Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Khaerunisa Sabitha
"
ABSTRAK
Kebakaran dapat terjadi di kapal Ferry Ro-ro dengan daerah penyebab kebakaran
yang variatif yaitu 63% kebakaran terjadi di kamar mesin dan 10% terjadi di dek
kendaraan. Menurut mahkamah pelayaran RI, faktor penyebab kecelakaan di
perairan 88% disebabkan oleh human factor. Metode dalam penelitian kualitatif
deskriptif ini menggunakan metode HFACS. Penelitian ini akan menghasilkan
suatu form assessment untuk pengecekan crew kapal yang dilakukan oleh seorang
safety officer, matriks risk assessment untuk menentukan level risiko yang terjadi
dalam sebuah insiden kebakaran dan form car ...
"
2016
T45554
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Khaerunisa Sabitha
"
ABSTRAK
"Kebakaran dapat terjadi di kapal Ferry Ro-ro dengan daerah penyebab kebakaran yang variatif yaitu 63% kebakaran terjadi di kamar mesin dan 10% terjadi di dek kendaraan. Namun, suatu sistem keselamatan kebakaran kapal Ferry Ro-ro di Indonesia belum dapat mengurangi angka kebakaran kapal. Oleh sebab itu, diperlukan adanya perancangan sistem assessment keselamatan kebakaran kapal Ferry Roll On Roll Off. Perancangan sistem ini menggunakan peraturan SOLAS. Sistem assessment akan digunakan sebagai media penilaian sarana proteksi kebakaran di ...
"
2015
S60323
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alwin Rizky
"
Penyerapan panas pada saat pemadaman api merupakan salah satu kriteria penting untuk mengendalikan api. Dengan menggunakan berbagai variasi diameter butiran air dan tataletak sprinkler diharapan laju penyerapan panas tersebut dapat meningkat dan hasil akhirnya ialah pemadaman api yang lebih efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kecepatan pemadaman api pada keadaan yang sebenarnya dan dengan mengurangi diameter butiran air, serta meruah tataletak sprinkler dengan berbagai variasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian pembakaran ...
"
2011
S160
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library