Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7899 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tarigan, Henry Guntur
"Abstraksi
Keterampilan berbahasa mencakup empat segi, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Bagi para guru, para pemimpin, dan para sarjana, keterampilan berbahasa sungguh sangat penting, turut menentukan peningkatan karier dan profesi mereka dalam masyarakat. Buku ini disusun dengan tujuan menanamkan pentingnya menulis dalam kehidupan dan dapat membantu untuk meningkatkan daya menulis."
Bandung: CV Angkasa, 2013
411 TAR m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fadly
"Bahasa yang diekspresikan dalam artikel ilmiah tidak hanya berfungsi merepresentasikan realitas (ideasional), tetapi juga menjalin hubungan sosial (interpersonal). Fungsi ideasional menghendaki objektivitas; fungsi interpersonal mengharapkan interaksi sosial dalam mempertukarkan kebenaran atau pandangan. Penulis artikel ilmiah dihadapkan pada dua tuntutan beroposisi: objektivitas dan evaluatif-kritis dalam mengekspresikan realitas dan kebenaran. Setakat ini belum ditemukan pemetaan bahasa evaluatif dalam artikel ilmiah berbahasa Indonesia yang dapat dijadikan strategi objektivasi dan negosiasi kebenaran. Melalui kerangka Appraisal, penelitian ini bertujuan memadukan dua orientasi yang beroposisi itu dalam artikel ilmiah berbahasa Indonesia. Peneliti menggunakan ancangan kualitatif untuk memperoleh kedalaman analisis atas fungsi interpersonal pada artikel ilmiah. Sumber data penelitian ini adalah artikel-artikel ilmiah nasional, yang terakreditasi dan terindeks Science and Technology Index (SINTA), dan memiliki faktor dampak peringkat sepuluh teratas. Data yang dikumpulkan berasal dari artikel-artikel ilmiah berbahasa Indonesia, yang diklasifikasikan ke dalam sepuluh bidang ilmu, yaitu ilmu kesehatan, ilmu sosial, humaniora, ilmu pertanian, ilmu agama, sains, ilmu ekonomi, ilmu pendidikan, teknik, dan seni. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menemukan bahwa preferensi sikap penulis artikel ilmiah berpengaruh pada tingkat objektivitas dan subjektivitasnya. Pada artikel ilmiah bidang kesehatan, penulis menghindari subjektivitas dengan nominalisasi dan objektivasi perasaan atau emosi. Pada artikel ilmiah bidang ilmu sosial, penulis mengupayakan pasivasi dan menggeser sumber daya Afek menjadi Penilaian, yang berimplikasi pada pelembagaan sumber daya emosi dan perasaan. Pada bidang-bidang lainnya ekspresi sikap yang dinominalisasi paling banyak digunakan untuk mengupayakan objektivitas. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk penulis artikel ilmiah dalam mengoperasikan bahasa evaluatif.

Writers of scientific articles are required to avoid subjectivity through their language. On the other hand, he is expected to provide an evaluation of phenomena or meta-phenomena so that he is considered critical. So far, no evaluative language mapping has been found in scientific articles in Indonesian that can be used as a strategy for objectivation and negotiation of truth. Through the Appraisal framework, this study aims to reconcile two opposing orientations in writing scientific articles: objective and evaluative-critical. This researcher uses qualitative elements to obtain in-depth analysis of scientific articles. The data sources for this research are national scientific articles, which are accredited and indexed by the Science and Technology Index (SINTA), and have an impact factor ranking in the top ten. The data collected comes from scientific articles in Indonesian, which are classified into ten disciplines, namely health sciences, social sciences, humanities, agriculture, religion, exact sciences, arts, economics, education, and engineering. Based on data analysis, this study found that the attitude preferences of scientific article writers affect the level of objectivity and subjectivity. In scientific articles in the field of health, the authors avoid subjectivity by nominalizing and objectifying feelings or emotions. In scientific articles in the field of social sciences, the author seeks passivation and shifts Affect resources to Judgement, which has implications for the institutionalization of emotional and feeling resources. In other fields, the expressions of attitudes that are nominated are most widely used to strive for objectivity. The results of this study can be used for scientific article writers in operating evaluative language."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Kuswandari Banuwa
"[ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas program SRSD (Self-Regulation
Strategy Development) berdasarkan metakognisi untuk meningkatkan
keterampilan menulis karangan pada siswa sekolah dasar. Intervensi yang
dirancang ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kemampuannya
dalam meregulasi proses menulis karangan secara mandiri. Penelitian ini
menggunakan single subject design dengan melibatkan satu orang partisipan,
yaitu siswa perempuan berusia 11 tahun yang memiliki kecerdasan di atas ratarata
(Skala Wechsler), namun kesulitan dalam menulis karangan. Intervensi dibagi
ke dalam 10 sesi dengan durasi 60 menit pada setiap sesinya. Setelah dilakukan
analisis perbandingan hasil pre-test dan post-test, ditemukan bahwa model SRSD
yang diberikan efektif dalam mengembangkan kemampuan metakognisi, baik
dalam hal planning maupun reviewing dan meningkatkan keterampilan menulis
karangan.

ABSTRACT
The purpose of this study was to know the effectiveness of SRSD program (Self-
Regulation Strategy Development) based on metacognition in improving story
writing skills on elementary students. This intervention expected to help
elementary students to develop their skill in regulating writing process
independently. This study is a single subject research with one student involved.
Participant is an eleven years old girl with an above average intelligent quotient
(Wechsler Scale), but having problem in story writing. This intervention was
given in ten session and 60 minutes for each session. Qualitative analysis was
applied to measure changes of writing score before and after the intervention. The
result of this study shows that SRSD model is effective in developing
metacognition, not only planning but also reviewing and improving story writing
skills., The purpose of this study was to know the effectiveness of SRSD program (Self-
Regulation Strategy Development) based on metacognition in improving story
writing skills on elementary students. This intervention expected to help
elementary students to develop their skill in regulating writing process
independently. This study is a single subject research with one student involved.
Participant is an eleven years old girl with an above average intelligent quotient
(Wechsler Scale), but having problem in story writing. This intervention was
given in ten session and 60 minutes for each session. Qualitative analysis was
applied to measure changes of writing score before and after the intervention. The
result of this study shows that SRSD model is effective in developing
metacognition, not only planning but also reviewing and improving story writing
skills.]"
2016
T45326
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Ketrampilan menulis (writing) merupakan keterampilan yang penting untuk mengungkapkan gagasan kepada pembaca. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan kreativitas serta kemampuan pembelajar dalam proses pembelajaran keterampilan menulis salah satunya melalui penelitian tindakan...."
2008
370 JPUNP 30:2 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Antoni Ludfi Arifin
Jakarta : Gramedia Pustaka Utama , 2012
808.02 ANT b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Liotohe, Wimanjaya K.
Jakarta: Balai Pustaka, 1991
808 WIM p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ijzermans, Theo
"Banyak orang yang tidak suka bila harus menulis korespondensi dan teks formal lain seperti laporan, surat, memo, dan email. Mereka takut akan kesalahan pengejaan, memikirkan kalimat pertama yang harus dituliskan, dan menulis sepanjang yang mereka bisa. Penulis buku ini memberikan tips bagi para penulis yang mengalami kesulitan dalam menulis tersebut. "
Amstetelveen: Thema, bedrijfswetenschappelijke en educatieve uitgeverij , 2006
BLD 439.311 IJZ s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ngurah Agung
"ABSTRAK
This paper presents short notes and comment on the problems of a scientist in writing and publishing a book in his/her field of majoirty or interest, either in exact (mathematical, statistical, and technical) sciences or social-economics, supported by my observation. Based on my observation and experiences, a scientist has lack of interest in writing a text or reference book, because of (i). The problem with the publisher, (ii) the capability and willingness of the scientist to present special and unique materials compare to other books, and (iii) lack of willingness of other scientists in using the book at least for a reference of their lecturers."
Jakarta: The Ary Suta Center, 2019
330 ASCSM 44 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Basturi Hasan
Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016
808.066 BAS r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: UI Publishing, 2020
372.623 PRA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>