ABSTRAKMasalah utama yang dihadapi Customer Service Department (CSD) PT.RPI
adalah tingkat turnover yang mencapai 40%. Akibat dari turnover tersebut adalah
tingginya biaya untuk recruitment, selection, placement, dan training untuk
karyawan baru serta terhambatnya rencana perusahaan untuk mengembangkan
one stop logistic contact. Tingginya tingkat turnover di CSD teijadi karena
beberapa alasan yang semuanya mengarah kepada kecenderungan burnout pada
Customer Service Representatives (CSR). Sebenarnya pihak managemen PT.RPI
telah melakukan berbagai langkah untuk mengatasi masalah ini, namun langkahlangkah
yang diambil belum mampu menurunkan tingkat turnover. Untuk
mengatasinya, penulis mengajukan rancangan career management untuk
diterapkan di CSD. Rancangan ini diharapkan dapat menurunkan tingkat turnover
serta dapat menjawab kebutuhan akan pengembangan CSD di masa yang akan
datang. Career management yang diusulkan terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap
identifikasi, tahap career strategy, dan tahap career appraisal. Masing-masing
tahap memiliki rangkaian kegiatan yang perlu dilakukan baik oleh perusahaan
maupun oleh individu karyawan.