Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 169499 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Filzam Yulmanto
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas dan menganalisis proses pengujian ICOFR terhadap siklus pengeluaran di sub proses pengadaan pada PT XYZ Persero yang merupakan perusahaan pertambangan minyak bumi dan gas, untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2016. Proses pengujian dilakukan oleh internal audit PT XYZ Persero . Pembahasan meliputi penentuan materialitas, penentuan akun signifikan, penilaian risiko proses bisnis, evaluasi efektivitas ICOFR. Hasil analisis pengujian ICOFR menunjukkan bahwa semua proses bisnis di dalam siklus pengeluaran di sub proses pengadaan sudah efisien. Proses pengujian ICOFR yang dilakukan oleh internal audit PT XYZ Persero telah sesuai dengan pedoman internal dan standar yang berlaku.

ABSTRACT
This report is aimed to explain and analyze the testing process of the expenditure cycle in the procurement sub sector of PT XYZ Persero , a petroleum and gas mining company, for the year ended December 31, 2016.The testing process was conducted by internal auditor of PT XYZ Persero . The discussions covers determining materiality, determining significant accounting, business process risk assessments, and evaluation of the effectiveness of ICoFR. The test results showed that all business processes in the expenditure cycle in the sub procurement process has been efficient. The ICoFR testing process conducted by the internal audit of PT XYZ Persero has complied with the internal guidelines and standards prevailed."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Joshua Dipatama P.
"ABSTRAK
Laporan ini ditulis untuk menganalisis proses pengujian ICoFR yang dilakukan PT. Pertamina di dalam siklus Pengeluaran, khususnya di sub proses pengakuan hutang. Penemuan didalam laporan magang ini menunjukkan bahwa proses pengujian yang dilakukan sudah sesuai dengan pedoman internal dan hasil pengujian ICoFR menunjukkan bahwa hampir semua proses bisnis di dalam sub proses Pengakuan Hutang sudah efisien, namun tetap ada proses bisnis yang mendapat kesimpulan control deficiency.

ABSTRACT
This report was written to analyze the ICoFR testing process conducted by PT. Pertamina in the Expenditure cycle, especially in the subprocess of debt recognition. The findings in this apprenticeship report indicate that the testing process performed in accordance with internal guidelines and ICoFR test results indicates that almost all business processes in the Debt Recognition sub process are efficient, but there are business processes that are inferred from the control deficiency."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Heidy Safira
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai penerapan internal control over
financial reporting (ICoFR) di PT XYZ dan proses pengujian pada pengendalian
Request Posting Pembayaran yang dilakukan oleh internal audit untuk melihat
efektivitasnya. Dari mulai membahas mengenai three lines of defense di PT XYZ,
aktivitas Request Posting Pembayaran, hingga proses pengujian pengendalian
pada Request Posting Pembayaran. Selain itu, laporan ini juga membahas
mengenai sistem aplikasi yang digunakan oleh PT XYZ dalam menerapkan
ICoFR di perusahaannya, serta permasalahan yang terjadi pada pengujian ICoFR
yang dilakukan pada PT XYZ.

ABSTRACT
This internship report mainly describes about the implementation of internal
control over financial reporting (ICoFR) in PT XYZ and the testing process of
Request Posting Payment that is done by the internal audit for its effectiveness. It
also includes the description about the three lines of defense in PT XYZ, the
request posting payment activity, and the control testing of that activity.
Furthermore, this report also describes the application system that is used by PT
XYZ to implement ICoFR in the company and the problems that occured at the
ICoFR testing in PT XYZ."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tiffanie
"Laporan ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi siklus pengeluaran di PT XYZ dan menganalisis pengendalian internal terkait siklus pengeluaran di PT XYZ, sebuah anak perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi informasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan COSO Framework. Laporan ini juga memberikan rekomendasi yang dapat diterapkan untuk memitigasi risiko yang ada.
Metode analisis yang diterapkan dalam laporan ini meliputi penilaian umum terhadap siklus pengeluaran yang saat ini diterapkan oleh perusahaan, beserta sistem pengendalian internal yang diimplementasikan di dalam siklus pengeluaran tersebut. Selanjutnya, risiko yang masih ada akan diidentifikasi dan kemudian akan diikuti dengan rekomendasi terkait risiko tersebut.
Siklus pengeluaran yang terdapat di PT XYZ saat ini sudah sangat baik, namun masih ditemukan beberapa risiko terkait implementasi, seperti peraturan yang perlu disesuaikan dengan lingkungan setempat serta kapasitas sistem teknologi informasi yang masih perlu ditingkatkan. Maka dari itu, seiring dengan perkembangan perusahaan, perusahaan perlu untuk memberikan perhatian lebih terhadap implementasi siklus pengeluaran beserta pengendalian internalnya agar dapat menjalankan operasi bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien.

The report aims to explain the implementation of expenditure cycle in PT XYZ as well to analyze the internal controls related to expenditure cycle in PT XYZ, a subsidiary of a multinational company which operates in IT industry. The analysis was conducted by referring to the COSO Framework. Moreover, it provides specific recommendations based on the potential risks.
The method of analysis used in this study includes the general assessment of current expenditure cycle applied in the company, along with the internal controls implemented within the cycles. Subsequently, the potential risks will be identified which then generates the specific recommendations.
The expenditure cycle of PT XYZ is already well-implemented, yet it still comprised with potential risks such as regulations which should be adjusted with local condition as well as information system capacity in the company which should be upgraded. Hence, as the company business keeps growing, it is important to focus more on the implementation of its expenditure cycle as well as the internal control in order to achieve the most effective and efficient methods in operating the business.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Satrianti Ekaputri
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis SOP perencanaan dan pengendalian internal persediaan bahan kemas di PT. XYZ yang menyebabkan terjadinya temuan berulang berupa overstock setiap tahunnya serta memberikan usulan perbaikan terhadap SOP tersebut dalam upaya mengurangi risiko yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini memaparkan fakta-fakta terkait proses pengadaan persediaan bahan kemas, mulai dari tahapan perencanaan, pemesanan, penerimaan, penyimpanan, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa SOP sistem perencanaan dan pengendalian internal dalam proses pengadaan persediaan bahan kemas di PT. XYZ sudah ada tetapi belum sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini dan SOP tersebut harus segera diperbaiki agar dapat mengurangi risiko yang ditimbulkan dari masalah overstock yang terjadi secara berulang setiap tahunnya. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan perbaikan proses pengadaan persediaan bahan kemas dengan menerapkan metode Moving Average 3 tahun pada penyusunan forecast marketing, metode Just In Time pada pembelian persediaan dan produksi serta pembentukan internal audit (Satuan Pengawasan Internal) serta melakukan perbaikan terhadap SOP kegiatan perusahaan agar dapat meningkatkan koordinasi antar divisi yang terkait untuk mencapai efisiensi dalam proses pengadaan bahan kemas.

This study aims to analyze the SOP of planning and internal control of containerized materials inventory at PT. XYZ which causes repeated findings in the form of overstock each year and provides suggestions for improvements to the SOP in an effort to reduce the risk posed. This study uses qualitative methods with a case study approach. This study presents facts related to the process of supplying container materials, starting from the stages of planning, ordering, receiving, storing, and recording. The results of the study show that the SOP of the planning and internal control system is in the process of procuring containerized supplies at PT. XYZ already exists but it is not in accordance with the current condition of the company and the SOP must be corrected immediately in order to reduce the risk of overstock problems that occur repeatedly every year. Therefore, this study proposes improving the process of supplying containerized materials by applying the 3-year Moving Average method in preparing forecast marketing, the Just In Time method on inventory and production purchases and establishing an internal audit as well as making improvements to the SOP of company activities in order to improve coordination between related divisions to achieve efficiency in the process of procuring containerized materials."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Hendria
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai analisis pengendalian internal terhadap sub-siklus Joint Interest Billing yang merupakan salah satu bagian dari siklus pengeluaran perusahaan PT GHI, sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri minyak dan gas bumi di Indonesia dan berperan sebagai Non-operator. Dalam laporan ini secara lebih rinci dijelaskan mengenai aspek-aspek pengendalian internal yang diterapkan dalam pencatatan biaya atas laporan Joint Interest Billing. Berdasarkan observasi yang dilakukan, pengerjaan hardcopy document filing pernah dilakukan dengan tidak tepat waktu. Namun secara keseluruhan, penulis menilai PT GHI telah berhasil dalam menerapkan kerangka pengendalian COSO secara efektif pada sub-siklus Joint Interest Billing.

ABSTRACT
This report discusses the internal control analysis of the sub-cycle of Joint Interest Billing, which is a part of the expenditure cycle of PT GHI, a company that engaged in the oil and gas industry in Indonesia and serve as a Non-operator. This report further defines about application of internal control aspects in recording costs of Joint Interest Billing statement. Based on the result from observation, there is an occasion that hardcopy document filing is not timely done. But overall, the author assess PT GHI has succeeded in applying the COSO framework effectively on a sub-cycle of Joint Interest Billing."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Erica Virginia
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) pada PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. dari tahun 2012 sampai 2020, dan apakah permasalahan terjadi di disebabkan oleh pengendalian internal. Adanya pelanggaran atas pengakuan pendapatan pada laporan keuangan tahun buku 2018 yang tidak sesuai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan penyajian kembali atas laporan keuangan tahun 2012 dan 2013 karena melakukan transaksi akuisisi atas PT Angkasa Pura I per akhir 2013. Untuk mencegah pelaporan keuangan yang kurang baik, maka motivasi peneliti ingin mengetahui pengendalian internal perusahaan berdasarkan element pada Internal Control over Financial Reporting (ICOFR). Metode mengunakan analisis data sekunder yang diambil dari laporan tahunan perusahaan selama periode 2012 – 2020. Analisis mengunakan metode manual content analysis, dimana memberikan skor atas perngendalian internal yang dimiliki berdasarkan kerangka Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) yang diterbitkan oleh COSO. Dari hasil analisis implementasi Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) di PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. Menunjukkan bahwa Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) telah diimplementasikan, namun belum dalam implementasi yang sempurna. Elemen pengendalian risiko dan informasi dan komunikasi memiliki tren meningkat dari tahun 2012-2020 yang artinya PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. secara konsisten mengungkapkan bahwa informasi diproses dan didistribusikan secara tepat waktu dan sesuai dengan aturan yang berlaku, perusahaan konsisten dalam hal memiliki unit kerja yang mengimplementasikan majemen risiko, dan manajemenn sudah mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi.

This study aims to find out how the implementation of Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk from 2012 to 2020, and whether problems occur because of internal control. There is a violation of revenue recognition in the financial statements of PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk for the 2018 financial year which is not in accordance with Accounting Standards and restatements of 2012 and 2013 book because PT Garuda Indonesia (Persero) acquired transaction of PT Angkasa Pura I at the end of 2013. To prevent poor financial reporting, the motivation of the researcher is to know the company's internal control based on the elements in the Internal Control over Financial Reporting (ICOFR). The method uses secondary data analysis taken from the company's annual report for the period 2012 – 2020. The analysis uses the manual content analysis method, which provides a score for internal control based on the Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) framework published by COSO. The analysis of implementation Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Indicates that has been implemented but is not yet fully implemented. Elements of risk control and information and communication have an increasing trend from 2012-2020 which means PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. consistently discloses that information is processed and distributed in a timely manner and in accordance with applicable regulations, the company is consistent in terms of having a work unit that implements risk management, and the management has considered effectiveness and efficiency. Cases at PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk can be caused by lack of control environment, activities control, and supervision which causes weak internal controls on these elements."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Fauzan Azimah
"ABSTRAK

Laporan magang ini membahas dan menganalisis pengendalian internal dalam proses pengadaan di divisi Supplier Relation Management dan divisi Subcontracting pada PT. XYZ yang merupakan perusahaan EPCC untuk tahun yang berjalan 2018. Proses yang dilakukan oleh internal audit PT. XYZ. Pembahasan meliputi proses dari kegiatan proses pengadaan pada divisi Supplier Relation Management dan divisi Subcontracting, penilaian resiko serta melihat seberapa efektif, efisien dan ekonomis kegiatan proses pengadaan PT. XYZ


ABSTRACT
.


This report discusses and analyzes internal controls in the procurement process in the Supplier Relation Management division and Subcontracting division at PT. XYZ which is an EPCC company for the current year 2018. The process carried out by the internal audit of PT. XYZ. The discussion includes the process of procurement process activities in the Supplier Relation Management division and Subcontracting division, risk assessment and seeing how effective, efficient and economical the procurement process of PT. XYZ

"
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mariatin Sri Widowati
"Tesis membahas mengenai bagaimana penggunaan sistem scoring 5C pada proses pemberian persetujuan pembiayaan dan kredit dan sistem scoring pada tahapan supervisi monitoring/pengawasan pada proses pengawasan ketaatan terhadap sistem berpengaruh terhadap kualitas pembiayaan atau kredit. Penelitian dilakukan terhadap kasus yang ada pada suatu perusahaan BUMN dengan bidang usaha utama jasa pembiayaan kepada UKMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem scoring yang dilakukan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembiayaan kredit mikro dan kecil, dimana faktor Prospek Usaha pada sistem scoring untuk melihat kelayakan permohonan pembiayaan menunjukkan sangat signifikan dibandingkan dengan Jaminan Collateral . Sedangkan pada sistem scoring supervisi, aspek ketaatan terhadap proses kredit sangat sigifikan terhadap kualitas pembiayaan, dibanding dengan ketaatan terhadap proses Sales ataupun operational.

Thesis discusses about how to use the scoring system 5C in the financing approval process and scoring system at the supervision phase monitoring supervision in the observance of the compliance of the system affects the quality of financing or credit. The research tries to conduct research on cases that occurs in a state owned company with the main business financing services to UKMK. The results showed that the scoring system made 14.6 bring significant effect on the quality of financing small and micro loans, and the rest is determined by other variables that are not used in the research. Business Prospects factors in the scoring system to assess the feasibility of financing request showed highly significant compared to the guarantee collateral , Financial capability and quality debtors. While the scoring system supervision, shown that the aspect of the operation one of its adherence to the billing process had significant influence than others. So it can be said that in financing UMK, billing process still be instrumental order to ensure payments from debtor that nonperformance loan could be controlled. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Julianto
"Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai salah satu pelaku bisnis di Indonesia telah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam melakukan kegiatan bisnisnya. Pemanfaatan TI yang telah dilakukan adalah implementasi e-Procurement dalam proses pengadaan barang/jasa. Implementasi e-Procurement bertujuan untuk melakukan efisiensi biaya berupa penurunan biaya operasional dan penurunan risiko terjadinya penyimpangan dalam pengadaan barang/jasa. Investasi yang dilakukan perlu dinilai kelayakannya dengan mengukur keefektifan implementasi e-Procurement.
Penelitian sebelumnya telah mengukur keefektifan implementasi e-Procurement di instansi pemerintah dengan menggunakan metode Information Productivity. Perbedaan karakteristik instansi pemerintah dengan BUMN memerlukan penyesuaian dalam penerapan metode Information Productivity dalam mengukur keefektifan implementasi e-Procurement di BUMN. Pengukuran keefektifan dikombinasikan dengan Pemodelan Proses Bisnis untuk menganalisa perubahan proses bisnis yang terjadi dan mengidentifikasi manfaat yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks Information Productivity lebih dari 80% dan menunjukkan kecenderungan meningkat. Analisis atas proses bisnis menunjukkan bahwa e-Procurement dapat meningkatkan transparansi, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyimpangan dalam proses pengadaan barang/jasa di BUMN.

The state-owned enterprises as one of the business entity in Indonesia, has utilizes the development of information technology in their operations. They utilize IT as in e-Procurement for goods/services. The e-Procurement implementation is designed to be cost efficiency such as operational cost decreases and risks reduction in procurement fraud. The feasibility of this investment should be studied with measuring the e-procurement effectiveness.
Previous research has measured the e-Procurement implementation effectiveness in the government institution using Information Productivity method. Since the distinction characteristic of the government institutions and state-owned enterprises, there is necessity to adjust the Information Productivity method in measuring the e-Procurement implementatiom in the state-owned enterprises. The effectiveness measurement combined with the Business Proses Modeling is used to analyzes business process changes and identification of benefits obtained.
Researh results showed that Information Productivity index is more than 80% and tends to increase. Analysis in business process showed that e-Procurement is able to enhance transparency, and in the end could decreased the risks of the procurement fraud in state-owned enterprises.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2008
T750
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>