ABSTRAKPenelitian berfokus pada sharing pengetahuan pada virtual community of practice
(VCoP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan tacit dan explicit
dan mendapatkan pemahaman proses sharing pengetahuan dalam dunia virtual.
Penggunaan paradigma interpretif dengan metode netnography, Grup Facebook
Asosasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) berbasis kelompok ibu menyusui yang
memiliki anggota dengan level pengetahuan berbeda terpilih dan memenuhi syarat
sebagai VCoP. Penemuan menunjukkan bahwa pengetahuan explicit mudah
diidentifikasi karena berdasarkan pada referensi tertulis, sedangkan pengetahuan
tacit dalam grup ini sudah diverbalisasikan dalam kata-kata berupa pengetahuan
know how, cara mengerjakan sesuatu, dan know who, dalam bentuk opini pribadi,
rekomendasi pribadi, praktik institusi dan pengetahuan budaya. Konsep konversi
pengetahuan SECI Nonaka untuk mengkomunikasikan pengetahuan di dunia
virtual didominasi oleh proses externalization dan combination. Pengembangan
konsep ini merupakan pendekatan yang berguna dalam mendukung proses
pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan. Budaya sharing yang melibatkan
peranan anggota, administrator, organisasi, dan teknologi sangat berpengaruh
pada suksesnya sharing pengetahuan yang disesuaikan dengan fase VCoP
ABSTRACTThe study focuses on sharing knowledge in virtual community of practice
(VCoP). Purpose of the study is to find out tacit and explicit knowledge and to
gain the process of sharing knowledge in the virtual world. Interpretive paradigm
with netnography methodology are used and Facebook Group of Indonesian
Breastfeeding Mothers’Association (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia-AIMI)
based on breastfeeding mothers with different levels of knowledge is selected as
VCoP. The study showed explicit knowledge was easy to identify based on
written reference while tacit knowledge in the group has been verbalized in words
as knowledge : know how, how to do something, and know who, in the form of
personal opinion, personal recommendation, institutional practice and cultural
knowledge. The conversation concept of SECI Nonaka to communicate
knowledge in the virtual world was dominated by externalization and combination
process. The development of the concept is a useful approach in supporting the
learning process to gain knowledge. Sharing culture involving the role of the
members, administrators, organization, and technology is very influential on the
succeeded of sharing knowledge which appropriate to VCoP