Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yusra Yuliana
"Laporan Praktik Keinsinyuran ini membahas PT X mempunyai proyek untuk membantu PT Y mendistribusikan minyak mentah Heavy Oil. PT X berencana mengirimkan seluruh minyak mentah Heavy Oil (HO) dari beberapa Central Gathering Station (CGS) milik PT Y yaitu salah satunya adalah CGS 1 yang ada di Batang, hingga debit aliran sebesar 89.000 BOPD pada pipa minyak PT X segmen 11A yang menuju Tangki Dumai. Juga beberapa Central Gathering Station (CGS) milik PT Y yaitu salah satunya GS III yang ada di Kota Batak, hingga debit aliran sebesar 89.000 BOPD pada pipa minyak PT X segmen 2 yang menuju Stasiun Duri. Crude oil yang akan ditransfer adalah cairan yang mempunyai tingkat viskositas yang tinggi dan sangat abrasive. Hal ini membuat PT X mendesain pompa ulir dengan sekrup ganda dan timing gears. Seleksi pompa ini dilakukan dengan menganalisa datasheet front end engineering design dari PT Y, mengacu pada standard API 676, dan meminta saran serta rekomendasi dari pabrikan. Hasil dari analisa kajian teknis yaitu kapasitas heavy oil yang dialirkan, viskositas dan maksimum ukuran partikel yang terkandung dalam cairan menghasilkan pemilihan jenis pompa twin screw pump dengan timing gears. Hal ini dirasa sudah tepat dengan hasil dari kinerja pompa yang mempunyai efisiensi 91,97% untuk lokasi Batang dan 90,24% untuk lokasi Kota Batak. Kajian profesionalisme dari proyek ini adalah dengan menggunakan standard API 676, kajian etika profesi nya adalah bahwa proyek ini dilakukan oleh insinyur lulusan sarjana teknik dan demi kemaslahatan masyarakat dan kajian K3LL adalah bahwa dengan melakukan penggantian sekrup yang aus secara berkala sesuai dengan rekomendasi produsen.

This Engineering Practice Report discusses that PT X has a project to help PT Y distribute Heavy Oil crude oil. PT Dumai. There are also several Central Gathering Stations (CGS) belonging to PT Y, one of  which is GS III in Batak City, with a flow rate of 89,000 BOPD on the PT The crude oil that will be transferred is a liquid that has a high viscosity level and is very abrasive. This made PT X design a screw pump with double screws and timing gears. Pump selection was carried out by analyzing the front end engineering design datasheet from PT Y, referring to the API 676 standard, and asking for suggestions and recommendations from the manufacturer. The results of the technical study analysis, namely the capacity of the heavy oil to be flowed, the viscosity and the maximum particle size contained in the liquid, resulted in the selection of the type of twin screw pump with timing gears. This is considered appropriate with the results of pump performance which has an efficiency of 91.97% for the Batang location and 90.24% for the Batak City location. The professionalism study of this project is to use the API 676 standard, the professional ethics study is that this project is carried out by engineers with a bachelor's degree in engineering and for the benefit of society and the K3LL study is to replace worn screws periodically in accordance with the manufacturer's recommendations.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tommy Limes
"Sistem propulsi merupakan salah satu komponen utama dalam perancangan sebuah kapal. Kapal rescue merupakan kapal yang membutuhkan kecepatan tinggi dan olah gerak yang baik dalam operasionalnya sehingga pemilihan jumlah mesin dan propeller sangat berpengaruh terhadap performa kapal. Kapal ndash; kapal cepat pada umumnya menggunakan sistem propulsi bermesin ganda untuk dapat memperoleh kecepatan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sistem propulsi twin screw pada kapal rescue basarnas tipe 40 meter baik dari segi teknis maupun segi ekonomis tanpa mengubah bentuk lambung kapal. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa mesin yang diperlukan untuk mencapai kecepatan kapal yang diinginkan adalah mesin dengan spesifikasi 2159 HP, 1610 kW, 1800 RPM dan propeller yang digunakan adalah propeller dengan 4 daun, diameter sebesar 1345,23 mm, pitch sebesar 1506,66 mm, pitch ratio sebesar 1,12, expanded area ratio sebesar 1,117 dan berat sebesar 265,4 kg. Secara ekonomis ditinjau dari konsumsi bahan bakar sistem propulsi twin screw memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem propulsi triple screw.

Propulsion system is one of the main components in a ship designing process. Rescue boat is a ship that needs to have high speed and good maneuverability, therefore the main engine and propeller chosen for the ship is very influential to the ship's performance. High speed craft usually uses more than one engine to achieve high speed. The purpose of this research is to analyse the twin screw propulsion system for the Indonesian National Search and Rescue ship technically and economically without any changes in ship rsquo s hull. The results obtained shows that the engine required to achieve the desired velocity is two engines with specification of 2159 HP, 1610 kW, 1800 RPM and the propeller used is a 4 bladed propeller with diameter of 1345.23 mm, pitch of 1506.66 mm, pitch ratio of 1.12, expanded area ratio of 1.117, and approximate weight of 265.4 kg. Economically, reviewed from the fuel consumption, twin screw propulsion system is proven to be more efficient than triple screw propulsion system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66698
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Nandang Roziafanto
"ABSTRAK
Dengan berkembangnya kemampuan rekayasa material, polimer blend menjadi
salah satu metode untuk merekayasa material polimer yang penting karena
aplikasinya yang luas salah satunya usaha me-recycle limbah polimer. Telah
dilakukan penelitian tentang pengaruh blending antara material polimer Poli(metil
metakrilat) (PMMA) regrind dengan Akrilonitril Butadiena Stirena (ABS).
PMMA regrind merupakan limbah produksi berbentuk serpihan, berasal dari
lensa lampu motor yang cacat dan kemudian dihancurkan dengan mesin pencacah.
Komposisi PMMA regrind yang ditambahkan kedalam ABS adalah 10%, 20%,
30% dan 40% (% berat). ABS yang digunakan telah diidentifikasi persentase
komposisi monomernya dengan 1H-NMR. Proses blending menggunakan alat
ekstruder twin screw dengan setting parameter 210oC-240oC pada putaran 120
rpm. Hasil blending ABS/PMMA dikarakterisasi sifat mekaniknya seperti tensile
strength, impact strength dan sifat termalnya dengan DSC serta morfologinya
dengan SEM. Hasil analisis monomer ABS dengan 1H-NMR adalah akrilonitril
9,26% ,butadiena 21,68% dan stirena 69,06%. Karakterisasi hasil blending
ABS/PMMA menunjukkan bahwa semakin tinggi persentase PMMA yang
ditambahkan akan menaikkan nilai tensile strength material dan menurunkan nilai
elongation dan impact strength-nya. Hasil DSC menyatakan blending tersebut
immiscible dan tidak compatible dilihat dari nilai Tg dari masing-masing blending
yang terdapat lebih dari satu Tg dan nilainya yang tidak berubah signifikan dari
nilai Tg penyusunnya yaitu ABS dan PMMA. Oleh karena itu, blending ABS
dengan PMMA regrind dapat diaplikasikan untuk produk dengan kekuatan
terhadap benturan dan fleksibilitas yang moderat seperti housing lampu kendaraan
bermotor.

ABSTRACT
With the growing capabilities of materials engineering, polymer blend becomes a
useful method to simulate polymer material. One example of it?s broad
applications is to recycle waste polymer. A research about the effects of blending
ABS (Acrylonytrile Butadiene Styrene) with regrind-PMMA (Polymethyl
Methacrylate) has been done. The regrind-PMMA used were taken from the waste
production of housing lamp for automotive that has been through grinding
process. The composition of regrind-PMMA added to the ABS is 10%, 20%, 30%
and 40% from the total weight of mixture. The composistion of monomers inside
the ABS was previously identified by using 1H-NMR. Blending process is done
by using twin screw extruder which temperature was kept between 210oC-240oC
on 120 rpm. The final blending product is characteristize by it?s mechanical
properties such as tensile strength, impact strength, thermal properties (by using
DSC) and morphology properties (by using SEM). By using 1H-NMR, the
composition of monomers inside ABS are 9,26% of acrylonitrile, 21,68% of
butadiene and 69,06% of styrene. As the results of blending regrind-PMMA and
ABS is the higher percentage of regrind-PMMA added, the higher tensile strength
of the material, but in the other hand, the elongation and impact strenght are
lower. DSC?s result shows that the blending is immicible and not compatible.
Therefore, the blending of regrind-PMMA with ABS can be applied for producing
new product with moderate impact resistance and flexibility, such as housing
lamp for automotive."
2010
T31546
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library