https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

The Application of Emergency Remote Teaching in A Cram School's English Class during Covid-19 Pandemic = Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh dalam Kelas Bahasa Inggris di Lembaga Bimbingan Belajar selama Pandemi Covid-19

Sri Mulyani; Harumi Manik Ayu Yamin, supervisor; Lucia Lusi Ani Handayani, examiner; Sisilia Setiawati Halimi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Covid-19 pandemic has disturbed the education sector a great deal, especially on the teaching process. Remote teaching then becomes an absolute choice to solve that problem. This qualitative study aims to apprehend how remote teaching is prepared and executed during Covid-19 pandemic in a nonformal educational institution, in particular cram school. Data were obtained through interview with class coordinator, teachers, and students from a cram school in Depok via private messenger. The results of the interview were then examined using descriptive analysis. Findings show that social restriction or known as social distancing due to pandemic Covid-19 has urged educational institutions to make a quick response and formulate a solution for the sake of educational sustainability. The brief and hurried preparation for emergency remote teaching resulted in a period of shock and demanded for rapid adjustment by both teachers and students. Despite these outcomes, this study has shown that, even though some challenges have emerged throughout the online classes, remote teaching during Covid-19 pandemic in X cram school in Depok could run quite effectively.

Pandemi Covid-19 telah sangat mengganggu sektor Pendidikan, terutama dalam proses belajar-mengajar. Covid-19 kemudian menyebabkan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan yang mutlak untuk mengatasi persoalan tersebut. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persiapan dan pelaksanaan PJJ di Lembaga Pendidikan nonformal, dalam hal ini Lembaga bimbingan belajar. Data diperoleh dengan wawancara terhadap koordinator kelas, pengajar, dan siswa di sebuah Lembaga bimbingan belajar di Depok melalui pesan pribadi. Hasil wawancara kemudian diperiksa dengan analisis deskriptif. Diketahui bahwa pembatasan sosial atau social distancing telah mendesak lembaga-lembaga Pendidikan untuk melakukan respon cepat dan perumusan solusi demi keberlangsungan Pendidikan. Persiapan PJJ yang dilakukan dalam waktu singkat dan tergesa kemudian berakibat pada suatu periode kaget dan tuntutan akan penyesuaian yang cepat oleh pengajar dan siswa. Terlepas dari masalah tersebut, hasil studi ini menunjukkan bahwa meskipun muncul berbagai tantangan saat kelas daring berlangsung, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di Lembaga bimbingan belajar di Depok dapat berjalan dengan cukup efektif.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Sri Mulyani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-67874778 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920554100
Cover