Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Viony Putri Nursalim
"Saat ini media sosial menjadi alat penting yang digunakan untuk mengembangkan banyak bisnis. Salah satu dari bentuk penggunaan Instagram untuk bisnis adalah aktivitas endorsement. Jika sebelumnya promosi hanya dapat dilakukan melalui media konvensional, sekarang pemilik bisnis dapat melakukan promosi melalui endorsement influencer Instagram. Endorsement merupakan suatu bentuk iklan yang menggunakan  figur terkenal atau influencer untuk mendapatkan pengakuan dan kepercayaan di antara audiens. Studi-studi terdahulu menunjukkan endorsement meningkatan perilaku konsumtif di era digital karena adanya public trust terhadap review influencer tersebut. Peneliti setuju bahwa terdapat korelasi positif antara endorsement influencer dengan perilaku belanja online. Tetapi belum terdapat penelitian yang benar-benar menjelaskan alasan endorsement dapat meningkatkan perilaku belanja online. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menjelaskan lebih dalam bagaimana trust audiens pada endorsement berperan dalam menentukan keputusan belanja online. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan modal kultural yang dimiliki seorang influencer dari sudut pandang audiens. Teori yang digunakan adalah modal sosial menurut Bourdieu dan Nahapiet & Ghoshal. Penelitian mengaplikasikan metode wawancara mendalam dengan Generasi Z sebagai generasi digital natives pertama yang memfollow dan pernah membeli produk endorsement influencer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capital dari influencer menjadi alasan mengapa audiens memutuskan untuk memfollow dan lebih mempercayai review endorsement influencer.

Today social media has become an important tool in promoting businesses. One of many Instagram business activities is endorsement. Previously, promotions could only be executed through conventional media, now business owners can promote their business through endorsing influencers. Endorsement is a form of advertising that uses famous personalities to gain recognition, trust, and awareness amongst the audience. Previous studies show an increase in consumptive behavior during the digital era due to public trust in influencers’ review. This study agrees that there is a positive correlation between influencers endorsement and online shopping behavior. Nevertheless, there is no research that really explains the reasons why endorsements can affect online shopping behavior. Therefore, this study aims to explain how audience trust in endorsements can play a role in determining online purchase. In addition, this study also explains the cultural capital of an influencer from the audience's perspective. This study uses social capital theories by Bourdieu and Nahapiet & Ghoshal. Conducted in a qualitative approach by using in depth interview method with Generation Z who follow and have purchased endorsement products. The results show that the influencer’s capital is the reason why the audience decide to follow and trust the influencer endorsement review.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khansa Aidawati
"ABSTRAK
Perkembangan dunia fashion yang didukung oleh teknologi digital membuat para pebisnis fashion harus memutar otak untuk mendapat perhatian dari konsumen Hal ini dikarenakan masyarakat sekarang semakin aktif mencari informasi mengenai produk fashion tertentu dan hanya akan memperhatikan pada sesuatu yang memang benar benar mereka cari Penggunaan celebrity endorsement dalam Instagram dapat menjadi pilihan dalam mempromosikan produk atau brand fashion kepada masyarakat yang lebih luas dengan cara yang mudah dan hemat biaya Strategi inilah yang dimanfaatkan oleh satu satu brand fashion lokal Cotton Ink Setiap endorser dari Cotton Ink akan berusaha mengantarkan makna positif yang terasosiasi dalam dirinya kepada produk Cotton Ink yang di endorse nya melalui unggahan foto di Instagram Dengan begitu diharapkan makna tersebut dapat sampai kepada konsumen dan akhirnya mereka tertarik untuk membeli produk produk dari Cotton Ink Berdasarkan latar belakang tersebut tulisan ini akan menganalisis penggunaan celebrity endorsement oleh Cotton Ink di platform media sosial Instagram dengan menggunakan model pemindahan makna dalam pembahasannya.

ABSTRACT
The development in the fashion world is now supported by digital technology that makes the fashion brand struggling to get attention from the consumer People that are now more active searching for information about particular fashion products will only pay attention to something which indeed they are looking for The use of celebrity endorsement through Instagram may be an option for promoting fashion product or brand to the wider community in a easy and cost effective way This strategy has been used by one of the local fashion brand in Indonesia named Cotton Ink Each endorser of Cotton Ink attempted to deliver the positive lsquo meaning rsquo which has been associated with them to the endorsed products through their photos on Instagram Hence the lsquo meaning rsquo association that perceived by the consumer could lead their interest to buy products from Cotton Ink Based on this background this paper will analyze the use of celebrity endorsement by Cotton Ink through social media platform Instagram which will be discussed using meaning transfer model.
"
2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Naomi
"ABSTRAK
Salah satu cara yang paling konvensional bagi para pemasar untuk memperkuat kesetiaan konsumen yang nantinya akan mengarah pada keuntungan perusahaan adalah dengan memanfaatkan celebrity endorsement sebagai alat utama mereka. Dampak-dampak negatif yang muncul dari celebrity endorsement akan dikupas secara mendalam pada studi ini. Lain daripada itu, studi ini akan secara fokus mengilustrasikan kasus perselingkuhan Tiger Woods sebagai contoh utama untuk memperoleh pengertian yang komprehensif mengenai bahaimana reputasi negatif akan satu selebriti yang digunakan oleh sebuah perusahaan, dapat mempengaruhi perusahaan tersebut. Studi ini menggunakan tinjauan pustaka dengan teori source--‐ credibility sebagai teori utama untuk mendukung temuan penelitian ini.
Telah ditemukan di dalam studi ini bahwa, menggunakan selebriti sebagai alat untuk memprmosikan produk suatu perusahaan tetaplah efektif, namun daripada itu, terutama melihat kemunculan media sosial pada sekarang ini, dapat memberikan peluang yang besar dan kuat bagi para konsumen untuk menyebarkan opini mereka terhadap suatu produk baik negatif maupun positif. Penurunan penjualan dapat disimpulkan sebagai salah satu dampak dari perilaku negatif Tiger Woods.

ABSTRACT
One of the most conventional ways for marketers to strengthen their consumers? loyalty which leads to sales increase is by utilizing celebrity endorsement as their tool. The negative effects that appear out of celebrity endorsement will be rigorously explained on this research. Also, how this negative reputation of a brand ambassador, will impact sales on the company that endorse them. This research will mainly illustrate Tiger Woods as the main example in order to gain an in depth understanding regarding how poor publicity of an endorser could affect the company. This study used literature review with source credibility theory as the main theory to back up the research?s findings.
This study has found that using a celebrity as their tool to promote their brand is effective, on the other hand especially with the occurrence of social media it will generate more power to the audience to freely share their opinions, whether it?s good or bad towards the brand, and in conclusion it is said that Tiger Wood?s negative behavior has given negative impact to the company which is the decreasing of sales.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Maulida Muna
"ABSTRAK
Artikel jurnal ini bertujuan untuk membahas penggunaan celebrity endorser dalam kampanye
Inspiring Beauty yang telah dilakukan oleh produk kosmetik Wardah.Studi literatur atau studi
kepustakaan adalah metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data sekunder dalam
jurnal ini.Kesimpulan yang didapat dari penulisan artikel ini adalah terdapat keidealan dalam
pemilihan celebrity endorser Wardah berdasarkan lima aspek penting, yaitutrustworthiness
(dapat dipercaya), expertise (keahlian), attractiveness (daya tarik fisik), respect
(menghormati), dan similarity (kesamaan dengan audiens yang dituju). Selain itu,kampanye
Inspiring Beauty ini juga menyediakan sarana-sarana, seperti kegiatanamal, seminar,fashion
show, make up dan hijab tutorial, workshop, serta mentoring atau kajian agama yang selalu
dihadiri dan didukung oleh celebrity endorser Wardah.

ABSTRACT
This journal article aims to discuss the use of celebrity endorser in Inspiring Beauty
campaign that has been conducted by Wardah cosmetic products. The literature study is used
in this journal to collect secondary data. The conclusion of this article is contained the
ideality in the selection of celebrities endorser Wardah based on five important aspects,
namely trustworthiness, expertise (skills), attractiveness (physical attractiveness), respect,
and the similarity (similarity with the audience which is aimed). In addition, the Inspiring
Beauty‟s campaign also provide supporting tools and programs, such as charity events,
seminars, fashion shows, makeup and hijab tutorials, workshops, and mentoring or religious
studies who always attended and supported by the celebrities endorser of Wardah.;;"
[, ], 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fethin Damayanti
"Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, namun peminat kosmetik yang belum bersertifikat halal masih cukup tinggi, khususnya asal Korea Selatan. Oleh kerena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi intensi pembelian kembali produk kosmetik yang belum bersertifikat halal pada konsumen muslim Indonesia. Kerangka penelitian ini berdasarkan pada stimulus-organism-response (SOR) model. Dari 259 sampel yang diteliti pada penelitian ini, menghasilkan bahwa celebrity endorsement berpengaruh secara positif terhadap attitude dan brand image. Kemudian brand image juga berpengaruh positif terhadap intensi pembelian kembali produk kosmetik yang belum bersertifikat halal. Sedangkan attitude tidak berpengaruh pada intensi pembelian kembali kosmetik yang belum bersertifikat halal. Dan religiusitas tidak dapat memoderasi hubungan antara attitude dan intensi pembelian kembali.

Indonesia is the largest Muslim country in the world. However, cosmetic enthusiasts without halal certification are still relatively high, especially from South Korea. Therefore, this study aims to analyze the factors influencing the intention to repurchase cosmetic products that have not been halal-certified among Indonesian Muslim consumers. This research framework is based on the stimulus-organism-response (SOR) model. Of the 259 samples studied in this study, it was found that celebrity endorsement positively affects attitude and brand image. The brand image also has a positive effect on the intention to repurchase cosmetic products that are not yet halal certified. Meanwhile, attitude does not affect the intention to repurchase cosmetics that are not yet halal certified. And religiosity cannot moderate the relationship between attitude and repurchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Matej Gaspar
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai kredibilitas pesan komunikasi yang dibangun
melalui penggunaan third-party endorsement. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisa kredibilitas dan dampak pesan komunikasi yang dibangun melalui
penggunaan third-party endorsement. Konsep dan teori yang digunakan adalah
teori mengenai endorser, teori kredibilitas sumber dan teori kredibilitas pesan
dengan merujuk pada proses komunikasi dalam model Lasswell sebagai landasan
kerangka pemikiran. Penggunaan model Lasswell karena terkait kredibilitas pesan
yang harus memenuhi kelengkapan unsur komunikasi. Metode dalam penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kredibilitas pesan komunikasi yang dibangun melalui
penggunaan third-party endorser dapat tercapai dan memiliki dampak positif,
karena pesan yang disampaikan memiliki kredibilitas dimata penerima dan
menghasilkan liputan pemberitaan di media massa yang membuat pesan
komunikasi perusahaan dapat tersampaikan ke publik yang lebih luas lagi

ABSTRACT
This thesis discusses about the build credibility of communication message
through the use of third-party endorsement. The objective of this research is to
knowing credibility and the impacts of communication messages developed by
third-party endorsement in a strategy of marketing public relations. The Concepts
and theories used is the theory regarding endorser, the source credibility theory
and message credibility theory by referring to the communication process in the
Lasswell?smodel as a conceptual framework. The use of Lasswell's model as it
relates credibility of the message should fulfill the completeness of
communication. This research applied qualitative method with descriptive
approach. The results showed that the credibility of communication messages are
built through the use of third-party endorser has a positive impact, because the
message has credibility in the sight receiver of the message and the use of thirdparty
endorsement through journalist class program generate positive news
coverage in the media that make communication messages of corporate can be
delivered to a wider public to the community"
2016
T45690
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurfitriyana Riyadi
"ABSTRAK
Positive leader identity, sebagai sebuah bentuk identitas sosial dalam lingkup organisasi, merupakan kunci dari kepemimpinan yang efektif, karena mampu meningkatkan motivasi untuk memimpin serta kemampuan individu dalam menghadapi stress. Akan tetapi, penelitian empiris mengenai pembentukan positive leader identity masih sangat minim. Penelitian berdesain korelasional ini dilakukan untuk meneliti mekanisme pembentukan positive leader identity melalui adanya leader prototypicality dan leader endorsement, dengan didasari oleh pandangan evaluatif serta mekanisme claiming-granting antara pemimpin dan bawahan dalam menjelaskan proses pembentukan identitas kepemimpinan. Untuk mengatasi common method bias, data penelitian diperoleh dari sumber berbeda: 65 pasang pemimpin dan bawahan di Indonesia dilibatkan sebagai partisipan penelitian. Seluruh alat ukur penelitian menunjukkan konsistensi internal yang baik dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,7-0,9. Hasil analisis mediasi berbasis regresi menunjukkan bahwa a tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara leader prototypicality dan positive leader identity serta b leader endorsement bukan merupakan mediator dari hubungan antara keduanya. Dalam hasil analisis, ditemukan pengaruh yang signifikan dari jenis kelamin pemimpin terhadap leader endorsement dan positive leader identity: leader endorsement dan positive leader identity yang dimiliki oleh pemimpin laki-laki lebih tinggi dibanding pemimpin perempuan. Temuan ini menyajikan data empiris baru mengenai pembentukan dan evaluasi identitas sosial sebagai pemimpin dalam lingkup organisasi.

ABSTRACT
As a form of social identity in organizational context, positive leader identity is a key in effective leadership, for it positively influences motivation to lead and enables one to better cope with stress. However, little empirical research exists regarding the construction of positive leader identity. This current research, aiming to investigate the mechanism underlying the construction of positive leader identity through leader prototypicality and leader endorsement, was therefore conducted, grounded by the evaluative perspective and claiming granting mechanism between leader and followers. The data needed was obtained from two different sources in order to reduce common method bias 65 pairs of leader and follower in Indonesia were involved in a cross sectional study. All measures hold a relatively good internal consistency, with the reliability coefficients ranging from 0,7 0,9. Regression based mediation analysis shows that a leader prototypicality is not a significant predictor of positive leader identity and b there is no significant indirect effect of leader endorsement in the relationship between leader prototypicality and positive leader identity. In return, we found a strong influence of leader gender on both leader endorsement and positive leader identity male leaders received higher endorsement and had higher positive leader identity than female leaders. These findings provide new empirical evidence concerning the construction and evaluation of social identity as a leader in organizational setting."
2017
S68276
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library