Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53567 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Liahatin Nur Laila
"Masyarakat Jawa memiliki sudut pandang religi dan panduan religius sangat kuat yang diaplikasikan secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari. Laku adalah bagian dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat Jawa. Laku (Endraswara, 2014) merupakan upaya untuk mengendalikan diri dari nafsu duniawi dan menyadari kordinasinya dengan alam semesta. Kesadaran terhadap alam semesta pada hakekatnya merupakan upaya manusia dalam mendekatkan diri kepada Tuhan. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menggali laku yang dilakukan oleh Ki Agung dan Ki Sirat serta apa yang membedakan kedua laku tersebut. Penelitian ini didasarkan atas konsep laku yang diuraikan dalam buku Guru Sejati karangan Suwardi Endraswara tahun 2014.Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang mendasarkan pada data tertulis yang ada dalam naskah Cariyosipun Ki Agung Tnggulwulung Kebon Agung Karya R.M. Jayengwiharja. Naskah tersebut merupakan koleksi naskah Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Data tersebut akan diklasifikasikan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Pada bagian akhir dilakukan interpretasi terhadap data untuk mengungkapkan hal yang ada dibalik teks tersebut. Dari hasil penelusuran ditemukan bahwa teks ini berisi tentang aspek-aspek laku yang dilakukan oleh Ki Agung dan Ki Sirat. Aspek-aspek laku tersebut dibagi menjadi dua, yaitu laku Ki Agung yang terdiri dari lelana, puasa, semadi, salat, tapa, dan ngelmu atau ngangsu kawruh, dan laku Ki Sirat yang terdiri dari tafakur, tahlil, salat, slametan atau wilujengan, dan nyekar. Laku yang dilakukan oleh Ki Agung dan Ki Sirat terjadi titik temu antara budaya Jawa dan budaya Islam. Dalam naskah ini, laku dilakukan untuk menyucikan diri dari hawa nafsu dan memusatkan diri kepada Tuhan.

Javanese society has a very strong religious perspective and religious guidance is applied continuously in everyday life. Laku is part of daily activities carried out by Javanese people. Laku (Endraswara, 2014) is an attempt to control oneself from worldly desires and realize their coordination with the universe. Awareness of the universe is essentially an attempt by humans to draw closer to God. The purpose of this study is to explore laku carried out by Ki Agung and Ki Sirat and distinguish laku both of them. This research is based on the concept of Laku described in the book GuruSejati by Suwardi Endraswara in 2014. The method used is a qualitative research based on written data in the Cariyosipun Ki Agung Tunggulwulung Kebon Agung Manuscript by R.M. Jayengwiharja. It is a manuscript collection of Central Indonesian University Library. The data will be classified according to research needs. At the end, interpret the data to reveal thing behind the text. In the finding, text contains aspects of laku carried out by Ki Agung and Ki Sirat. The aspects of laku are divided into two, namely Ki Agung's laku consists of lelana, fasting, semedi, prayer, tapa, and ngelmu or ngangsukawruh, and Ki Sirat's laku consists of tafakur, tahlil, prayer, slametan or wilujengan, and nyekar. Laku carried out by Ki Agung and Ki Sirat became a meeting point between Javanese culture and Islamic culture. In this text, laku is done to purify oneself from lust and to focus on God.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kumar, Ann
Jakarta: The Lontar Foundation, 1996
R 499.211 KUM i
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Chambert-Loir, Henri
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1999
011.31 CHA k
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Putu Wahyu Candra Widhiandari
"ABSTRAK
Skripsi ini berfokus pada kegiatan preservasi naskah, khususnya naskah lontar di
Perpustakaan Universitas Indonesia. Masalah yang menjadi perhatian peneliti dalam penelitian
ini adalah kegiatan preservasi lontar, kondisi fisik naskah lontar, faktor kerusakan, dan kontrol
lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode studi kasus. Metode
pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, kuisioner tatap muka (wawancara), dan
analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan preservasi yang dilakukan
perpustakaan UI ada dua yaitu pembersihan dan pemotretan lontar. Terdapat 40% naskah lontar
tulisannya sudah pudar, 37% lontar rusak akibat serangga, 32% naskah sudah sobek/patah, dan
4% naskah terindikasi jamur. Kondisi lingkungan penyimpanan naskah lontar sangat baik yaitu
dengan suhu konstan 180C, RH berkisar antara 65% sampai 69%. Tingkat cahaya di ruang
penyimpanan naskah lontar keseluruhan antara 04.3 lux hingga 04.5 lux dan tingkat cahaya di
lemari penyimpanan naskah lontar yang memiliki keropak konstan 00.5 lux dan yang tidak
memiliki keropak 00.0 lux. Kegiatan preservasi naskah lontar di perpustakaan UI terhambat
karena kurangnya sumber daya manusia di ruang naskah, masalah anggaran untuk kegiatan
preservasi, dan kurangnya fasilitas untuk pengunjung ruang naskah dan pengguna naskah lontar,
serta masalah teknis yaitu belum ada kebijakan dan standar operasional prosedur mengenai
kegiatan preservasi naskah lontar.

Abstract
The focus of this study is manuscript preservation, especially lontar in Library of
Universitas Indonesia. Problems focused by the researchers as well as the preservation activities
of lontar manuscripts, the physical conditions of lontar ma nuscripts, the deterioration factors, and
the evironmental controls. The study was a quantitative study with the case study method.
Methods of data collection, i.e. observation, face to face questionnaires (interview), and
document analysis The results of this study is library of UI has two methods to preserving lontar,
which are cleaning method and photograph method. There is 40% of lontar manuscripts writing
is faded, 37% damaged by palm insects, 32% of the lontar manuscripts was torn/broken, and 4%
indicated by fungal. Storage environmental conditions, in excellent condition with a constant
temperature of 180C, RH ranged from 65% to 69%. Light level in the storage room of the whole
lontar manuscripts is between 04.3 lux to 04.5 lux and light levels in the storage closet of lontar
manuscripts that have keropak is 00.5 lux and light levels in the storage closet of lontar
manuscripts that don?t have keropak is 00.0 lux. Lontar manuscript preservation activities at the
UI library is hampered by the lack of human resources in the manuscript collections room,
budget issues for preservation activities, and lack of facilities for visitors and users of lontar
manuscript, as well as technical issues are no standard operating policies and procedures
regarding the preservation activities of the lontar manuscript."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43159
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Yang dimaksud cerita Panji adalah cerita dengan tokoh utama Panji berikut variannya dan Galuh Candrakirana atau Sekartaji berikut variannya dengan latar Kerajaan Jenggala, Kediri, Galegang, Urawan, dan Gagelang serta SIngasari. Kisah terjadi seputar pengembaraan salah satu tokoh utama yang meninggalkan kediamannya. Tokoh utama tersebut bersalin rupa dan berganti nama seperti Panji Angkronakung, Wasengsari, Panji Semriang, dll. Berdasarkan kesamaan tata susunan kisahan berikut nama tokoh dan latar, Robson menyebut carita Panji sebagai suatu genre."
JMN 5:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Eman Hermawan
"Universitas Indonesia menyimpan koleksi manuskrip yang berasal dari era pra-Indonesia yang saat ini disimpan di ruang naskah lantai 2 Perpustakaan Pusat UI. Sejumlah koleksi naskah kuno yang telah direstorasi tersebut belum sesuai dengan kaidah restorasi yang tepat dan akurat. Salah satunya adalah manuskrip dengan kode PR 63 yang berasal dari Cirebon. Oleh karena itu, naskah PR 63 dipilih sebagai korpus penelitian. Beberapa pertanyaan yang muncul dalam penelitian ini, seperti apa karakteristik daluang dalam naskah Cirebon dan bagaimana kodikologi-konservasi daluang PR 63? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa karakteristik fisik bahan daluang yang digunakan dalam naskah Cirebon dan menilai kualitasnya. Temuan ini akan membantu dalam pengembangan prosedur teknis untuk mempertahankan dan memulihkan naskah kuno berbahan daluang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada materialitas daluang, yang hingga saat ini masih terbatas terutama mengenai produksi daluang secara historis. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif, khususnya menggunakan pendekatan konservasi-kodikologi. Prosedur pengumpulan data dilakukan menggunakan visible light. Berdasarkan bukti empiris yang terkumpul, temuan menunjukkan bahwa kualitas daluang dalam naskah PR 63 adalah kualitas medium. Penelitian ini dapat memberikan rekomendasi konkret untuk rancangan kebijakan tentang pelestarian dan perlindungan warisan budaya.

Universitas Indonesia (UI) possesses historic manuscripts dating back to the pre-Indonesian era, which are currently housed in the manuscript room on the 2nd floor of the UI Central Library. The researchers discovered a number of old manuscripts in the UI collection that had been restored without adhering to appropriate and accurate restoration protocols. One of these is a compilation labeled PR 63 originating from Cirebon. Hence, the researchers selected the PR 63 as the subject of examination. This problem formulation gives rise to various study inquiries, such as what are the characteristics of the daluang in the Cirebon manuscript and what is the fineness of the daluang in the Cirebon manuscript? The objective of this study is to examine the physical characteristics of the daluang material used in the Cirebon manuscript and assess its quality. The findings will assist in developing technical procedures for preserving and restoring ancient manuscripts produced from daluang. This research is anticipated to contribute to the existing body/material of research on daluang, which has been rather limited, particularly about historical daluang production. The study methodology employed is qualitative research, specifically utilizing a conservation-codicological approach. The data collection procedure employs visible light. Based on the gathered empirical evidence, the research findings indicate that the quality of the daluang in the PR 63 manuscript is characterized as meeting the standards for medium quality. This research can offer concrete recommendations for policy drafts concerning the preservation and protection of cultural heritage.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 1996
R 930.598 SEJ
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zidny Naf`an
"[ABSTRAK
Penelitian mengenai segmentasi karakter merupakan proses awal dalam melakukan analisis isi naskah manuskrip Jawa. Segmentasi karakter pada citra naskah sangatlah penting untuk proses transliterasi naskah beraksara Jawa menjadi huruf Latin secara otomatis oleh komputer.
Kertas pada naskah sudah rapuh dikarenakan umur naskah yang tua sehingga menyebabkan kontras yang rendah dan munculnya noise antara teks dan background. Serta warna tinta yang sudah memudar berpengaruh pada kontras karakter pada naskah. Dimungkinkan juga terjadi ambigu hasil segmentasi karakter dikarenakan adanya keanekaragaman ukuran karakter dan adanya jarak spasi pada satu karakter.
Langkah-langkah segmentasi karakter yang dilakukan dalam penelitian ini adalah image acquisition, Gaussian filtering, binerisasi citra dengan algoritma Wolf-Jolion, segmentasi baris dengan metode vertical profile projection (VPP) dan Radon transform serta rule deteksi objek dengan connected component analysis, kemudian segmentasi karakter dengan metode horizontal profile projection.
Evaluasi segmentasi baris dilakukan dengan perhitungan nilai hit rate untuk empat kriteria, yaitu Correct untuk hasil yang benar, Line Including Outlier Script (LIOS) untuk hasil segmentasi yang memiliki aksara dari baris lain, Truncated Line (TL) untuk baris yang terpotong, dan Mix (LIOS+TL) untuk baris yang memiliki aksara dari baris lain dan juga terpotong. Hasil segmentasi baris yang benar (Correct) dengan metode VPP adalah 0.77 dan dengan metode Radon transform adalah 0.8. Hal ini dikarenakan perhitungan jumlah piksel hitam pada Radon transform berdasarkan sudut tertentu, sedangkan pada VPP perhitungan jumlah piksel hitam hanya berdasarkan satu baris saja.
Evaluasi hasil segmentasi karakter dilakukan dengan perhitungan nilai hit rate untuk dua kriteria, yaitu Readable untuk karakter yang dapat dibaca dan Unreadable untuk karakter yang tidak terbaca. Hasil segmentasi karakter dengan citra baris hasil dari vertical profile projection adalah 0.60245 dan nilai hit rate hasil segmentasi karakter dengan citra baris dari Radon transform adalah 0.60036. Hasil segmentasi karakter dengan input citra baris hasil segmentasi Radon transform hasilnya lebih rendah dikarenakan terdapat beberapa hasil segmentasi baris yang tumpang tindih (2 baris tersegmentasi menjadi 1 baris). Sehingga horizontal profile projection gagal dalam melakukan identifikasi lokasi karakter pada baris tersebut.;

ABSTRACT
Research on the segmentation of character is the initial process in conducting an analysis of the Javanese manuscript. Character segmentation in the image of a manuscript is essential to the process of transliterating Javanese script into Latin characters automatically by computer.
Paper on a manuscript already fragile due to age old script causing the low contrast and the emergence of noise between text and background. As well as the color of the ink that's been fading effect on contrasting characters in the script. It is possible occur ambiguous character segmentation results due to the diversity of character size and distance of space on a single character.
Segmentation character steps that are undertaken in this research are image acquisition, Gaussian filtering, image binarization with Wolf-Jolion algorithm, segmentation line with a method of vertical profile projection (VPP) and Radon transform and the rule detection of objects by connected component analysis, then segmentation characters by horizontal profile projection method.
The evaluation of the segmentation of the line carried out by calculation the hit rate to four criteria , that is Correct for result right, Line Including Outlier Script (LIOS) for the results of the segmentation of having script of the other line, Truncated Line (TL) for line truncated, and Mix (LIOS + TL) for line having script of the other line and also cut off. The results of segmentation line are properly (Correct) by VPP method is 0.77 and with Radon transform method is 0.8. It was because the calculations the number of pixels black on radon transform based on certain angles while in VPP calculating the number of black pixels only on one line.
Evaluation of the results of the segmentation of the character performed with calculation of the value of a hit rate to two criteria namely Readable for characters that can be read and Unreadable for the character of being illegible. The results of the segmentation of character with the line images result of the vertical profile projection is 0.60245 and hit rate value as results of the segmentation of character with the line images result of the Radon transform is 0.60036. The results of the segmentation of character with the line images result of the Radon transform more low because there are the outcome of several segmentation lines that overlap (2 lines segmented become a single line). So that horizontal profile projection fail in doing identifying location of the characters on the line.
, Research on the segmentation of character is the initial process in conducting an analysis of the Javanese manuscript. Character segmentation in the image of a manuscript is essential to the process of transliterating Javanese script into Latin characters automatically by computer.
Paper on a manuscript already fragile due to age old script causing the low contrast and the emergence of noise between text and background. As well as the color of the ink that's been fading effect on contrasting characters in the script. It is possible occur ambiguous character segmentation results due to the diversity of character size and distance of space on a single character.
Segmentation character steps that are undertaken in this research are image acquisition, Gaussian filtering, image binarization with Wolf-Jolion algorithm, segmentation line with a method of vertical profile projection (VPP) and Radon transform and the rule detection of objects by connected component analysis, then segmentation characters by horizontal profile projection method.
The evaluation of the segmentation of the line carried out by calculation the hit rate to four criteria , that is Correct for result right, Line Including Outlier Script (LIOS) for the results of the segmentation of having script of the other line, Truncated Line (TL) for line truncated, and Mix (LIOS + TL) for line having script of the other line and also cut off. The results of segmentation line are properly (Correct) by VPP method is 0.77 and with Radon transform method is 0.8. It was because the calculations the number of pixels black on radon transform based on certain angles while in VPP calculating the number of black pixels only on one line.
Evaluation of the results of the segmentation of the character performed with calculation of the value of a hit rate to two criteria namely Readable for characters that can be read and Unreadable for the character of being illegible. The results of the segmentation of character with the line images result of the vertical profile projection is 0.60245 and hit rate value as results of the segmentation of character with the line images result of the Radon transform is 0.60036. The results of the segmentation of character with the line images result of the Radon transform more low because there are the outcome of several segmentation lines that overlap (2 lines segmented become a single line). So that horizontal profile projection fail in doing identifying location of the characters on the line.
]"
[, ], 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Bagus Febriyanto
"ABSTRAK
Naskah Langen Wibawa selanjutnya disingkat menjadi LW merupakan sebuah peninggalan karya sastra yang mendokumentasikan 28 tarian yang ada dalam lingkungan Kadipaten Pakualaman. Salah satu tarian yang terdokumentasi dalam teks LW adalah Sirmpi Gadheg Putri. Srimpi merupakan tarian yang sakral, meskipun tidak sesakral bedhaya. Masalah yang muncul adalah terputusnya pelestarian Srimpi Gadheg Putri tradisi Kadipaten Pakualaman pasca pemerintahan Paku Alam IV hingga sekarang tidak dikenali kembali wujud repertoar sajiannya. Oleh sebab itu, dalam rangka menemukan kembali bentuk Srimpi Gadheg Putri tradisi Pakualaman, maka akan dilakukan dua tahap penelitian. Tahap pertama dilakukan suntingan teks LW dengan edisi kritis. Tahap kedua, dilakukan analisis tari dengan pendekatan etnokoreologi yang meliputi aspek sejarah, seni musik, dan seni tari khususnya tata lampah dan tata rakit. Dengan demikian penelitian ini berguna untuk menghidupkan kembali tradisi tarian yang telah lama hilang dalam bentuk rekonstruksi tari Srimpi Gadheg Putri.Dari hasil kritik teks ditemukan beberapa kesalahan berupa hilangnya suku kata atau lakuna. Hal ini menunjukkan bahwa teks LW bersih dari kesalahan-kesalahan. Berdasarkan analisis teks diketahui bahwa teks LW merupakan karya sastra yang didedikasikan sebagai dokumentasi seni tari. Oleh sebab itu, patut dijadikan sumber acuan utama dalam pengembangan tari tradisi Kadipaten Pakualaman. Dari pengkajian terhadap teks LW hal. 68-82 yang mendokumentasikan tari Srimpi Gadheg Putri ditemukan tiga keunikan. Pertama, prosesi kapang-kapang majeng yang dilakukan dua tahap. Kedua, digunakannya kalimat naratif kandha dan lagon yang mengindikasikan adanya pengaruh tradisi Kasultanan Yogyakarta dalam tradisi tari Kadipaten Pakualaman. Ketiga, penyajian kalimat naratif kandha dalam bentuk untaian puisi atau tembang.

ABSTRACT
Langen Wibawa hereinafter abbreviated as LW manuscript is a literary work that records 28 dances in the Kadipaten Pakualaman. One of the dances documented in LW is Srimpi Gadheg Putri. Srimpi is a sacred dance, not as sacred as the bedhaya dance. A problem arises that there happens to be a discontinuation in the preservation of the Srimpi Gadheg Putri after the resignation of Paku Alam IV so that the repertoire of the dance is now no longer known. In order to reconstruct the form of the Srimpi Gadh g Putri of Pakualaman, two stages of research will be conducted. The first stage is done by editing the critical edition of LW. The second stage is an analysis of dance conducted by using ethnochoreologic approach that includes aspects of history, arts, music, and dance aspecially tata lampah and tata rakit. By this research, it is aimed to be useful in reviving the traditional dance that has long been lost and to result the reconstructed form of the Srimpi Gadheg Putri.From the critical edition of the text, it is found that there are few errors of missing syllable or lacunae. This means that LW is quite clear from errors. Based on the text analysis, it is revealed that LW is a literary work aimed to record dances. Therefore, the text is suitable for the main reference of the dance tradition of Pakualaman. On analysis of LW on pages 68 69 that documents Srimpi Gadheg Putri, three characteristics were found. The first is the kapang kapang majeng procession that is done in two steps. The second is the usage of kandha and lagon narratives indicating the influence of Kasultanan Yogyakarta tradition over Kadipaten Pakualaman traditional dance. The third is the provision of the kandha narrative in form of poem or tembang. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>