Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43417 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tresna Priyana Soemardi
"Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kekuatan mekanis knuckle, dibuat dari material FCD 50, dengan menggunakan analisis statis pada pembebanan maksimal. Beban maksimal ini diperoleh dari perhitungan pembebanan pada poros depan kendaraan dalam kondisi operasi kendaraan yang direm pada saat berbelok di jalan menurun. Pada analisis pembebanan poros kendaraan sebelumnya diperoleh beberapa nilai pembebanan pada beberapa nilai kecepatan dan deselerasi. Akhirnya, diperoleh nilai deselerasi dan nilai kecepatan maksimum kendaraan dimana kendaraan aman dioperasikan pada saat direm di jalan menurun dan berbelok. Sebagai perbandingan juga dilakukan perhitungan pembebanan poros depan kendaraan pada kondisi operasi kendaraan yang direm pada saat berbelok di jalan mendatar, karena deselerasi yang berbeda untuk masing-masing kondisi operasi, yaitu 0,5g untuk kondisi operasi di jalan mendatar dan 0,2g untuk kondisi operasi di jalan menurun. Hasil perhitungan tetap menunjukkan pembebanan maksimum pada kondisi operasi di jalan menurun. Studi statika diarahkan pada deskripsi kuantitatif dari gaya-gaya yang bekerja pada struktur teknik dalam kesetimbangan.

Analysis of Kancil?s Knuckle Prototype. The objective of this work is to execute strength analysis of knuckle, which is made from FCD 50, by using static analysis on maximum loading. This maximum loading is obtained from front axle loading calculation on particular operating condition. That is, vehicle is braking while cornering in down hill. From previous vehicle loading calculation, we get a number of loading values on different speed and deceleration. At the end, we get a value of speed and deceleration that guarantee the vehicle safety if it is braking while cornering in down hill. As comparison, loading calculation is executed too for same operating condition on level ground. This is because of different deceleration for each operating condition, 0,5g for operating condition on downhill and 0,2g on level ground. The result shows that maximum loading occurred when vehicle is operated on down hill is larger than on level ground. Study of static focused on quantitative description of loads that act on technical structure in equilibrium."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2004
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aida Mahmudah
"Salah satu industri otomotif yang bergerak di bidang angkutan niaga adalah PT. KANCIL. (PT. Kumia Abadi Niaga Citra Indah Lestari) dengan produk angkutan niaga yang bernama KANCIL (akronim dari Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah) sebagai angkutan pengganti bajaj. Realisasi rencana produksi mobil KANCIL mulai dilaksanakan pada akhir tahun '90-an. Objek kerja sama yang dilakukan PT. KANCIL dengan salah satu rekanannya, yaitu Politeknik Manufaktur Bandung, (POLMAN - Bandung) adalah berupa perancangan dan pembuatan prototype bagian front axle dan steering system. Dan salah satu bagian penting dari front axle kendaraan roda empat adalah knuckle yang berfungsi untuk menempatkan roda sekaligus menahan beban pada kendaraan tersebut. Prototype knuckle ini lah yang menjadi bahan kajian dalam tulisan ini.
Tulisan ini membahas mengenai analisa statis kekuatan mekanis prototype knuckle mobil KANCIL. Pada analisa sebelumnya, pembebanan poros kendaraan hanya berdasarkan berat kendaraan dan penumpang, dan teori kegagalan yang digunakan kurang sesuai untuk knuckle yang dibuat dari material rapuh, yaitu FCD50. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini penulis membahas mengenai analisa pembebanan poros kendaraan pada kondisi operasi tertentu untuk mendapatkan pembebanan maksimum di poros depan (knuckle adalah komponen yang berhubungan dengan poros depan kendaraan), analisa statis pada sistem gaya knuckle dengan menggunakan bantuan piranti lunak tertentu, dan memeriksa kekuatan mekanisnya dengan menggunakan teori kegagalan yang sesuai untuk material rapuh, yaitu kriteria teori tegangan normal maksimum.
Pada akhir analisa, disimpulkan bahwa prototype knuckle secara umum mampu menahan beban maksimum, kecuali pada beberapa detail konstruksi. Pada kesimpulan ini pun diuraikan beberapa alternatif perbaikan konstruksi yang dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan konstruksi yang lebih baik, dan membandingkan hasil analisa yang dihasilkan pada kajian ini dengan hasil analisa sebelumnya.

One of industrial automotive that move on commercial transportation is PT. KANCIL (PT. Kurnia Abadi Mega Citra Indah Lestari) with their public transportation product, named KANCIL (acronym from Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah) as public transportation that will replace bajaj. Realization from KANCIL production planning begins on late of ’90. The object of corporation project between PT. KANCIL with one of their colleague, that is Politeknik Manufalctur Bandung (POLMAN - Bandung), is designing and making steering system and front axle prototype. One of the important parts from front axle of four wheel vehicle is knuckle, a part that fixing the wheel and hold back the vehicle load. This knuckle prototype is the object of' the present experiment.
This thesis discusses about static analysis of strength mechanical of KANCIL's knuckle prototype. On the last analysis, vehicle axle loading only based on the weight of vehicle and passenger, and used unsuitable failure prediction theory for knuckle that made from brittle material. For that reason, on this thesis I figure out vehicle axle loading on particular operation condition to obtain maximum loading on front axle (knuckle is a part that connected with front axle), static analysis on knuckle load system by using particular software, and checking mechanical strength of knuckle by using failure prediction theory that suitable with brittle material, that is maximum normal stress theory.
The conclusion is knuckle prototype generally able to hold back maximum loading except on some construction detail. On this conclusion some repairing alternatives that can be considered to obtain better construction and comparison of the last static analysis result and the present are figured out too.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37812
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Setyowati
"Cerita Kancil sangat terkenal di nusantara, seperti Malaysia; Singapura dan beberapa daerah di Indonesia, salah satunya adalah di Jawa. Di Jawa teks Kancil berwujud naskah, memiliki beberapa versi salah satunya adalah Serat Kancil Salokadarma (SKSD). SKSD mengandung nilai moral dan menggambarkan keadaan sosial budaya masyarakat pada saat serat tersebut ditulis, kedua keistimewaan tersebut yang menjadi permasalahan pada penelitian ini. Untuk menemukan nilai moral pada SKSD penulis menganalisis menggunakan teori Franz Magnis Suseno tentang nilai moral Jawa. Pendekatan sosiologi sastra, digunakan untuk mengetahui kondisi sosial budaya yang terekam pada susunan cerita yang membentuk suatu kritik sosial. Hasil akhir yang penulis peroleh pada penelitian ini adalah munculnya nilai rukun dan hormat yang termasuk nilai kejawen pada SKSD. Nilai moral tersebut merupakan respon dari suatu kondisi sosial budaya masyarakat yang terj adi pada masa penulisan SKSD. Sehingga SKSD merupakan suatu kritik sosial yang mempertahankan nilai kejawennya dalam menghadapi permasalahan yang terjadi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S11495
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mohamad Jovi Prasetyo
"ABSTRACT
Since the development of a Highly Automated Vehicle HAV has been refined rapidly in the last couple years, for which it has shifted today rsquo s automotive paradigm, hence, it is possible to apply HAV for daily commute in the near future. The aim of this research is to understand what infrastructure that is best to improve in Brisbane, so that it is enabled to support the HAV activities. In the first leg of this research, I learnt to understand the implications of HAV performed in the daily commute, in which I need to pay attention to the problem being made that is still occurring with current Semi Automated Vehicle. From there, then I am able to find out which infrastructure that needs to be well improved to support HAV.

ABSTRAK
Dikarenakan perkembangan kendaraan otonom HAV yang semakin meningkat dengan dalam beberapa tahun terakhir, yang juga telah menyebabkan terjadinya perubahan pola pikir terhadap dunia otomotif, oleh karena itu, sangatlah mungkin untuk mengaplikasikan HAV dalam melakukan perjalanan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami jenis infrastruktur apa yang dapat berkembang di Brisbane, sehingga itu dapat mendukung aktifitas HAV. Pada tahap pertama dalam penelitian ini, saya belajar untuk mengetahui tujuan dari HAV dalam perjalanan sehari-hari, dimana saya perlu memerhatikan permasalahan yang sedang dihadapkan dengan semi kendaraan otomatis saat ini. Dari situ, kemudian saya dapat menemukan jenis infrastruktur apa saja yang harus dikembangkan dengan baik untuk merespon tren perkembangan HAV."
2017
S67187
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clinton Samuel
"Kendaraan listrik menjadi suatu jenis teknologi yang sedang dikembangkan oleh banyak
negara, salah satunya Indonesia. Hal ini didukung oleh fakta bahwa kendaraan listrik
berdampak positif terhadap lingkungan karena memiliki tingkat emisi yang rendah.
Perusahaan yang memproduksi kendaraan listrik harus memastikan aspek inovasi di
dalamnya agar produk yang mereka hasilkan dapat memenuhi kebutuhan pasar tanpa
membuang banyak modal dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi
pengembangan kendaraan listrik di Indonesia berbasis aspek inovasi yang dimiliki
perusahaan. Metode yang digunakan adalah uji kematangan inovasi atau dapat disebut
Innovation Maturity Assessment untuk menentukan tingkat kematangan suatu
perusahaan. Nilai dari uji tersebut kemudian digunakan sebagai dasar perancangan
strategi bagi aspek yang masih memiliki kelemahan di dalamnya. Strategi yang terbentuk
kemudian dianalisis menggunakan Importance-Performance Analysis untuk melihat
tingkat prioritas strategi tersebut.

Electrical vehicles are a type of technology that is being developed by many countries,
one of them is Indonesia. This is supported by the fact that electric vehicles have a positive
impact on the environment because they have low emission levels. Companies that
produce electric vehicles must ensure the innovation aspect in it so that the products they
produce can meet market needs without a lot of capital and time. This study aims to design
an electric vehicle development strategy in Indonesia based on the company's innovation
aspects. The method used is the Innovation Maturity Assessment to determine the
maturity level of a company. The value of the test is then used as a basic design strategy
for aspects that still have weaknesses in them. The strategy is then analyzed using
Importance-Performance Analysis to see the priority level of the strategy.
"
Depok: Fakultas Teknik, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Eria Rayadi
"Perubahan maksimum GVW pada kendaraan Mitsubishi 1.300 Diesel dari 2205 kg menjadi 2545 kg, memerlukun analisis kelayakan padu beberapa komponen kendaraan, diantaranya pada rangka atau frame, bagian rangka kendaraan yang dianalisis yaitu side member. Analisis yang dilakukan oleh penulis yaitu analisis kekuafan struktur side member pada GVW 2205 kg dan 2545 kg. Analisis dilakukan pada kondisi yang sudah umum digunakan dalam menganalisis kekuatan struktur rangka kendaraan, yaitu yang telah disandarkan oleh Sidelco puda Tahun 1965. Untuk mempermuduh proses analisis dan pemecahan masalah penulis melakukan beberapa penyederhanaan dan asumsi, disamping itu penulis menggunakan alat bantu yaitu peragkat Iunak Pro/Engineer. Hasil dari analisis menyatukan bahwa side member masih aman untuk dipakai pada GVW 2545 kg."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37270
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Izzan Dienurrahman
"Tujuan skripsi ini adalah untuk memberikan usulan sistem yang secara cerdas mendeteksi kendaraan di jalan dan menghitungnya secara otomatis. Sistem yang diusulkan menggunakan model deep learning yang sudah dilatih dengan dataset menggunakan arsitektur Single Shot Multibox Detector SSD untuk mendeteksi kendaraan, baik dengan kamera atau dengan input video. Penghitungan kendaraan dibantu dengan library OpenCV untuk menggambar garis pembatas virtual pada frame video untuk mengetahui apakah kendaraan sudah melewati garis batas. Dengan nilai parameter yang tepat, metode ini berpotensi mendapatkan hasil akurasi yang mendekati 100.

The purpose of this bachelor thesis is to give a proposal of a system which intelligently detects vehicles on a particular road and count them automatically. The proposed system uses pre trained deep learning model using Single Shot Multibox Detector SSD to detect vehicles, either by camera or by video input. Counting vehicle process uses OpenCV library to draw a virtual line on a video frame to know whether the vehicle has crossed the line. With the right parameter values, the proposed method could achieved near 100 accuracy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risca Hermawan Wibowo
"ABSTRAK
Nama : Risca Hermawan WibowoProgram Studi : Manajemen Tenaga Listrik dan EnergiJudul : Analisis Kesiapan Indonesia dalam Menghadapai Era Mobil Listrik Mobil Listrik telah diprediksi sebagai salah satu alternatif transportasi masadepan. Karena tidak menghasilkan emisi gas buang, ramah terhadap lingkungan, memiliki effisiensi yang lebih baik dari mobil bbm, menjaga keberlangsungan energi di masa depan karena tidak menggunakan energi fossil. Banyak negara didunia telah menggunakan mobil listrik seperti Amerika, Norwegia, Cina, Jepang dan masih banyak negara lain. Namun di Indoneisa sebagai negara dengan penduduk no 4 terbesar di dunia belum menggunakan mobil listrik. Oleh karena itu perlu dikembangkan mobil listrik di Indonesia. Dalam penelitian ini diperlukan untuk melihat tingkat kesiapan Indonesia dalam menghadai era mobil listrik. Metode yang digunakan dalam wawancara ini dengan menggunakan kuisioner, wawancara dengan para ahli kemudian data diolah dengan perangkat lunak statistik SPSS. Ada empat variabel yang dijadikan dalam penelitian, diantaranya : Kebijakan Pemerintah, Insentif, Infrastruktur, penelitian dan pengembangan. Berdasarkan data yang diperoleh dan dilakukan pengolahan data didapatkan hasil keseluruhan dari semua variabel angka kesiapan 2.32 dari skala 1 ndash; 4. Untuk variabel Kebijakan Pemerintah sebesar 1.84 , Insentif sebesar 2.17, Infrastruktur sebesar 1.96, penelitian dan pengembangan sebesar 3.33. Berdasarkan data tersebut, berarti Indonesia belum siap dalam menghadapai era mobil listrik. Untuk mempercepat hal itu diperlukan kebijakan pemerintah, adanya infrastruktur dan insentif sebagai kepastian bagi semua pihak dan diharapkan era mobil listrik dapat segera terwujud. Kata kunci :Mobil listrik, kesiapan mobil listrik, Kebijakan, Insentif

ABSTRACT
Name Risca Hermawan WibowoStudy Program Electricity Power and Energy ManagementTitle Indonesia Readiness Analysis consummate the Electric Vehicle Era Electric vehicle have been predicted as one of the alternative transportation at the future. Because it does not produce exhaust emissions, friendly to the environment, has a better efficiency than fuel vehicle, maintaining energy sustainability in the future because it does not use fossil energy. Many countries in the world have used electric vehicle such as America, Norway, China, Japan and many other countries. But in Indoneisa as the country with the 4th largest population in the world have not used electric vehicle. Therefore need to be developed electric car in Indonesia. In this research is needed to see the level of readiness of Indonesia in the electric vehicle era. The method used in this interview using questionaires, interviews with experts then data processed with SPSS statistic software. There are four variables used in the research, including Government Policy, Incentives, Infrastructure, Research and Development. Based on data obtained and conducted data processing obtained overall results of all variables readiness rate 2.32 from a scale of 1 4. For Government Policy variables of 1.84, Incentives of 1.96, Infrastructure of 2.17, research and development of 3.33. Based on these data, it means that Indonesia is not ready for electric vehicle era. To accelerate it required government policy, any infrastructure, and incentives as a certainty for stakeholder and it is expected electric vehicle era can be realized. Keywords Electric Vehicle, readiness electric vehicle, policy, incentives"
2017
T47932
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>