Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurfitriyana Riyadi
"ABSTRAK
Positive leader identity, sebagai sebuah bentuk identitas sosial dalam lingkup organisasi, merupakan kunci dari kepemimpinan yang efektif, karena mampu meningkatkan motivasi untuk memimpin serta kemampuan individu dalam menghadapi stress. Akan tetapi, penelitian empiris mengenai pembentukan positive leader identity masih sangat minim. Penelitian berdesain korelasional ini dilakukan untuk meneliti mekanisme pembentukan positive leader identity melalui adanya leader prototypicality dan leader endorsement, dengan didasari oleh pandangan evaluatif serta mekanisme claiming-granting antara pemimpin dan bawahan dalam menjelaskan proses pembentukan identitas kepemimpinan. Untuk mengatasi common method bias, data penelitian diperoleh dari sumber berbeda: 65 pasang pemimpin dan bawahan di Indonesia dilibatkan sebagai partisipan penelitian. Seluruh alat ukur penelitian menunjukkan konsistensi internal yang baik dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,7-0,9. Hasil analisis mediasi berbasis regresi menunjukkan bahwa a tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara leader prototypicality dan positive leader identity serta b leader endorsement bukan merupakan mediator dari hubungan antara keduanya. Dalam hasil analisis, ditemukan pengaruh yang signifikan dari jenis kelamin pemimpin terhadap leader endorsement dan positive leader identity: leader endorsement dan positive leader identity yang dimiliki oleh pemimpin laki-laki lebih tinggi dibanding pemimpin perempuan. Temuan ini menyajikan data empiris baru mengenai pembentukan dan evaluasi identitas sosial sebagai pemimpin dalam lingkup organisasi.

ABSTRACT
As a form of social identity in organizational context, positive leader identity is a key in effective leadership, for it positively influences motivation to lead and enables one to better cope with stress. However, little empirical research exists regarding the construction of positive leader identity. This current research, aiming to investigate the mechanism underlying the construction of positive leader identity through leader prototypicality and leader endorsement, was therefore conducted, grounded by the evaluative perspective and claiming granting mechanism between leader and followers. The data needed was obtained from two different sources in order to reduce common method bias 65 pairs of leader and follower in Indonesia were involved in a cross sectional study. All measures hold a relatively good internal consistency, with the reliability coefficients ranging from 0,7 0,9. Regression based mediation analysis shows that a leader prototypicality is not a significant predictor of positive leader identity and b there is no significant indirect effect of leader endorsement in the relationship between leader prototypicality and positive leader identity. In return, we found a strong influence of leader gender on both leader endorsement and positive leader identity male leaders received higher endorsement and had higher positive leader identity than female leaders. These findings provide new empirical evidence concerning the construction and evaluation of social identity as a leader in organizational setting."
2017
S68276
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reyna Hemas Wening Riswanto
"Kepemimpinan merupakan hal yang penting bagi kehidupan mahasiswa sebagai agen perubahan. Dalam penelitian ini, kepemimpinan ditinjau dalam perspektif Teori Identitas Sosial, yaitu leader prototypicality, atau tingkat seorang pemimpin dianggap sebagai representasi kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi performa pemimpin pada leader prototypicality di kalangan mahasiswa. Hipotesis penelitian adalah semakin tinggi persepsi performa pemimpin, maka leader prototypicality akan semakin meningkat (1-tailed). Hipotesis dalam penelitian korelasional ini diuji dengan melakukan metode kuantitatif, yang dilakukan dengan melihat hubungan linier antara dua skor, yaitu skor persepsi performa pemimpin yang diperoleh menggunakan Leader Performance Scale (Steffens, 2012) dan Leader Ingroup Prototypicality Scale (Platow & van Knippenberg, 2001). Partisipan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Indonesia (n=104) berusia 18-25 tahun (M=20.54) yang pernah menjadi atau merupakan anggota organisasi kemahasiswaan dengan jumlah partisipan laki-laki sebanyak 34 orang, partisipan perempuan sebanyak 68 orang, dan 2 orang lainnya memilih tidak menjawab. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik multiple regression (B= 1.412, p < .001) menunjukkan bahwa peningkatan skor persepsi performa pemimpin akan meningkatkan skor leader prototypicality. Berdasarkan hasil tersebut, ditemukan bahwa persepsi performa pemimpin mempengaruhi secara positif leader prototypicality. Temuan tersebut dapat menjadi implikasi untuk menguatkan hasil studi tentang persepsi performa pemimpin dan leader prototypicality yang belum konklusif, dan diharapkan dapat menjadi landasan bagi mahasiswa Universitas Indonesia untuk mengembangkan kepemimpinan di organisasi mahasiswa.

Leadership is important in college students’ life as an agent of change. In this study, leadership will be reviewed through the perspective of Social Identity Theory, namely leader prototypicality, defined as the extent which the leader is seen as the group’s representative. This research aims to study the effect of perceived leader performance on leader prototypicality in college student. We proposed that increased perceived leader performance results in increased leader prototypicality (1-tailed). The hypotheses are tested in this correlational study, using quantitative method done by reviewing the linear relationship between two score, namely Leader Performance Scale (Steffens, 2012) to assess perception of leader performance, and Leader Ingroup Prototypicality Scale (Platow & van Knippenberg, 2001) for leader prototypicality. This research participants are Universitas Indonesia students ranging from age 18-15 (n=104, M=20.54), had the experience of being a member of student organization, consists of 34 male, 68 female, and 2 others chose not to answer. Results from the multiple regression (B= 1.412, p < .001) showing perceived leader performance and leader prototypicality are related positively. The research finding provides implication to affirm the prior study in perceived leader performance and leaderprototypicality. Further implication from this study is to develop leadership in college students. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yoga Aji Nugraha
"Salah satu kunci dari efektivitas kepemimpinan adalah bagaimana seorang pemimpin diterima dan didukung oleh bawahannya (leader endorsement). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi dukungan bawahan terhadap pemimpim berdasarkan teori identitas sosial. Studi kuantitatif dengan desain non-eksperimental ini dilakukan pada 135 karyawan dari berbagai perusahaan swasta di Indonesia. Reliabilitas masing-masing alat ukur yang digunakan berkisar antara 0.80-0.90. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) leader prototypicality tidak signifikan memengaruhi leader endorsement (β = .124; p > .05); (2) leaders expert power (β = .767; p < .01) dan leaders referent power (β = .363; p < .01) signifikan memengaruhi leader endorsement. Faktor tersebut memprediksi varian leader endorsement sebesar 78,3% F(3.94) = 56.706, p < .01.
Dengan demikian, temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan teori identitas sosial bahwa pada konteks perusahaan swasta, faktor yang menentukan terbentuknya dukungan terhadap pemimpin tidak hanya dilihat dari seberapa prototipikal pemimpin tersebut, namun lebih pada kemampuan dan keahlian serta keteladanan yang dimilikinya (leaders expert power dan leaders referent power).

One of the key to leadership effectiveness is how a leader is accepted and supported by his subordinates (leader endorsement). This study aims to identify the factors that influence subordinate support for leaders based on social identity theory. This quantitative study with a non-experimental design was conducted on 135 employees from various private companies in Indonesia. The reliability of each measuring instrument used is between 0.80 to 0.90. The analysis showed that: (1) leader prototypicality did not significantly affect leader endorsement (β = .124; p > .05); (2) leaders expert power (β = .767; p < .01) and leaders referent power (β = .363; p < .01) significantly influence the leader endorsement. These variables can predict leader endorsement variants of 78,3%, F(3.94) = 56.706, p < .01.
The findings of this study can contribute to the development of social identity theory that in the context of private companies, the factors that determine the formation of leader endorsement are not only seen from how prototypical leader, but rather the ability and expertise and exemplary that they have (leaders expert power and leaders' referent power)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Putra Mahendra
"Pemilih muda pada Pemilu 2024 sebanyak 428.000 pemilih, dengan banyaknya pemilih muda, peneliti berusaha meneliti faktor yang lebih dipertimbangkan oleh pemilih muda untuk memilih kandidat pemimpin dengan cara membandingkan faktor identitas dan performa sebagai dasar perilaku memilih pemilih muda. Hipotesis penelitian ini adalah performa kandidat lebih dipertimbangkan oleh pemilih Generasi Z sebagai dasar dalam memilih kandidat pemimpin dibandingkan dengan identitas. Penelitian kuantitatif eksperimental ini menggunakan treatment yang ditranslasi dari penelitian (Hudson, Mcloughlin, Margret & Pandjaitan, 2018). Treatment diberikan setelah partisipan penelitian membuat modelling kandidat prototipikal dan non-prototipikal. Partisipan penelitian ini adalah Generasi-Z yang sudah bisa memilih dalam Pemilu yaitu Generasi Z dengan umur 18-25 tahun (n=194). Dari hasil analisis statistik Factorial ANOVA, ditemukan bahwa nilai Sig. PNP (Tingkat Prototipikalitas Kandidat) adalah .768 > 0.05, nilai tersebut mengindikasikan tidak adanya relasi yang signifikan antara tingkat prototipikalitas kandidat dengan keinginan partisipan untuk memilih kandidat tersebut kembali. Nilai Sig. GB (Tingkat Keberhasilan Kandidat) adalah .058 > 0.05, nilai tersebut mengindikasikan tidak adanya relasi yang signifikan antara tingkat keberhasilan kandidat dengan keinginan partisipan untuk memilih kandidat tersebut kembali. Oleh karena tidak ditemukannya dasar perilaku memilih Generasi Z di Indonesia, diperlukan penelitian lanjutan yang diharapkan dapat mengatasi limitasi dari penelitian ini dengan mendalami faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini yang dapat memengaruhi keputusan memilih partisipan khususnya pada konteks Generasi Z di Indonesia.

Young voters in the 2024 elections amounted to 428,000 voters. With the significant number of young voters, researchers attempted to examine factors considered by young voters in selecting leadership candidates by comparing identity and performance factors as the basis for young voters' voting behavior. The hypothesis of this research is that the performance of candidates is more considered by Generation Z voters as the basis for choosing leadership candidates compared to identity. This quantitative experimental research utilized treatments translated from the study (Hudson, McLoughlin, Margaret & Pandjaitan, 2018). Treatments were administered after research participants created prototypes of candidate models, both prototypical and non-prototypical. The research participants were Generation Z individuals eligible to vote in elections, aged 18-25 years (n=194). From the Factorial ANOVA statistical analysis, it was found that the Sig. PNP value (Level of Candidate Prototypicality) was .768 > 0.05, indicating no significant relationship between the level of candidate prototypicality and participants' desire to vote for the candidate again. The Sig. GB value (Level of Candidate Success) was .058 > 0.05, indicating no significant relationship between the level of candidate success and participants' desire to vote for the candidate again. Therefore, due to the absence of a basis for Generation Z voting behavior in Indonesia, further research is needed to address the limitations of this study by exploring other factors not examined in this research that may influence participants' voting decisions, particularly in the context of Generation Z in Indonesia."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library