Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144493 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lamini
"ABSTRAK
Penelitian berfokus pada sharing pengetahuan pada virtual community of practice
(VCoP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan tacit dan explicit
dan mendapatkan pemahaman proses sharing pengetahuan dalam dunia virtual.
Penggunaan paradigma interpretif dengan metode netnography, Grup Facebook
Asosasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) berbasis kelompok ibu menyusui yang
memiliki anggota dengan level pengetahuan berbeda terpilih dan memenuhi syarat
sebagai VCoP. Penemuan menunjukkan bahwa pengetahuan explicit mudah
diidentifikasi karena berdasarkan pada referensi tertulis, sedangkan pengetahuan
tacit dalam grup ini sudah diverbalisasikan dalam kata-kata berupa pengetahuan
know how, cara mengerjakan sesuatu, dan know who, dalam bentuk opini pribadi,
rekomendasi pribadi, praktik institusi dan pengetahuan budaya. Konsep konversi
pengetahuan SECI Nonaka untuk mengkomunikasikan pengetahuan di dunia
virtual didominasi oleh proses externalization dan combination. Pengembangan
konsep ini merupakan pendekatan yang berguna dalam mendukung proses
pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan. Budaya sharing yang melibatkan
peranan anggota, administrator, organisasi, dan teknologi sangat berpengaruh
pada suksesnya sharing pengetahuan yang disesuaikan dengan fase VCoP

ABSTRACT
The study focuses on sharing knowledge in virtual community of practice
(VCoP). Purpose of the study is to find out tacit and explicit knowledge and to
gain the process of sharing knowledge in the virtual world. Interpretive paradigm
with netnography methodology are used and Facebook Group of Indonesian
Breastfeeding Mothers’Association (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia-AIMI)
based on breastfeeding mothers with different levels of knowledge is selected as
VCoP. The study showed explicit knowledge was easy to identify based on
written reference while tacit knowledge in the group has been verbalized in words
as knowledge : know how, how to do something, and know who, in the form of
personal opinion, personal recommendation, institutional practice and cultural
knowledge. The conversation concept of SECI Nonaka to communicate
knowledge in the virtual world was dominated by externalization and combination
process. The development of the concept is a useful approach in supporting the
learning process to gain knowledge. Sharing culture involving the role of the
members, administrators, organization, and technology is very influential on the
succeeded of sharing knowledge which appropriate to VCoP"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42392
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yesi Rizki Amelia
"Tesis ini membahas program kampanye pemberian ASI Eksklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi formatif dan evaluasi proses strategi komunikasi kampanye dengan menganalisa delapan elemen inti kampanye, efek yang diharapkan (intended effect), persaingan komunikasi (competing communication), objek komunikasi (communication object), populasi target (target population), kelompok penerima (receiving group), pesan (the message), saluran (the medium), komunikator (the communicator). Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian studi kasus, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa elemen kelompok penerima kurang diperluas jangkauannya dan belum maksimal dalam penggunaan saluran yang ada.

This thesis discusses the exclusive breastfeeding campaign program. This study aims to describe the formative evaluation and the process evaluation by analyzing eight core elements of the campaign communication strategy. The intended effect, competing communication, communication object, target population, receiving group, message, the medium, and the communicator. The study was conducted by using a qualitative approach, case study method, and data collection techniques with in-depth interviews. Results from this study showed that the receiving group element lacking in the extended reach and the use of existing channels is not max."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
T43743
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lidia Putri Sulistyani
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dinamika interaksi dan aktivitas berbagi informasi pada grup traveler daring dan peran anggota sebagai komunikator pariwisata Indonesia melalui thread yang diposkan. Agar tujuan penelitian tercapai, kerangka teoritis disusun dari penelitian sebelumnya dalam lingkup ilmu komunikasi terutama knowledge sharing, electronic word of mouth, user generated content dan pariwisata. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam pada Grup Facebook Beautiful Indonesia. Hasil penelitian adalah anggota aktif membagikan informasi pada Grup Facebook Beautiful Indonesia. Matriks fasilitator membagikan informasi oleh Kosonen terjadi dalam grup Facebook Beautiful Indonesia yaitu enjoyment of helping, moral obligation, acces to valuable information, viewing knowledge as public goods, commitment, sense of community dan trust ketika anggota mengeposkan informasi dan pengalaman perjalanan. Dinamika interaksi anggota grup terjadi secara online dan offline, menjadi sarana untuk pertukaran informasi seputar produk wisata. Maka, anggota grup berperan sebagai komunikator dengan menjalankan fungsi humas karena berpartisipasi dalam menciptakan ruang diskusi, penyebaran informasi dan promosi dengan cara electronic word of mouth melalui user generated content.

ABSTRAK
Interaction by social media develops in tourism sector is also used to look for information and socialize. The purpose of this study is to find out about interaction and sharing information activity with a group of a traveler online and role of the member as a communicator of Indonesia tourism through the thread posted. The theoretical draft was compiled from the previous study in the field of communications especially knowledge sharing, electronic word of mouth, user generated content and tourism. The research method is qualitative descriptive with collecting observation datum technique, in depth and semi structured interview toward the Beautiful Indonesia Facebook Group and its members. The results of the study are the members are actively sharing information on Facebook Group Beautiful Indonesia. Matrix facilitators of sharing information by Kosonen happened among members interaction those are enjoyment of helping, moral obligation, acces to valuable information, viewing knowledge as public goods, commitment, sense of community and trust. The dynamics of interaction members of the group occurring in online and offline, provide for exchanging information about tourism product. So, members of the group serve as communicator, public relations to function as participate in creating a discussion, the spread of information and promotion by means of electronic word of mouth through user generated content."
2017
S68640
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Delima Citra Dewi Gunawan
"Masalah utama rendahnya pemberian ASI di Indonesia dikarenakan rendahnya pengetahuan dan perilaku ibu serta kurangnya dukungan dari suami dan keluarga. Pendidikan kesehatan dengan pendampingan suami pada ibu hamil diharapkan akan lebih dapat meningkatkan pengetahuan dan perilaku pemberian ASI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelas edukasi dengan pendampingan suami terhadap pengetahuan dan praktek pemberian ASI yang diadakan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Pusat di DKI Jakarta. Penelitian menggunakan quasy experimental dengan rancangan non-randomized control group pretest posttest design. Penelitian dilakukan terhadap ibu hamil yang mengikuti kelas edukasi, terbagi menjadi 33 ibu dengan pendampingan suami sebagai perlakuan dan 33 ibu tanpa pendampingan suami sebagai kontrol. Pengetahuan diukur dengan pretest dan segera setelah kelas edukasi (post test 1) sedangkan praktek diukur satu tahun setelah kelas edukasi (post test 2). Untuk mengetahui hubungan kelas edukasi dengan pengetahuan digunakan Uji McNemar. Untuk melihat hubungan kelas edukasi dengan praktek digunakan uji Chi-square. Analisis Multivariat menggunakan regresi logistik. Kelas edukasi berhubungan secara bermakna dengan pengetahuan baik pada kelompok perlakuan(p=0,006) maupun kontrol(p=0,045) Hubungan juga bermakna pada kelas edukasi dengan praktek pemberian ASI(p=0,000). Hasil dari analisis multivariat menunjukkan bahwa kelas edukasi dengan pendampingan suami merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap praktek pemberian ASI(p=0,000) dengan OR 3,8. Kelas Edukasi dengan pendampingan suami lebih meningkatkan pengetahuan dan praktek pemberian ASI dibandingkan kelas edukasi tanpa pendampingan suami.

The main problem lack of breastfeeding in Indonesia due to lack of knowledge and behavior of the mother as well as a lack of support from her husband and family. Health education, accompanied by husband in pregnant women are expected to be able to increase the knowledge and behavior of breastfeeding. The objective of this study is to determine the effect of education class accompanied by husband on knowledge and practice of breastfeeding in pregnant women organized by AIMI in DKI Jakarta. This study was a quasi experimental research using non-randomized control group pretest-posttest design. Research conducted on pregnant women who take class education, divided into 33 mothers with accompanied by husband as treatments and 33 mothers with no accompanied by husband as a control. Knowledge is measured by pretest and immediately after class education (post-test 1) while practices were measured one year after (post-test 2). To determine the relationship of education class with knowledge used McNemar test. Chi-square test was used to determine relationship betwen education class with practice. Multivariate analysis using logistic regression. Education class was significantly associated with better knowledge of the treatment group (p = 0.006) and controls (p = 0.045) were also significant in relationship education class with breastfeeding practices (p = 0.000). Results of multivariate analysis showed that education class accompanied by husband is the most influential ones on breastfeeding practices (p = 0.000) with OR 3.8. Education class with accompanied by husband further enhance the knowledge and practice of breastfeeding compared with no husband accompanied."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
T35807
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nia Sarinastiti
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
D1751
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmita A`yuni
"Tingkat menyusui yang rendah berisiko terjadi pada kelompok ibu usia remaja. Penelitian ini bertujuan menggambarkan tingkat pengetahuan tentang laktasi dan intensi menyusui ibu hamil usia remaja dengan menggunakan desain deskriptif sederhana. Penelitian melibatkan 51 ibu hamil usia remaja di Puskesmas Kecamatan Ciampea dan Cibungbulang, Kabupaten Bogor dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah hasil modifikasi dan terjemahan dari Breastfeeding Quessionaire untuk mengukur tingkat pengetahuan tentang menyusui dan Behavioral Intention Quessionaire untuk mengukur tingkat intensi menyusui.
Hasil penelitian menunjukkan mayoritas ibu hamil usia remaja memiliki tingkat pengetahuan yang baik mengenai manfaat menyusui, tingkat pengetahuan yang cukup tentang fisiologi dan manajemen laktasi, serta menunjukkan sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang baik terhadap menyusui. Penelitian ini memberikan pandangan baru terhadap dunia keperawatan bahwa ibu hamil usia remaja memiliki pengetahuan yang cukup tentang laktasi dan intensi yang tinggi untuk menyusui.

Low rate of breastfeeding is risky in group of pregnant adolescents. This study aims to describe the level of knowledge about lactation and breast-feeding intentions of pregnant adolescent mothers by using a simple descriptive study design that involved 51 pregnant adolescent mothers in Puskesmas Ciampea and Cibungbulang, Bogor, taken with total sampling technique. The instrument used was a modified and translation version of Breastfeeding Quessionaire to measure the level of knowledge about breastfeeding and Behavioral Intention Quessionaire to measure the level of intention to breastfeed.
The results showed majority of adolescent mothers have a good level of knowledge about breastfeeding benefits, adequate level of physiology and management of lactation knowledge, and also good attitude, subjective norm, and behavioral control towards breastfeeding. This study provides new insights on the world of nursing that pregnant adolescent mother, which majority were primigravide mother, had sufficient knowledge and higher intention to breastfeed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43382
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Raissa Salsabila
"Knowledge sharing menjadi aspek yang krusial di lingkungan perguruan tinggi yang dilakukan untuk memaksimalkan distribusi pengetahuan di antara para mahasiswa. Saat ini kegiatan knowledge sharing di kalangan mahasiswa banyak dilakukan secara daring melalui online/virtual community pada media sosial. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi kegiatan knowledge sharing melalui media sosial, seperti importance of knowledge exchange, perceived usefulness of socmed, dan virtual community outcomes . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh importance of knowledge exchange dan perceived usefulness terhadap knowledge sharing melalui variabel virtual community outcomes sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 178 responden mahasiswa di Jabodetabek. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan SEM-PLS yang diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 20 dan SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa virtual community outcomes dapat memediasi dengan positif dan signifikan hubungan antara importance of knowledge exchange dan perceived usefulness of socmed dengan knowledge sharing . Namun, ditemukan hubungan yang negatif dan tidak signifikan antara importance of knowledge exchange dan perceived usefulness of socmed dengan knowledge sharing secara langsung.

Knowledge sharing is a crucial aspect in the higher education environment, undertaken to maximize the distribution of knowledge among students. Currently, the practice of knowledge sharing among students is predominantly carried out online through virtual communities on social media. Several factors can influence knowledge sharing activities through social media, such as the importance of knowledge exchange, perceived usefulness of social media, and virtual community outcomes. This study aims to analyze the impact of the importance of knowledge exchange and perceived usefulness on knowledge sharing through the variable of virtual community outcomes as a mediator. The research employs a quantitative approach by distributing questionnaires to 178 student respondents in Jabodetabek. The data analysis technique used is SEM-PLS processed using IBM SPSS Statistics 20 and SmartPLS 4. The results of this study indicate that virtual community outcomes can mediate positively and significantly the relationship between the importance of knowledge exchange and the perceived usefulness of social media with knowledge sharing. However, a negative and nonsignificant relationship was found between the importance of knowledge exchange and the perceived usefulness of social media with knowledge sharing directly."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafika Pratiwi
"Berbagi pengetahuan (knowledge sharing) merupakan landasan bagi organisasi yang menjalankan strategi Knowledge Management (KM). Salah satu persoalan yang dihadapi organisasi adalah menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan partisipasi karyawan dalam berbagi pengetahuan mengenai pekerjaan mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh knowledge and social characteristics of job terhadap perilaku knowledge sharing antarkaryawan di PT T. Knowledge and social characteristics of job merupakan bagian dari aspek pekerjaan yang ada dalam uraian pekerjaan karyawan. Berdasarkan uji regresi berganda pada 92 karyawan menggunakan Work Design Quesstionnaire dan Knowledge Sharing Behavior Quesstionnaire membuktikan adanya pengaruh simultan dan signifikan dari knowledge and social characteristics of job terhadap knowledge sharing dengan kontribusi sebesar 16,7% (R = 0,409**, p<0,01).
Hasil analisis menunjukkan bahwa Departemen Trade Marketing memperoleh skor knowledge sharing (M = 3,60; N = 15) dan social support (M = 2,83 ? 4,17) di bawah rata-rata sehingga perlu diberikan intervensi. Intervensi berbentuk simulasi Community of Practice (CoP) diberikan pada tujuh karyawan Departemen Trade Marketing dari level Supervisor hingga Manager.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa intervensi berhasil meningkatkan perilaku knowledge sharing karyawan pada Departemen Trade Marketing (t = -3,304; p<0,05). Hasil ini berimplikasi bahwa CoP perlu dilakukan secara berkala untuk meningkatkan perilaku knowledge sharing karyawan di Departemen Trade Marketing PT T.

Knowledge sharing is the cornerstone of organizations? Knowledge Management (KM) strategy. One of the problems faced by organization is finding the right way to increase employee participation to share knowledge about their work.
The purpose of this study is to determine the effect of knowledge and social characteristics of job to the knowledge sharing behaviour among employees at PT T. Job knowledge and social characteristics are parts of job aspects which could be found in the job description. By using multiple regression test of the 92 employees, it is proven that the knowledge and social characteristics of job towards knowledge sharing has a simultaneous and significant influence with scales up to 16,7% (R = 0,409**, p<0,01).
Based on the data analysis, it is revealed that the Trade Marketing Department obtained knowledge sharing score (M = 3,60; N = 15) and social support score (M = 2,83 ? 4,17) which are below the average, therefore, intervention is needed to improve it. The intervention is performed in simulation of Community of Practice (CoP) with seven participants from supervisor to manager level.
The result shows that there is an improvement in knowledge sharing behaviour among the employees of Trade Marketing Department after the implementation of the CoP intervention (t = -3,304; p<0,05). This result implies that a regular based CoP in the Trade Marketing Department is needed to increase knowledge sharing behaviour.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T36133
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firmansyah
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep knowledge sharing dalam jaringan komunikasi yang dilakukan oleh organisasi, dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan tacit dan explicit para anggotanya guna kesiapan menghadapi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Objek penelitian ini adalah Iprahumas, yaitu organisasi profesi yang menaungi dan hanya beranggotakan pranata humas di seluruh Indonesia. Iprahumas merupakan mitra kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai instansi Pembina Jabatan Fungsional Pranata Humas di Indonesia. Iprahumas mempunyai peran yang strategis dalam mendukung tugas dan fungsi profesi pranata humas untuk melakukan pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah. Sebaran anggota Iprahumas di seluruh Indonesia juga menjadi pendukung dalam diseminasi narasi tunggal maupun membangun partisipasi publik. Penelitian ini menggunakan teori-teori yang menjelaskan konsep knowledge sharing dan teori jaringan komunikasi. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivist dengan pendekatan penelitian campuran (mix method) dimana kualitatif sebagai metode utama. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui wawancara mendalam, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari efektivitas pengelolaan aktivitas knowledge sharing yang sudah dilaksanakan oleh Iprahumas, penerapan identity, reflect, share, dan apply belum dilakukan secara maksimal. Begitu pula dengan bentuk jaringan komunikasi anggota Iprahumas dalam efektivitas organisasi knowledge sharing. Dari jaringan komunikasi yang diteliti, mayoritas hubungan ikatan yang terjadi dalam jaringan komunikasi anggota Iprahumas bersifat satu arah. Jaringan komunikasi aktivitas knowledge sharing terkait tema umum maupun tema-tema knowledge sharing existing di Iprahumas cenderung tidak menyebar dan dapat berdampak pada kurang efektifnya penyebaran pengetahuan yang merata antar anggota.

ABSTRACT
This study aims to explain the concept of knowledge sharing in communication networks carried out by organizations, in increasing the tacit and explicit knowledge capacity of its members for readiness to face the advancement of information and communication technology. The object of this research is Iprahumas, which is a professional association that houses and only consists of public relations institutions throughout Indonesia. Iprahumas is a working partner of the Ministry of Communication and Informatics as a Public Relations Institution Position Trustee agency in Indonesia. Iprahumas has a strategic role in supporting the duties and functions of the public relations institution profession to provide information and public relations services to the government. The distribution of members of Iprahumas throughout Indonesia has also become a supporter in the dissemination of a single narrative and in building public participation. This study uses theories that explain the concept of knowledge sharing and communication network theory. This study uses a post-positivist paradigm with a mixed research approach where qualitative is the main method. Data collection techniques were obtained through in-depth interviews, observation, questionnaires, and literature studies. The results showed that from the effectiveness of the management of knowledge sharing activities that have been carried out by Iprahumas, the application of identity, reflect, share and apply has not been done to the fullest. This is also the case with the communication network of Iprahumas members in the effectiveness of knowledge sharing organizations. From the communication network under study, the majority of the bond relationships that occur in the Iprahumas member communication network are one-way. The communication network of knowledge sharing activities related to common themes and existing knowledge sharing themes at Iprahumas tends not to spread and can have an impact on the ineffectiveness of knowledge sharing that is evenly distributed among members."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irwansyah
"ABSTRAK
Indonesia adalah populer di keragaman kuliner dan makanan secara etnis dan tempat. Potensi kuliner dan makanan menjadi gastronomy brand telah diusulkan sebagai bagian dari representasi merek nasional. Gastronomy brand dapat menjadi bagian dari kehidupan vital, representasi sejarah, tradisi dan budaya universal dan emosional. Penelitian ini menggunakan analisis netnografi pada kuliner kelompok masyarakat dan pecinta makanan Indonesia virtual tertentu. Komunitas mem-posting gambar dan komentar teks atau deskripsi tentang item kuliner dan makanan di google + (kelompok GOOGLEPLUS). Studi ini menemukan bahwa tipe insider dari anggota komunitas yang diamati dapat memberikan ikatan yang kuat terhadap tipe lain dari anggota komunitas tentang makanan dari Indonesia. Postingan insider juga bisa mempengaruhi loyalitas anggota lain untuk melibatkan diri dalam diskusi produk gastronomi. Insider memberikan lebih banyak data dan fakta tentang produk makanan tradisional yang bisa menjadi bagian dari gastronomy brand dari Indonesia.

ABSTRACT
Indonesia is popular on diversity of culinary and food on ethnic and place basis. The potential of culinary and food become gastronomy brand has been proposed as a part of national brand representation. Gastronomy brand could be a part of vital life, history representation, tradition and culture universally and emotionally. This study used netnography analysis on specific virtual Indonesia culinary community and food lover group. The community posted pictures or images and text’s comments or descriptions about any culinary and food items on google + (googleplus group). This study found that insider type of observed community member could give strong ties to other types of community member about any food of Indonesia. The posting of insiders could also influence and affect other members’ loyalty to involve on discussion of gastronomy products. The insiders provide more data and facts about traditional food products that could become a part of gastronomy brand from Indonesia."
Medwell Journals, 2016
MK-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>