Kendaraan listrik menjadi suatu jenis teknologi yang sedang dikembangkan oleh banyak
negara, salah satunya Indonesia. Hal ini didukung oleh fakta bahwa kendaraan listrik
berdampak positif terhadap lingkungan karena memiliki tingkat emisi yang rendah.
Perusahaan yang memproduksi kendaraan listrik harus memastikan aspek inovasi di
dalamnya agar produk yang mereka hasilkan dapat memenuhi kebutuhan pasar tanpa
membuang banyak modal dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi
pengembangan kendaraan listrik di Indonesia berbasis aspek inovasi yang dimiliki
perusahaan. Metode yang digunakan adalah uji kematangan inovasi atau dapat disebut
Innovation Maturity Assessment untuk menentukan tingkat kematangan suatu
perusahaan. Nilai dari uji tersebut kemudian digunakan sebagai dasar perancangan
strategi bagi aspek yang masih memiliki kelemahan di dalamnya. Strategi yang terbentuk
kemudian dianalisis menggunakan Importance-Performance Analysis untuk melihat
tingkat prioritas strategi tersebut.
Electrical vehicles are a type of technology that is being developed by many countries,one of them is Indonesia. This is supported by the fact that electric vehicles have a positiveimpact on the environment because they have low emission levels. Companies thatproduce electric vehicles must ensure the innovation aspect in it so that the products theyproduce can meet market needs without a lot of capital and time. This study aims to designan electric vehicle development strategy in Indonesia based on the company's innovationaspects. The method used is the Innovation Maturity Assessment to determine thematurity level of a company. The value of the test is then used as a basic design strategyfor aspects that still have weaknesses in them. The strategy is then analyzed usingImportance-Performance Analysis to see the priority level of the strategy.