Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 169157 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dini Paramita Sapaty
"Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Tesis ini membahas efektivitas SPIP terkait dengan pengelolaan aset tetap pada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan sistem pengendalian intern atas aset tetap pada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dengan menggunakan kriteriakriteria dalam COSO dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah sebagai panduan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif, dengan penyebaran kuisioner dan pengujian pengendalian.
Hasil penelitian melalui penyebaran kuisioner, dengan menggunakan Rating Scale didapati bahwa secara umum pelaksanaan sistem pengendalian intern pada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menurut persepsi 64 responden pelaksanaannya baru 70,05 persen dari kriteria yang ditetapkan dan masuk kedalam kategori interval "kurang baik" - "baik", Hal ini menunjukkan pelaksanaan sistem pengendalian intern secara umum sudah cukup baik namun belum efektif karena masih memiliki kelemahan. Sedangkan melalui pengujian pengendalian diketahui bahwa terdapat kelemahan dalam sistem pengendalian intern sehingga kelima asersi laporan keuangan belum dapat terpenuhi.

Government Internal Control System (GICS) aims to provide reasonable assurance for achieving effectiveness and efficiency in achieving the purpose of state government, the reliability of financial reporting, safeguarding of state assets, and compliance with laws and regulations. This thesis explores the effectiveness of GICS related to fixed asset management in North Jakarta Administration City Government .
This study aimed to evaluate the implementation of the system of internal control over fixed assets in North Jakarta Administration City Government using the COSO criteria and Peraturan Pemerintah No. 60/2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah as well as the PERMENDAGRI No. 17/2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah as a valuation guide. This research is a qualitative descriptive design, with the distribution of questionnaires and tests of controls.
Dissemination of research results through questionnaires, using the Rating Scale was found that the general implementation of the internal control system in North Jakarta Administration City Government 64 respondents perceived the implementation of new 70.05 percent of the established criteria and in the category of interval "less good" - "good". This shows the implementation of the internal control system in general is quite good but not as effective as it still has weaknesses. While through tests of controls is known that there are weaknesses in the internal control system so that the five financial statement assertions can not be fulfilled.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T53247
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Agung Putu Anggara Aditya Putra
"Karya akhir ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pengelolaan aset tetap berdasarkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 dengan menggunakan kriteria-kriteria menggunakan kriteria-kriteria dalam COSO di Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta. Sampel penelitian adalah 51 pegawai bagian anggaran, bagian keuangan, bendahara keuangan dan pengurus barang di Dinas KUMKMP Prov. DKI Jakarta dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa 69,58 pelaksanaan SPI di Dinas KUMKMP Prov. DKI Jakarta secara umum berada pada interval 'baik' dengan 'kurang baik'. pelaksanaan SPI sudah cukup baik meskipun masih memiliki kelemahan. Melalui wawancara dan observasi diketahui beberapa kelemahan dalam pengelolaan aset tetap, yaitu belum adanya standar operasional prosedur dalam pengelolaan aset, keterbatasan SDM yang memiliki kompetensi pengelolaan aset, sistem informasi atas pengelolaan aset tetap belum dijalankan secara berkesinambungan dan belum diterapkan metode penyusutan atas aset tetap.

This thesis has the purpose to evaluate the effectiveness of the management of fixed assets based on the Government 39 s Internal Control System in accordance with Peraturan Pemerintah No. 60 2008 using COSO criteria at Department Cooperative, Small, Micro and Medium Enterprises Jakarta Capital City Government DCSME . The sample of research was 51 officers who came from various division at DCSME, such as budget division, finance division, finance and treasury by using purposive sampling technique.In general, the research showed that 69,58 implementation of Internal Control System ICS at DCSME in general, which is in the interval of good to less good rdquo . Thus the implementation of ICS at DCSME is quite good although it still has weaknesses. Based on interviews and observations known that there are weaknesses of the Government ICS in the management of fixed assets, such as lack of standard operating procedures in asset management, lack of human resources capability for management asset, information system for managing the fixed assets has not been executed on an ongoing basis and have not applied the method of depreciation of fixed assets. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrey Octavian Ferry
"Laporan magang ini membahas mengenai pengendalian internal pada PT XYZ dan aktifitas magang penulis dalam proses penilaian Internal Control Over Financial Reporting pada PT XYZ yang dilakukan oleh KAP RSM AAJ sebagai kepatuhan terhadap peraturan Sarbanes-Oxley Act Section 404. Aktifitas magang yang dilakukan penulis adalah pada proses pengujian ITGC. Proses pengujian pengendalian dilakukan dengan cara inspeksi dokumen, tanya jawab, dan observasi. Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal pada PT XYZ telah cukup baik, tetapi masih membutuhkan beberapa perbaikan. Dan hasil pengujian pengendalian ITGC PT XYZ adalah sangat baik dengan persentase tingkat kepatuhan sebesar 100%.

This report discusses the internal control of PT XYZ and the process of assessing the Internal Control over Financial Reporting on PT XYZ, which is performed by KAP RSM AAJ in compliance with Sarbanes-Oxley Act Section 404. The author was responsible to do the test of ITGC, the procedure has been done by inspecting document, inquiring, and observing. The result of this report concludes that the internal control of PT XYZ is good enough, but still need some improvements. And the result of the test of ITGC in PT XYZ is very good with 100% level of compliance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sherry Astro Lia
"Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada Sekretariat Utama Lapan. Gambaran umum mengenai pelaksanaan SPIP diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang mengacu kepada dengan mengacu kepada parameter-parameter Pengendalian Intern pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SPIP berdasarkan penilaian 109 responden adalah 2.81 atau 70,15% dari kriteria yang diinginkan. Angka ini menunjukkan bahwa pelaksanaan SPIP telah memadai namun belum sempurna sehingga masih diperlukan penguatan dalam pelaksanaannya. Hal ini tercermin dari temuan BPK yang menyatakan masih terdapat kelemahan dalam pelaksanaan SPI. Tingkat kepuasan pengguna atas layanan Lapan berdasarkan survey yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum Lapan adalah Baik, maka dapat dikatakan SPI di Lapan mendorong tercapainya tujuan memberikan layanan yang baik.

This research is a descriptive qualitative research, that aimed to describe the implementation of Government Internal Control System in the Main Secretariat of Lapan . An overview of the implementation of the Government Internal Control System obtained by distribusing questionnaires that refer to the reference to the Internal Control parameters on Government Regulation No. 60 of 2008 concerning the Government Internal Control System.
Based on the results of processing of questionnaires, we concluded that in general the implementation of Government Internal Control System by perceptions of 109 respondents is 2.81 or 70.15 % of the desired criteria. This figure shows that the implementation of the Government Internal Control System has been adequate and still require strengthening in the implementation. This is reflected in the findings of the Badan Pemeriksa Keuangan which states there are still weaknesses in the implementation of Internal Control System. Satisfaction with the service based survey conducted by the Public Service Board of Lapan is “Good”, it can be said that Internal Control System is support the achievement of the goal of providing a good service.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dissatya Nurul Bestari
"Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi aktivitas pengendalian internal atas pengeluaran kas di PT. XYZ. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang asuransi dengan berbagai layanan keuangan. Evaluasi atas aktivitas pengendalian internal terkait pemisahan tugas ditemukan bahwa satu dari empat pemisahan tugasnya, yaitu pemisahan tanggung jawab dan operasional telah dijalankan dengan baik karena adanya kesesuaian antara praktik dan standar yang yang dijalankan perusahaan. Untuk dokumen dan catatan serta pengendalian fisik atas aset dan catatan, beberapa praktik pengendaliannya telah dijalankan namun tidak ditemukan adanya standar atau prosedur terkait pengendalian ini. Pada pengoperasian kas kecil, PT. XYZ telah menjalankan sistem imprest fund, namun tidak ditemukan adanya standar atau prosedur yang dapat mendukung praktik penetapan kas kecil ini. Terkait pembayaran dana kas kecil, PT. XYZ telah menjalankan praktik yang sesuai dengan standarnya. Untuk reimbursement, ditemukan adanya ketidaksesuaian antara praktik dan standar perusahaan. Dari hasil evaluasi, PT. XYZ masih memerlukan Standard Operating Procedure (SOP) terkait dokumen dan catatan serta pengendalian fisik atas aset dan catatannya yang dapat mendukung kinerja karyawan. Pengoperasian kas kecil juga telah dijalankan praktiknya, namun PT. XYZ memerlukan standar atau prosedur yang jelas terkait penetapan kas kecil dan disarankan untuk memperbaiki SOP terkait reimbursement agar alurnya lebih efektif dan efisien untuk diikuti oleh karyawan PT. XYZ.

This report aims to evaluate internal control activities on cash disbursement at PT. XYZ. PT. XYZ is a company engaged in insurance with various financial services. The evaluation of internal control activities related to the separation of duties found that one of the four separate tasks, namely the separation of responsibilities and operations has been carried out well because of the compatibility between the practices and standards that the company operates. For documents and records as well as physical control of assets and records, some of the control practices have been implemented but no standards or procedures related to this control have been found. In the operation of petty cash, PT. XYZ has implemented an imprest fund system, but no standards or procedures have been found that can support the practice of establishing petty cash. Regarding the payment of petty cash funds, PT. XYZ has carried out practices that are in accordance with its standards. For reimbursement, it was found that there was a discrepancy between company practices and standards. From the results of the evaluation, PT. XYZ still needs a Standard Operating Procedure (SOP) related to documents and records and physical control of assets and records that can support employee performance. The practice of petty cash has also been carried out in practice, but PT. XYZ requires clear standards or procedures related to petty cash assignments and is advised to improve SOPs related to reimbursement so that the flow is more effective and efficient for PT. XYZ."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Doly Daus Vaniel
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis mengenai sistem pengendalian internal dalam proses
pemberian kredit pensiun di Bank XYZ Cabang Depok. Penelitian ini bersifat
kualitatif yang didesain untuk mendeskripsikan mengenai
pengimplementasiansistem pengendalian internal dengan menggunakan kerangka
pengendalian COSO. Bank XYZ telah bekerja sama dengan Yayasan Dana
Pensiun untuk menawarkan pinjaman kredit pensiun dengan tingkat suku bunga
yang relatif kecil.Bank XYZ telah menerapkan sistem pengendalian internal
secara efektif dalam proses pemberian kredit. Hal ini dibuktikan dengan adanya
kebijakan dan prosedur, pemisahan tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang
jelas dalam proses pemberian kredit untuk mengurangi risiko kredit.

ABSTRACT
This research analyzes about the internal control system in the process of giving
credit for pension at Bank XYZ branch of Depok. This is a qualitative research
designed to describe about the implementation of internal control system by using
the COSO control framework of evaluation. Bank XYZ has already cooperated
with financial institusion of pension fund to offer loans with the lower interest
rate. Bank XYZ has implemented effective internal control system in the credit
granting process. This is evidenced by the policies and procedures, segregation of
duties, authority, and responsibility are clearly in the process of granting credit to
mitigate credit risk."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54094
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marietta Bienamulia
"Laporan magang ini membahas tentang analisis proses siklus pendapatan di perusahaan yang menyediakan jasa audit dan konsultasi. Analisis dilakukan mulai dari penjelasan secara detail mengenai tahapan-tahapan siklus pendapatan perusahaan yang terdiri dari lima tahapan yaitu pencarian klien, penerimaan klien, registrasi kode pekerjaan baru, biiling, dan cash collections. Laporan ini juga membahas analisis pengendalian internal perusahaan yang terbagi menjadi dua yaitu pengendalian internal umum untuk level entitas dan pengendalian internal per tahapan siklus pendapatan. Analisis pengendalian internal perusahaan secara keseluruhan dilakukan dengan menggunakan kerangka COSO. Sedangkan analisis pengendalian siklus pendapatan dilakukan per tahap. Hasilnya,dari laporan magang ini disimpulkan bahwa secara umum proses siklus pendapatan telah berjalan efektif, pengendalian internal pada perusahaan baik secara umum maupun spesifik pada siklus pengendalian dilaksanakan dengan baik. Hanya saja, terdapat beberapa pengendalian yang kurang dan masih belum ada sehingga disarankan untuk memperbaikinya agar proses berjalan lebih efektif dan efisien.

This internship report discusses about the analysis of revenue cycle process in the assurance and advisory company. Analysis starts from a detailed explanation stages of company?s revenue cycle. This report also discusses the analysis of internal control which divided into applied general control based on COSO framework and revenue cycle?s internal control. The result of this internship report concluded that the overall revenue cycle processes are running effectively, and internal controls in general and revenue cycle executed properly. However, there are some lack of controls and inexistent controls that still needed to be fixed and improved so that the process will run more effective and efficient."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54177
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Disa Janitra
"Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian internal yang dimiliki Kementerian Perhubungan terhadap pelaksanaan Public Service Obligation yang merupakan kerja sama Kementerian Perhubungan diwakili Direktorat Jenderal Perkeretaapian sebagai pihak pemerintah dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero), kegiatan magang dilakukan pada periode Januari - April 2013. Fokus ada pada evaluasi efektivitas pelaksanaan sistem pengendalian internal yang dimiliki dengan menggunakan teori efektivitas berdasarkan COSO?s Framework, Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, dan COBIT. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara penulis dengan beberapa narasumber terkait, dapat disimpulkan bahwa pengendalian internal untuk Public Service Obligation di Kementerian Perhubungan adalah baik secara prosedur dan teori namun secara praktik masih harus diperbaiki serta disempurnakan agar lebih efektif.

This report evaluates the internal control system in Ministry of Transportation to the implementation of Public Service Obligation activity, which is a cooperation between Direktorat Jenderal Perkeretaapian as government and PT Kereta Api Indonesia (Persero), the internship is held from January until April 2013. Focusing about the effectivity from internal control system they have using effectivity theory from COSO's Framework, Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, and COBIT. Result from this report is Ministry of Transportation has a good internal control system for Public Service Obligation activity, but only in procedure and theory not in practice. That is why they need to improve it to be more effective.
"
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Afina Khairana Djakman
"Laporan magang ini membahas tentang penilaian atas Internal Control over Financial Reporting (ICoFR) PT ABC pada siklus pendapatan prepaid untuk periode September hingga Desember 2013. Penilaian tersebut ditujukan untuk memenuhi ketentuan Sarbanes-Oxley 404 untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa laporan keuangan telah disajikan dengan pengendalian internal yang baik. Pengujian dilakukan dengan metode inquiry, inspeksi, observasi, dan reperformance untuk menilai apakah praktik yang dilakukan perusahaan telah sesuai dengan Risk Control Matrix (RCM) yang ada.
Hasil penilaian menyimpulkan bahwa pengendalian internal atas pelaporan keuangan untuk siklus pendapatan prepaid PT ABC telah berjalan dengan efektif dan sesuai dengan RCM yang ada.

This internship report discusses about the assessment of PT ABC's Internal Control over Financial Reporting (ICoFR) on Prepaid Revenue Cycle for the period of September until December 2013. This assessment is aimed to conform Sarbanes-Oxley 404 to give reasonable assurance that firm?s financial report is presented with adequate internal control. Assessment is done with several methods: inquiry, inspection, observation and reperformance to evaluate whether firm?s practice is in accordance with given Risk Control Matrix (RCM).
The result of this assessment concludes that the Internal Control over Financial Reporting on Prepaid Revenue Cycle of PT ABC is effective and complied to the given RCM.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mila Rasuly Dewi
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai analisis kriteria informasi yang diungkapkan di dalam sustainability reporting pada website pemerintah daerah. Website merupakan salah satu sarana yang lebih efektif dan efisien yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah dalam rangka menunjukkan transparansi dan akuntabilitas mereka terkait dengan kinerja sosial dan lingkungan mereka.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menganalisa kriteria informasi yang seharusnya diungkapkan di dalam sustainability reporting pada website pemerintah daerah yang disusun berdasarkan undang-undang dan peraturan yang berlaku di Indonesia, GRI 3.1 dan Pilot Version 1.0 of the Sector Supplement for Public Agencie, serta benchmarking negara-negara lain diantaranya Amerika Serikat, Hong Kong, dan Brazil.

ABSTRACT
This study focus on analysis of information that should be disclosed on local government's website about their sustainability reporting. Website is one of the efficient and effective tool that can be used by local government to disclose their transparency and accountability in their social and environmental performance.
This study is qualitative descriptive research that analyze sustainability reporting information that should be disclosed by local government in their website.
Researcher obtained all of that information criteria from laws and regulations in Indonesia, GRI 3.1 and Pilot Version 1.0 of the Sector Supplement for Public Agencies, and also benchmarking from another countries, such as USA, Hong Kong, and Brazil."
2013
S46260
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>