Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 89068 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Efan Pattiserlihoen
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S38306
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
cover
"Tujuan penelitian ini adalah membandingkan penggunaan multimedia secara presentasi terhadap penguasaan konsep dan KPS pada konsep sistem pertahanan tubuh melalui penggunaan multimedia secara tutorial dan presentasi. Penelitian ini merupakan Quasy eksperiment dengan desain pre-test post-test, nonequivalent multiple group design. Digunakan dua kelas perlakuan masing-masing untuk kelas tutorial dan presentasi. Instrumen yang digunakan meliputi pokok uji penguasaan konsep, pokok uji KPS, angket dan wawancara. Hasil menunjukkan adanya perbedaan penguasaan konsep pada kedua kelas perlakuan. Akan tetapi perlakuan yang diberikan tidak menunjukkan adanya perbedaan terhadap KPS siswa. Kemampuan komunikasi yang diukur untuk menunjukan tidak adanya, sedangkan kemampuan prediksi yang diukur menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan."
JPUT 13:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Syarifah Nazifah
"Anak Usia sekolah merupakan masa pengembangan kompetensi dan identitas diri. Anak–anak akan tumbuh dan berkembang secara fisik, emosional dan sosial. Anak usia sekolah merupakan generasi yang perlu dijaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya. Digital Storytelling meruapakan video media Pendidikan keperawatan yang menggunakan teknologi dalam bercerita seperti grafik, audio, teks, video dan animasi yang menghidupkan karakter, situasi, pengalaman dan pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Digital Storytelling terhadap peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat tentang pencegahan diare pada anak usia sekolah dasar. Desain penelitian ini adalah  Nonequivalent control group pretest posttest design, pada pemilihan responden dilakukan dengan Teknik simple random sampling terhaddap sekolah yang akan menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan jumlah responden pada masing – masing kelompok intervensi dan kontrol sebanyak 94 responden. Intervensi  Digital Storytelling  pada anak usia sekolah dilakukan 3 sesi selama 3 hari dengan waktu 45 – 60 menit dalam 1 sesi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Kuesioner. Analisis data menggunakan paired te test dan independent t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik anak usia sekolah Sebagian besar responden berusia 11 tahun (74,46%),berjenis kelamin perempuan (52,13%) dan Riwayat kesehatan  ISPA  (43,08%). Terdapat pengaruh positif  terhadap peningkatan pengetahuan (p value < 0,05), sikap  (p value < 0,05) dan keerampilan (p value < 0,05 ) tentang pencegahan diare. Digital Storytelling disarankan dapat digunakan menjadi alternatif media promosi kesehatan di sekolah.

School age children are period competency development and self identity. Children will grow and develop physically, emotionally and socially. School age children are generation that needs to be maintained, improved and protected for their health. Digital storytelling is a nursing education media that uses technology in storytelling such as graphics, audio, txt, video and animation that brings characters, situations, experiences. The purpose of this study was to determine Digital Storytelling to improve clean and healthy behavior about prevention of diarrhea among school age children. This study design was Nonequivalent control group pretest posttest design. Samples were taken by simple random sampling against schools that will become interventions and control groups. The number of respondents in the intervention group and control group were similar to 94 people. Digital storytelling is carried out 3 sessions for 3 days with 45 – 60 minutes in 1 session. The research instrument used is questionnaire. Data analysis used paired t test and independent t test. The results showed that the most of respondents were 11 years  (74.46%), female (52.13%) and ARI medical history (43.08%). There was a positive influence on increasing knowledge (p value < 0.05), attitude (p value < 0.05) and performance (p value < 0.05) about diarrhea prevention. Digital storytelling is suggested to be used an alternative health promotion media in schools"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Many challenges must be faced by thr GOI in developing the program, nowadays the Government of Indonesia (GOI) through Early Childhood Education (ECE) Department has been enhacing early childhood education programs for 0 to 8 year old children. The major challenges are children access to early childhood education services and quality of early childhood education programs. Considering the challenges, the United States Agency for International Development (USAID) in partnership with Indonesia's Ministry Ministry of National Education is currently implementing a small scale interactive audio instruction (IAI) pilot program targeting 5-6 year olds and their teachers in seven provinces. The program can simultaneously lead activities to kindergarten children and teachers as well as train the teachers, who don't have early childhood education background, and how to create high qualityactivities for children. Because of its' simple technology, the program can be applied in various Indonesia district condition. This paper explores the potential role a simple technology can play in assisting the government meet its early childhood education goals and discusses whether something as commonplace as a CD player or radio, when coupled with a proven education methodology, could present a cost effective way to achieving quality at scale."
JPUT 10:2 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"TK Hidayatullah merupakan salah satu lembaga pendidikan ternama di daerah Banyumanik Semarang, namun pembelajaran yang diselenggarakan dirasa masih kurang berhasil karena guru tidak menggunakan media yang mendukung. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif dan mudah didapat seperti Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran hasil belajar siswa dan mendeskripsikan kendala yang muncul pada saat kegiatan pembelajaran dengan menggunakan MPI. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subyeknya adalah guru dan siswa TK HIdayatullah Banyumanik Semarang yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan catatan lapangan. Selama menggunakan MPI, keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai siklus I adalah 90,62% dan siklus II meningkat menjadi 93,75%. Nilai ketercapaina pelaksanaan pembelajaran siklus I rata-rata 82,9 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,7. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai ketuntasan klasikal 77,5% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 92,5%. Kendala yang ditemukan dapat diatasi oleh peneliti dengan baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa MPI dapat meningkatkan hasil belajar siswa TK Hidayatullah."
TEKNODIK 19:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Syamsiah
"Pada perpustakaan dijital, terdapat sejumlah data yang untuk mengaksesnya membutuhkan antar muka pengguna yang dapat memudahkan navigasi pengguna dalam mencari dokumen yang diinginkannya. Berbeda dengan perpustakaan dijital yang telah ada, perpustakaan dijital yang diterapkan pada Departemen Elektro FTUI ini mengintegrasikan sejumlah data multimedia, termasuk di dalamnya data video. Oleh karenanya selain dirancang antar muka pengguna yang mengikuti persyaratan yang telah ditentukan untuk perpustakaan dijital, juga dalam antar muka pengguna ini diintegrasikan data multimedia yang untuk mengintegrasikan data multimedia ini berbeda caranya dengan yang bukan data multimedia. Dalam skripsi ini dirancang sebuah platform antar muka pengguna yang mengintegrasikan berbagai jenis data termasuk di dalamnya data multimedia. Perangkat lunak yang digunakan adalah PHP sebagai scripting language. Apache sebagai Webserver, dan My SQL sebagai database penyimpan data file dan struktur direktori yang ada. Hasil angket menunjukkan bahwa 73% pengguna menyatakan bahwa mereka sangat mudah menentukan sedang berada di halaman mana mereka saat ini. Selanjutnya sebanyak 55% responden menyatakan bahwa mereka dapat dengan sangat mudah mengerti isi halaman utama dan begitu pula dengan konsistensi halaman yang disajikan, serta proses download. Sedangkan untuk kompatibilitas dengan berbagai browser, sebanyak 64% pengguna menyatakan bahwa antar muka pengguna dengan integrasi data multimedia ini sangatlah kompatibel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40268
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Udhy Baidhowy
"Suatu Sistem lcullah online yang balk adalah sistem yang mampu mencatat setiap aktivitas user selama berada dalam sistem, di mana catatan ini dapal menggantikan fungsi absensi yang biasa dilakukan pada jenis kuliah di kelas. Catatan ini juga akan bermanfaat untuk mengetahui dan mengamati perkembangan belajar user. Sistem ini dilcenal dengan user tracking.
Sistem ini akan sangat menarik dan bermanfaat jika dapat diterapkan di lingkungan akademis, khususnya di Jurusan Elektro FTUI. Untuk itu, skripsi ini mencoba untuk merancang suatu sistem kuliah online dengan mengkhususkan pada perancangan Sistem user tracking dan menekankan pada tampilan hasil pencatatan dalam sebuah halaman web yang bersifat online, user friendly, up to date, dan informatif. Sistem user tracking ini akan diintegrasikan pada halaman materi kuliah dan pada kuis online. Mekanisme yang dilakukan adalah mencatat semua data yang dibuluhkan dari user (sc-:perti nama, NPM, halaman yang diakses, dan waktu akses) setiap kali user mengakses suatu halaman pada materi kuliah dan setiap kali user menyelesaikan kuis online.
Proses pengambilan data dilalcukan berdasarkan uji coba yang telah berhasil dilakukan dari tanggal 27 Juni - 2 Juli 2002. Dari data tersebut didapatkan jumlah user sebanyak 18 orang, jumlah total akses ke materi sebanyak 227 akses (36,56% pada Bah 1 dan 63,44% pada Bab 2), akses rata-rata per bab sebanyak 56,75 kali, akses rata-rata per hari sebanyak 32,43 kali, dengan akses terbanyak l4l kali pada hari Kamis, akses rata-rata per jam sebanyak 9,46 kali dengan akses terbanyak pada jam ll slang (43,6l%). Kuis dilakukan sebanyak clua kali. Pada Kuis l nilai rata-rata 71,59 dengan sisa waktu terbanyak 11 rnenit 49 detik, dan terendah 3 menit 50 detik. Pada Kuis 2 nilai rata-rata 51,70 dengan sisa waklu terbanyak 7 menit 55 detik, dan terendah 0 detik.
Dari data tersebut dapat dianalisa bahwa frekuensi akses user ke materi dapat mempengaruhi hasil kuis user tersebut. Bah 2 sebaiknya dievaluasi. Penjatahan akses user ke sistem Jarkom Online di student corner perlu dilakukan untuk menghindari akses yang terlalu banyak pada hari dan jam tertentu."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S39811
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>