Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dedi Priadi
"ABSTRAK
Pengaruh Pelumasan terhadap mampu penarikan rentang lembaran kuningan yang dipakai untuk komponen radiator telah dipelajari.
Distribusi regangan dan kedalaman mangkuk maksimum hasil penarikan rentang dipengaruhi oleh kondisi pelumasan, yang meliputi jenis viskositas dan volume pelumas yang disertai selang waktu antara pemberian pelumas dan proses tersebut.
Pemberian pelumas cair dengan viskositas lebih tinggi dapat menghasilkan regangan yang lebih tinggi dan distribusi yang lebih merata, sehingga diperoleh kedalaman mangkuk yang lebih besar dibandingkan dengan pelumas yang mempunyai viskositas lebih rendah."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Priadi
"Pelatihan berperan dalam mempersiapkan SDM kepada suatu ketrampilan atau keahlian yang diperlukan untuk kelancaran pekerjaannya. Dilihat dari fungsi pelatihan dapat memberikan dampak berupa peningkatan produktifitas dan kualitas serta penghematan dalam biaya dan waktu. Pelaksanaan program pelatihan dapat dikatakan sebagai suatu investasi dalam bidang SDM.
Untuk mengetahui tingkat efisiensi (efektifitas dan biaya) dari suatu program pelatihan bagi organisasi salah satunya adalah dengan menghitung berapa besar tingkat pengembalian investasi yang dihasilkan dari penyelenggaraan pelatihan dan berapa lama perkiraan waktu pengembalian. Hasil perhitungan itu kemudian akan menjadi dasar bagi sebuah organisasi untuk mengambil kebijakan di masa yang akan datang.
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan yaitu PT Bursa Efek Jakarta. Cara mengumpulkan data penelitian ini yaitu melalui riset lapangan dengan cara wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, review dokumentasi dan riset kepustakaan. Data yang dikumpulkan tersebut digunakan untuk menganalisa dan menghitung tingkat pengembalian investasi dan jangka waktu pengembalian pelatihan tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengembalian investasi pelatihan yang diselenggarakan pada tahun 1996 sebesar 34,63 °/° dan jangka waktu pengembalian 3 tahun. Besarnya tingkat pengembalian investasi dan lama pengembalian tersebut menunjukan pelatihan tersebut berdampak bagi finansial BEJ. Dimana nilai kapitalisasi pasar meningkat demikian pula halnya dengan perolehan profit."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
T12475
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Priadi
"Aplikasi penggunaan komputer di dalam perancangan sistem saluran (gating system) merupakan hal yang sangat efektif baik dalam singkatnya waktu, ketelitian, hasil perancangan, maupun biaya yang dikeluarkan akan lebih kecil jika dibandingkan dengan mengg unakan cara tradisional yaitu uji eksperimental. Akan tetapi uji eksperimental tetap diperlukan dan bersama-sama dengan simulasi untuk mencapai hasil yang terbaik dari perancangan gating system.
Dalam penelitian ini kita harus dapat menentukan besar dimensi baik panjang maupun besar radius saluran masuk yang optimum. Oleh karena itu diharapkan cairan logam dapat masuk dengan mulus, tepat dalam arti tidak membeku di jalan sebelum cairan cor sampai ke cetakan, cairan dapat mengalir secara tenang (laminar) sehingga produknya tidak ada cacatnya. Parameter yang panting pada aliran cairan cor adalah cepat terisi dan aliran bersifat laminar, jangan aliran turbulen, serta sekecil mungkin kerugian mayornya. Hal ini berhubungan dengan ilmu Mekanika Fluida. Pada penelitian memvariasikan panjang saluran 30 mm (pendek), 40 mm (menengah), 50 mm (panjang), dimensi ini berhubungan dengan kerugian mayor, dan variasi radius R 5-7 (dianggap radius tajam), R 10-15 (radius mulus), dimensi ini berhubungan dengan jenis aliran cor laminar atau turbulen dari saluran masuk gating system tersebut. Setiap panjang dan radius tertentu disimulasikan dan dimodelkan dengan bantuan paket Computer Fluid Dynamic (CFD), sehingga didapat dengan mudah dan jeias pola aliran yang terjadi di dalam saluran masuk gating sistem maupun dienya.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa panjang optimum pada sistem saluran (gating system) Brake Drum ini adalah 30 mm (pendek) dengan radius 15 (mulus). Dengan dimensi yang pendek kerugian mayornya kecil sehingga die cepat terisi penuh (kerugian gesek berbanding lurus dengan panjang saluran), sedangkan dengan radius yang mulus arah alirannya menjadi mulus atau laminar tidak ada golakan (turbulen), dan faktor gesekanaya kecil sehingga kerugian mayornya kecil."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Priadi
"Telah dilakukan penelitian tentang analisa tegangan sisa baja rol-temps. Pengujian tegangan sisa dilakukan dengan teknik difraksi sinar- dimana proses pengerolan ini merupakan proses rol-temps. Dalam proses desain dan produksi suatu produk sering terjadi kegagalan dari material tersebut baik sebelum dan saat digunakan. Hal ini karena adanya tegangan sisa yang tidak terhitungkan sebelumnya. Namun tegangan sisa ini tidak selalu merugikan, karena tergantung arahnya beban yang dikenakan. Secara umum adanya tegangan sisa ini lebih sering merugikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya tegangan sisa juga dipengaruhi perubahan struktur akibat adanya transformasi fasa, walaupun besarnya tegangan sisa akibat rolling pra-tempa relatif kecil Dengan panas anil 700 °C dan waktu tahan 25 menit terlihat penurunan tegangan sisa Puncak-puncak difraksi yang dilaku rol lebih lebar daripada yang tidak dirol. Hal ini menunjukkan regangannya tidak homogen. Dari analisa penghalusan GSAS dapat menggambarkan ketidak homogenan regangan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Priadi
"Sifat mampu bentuk lembaran kuningan alpha (fasa tunggal) dipengaruhi oleh ukuran butir, bentuk butir, dan teksture (preferred orientation). Dari ketiga hal di atas, ukuran butir adalah parameter yang paling mudah diatur dan dikendalikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh ukuran butir terhadap sifat mampu bentuk (formability) lembaran kuningan alpha Pengaturan ukuran butir kuningan dilakukan dengan cara merusak butir awal menggunakan proses canal dingin dengan jumlah reduksi 53,3%. Selanjutnya dilakukan proses anil pada temperatur berbeda, yaitu: 325°C, 425°C, 475°C, 525°C, 575°C, dan 700°C. Pengujian yang dilakukan meliputi: pengujian non simuiatif (pengujian tarik dan kekerasan) dan pengujian simulatif lembaran (pengujian deep drawing, stretching, dan forming limit diagram).
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa kenaikan ukuran butir akan meningkatkan sifat mampu bentuk lembaran kuningan alpha hingga diameter tertentu. Sifat mampu bentuk terbaik pada penelitian ini ditunjukkan oleh lembaran kuningan dengan diameter butir 0,062 mm. Rentang ukuran butir terbaik untuk proses pembentukan lembaran kuningan alpha tanpa cacat adalah: 0,045-0,062 mm. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Priadi
"ABSTRAK
Laporan ini merupakan hasil penelitian proses pembuatan lembaran aluminium 2024 dengan cara canal yang dilanjutkan dengan proses perlakuan panas.. Tujuan penelitian ini adalah dalam usaha penguasaan teknalogi canai dan pengaruh parameter proses (temperatur, persen reduksi, peluasan dan lain-lain) serta perlakuan panasnya terhadap perubahan struktur mikro, sifat fisik dan sifat mekanik paduan aluminum 2024l.
Penelitian dimulai dari pembuatan bahan baku paduan aluminium 2024 selanjutnya dihomogenisasi pada temperatur 490 °C selama waktu 10 jam agar dihasilkan paduan yang bebas dari segregasi mikro dan inklusi serta distribusi presipitat yang tersebar merata dalam matriks a, sehingga hasil canali panas yang dilanjutkan dengan canai dingin mempunycri kualitas baik: Bakal baku paduan aluminium 2024 hash homogenise si tersebut dideformasi dengan menggunakan proses canai panas pada t emperatur 350 °C dan 400 °C dengan persen reduksi masing-masing 30 % den 50 %. Kemudian hasil canal panas tersebut dideformasi lebih lanjut dengan menggurnakan proses canai dingin dengan persen reduksi sebesar 50%.
Dari penelitian didapat bahwa setelah proses canai panas terjadi proses rekristalisasi butir, dimana nilai kekerasan menjadi relatif sama (homogen) pada seluruh permukaan material. Proses canai panas yang dilakukan mengakibatkan terjadinya peningkatan kekerasan paduan Aluminium 2024 dari 62 HB menjadi 88 HB dan 91 HB (kondisi; temp. 350 °C, reduksi 30 % dan 50 %) serfta menjadi 80 HB dan 89 HB (kondisi: temp. 400 °C, reduksi 30 % dan 50 %). Dam struktur mikro terlihat bahwa butir berubah menjadi pipih . Temperatur canai panas yang optimal terletak pada 350 °C, karena pada kondisi tersebut terdapat peningkatan nilai kekerasan yang lebih linggi dari canai pada temperatur 400 °C . Proses canal dingin dengan reduksi 50 % terhadap material hasil canai panas, akan menaikkan kekerasan sebesar 30 %. Mampu canal dingin paduan A1--2024 tidak lebih dari 60 % (maksimal reduksi kumulalif), karena reduksi yang lebih tinggi akan menyebabkan plat aluminium 2024 hasil canai panas menjadi retak dan pecah. Dari struktur mikro terlihat bahwa selelah canal dingin butir kristal menjadi sangal pipih dan memanjang sehingga kekerasan aluminium 2024 meningkat. Proses perlakuan panas dengan cara solution treatment, T4 pada temperatur 495 °C selama 50 menit dan dicelup dingin (quench) sampai mencapai temperatur ruang mengakibatkan menurunnya kekerasan tetapi meningkaikan kekuatan tarik aluminium 2024 dari kondisi sebelum dilakukan proses perlakuan panas hal ini disebabkan presipitat CuA12 telah tersebar merata dalam matrik."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Priadi
"Purpose of Research (specific objective and/or statement of hypothesis in around 300 to400 words. Please try to avoid using an additional page). Zry-4 is an alloy of Ziconium (Zr) with alloying elements of Fe,Cr, and Sn with weight percentage of 0.2%, 0.07% and 1.5% respectively. This alloying element addition is intended to improve the mechanical properties as well as Zirconium, that is corrosive resistance at high temperature. Besides the alloying elements, the micro structural morphology of Zry-4, as results of thermomechanic treatment process, also an active role to determine mechanical, physical and corrosion properties. This alloy is used as structure and cladding materials for Pressurized water Reactor (PWR) nuclear fuel element. Zirconium alloy of Zr-702 will also be used for chemical engineering devices due to its high corrosion resistance in acid and alkali liquid as well as at high temperature. Examples of device are : Distillation Column, Reactor, Pump Housing and Heat exchanger and Heating coil due to mechanical properties at high temperature.
Some researchs have been done previously to observe changes of mechanical and corrosive properties of Zry-4 with solution treatment 0-phase, but unfortunately they are not continued between deformation degree and grain size with new precipitate is obtained.In this research we plan to carry out a cold deformation process of 0-quenching result and be continued with annealing process. From the process results we will observe the morphology of micro structure of Zry-4. This process will enable to determine the deformation level, time and temperature annealing to obtain a certain microstructure according to the desired mechanical properties (Microhardness).
Results of research can hopefully be used as input in the working process of Zry-4.Optical Microscopy, Transmission Electron Microscopy and X-Ray Diffraction will be used in the microstructure observation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Priadi
"Tinjauan Dari Aspek Teknologi.
Kegiatan, industri yang merupakan pendukung utama pembangunan, serngkali mengeluarkan berbagai jenis limbah, baik limbah cair, padat maupun gas. Limbah industri umumnya mengandung berbagai jenis limbah, termasuk limbah bahan berbabaya, sehingga berpotensi besar dalam pencemaran lingkungan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah pencemaran akibat limbah industri, namun seringkali upaya tersebut menimbulkan masalah baru yang berupa pemindahan pencemar antar media.
Jurusan Teknik Gas dan Petrokimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia telah melakukan berbagai penelitian tentang penanganan limbah industri, antara lain yang berkaitan dengan limbah industri yang mengandung amonia dan fenol beserta turunannya. Beberapa penelitian yang dilakukan memanfaatkan zeolit alam yang terdapat melimpah di bumi Indonesia, antara lain yang merupakan Proyek Riset Unggulan Terpadu (RUT) IV, V, VI.
Dengan tujuan mendapatkan hasil yang maksimal dan berdaya guna, Fakultas Tehnik Universitas Indonesia akan menyelenggarakan Seminar Ilmiah Sehari dengan topik "Masatah dan Penanganan Limbah Industri : Tinjauan dari Aspek Teknologi. Seminar tersebut merupakan hasil penelitian dari Kelompok Peneliti "Pengendalian Pencemaran dari Industri" dan Kelompok Peneliti "Perancangan Reaktor Kimia." yang ada di Jurusan Teknik Gas dan Petrokimia, FTUI. Seminar tersebut diharapkan merupakan forum pertukaran informasi antara dunia pendidikan, lembaga penelitian, dunia industri, serta Pengelola lingkungan."
Universitas Indonesia, 1997
Prosiding - Seminar  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Priadi
"THE SEARCH FOR EQUILIBRIUM IN PEOPLE MOVEMENTS
Suyono Dikun, PhD Transportaion Bureau, Bappenas
The Wisdom :
Our unity as nation is sustained by free communication of thought and by easy transportation of people and goods .... Together, the uniting forces of our .communication and transportation systems are dynamic elements in the very name we bear- United States, Without them, we would be a mere alliance of many separate parts (President Dwight D Eisenhower message to Congress, February 22, 1955)
While our world is now in the process of shrinking and reshaping due to the transport technology, our big cities, paradoxically, are enlarging, and overcrowding in such a way that even the same technology is not able to overcome time and distance.
It is the movement of people that matters, not the movement of such mechanical deices as motorized private vehicles.
Urban transportations (and its related issues) is perceived to be a domain where complexity and mega-conflicts prevail : population concentration vs employment deconcentration.
Urbanization vs rural empowerment
Old fashioned, "power approach" law vs development, "welfare approach" law."academic thought" spatial planning vs economic driven urban activities. Economic growth vs regional disparity. High intensity of development vs land carrying capacity land use vs transport services (endless cycles) vehicle movement vs people movements mass rapid transit vs urban expressway comfort movements of the affluent vs forgotten transport disadvantages no government intervention vs redistribution of income environmental depletion vs taking nature into account
Problem Statements ( in Search of the Equilibrium)
1. The problem of urban congestion has become so great that we are coming to the conclusion that there could be sufficient highway space and parking capacity to permit the movement of all people in private cars.
2. Expressways and parking facilities not only will solve the problem of congestion but will actually make it worse. Elaborate urban expressways are futile because of the tremendous reservoir of traffic waiting to absorb any new street capacity.
3. Those who try to accommodate private cars "is doomed to inevitable failure; the better they do their job the greater will be their failure".
4. The cities just cannot resign themselves to private cars and let mass transportation slide to ruin and extinction, They must preserve mass transportation or stagnate. Downtown is doomed to die unless cities streets movement of people rather than movement of vehicles.
5. Neither private cars nor mass transportation nor any other mechanical contrivance can solve the problems of urban congestion. As a solution of the traffic problem these devices are pure deception. Putting the emphasis on supplying transportation facilities rather than controlling the demand: serves only to aggravate congestion is long , as nothing is done fundamentally to rehabilitate the cities themselves, the quicker will people forsake them and the greater the problems for those left behind to cope with.
6. Private cars and mass transportation are both guilty of promoting congestion; and that have resulted in the .successful attempt to crowd too many people and too much economic activity into too little space.
7. Metropolitan areas face difficult task of arriving at decisions than will determine the physical and financial future of tomorrow's city.
8. Emphasizing expressways and parking facilities to accommodate private car use, or modernizing mass transportation facilities to reduce the number of vehicles entering the city? Or will solutions depend instead on the extensive replanning and rebuilding of the city?
THE EQUILIBRIUM
The solution of urban transport massive congestion does not he in ;her two extremes MRT or Urban Expressways.
The solution lies in between, not only between those two system but in the equilibrium among transport supply systems, between supply and demand slides, between capital and non-capital management strategies, between public and private initiatives, and between growth and environmental quality.
The equilibrium is represented by an integrated, intermodal transport system which is safe, efficient, reliable and professional, where urban trip makers can have modal choice given by economically competitive services and their perceived travel time values.
For our big cities, the equilibrium can only be achieved by undertaking reforms and restructuring of our institutional settings dealing with urban transport, legal and regulator frameworks supporting the system, capacity building of the human resources, pricing and cost policy of urban travels, management skills and software's, and private sector participation.
The center point is of course of having a strong political will, emerging to the surface because of professional support systems, provided by professional transport groups/ organization.
"
Universitas Indonesia, 1997
Prosiding - Seminar  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Priadi
Jakarta: UI-Press, 2013
PGB 0339
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>