
Office (DHO) is the only laboratory for water testing of Package A and Package C
in northern West Sumatera. It is not only utilized by Bukittinggi but also by
nearby areas in West Sumatera.
Water sample management is still in manual that it takes time longer
starting from registration of testing type to sending sample to examiner (pranata
laboratorium kesehatan). The process is not computerized yet, and it causes
incomplete and inaccurate reporting and recording of water quality test.
This research purposes to develop water sample management information
system in DTULaboratory of Bukittinggi DHO and to develop computerized
forms and presentation that can reduce time of process.
This system development uses structured approach of system development
life cycle (SDLC). The data collection process is by doing interview and
observation in DTU Laboratory of Bukittinggi DHO. The system is developed in
the form of prototype.
This system information is expected to produce rapid, appropriate and
accurate information that can be used by management in making decision related
to service evaluation
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library