Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 151522 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Buchori Muslim
"Tulisan ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi pembelajaran kimia melalui metode eksperimen berbasis lingkungan alam sekitar yang ditinjau dalam perspektif Islam. Banyak para guru tidak melaksanakan praktikum kimia dengan alasan ketidaktersediannya peraltan laboratorium. Islam mengajarkan kepada pengikutnya untuk tidak mempersulit proses pembelajaran misalnya pada kegiatanpraktikum kimia seperti yang dinyatakan dalam surat al-Baqarah : 185,an-Nisa: 28, dan al-Hajj:78. Islam memberikan solusi seperti yang tertuang dalam surat Hud:61, dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar (peralatan sehari-hari) untuk praktikum kimia, sehingga tidak lagi alasan bagi para guru untuk tidak melaksanakan praktikum kimia."
Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah , 2014
370 TAR 1:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Mahasiswa pada umumnya menghabiskan waktunya sebagian besar dikampus, sehingga harus memenuhi kebutuhan melalui jajanan di kantin lingkungan kampus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan pendidikan gizi tentang sanitasi hygiene bagi penjual makanan jajanan di lingkungan kampus berdasarkan analisis perilaku personal hygiene sanitasi dalam penanganan (food handling) practice) makanan jajanan di kantin lingkungan kampus mulai penyiapan bahan , pengolahan, penyajian makanan dan minuman kepada konsumen serta peralatan yang digunakan untuk mencegah foodborne deseases. Desain penelitian tahap pertama digunakan Deskriptif. Pengambilan data mengunakan tes dan pedoman observasi dengan metode wawancara dan pengamatan. Objek penelitian adalah para penjual makanan jajanan di kantin dalam lingkungan kampus UPI. Teknik sampling dengan menggunakan sampel total sehingga sampel adalah seluruh penjual makanan jajanan yang ada di dalam lingkungan kampus UPI. Analisis hasil penelitian dilakukan secara seskriptif dalam bentuk tabulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan penjual makanan berada pada katagori cukup baik..."
JURPEND 15:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Simbolon, Erin Radien
Jakarta: Pusat Pendidikan Sains, UIN Syarif Hidayatullah, 2015
370 EDU 7:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mateamatika siswa melalui penerapan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran matematika di SD Negeri 223 Palembang . Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 223 Palembang dan 2 orang guru di SD Negeri 223 Pelembang...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Raja Jasal Saleh
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Objek penelitian ini adalah mahasiswa UT Pekanbaru Semester VI Tahun Ajaran 2015. yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk memperoleh data kemampuan menulis mahasiswa dan teknik non-tes untuk memperoleh data observasi. Hasil observasi dianalisis secara kualitatif dengan mendiskripsikan setiap proses pembelajaran, baik aktivitas dosen maupun aktivitas mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dilihat dari jumlah mahasiswa yang tuntas setiap siklus. Pada siklus I, mahasiswa yang berada pada kategori tinggi hanya 4 orang (18,18%), kategori sedang 18 orang (81,82%), kategori rendah dan sangat rendah tidak ada, serta nilai rata-rata kelasnya 67,82. Namun pada siklus II, terjadi peningkatan. Mahasiswa yang berada pada kategori tinggi meningkat menjadi 9 orang (40,90%), kategori sedang 13 orang (59,10%), kategori rendah dan sangat rendah tidak ada, dan nilai rata-rata kelasnya mencapai 75,23."
Jakarta: PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2017
371 TEKNODIK 21:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Mulyani
"Covid-19 pandemic has disturbed the education sector a great deal, especially on the teaching process. Remote teaching then becomes an absolute choice to solve that problem. This qualitative study aims to apprehend how remote teaching is prepared and executed during Covid-19 pandemic in a nonformal educational institution, in particular cram school. Data were obtained through interview with class coordinator, teachers, and students from a cram school in Depok via private messenger. The results of the interview were then examined using descriptive analysis. Findings show that social restriction or known as social distancing due to pandemic Covid-19 has urged educational institutions to make a quick response and formulate a solution for the sake of educational sustainability. The brief and hurried preparation for emergency remote teaching resulted in a period of shock and demanded for rapid adjustment by both teachers and students. Despite these outcomes, this study has shown that, even though some challenges have emerged throughout the online classes, remote teaching during Covid-19 pandemic in X cram school in Depok could run quite effectively.

Pandemi Covid-19 telah sangat mengganggu sektor Pendidikan, terutama dalam proses belajar-mengajar. Covid-19 kemudian menyebabkan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan yang mutlak untuk mengatasi persoalan tersebut. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persiapan dan pelaksanaan PJJ di Lembaga Pendidikan nonformal, dalam hal ini Lembaga bimbingan belajar. Data diperoleh dengan wawancara terhadap koordinator kelas, pengajar, dan siswa di sebuah Lembaga bimbingan belajar di Depok melalui pesan pribadi. Hasil wawancara kemudian diperiksa dengan analisis deskriptif. Diketahui bahwa pembatasan sosial atau social distancing telah mendesak lembaga-lembaga Pendidikan untuk melakukan respon cepat dan perumusan solusi demi keberlangsungan Pendidikan. Persiapan PJJ yang dilakukan dalam waktu singkat dan tergesa kemudian berakibat pada suatu periode kaget dan tuntutan akan penyesuaian yang cepat oleh pengajar dan siswa. Terlepas dari masalah tersebut, hasil studi ini menunjukkan bahwa meskipun muncul berbagai tantangan saat kelas daring berlangsung, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di Lembaga bimbingan belajar di Depok dapat berjalan dengan cukup efektif."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Fedyani Saifuddin
Rajawali, 2009
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Haryono
"Fokus dari kajian ini adalah tentang jabatan fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran yang memiliki peran strategis dalam peningkatan mutu pembelajaran tetapi belum memiliki formasi penugasan pada satuan pendidikan (sekolah). Kajian dilakukan untuk menganilisis bagaimana implementasi jabatan fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran dalam sistem penyelanggaraan pendidikan di sekolah. Kajian dilakukan dalam bentuk studi literatur dan telah kritis pada praktik empiris di lapangan. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi jabatan fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran di sekolah menjadi langkah strategis dalam membangun sistem pendidikan persekolahan yang berkualitas. Pengembang Teknologi Pembelajaran sebagai pelaksana teknis fungsional dengan tugas pokok melakukan analisis dan pengkajian, perencanaan, produksi, penerapan, pengendalian. dan evaluasi terhadap sistem/model teknologi pembelajaran akan menjadi mitra guru dalam mewujudkan pendidikan berkualitas di sekolah. Pengembang Teknologi Pembelajaran di sekolah dapat berperan sesuai lingkup tugas dan fungsinya untuk melakukan proses peminjaman mutu pembelajaran, pengembangan, dan pengelolaan infrastruktur pembelajaran, serta pengembangan kapasitas sumber daya pendidikan sekolah."
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Pebudayaan, 2017
371 TEKNODIK 21:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ruseno Arjanggi
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode tutor teman sebaya terhadap belajar berdasarkan regulasi-diri. Proses regulasi-diri seperti perencanaan, monitor diri dan kendali terhadap gangguan, model interaksi antara lingkungan individu dan perilaku merupakan interaksi timbal balik yang saling menentukan. Melalui tutor teman sebaya diharapkan akan terbangun perilaku potensial melalui pengorganisasian materi perkuliahan secara mandiri dalam bentuk mencari pertolongan dan memberi pertolongan selama pr
oses belajar berlangsung secara lebih intensif karena adanya jarak psikologis yang minimal antara tutor dan tutee. Partisipan penelitian ini adalah 63 mahasiswa Fakultas Psikologi Unissula Semarang yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan.
Kelompok perlakuan terdiri dari 9 kelompok tutorial yang masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan skala belajar berdasar regulasi-dir
i. Model statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis
penelitian ini adalah Anava satu jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif metode pembelajaran tutor sebaya terhadap belajar berdasar regulasi-diri. Metode pembelajaran tutor teman sebaya mempunyai kontribusi sebesar 17,4 persen dalam me
ningkatkan hasil belajar berdasar regulasi-diri pada mahasiswa. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran aktif bisa dilakukan tanpa harus melibatkan banyak tenaga pengajar. Selain itu,
proses pembelajaran bisa dimaksimalkan dengan potensi yang ada, diantaranya melalui tutor teman sebaya.

Abstract
The purpose of this study is to empirically examine the effectiveness of peer tutoring method on self-regulated learning.
In self-regulated processes such as planning, self monitoring, and control of disturbances, the model of interaction between personal environment and behavior is a reciprocal interaction. Peer tutoring is expected to raise the potential behavior through an independent learning materials organization. Those behaviours include assistance-seeking behavior and assistance-giving during a more in
tensive learning process resulted from nearer psychological distance between the tutor and tutee. The subject of this research was 63 stude
nts of the Faculty of Psychology Unissula Semarang, which
was divided into two groups: 31 students in the control group and 32 students in the treatment group. The treatment group consisted of nine tutorial groups in which each group consisted of 3-4 students. This research used a motivated strategy for learning questionnaire. Analysis
of variance is used to test the hypothesis. The result indicates that there is a positive effect of peer tutoring learning methods on self-regulated learning. Peer tutoring learning method has accounted for 17.4 per cent improvement learning based on student self regulati
on. This research proved that active learning can be done without involving a lot of teachers. Besides, the learning process can be maximized with the existing potentials by, among others, through peer tutoring. "
[Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI;Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia], 2010
J-pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jovaldo Bunaputra
"Retrieval Practice – an act to recall past knowledge – is one of six method of learning believed to give the best result. This paper tries to seek in which condition it can be done to give maximum result. Looking at past literature and research, we found that text anxiety is a factor that inhibits the retrieval practice and study process. By doing retrieval practice in low pressure and high frequency, we found text anxiety decrease and give better result.

Retreival Practice – mengingat kembali pengetahuan yang pernah kita pelajari – merupakan salah satu dari enam cara belajar yang dipercaya memberikan hasil terbaik. Laporan ini membahas dalam kondisi apa cara ini dapat terapkan untuk memberikan hasil yang maksimal. Melihat hasil dari literature dan riset terdahulu, kita menemukan bahwa kecemasan ujian menjadi salah satu faktor yang menghambat efektifitas retrieval practice dan pembelajaran. Dengan melakukan retrieval practive dalam kondisi tekanan rendah dan frekuensi tinggi kita mendapati bahwa kecemasan ujian akan turun sehingga memberikan hasil yang lebih baik."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>