https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Green Purchase Behaviour Generasi Z dalam Pembelian Produk Makanan dan Minuman = Analysis of Faktors that Influence Green Purchase Behaviour of Generation Z in Purchasing Food and Beverage Products

Isra Livera; Gita Gayatri, supervisor; Yeshika Alversia, examiner; Arga Hananto, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Kondisi alam yang kian memburuk telah meningkatkan perhatian masyarakat terhadap lingkungan. Salah satu bidang yang sangat berperan besar terhadap kondisi lingkungan saat ini adalah industri makanan dan minuman. Sampah yang dihasilkan dari proses produksi dan kemasan produk makanan dan minuman menjadi salah satu permasalahan yang cukup kompleks di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi green purchase behaviour generasi Z dalam pemilihan produk makanan dan minuman di Indonesia agar dapat menentukan cara untuk memperbaiki dan menjaga lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dari 414 responden kemudian akan diolah menggunakan metode SEM PLS dengan perangkat lunak SmartPLS3. Hasil dari penelitian ini adalah green purchase intention memiliki pengaruh terhadap green purchase behaviour konsumen muslim generasi Z di Indonesia. Kemudian, variabel lain seperti Islamic religiosity, attitude towards green product, environmental wellbeing, dan environmental corporate social responsibility initiative juga berpengaruh terhadap green purchase behaviour baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, penelitian ini menemukan jika green skepticism memperlemah hubungan antara Islamic religiosity dan green purchase intention. Saran bagi penelitian selanjutnya, sebaiknya melakukan penelitian yang bersifat longitudinal apabila ingin melihat hasil dari intensi konsumen terhadap pembelian aktualnya agar hasilnya lebih komprehensif.


The deteriorating condition of nature has increased people's attention to the environment. One field that plays a major role in the current environmental conditions is the food and beverage industry. Waste generated from the production process and packaging of food and beverage products is one of the most complex problems in Indonesia. Therefore, this study was conducted to analyze the faktors that influence the green purchasing behavior of generation Z in the selection of food and beverage products in Indonesia in order to determine ways to improve and protect the environment. This research is a quantitative study that collects data using a questionnaire. The data collected from 414 respondents will then be processed using the SEM PLS method with SmartPLS3 software. The results of this study are green purchase intention has an influence on the green purchase behavior of generation Z Muslim consumers in Indonesia. Then, other variabels such as Islamic religiosity, attitude towards green products, environmental wellbeing, and environmental corporate social responsibility initiatives also affect green purchase behavior both directly and indirectly. In addition, this study found that green skepticism weakens the relationship between Islamic religiosity and green purchase intention. Suggestions for future research, should conduct longitudinal research if you want to see the results of consumer intentions on actual purchases so that the results are more comprehensive.

 

 

 File Digital: 1

Shelf
 S-Isra Livera.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 154 pages ; illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-79899442 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920548779
Cover