ABSTRAK
Penelitian ini berusaha mengupas persepsi pemakai terhadap Perpustakaan Umum Kotamadya Jakarta Selatan Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana penilaian pemakai terhadap aspek koleksi, petugas, fasilitas dan layanan perpustakaan.
Pengumpulan data dilakukan melaiui penyebaran kuesioner secara aksidental kepada pengunjung. Untuk mengukur persepsi digunakan penggabungan skala angka dan verbal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi cenderung negatif terdapat pada aspek lokasi, jumlah koleksi, keteraturan koleksi, kemudahan mencari koleksi serta jumlah dan jangka waktu peminjaman buku. Persepsi negatif terdapat pada aspek katalog. Persepsi positif terdapat aspek transportasi. kualitas koleksi, petugas, suasana, kesejukan, perabot, dan jam layanan perpustakaan. Sedangkan persepsi sangat positif terdapat pada aspek penerangan.
Untuk memperbaiki layanan perpustakaan, maka hal-hal yang perlu diperhatikan adalah kegiatan pengadaan, pembenahan susunan koleksi dan katalog, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.