Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Suciati
"ABSTRAK
Pembelajaran digital merupakan modus pendidikan masa kini yang dipengaruhi oleh perkembangan pesat teknologi komunikasi dan informasi pada era Industrial Revolution 4.0. Modus ini mempunyai potensi untuk mengembangkan potensi dan kemampuan anak didik bukan saja dalam hal pengetahuan tetapi juga dalam life skills, khususnya dalam hal kreativitas inovatif yang menjadi modal penting dalam kehidupan era Abad 21. Artikel ini membahas tentang pengertian pembelajaran digital serta kesiapan untuk menggunakan, dan perannya dalam pengembangan kreativitas inovatif mahasiswa."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
370 JPE 19:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Irhamni Rahman
"

Tesis ini membahas tentang evaluasi pencapaian outcome dari Program Indonesia Digital Learning yang dilaksanakan oleh PT. Telkom Indonesia pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Wawancara mendalam dilakukan kepada 7 orang informan yang terdiri atas 2 orang panitia pelaksana program dan 5 orang peserta yang mengikuti seluruh rangkaian program dari awal sampai akhir. Adapun observasi yang dilaksanakan dalam penelitian ini dilakukan kepada 3 orang peserta program yang juga mengikuti program secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa rangkaian pelatihan pembelajaran berbasis digital secara intensif yang diberikan kepada tenaga pendidik mampu meningkatkan kemampuan dasar digital yang dimiliki oleh peserta. Program ini membuat peserta yang awalnya sebagai pengguna dasar perangkat pembelajaran digital menjadi instruktur terlatih. Peserta program menjadi mampu menghadirkan ragam pembelajaran berbasis digital di kelas yang mereka ajar sekaligus mampu berkolaborasi dan berbagi kepada tenaga pengajar lain di sekolah mereka maupun di tingkat pelatihan nasional. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa aspek input dan proses program menjadi faktor yang mempengaruhi keberhasilan pencapaian outcome program. Standarisasi peserta program, kurikulum, materi pelatihan, instruktur program, serta reward yang diberikan kepada peserta menjadi faktor input yang mempengaruhi keberhasilan program. Proses seleksi peserta di awal program dan penjurian yang selektif juga menjadi bagian dari aspek proses yang berpengaruh dalam pencapaian outcome program ini.

 


This thesis discusses the outcome evaluation of the Indonesia Digital Learning Program implemented by PT. Telkom Indonesia from 2016 to 2017. This research used a qualitative approach with an evaluative research type. The data collection methods were in-depth interviews and observations. The in-depth interviews were conducted with seven informants consisted of two program committee members and five participants who were participated in the entire program from the beginning to the end. The observations carried out in this study were conducted through three program participants who were also participated in the whole program. The results of the study showed that the intensive digital-based learning training series provided to the educators were able to improve the basic digital capabilities of the participants. This program enabled participants who, initially, were basic users of digital learning devices became trained instructors. The program participants were able to deliver various digital-based learning in the classes they taught and able to collaborate and share with other teaching staff in their schools and in the national training level. In addition, the result of this study also showed that the inputs and program process aspects determined the achievement of program outcomes. Standardization of program participants, curriculum, training materials, program instructors, and the given rewards to participants were input factors that influenced the success of the program. The participant selection process at the beginning of the program and selective appraisal were also part of the process aspects that contributed to the accomplishment of program outcomes.

 

"
2019
T53265
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noviarti Rahayu
"Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pelibatan Reading to Learn (R2L) dalam pengajaran Digital Multimodal Composing (DMC) teks eksplanasi dan implikasinya pada tulisan pemelajar. R2L merupakan sebuah program pengajaran yang dikembangkan berdasarkan teori Systemic Functional Linguistics (SFL) yang telah terbukti berhasil meningkatkan kemampuan literasi pemelajar dalam berbagai konteks pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, spesifiknya studi kasus yang dilakukan di sebuah Sekolah Menengah Atas di Depok. Dua jenis data diperoleh dalam penelitian ini. Data pertama berupa observasi implementasi R2L dan analisis tulisan pemelajar kelas XII tingkat sekolah menengah atas berupa teks eksplanasi multimodal jenis digital. Data observasi merupakan laporan dari pelaksanaan R2L sebagai bentuk intervensi pengajaran dan interpretasi ke dalam konteks pengajaran di kelas. Data berupa teks visual dan tertulis pemelajar dianalisis menggunakan kerangka SFL yang berfokus pada teori perkembangan bahasa tulisan dan visual. Terdapat beberapa temuan penting dalam penelitian ini. Pertama, implementasi R2L dilakukan melalui dua bagian intervensi dengan dua topik yang berbeda. R2L diaplikasikan dnegan memilih tahapan strategi R2L. Temuan berdasarkan analisis tulisan pemelajar menunjukkan signifikansi implementasi R2L pada perkembangan tulisan pemelajar yang meliputi perkembangan pemahaman genre, perkembangan gramatika dan kosa kata, serta perkembangan pemahaman fungsi representasional elemen visual pada produk teks ekspalanasi multimodal. Temuan perkembangan tulisan pemelajar tersebut menunjukkan bahwa pengaplikasian R2L dalam pengajaran menulis teks eksplanasi multimodal digital efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis pemelajar. Temuan tersebut merekomendasikan penelitian mengenai pengaplikasian R2L untuk konteks lainnya, serta menekankan pentingnya penelitian berkelanjutan untuk menyempurnakan dan memperluas penelitian tentang dampak R2L terutama dalam penulisan teks multimodal digital.

This research aims to investigate the involvement of Reading to Learn (R2L) in teaching Digital Multimodal Composing (DMC) explanation text and its implications on students' writing. R2L is a teaching program developed based on Systemic Functional Linguistics (SFL) theory which has been proven to be successful in increasing students' literacy skills across the globe. This research is qualitative in nature, specifically a case study which was conducted at a high school in Depok. Two types of data were obtained in this research. The first data is in the form of observations of the implementation of R2L in that the account of R2L implementation is reported. The second data is drawn from the analytical results of the students’ written and visual texts before and after the R2L implementation. The data obtained in the form of students’ visual and written texts were analyzed using SFL frameworks focusing on the theory of written and visual language development. There are several important findings in this research. First, R2L implementation is carried out through two intervention parts with two different topics. R2L is applied through selected the R2L stages. Findings based on the analysis of students' writing show the significance of the implementation of R2L on the development of students' writing, including the development of genre understanding, the development of grammar and vocabulary, as well as the development of understanding the representational function of visual elements in multimodal explanation text product. These findings indicate promising R2L application in teaching digital multimodal explanation composition and improving students' writing skills. These findings suggest further research on the application of R2L in other contexts in order to refine the results of R2L application especially in digital multimodal text writing."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rusjdy Sjakyakirti Arifin
"Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform teknologi yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek untuk memfasilitasi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Pada saat penelitian ini berlangsung, PMM ini sudah dimanfaatkan oleh guru-guru dari sekitar 291.741 sekolah dari seluruh Indonesia, termasuk guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menganalisis pemanfaatan PMM untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam pendidikan agama Islam di sekolah umum pasca-pandemi Covid-19. Ada tiga subfokus yang akan diteliti dan dianalisis dalam penelitian ini, yaitu kesiapan guru PAI dalam memanfaatkan PMM, pemanfaatan PMM untuk pembelajaran PAI, serta kendala dalam pemanfaatan PMM untuk pembelajaran PAI. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, pengamatan, dan telaah dokumen. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, Tangerang Selatan dan SMA Muhammadiyah 2 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru PAI dari kedua sekolah tersebut sudah sangat siap memanfaatkan PMM untuk meningkatkan kinerja pembelajaran mereka. Dari fitur-fitur yang ada, yang terbanyak digunakan adalah fitur Inspirasi dan fitur Mengajar. Sementara itu, fitur pengembangan diri masih kurang diminati oleh guru-guru PAI. Ditemukan juga ada beberapa kendala dalam pemanfaatan PMM ini secara optimal yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak yang berkepentingan"
Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2024
371 TEKNODIK 28:1 (2024)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library