Di Indonesia, konsep marketing internal belum menjadi pusat perhatian para marketer, banyak yang tidak menghiraukan dan lebih memusatkan pada marketing eksternal. Keadaan ekonomi makro Indonesia pertahankan stabil hingga akhir tahun 2009, sehingga peneliti melakukan eksplorasi di industri pasar modal Indonesia melalui studi kasus PT. Danareksa (persero). Tujuan tesis ini adalah mengeskplorasi pemimpin, mengukur dari perspekif karyawan kemudian melihat gap antar faktor-faktor yang diteliti dalam implementasi marketing internal. Metode penelitian yang digunakan adalah strategi concurrent triangulation, yang meliputi pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan untuk mengkonfirmasi, melakukan validasi silang atau melakukan verifikasi. Walaupun penelitian ini peneliti nilai memiliki keterbatasan dalam jumlah sampel kuatitatif yang kecil, PT Danareksa (persero) perlu memfokuskan untuk menutup gap antara tujuan perusahaan dan ekspektasi karyawan yang terkait dengan marketing internal.
In Indonesia, the internal marketing concept is not area in which marketer concern of, many ignore this and concern more of the external marketing. Indonesia macro economic stability that was maintained until end of the year 2009, here researcher explore the industry of capital market, case study of PT. Danareksa (persero). The purpose of this thesis are exploring the leader's role, measuring from the employee's perspective, then examining the gap of factors considered in the implementation of internal marketing. The research method used is concurrent triangulation strategy, involves collecting quantitative and qualitative data simultaneously to c small sample of the quantitative data, PT. Danareksa need to focus on closing the gap between organization objective and employee' expectation concerning internal marketing.