Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maydinna Zahira Abas
"Analisis Situasi
1. Chevron merupakan perusahaan pertambangan multinasional yang memiliki pertambangan di Indonesia, salah satunya Pekanbaru, Riau. Chevron telah lama mengadopsi pesan "Sistem Smith”.
2. "Sistem Smith” adalah tata cara berkendara yang baik dan benar yang telah diterapkan diluar negri. Poin-poin dalam Sistem Smith menjelaskan cara untuk membuat pengendara dapat menghindari penyebab kecelakaan.
3. Ibukota Provinsi Riau, yaitu Pekanbaru, memiliki jumlah kecelakaan yang cukup tinggi. Di tahun 2010 dan 2011 Riau menduduki posisi ke-10 sebagai provinsi di Indonesia dengan kecelakan terbanyak, dengan Pekanbaru sebagai kota yang cukup banyak mengalami kecelakaan di Riau. Mayotritas korban kecelakaan di Pekanbaru merupakan masyarakat usia produktif.
4. Masyarakat Pekanbaru membutuhkan informasi mengenai "Sistem Smith” dan diedukasi tentang bagaimana cara menerapkan "Sistem Smith” saat berkendara.
Tujuan
Meningkatkan awareness target khalayak tentang Sistem Smith dan merubah perilaku menjadi lebih mengutamakan keselamatan dalam berkendara, sehingga angka kecelakaan di Pekanbaru menjadi berkurang. Strategi Melaksanakan serangkaian kegiatan kampanye pemasaran sosial dengan cara yaitu dengan strategi Above The Line dan Below The Line Khalayak Sasaran Siswa dan mahasiswa aktif, usia 16-23 tahun, yang tidak aware terhadap keselamatan dalam berkendara.
Pesan Kunci
Lakukan dan Sampaikan Sistem Smtih
Program
Rangkaian kegiatan Above The Line (PSA & poster) dan Below The Line (Special event & online competition), yang rinciannya antara lain :
1. Membuat Akun Jejaring sosial Sistem Smith, pada Facebook, Twitter, dan Youtube
2. Membuat Public Service Advertising (PSA) dan poster berisi pesan Sistem Smith
3. Roadshow : Sistem Smith Goes To School and Campus
4. Lomba Ceritaku, Ceritamu
5. Lomba Pemilihan Duta Sistem Smith
6. Lomba Flashmob
7. Lomba Pembuatan Film Pendek
8. Lomba Band
9. Sistem Smith Week
Jadwal
1. Membuat PSA, Januari 2013
2. Membuat poster berisi pesan Sistem Smith 2013
3. Roadshow : Sistem Smith Goes To School and Campus, Desember - Januari 2013
4. Lomba Ceritaku, Ceritamu,
5. Lomba Pemilihan Duta Sistem Smith, Januari - Maret 2013
6. Lomba Flashmob, Maret - Juni 2013
7. Lomba Pembuatan Film Pendek, Juli - November 2013
8. Lomba Band, Juli - November 2013
9. Sistem Smith Week, Oktober 2013
Anggaran Total anggaran yang dikeluarkan dalam seluruh rangkaian kegiatan ini adalah Rp1.278.615.000,-
Evaluasi Metode Evaluasi yang digunakan adalah metode input - output - outcome.
Input: evaluasi terhadap segala proses yang berlangsung dalam rangka mengadakan kegiatan.
Output: evaluasi terhadap sesuatu yang nyata (produk) terkait hasil kegiatan.
Outcome: pengukuran dampak dan evaluasi hasil pelaksanan program.

Situation Analysis
1. "Smith System" is the way how to ride well that applied abroad. The points of Smith system explain how to avoid the rider from accident cause.
2. Chevron is multinational oil and gas company that has many fields in Indonesia. One of them is in Pekanbaru, Riau. Chevron has adopted "Smith System" for very long time.
3. The capital city of Riau province is Pekanbaru, has a quite big amount of accidents. On 2010 and 2011, Riau is in the 10th position as the biggest amount of accidents.
4. Pekanbaru society needs information about "Smith System" and educated about how to apply "Smith System" while riding.
Goal
To further develop target audience's awareness about Smith System in order to change their behavior to become safer drivers and consequently reduce the number of accidents in Pekanbaru. Strategy Do the series of social marketing campaign by special event, online completion, and PSA Target Audience The target audience is productive age category, 16 -23 years old, no awareness toward safety while riding
Key massage
Do and send a massage of "Smith System"
Programs
The special event of special event and online competitons contains:
1. Making Social media account for Sistem Smith, including Facebook, Twitter, and Youtube
2. Producing Public Service Advertising (PSA) and billboard about the key of Sistem Smith
3. Roadshow : Sistem Smith Goes To School and Campus Roadshow: "Smith System" Goes to School and Campus
4. Competition with theme "Your Story, My Story"
5. "System Smith" Ambassador Election
6. Flashmob Competition
7. Short Movie Competition
8. Band Competition
9. Smith System Week
Schedule
1. Making Social media account for Sistem Smith, including Facebook, Twitter, and Youtube, January 2013
2. Producing Public Service Advertising (PSA) and billboard about the key of Sistem Smith, January 2013
3. Roadshow : Sistem Smith Goes To School and Campus, Desember - Januari 2013
4. Competition with them "Your Story, My Story", January 2013
5. "Smith System" Ambassador Election, January - March 2013
6. Flashmob Competition, March - June 2013
7. Short Movie Competition, July - November 2013
8. Band Competition, July - November 2013
9. "Smith System" Week, October 2013
Budget
The total of budget for all the events in social marketing campaign is IDR 1.278.615.000,-
Evaluation
Evaluation methods that used here is input - output - outcome method.
Input: evaluation toward all on-going process in the events Output: evaluation toward real things (product) related to the result of event.
Outcome: the effect measurement and program result evaluation
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dinie Ulfa Amaliya
"Makalah ini membahas mengenai kampanye public relations #SmallActsofLove dari brand Love Beauty and Planet di media sosial Instagram pada tahun 2019. Brand ini muncul dengan nilai yang tergolong baru di industry kosmetik dan perawatan tubuh, dengan nilai yang dibawa produk perawatan tubuh berupa nilai ramah lingkungan dan ramah alam melalui prawatan tubuh yang alami. Hal yang melatarbelakangi kampanye ini adalah munculnya masyarakat yang mulai gemar dengan konsep vegan – vegetarian dan peduli terhadap alam dan hewan, sehingga mereka menjadi target utama bagi brand ini. Kampanye ini bertujuan untuk memperkenalkan produk dengan memberi awareness of product pada audiens juga memberi brand image terkait mengenai nilai bahan produk brand yang ramah lingkungan dan ramah alam. Hasil penulisan makalah ini adalah Brand Love Beauty and Planet menggunakan strategi Social Media Marketing untuk mencipatakan brand awareness dan brand image.

This paper discusses the #SmallActsofLove public relations campaign from the Love Beauty and Planet brand on Instagram social media in 2019. This brand appears with a relatively new value in the cosmetics and body care industry, with the value brought by body care products in the form of environmentally friendly values ​​and friendly to nature through natural body treatments. The background of this campaign is the emergence of people who are starting to like the vegan concept - vegetarian and care for nature and animals, so they become the main target for this brand. This campaign aims to introduce products by providing awareness of the product to the audience as well as providing a related brand image regarding the value of the ingredients for environmentally friendly and nature friendly brand products. The result of this paper is that Brand Love Beauty and Planet uses a Social Media Marketing strategy to create brand awareness and brand image."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Irlandi Paradizsa
"

Pemerintah memiliki berbagai macam program yang bisa digunakan untuk menyejahterakan masyarakatnya. Namun, program tersebut menjadi tidak efektif apabila tidak ada masyarakat yang tahu. Oleh sebab itu, diperlukanlah komunikasi pembangunan agar informasi terkait pembangunan ini bisa tersampaikan kepada masyarakat. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan bagaimana proses implementasi dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Mekarjaya dalam menyampaikan pesan pembangunan dari pemerintah ke masyarakat dan sebaliknya, berikut dengan dampak yang diberikan dari proses tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, supaya bisa menjelaskan mengenai pandangan subjektif dari masyarakat itu sendiri terhadap kegiatan-kegiatan dilakukan oleh KIM. Hasil penelitian ini menemukan beberapa tahap yang dilakukan oleh KIM dalam meliput kegiatan pembangunan masyarakat. Hasil liputan ini pun memberikan dampak masyarakat menjadi termobilisasi, menjadi lebih kohesif, juga meningkatkan rasa aman di masyarakat


Government has many kinds of program that can be used to increase the welfare of its citizen. However, those programs can be rendered ineffective if there is nobody that know its existence. Thus, it is imperative to do communication for development so that the information regarding to development can be informed to the people. This research would like to explain how KIM implements their program to inform from the government to its people and vice versa, regarding development messages. This research is conducted by using qualitative method, to further understanding about the subjective opinion of the people about the activities that had been conducted by KIM. The findings of this research are that it found that there are several steps that KIM did during its activities to inform the people through coverage. This research finds that the impact for the people are they can be mobilized, becoming more cohesive, and increasing the security of the people.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019;;
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifky Indrajid
"Semakin pesatnya pertumbuhan bisnis pusat perbelanjaan menandakan meningkatnya daya beli masyarakat di dalam negeri. Hal ini mendapat perhatian serius dari para retailer produk dan jasa kebutuhan masyarakat untuk membuka gerai-gerai di setiap mal yang dinilai strategis. Dengan demikian pihak manajemen gedung mal Cibubur Junction merasa hal ini sebagai tantangan untuk bagaimana bisa memenangkan perhatian tenant baru untuk membuka gerainya di mal Cibubur Junction maupun tenant lama agar merasa puas dan loyal terhadap mal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan dan menganalisis pemahaman manajemen mal CJ, khususnya divisi tenant relations terhadap konsep Customer Relationsship Management (CRM) serta upaya-upaya komunikasi yang dilakukan dalam kegiatan penerapan (CRM) dan Mengkaji persepsi tenant terhadap penerapan konsep CRM di mal Cibubur Junction dalam upaya peningkatan loyalitas tenant terhadap mal Cibubur Junction. Penelitian ini menggunakan konsep pendekatan CRM oleh James G. Barnes, dimana penerapan pendekatan CRM diawali dengan penciptaan nilai yang akan memunculkan kepuasan, ketahanan dan pada akhirnya akan meraih apa yang menjadi tujuan utama CRM yaitu loyalitas pelanggan, dengan penekanan pada penciptaan hubungan bisnis yang personal dan emosional. Penelitian menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan observasi sebagai data primer. Data sekunder didapatkan dari studi literatur, studi pustaka dan melalui situs internet. Informan yang dipilih berjumlah empat orang, dua orang dari tenant, dan dua orang lagi dari divisi tenant relations mal CJ. Tenant dalam mal CJ dikategorikan kedalam tiga jenis, yaitu end-core, basic-permanent tenant dan casual leasing. Dalam penelitian ini informan yang dipilih hanya dari kategori end-core dan basic-permanent tenant. Triangulasi dilakukan dengan mewawancara pakar humas dan pemasaran, Silih Agung Wisesa. Berdasarakan analisis data yang diperoleh, dapat dijelaskan bahwa mal CJ telah menerapkan konsep CRM untuk meraih loyalitas pelanggan, yang dilakukan oleh divisi tenant relations sebagai ujung tombak hubungan langsung dengan tenant Upaya-upaya komunikasi yang dilakukan adalah melakukan approach terhadap tenant baru yang akan segera membuka usahanya di mal CJ. Selain upaya tersebut, bentuk komunikasi lainnya adalah melakukan brainstorming baik terhadap terhadap tenant baru maupun tenant yang sudah ada. Untuk tenant baru, interaksi komunikasi yang dilakukan seperti pendiskusian bentuk dan design toko, juga pemberian informasi secara terperinci akan kewajiban tenant dan hak-hak tenant untuk promosi gratis di setiap bulan. Sedangkan untuk tenant yang sudah ada, upaya-upaya komunikasi yang dilakukan adalah dengan melakukan kunjungan rutin tehadap tenant untuk mempromosikan event yang akan diselenggarakan mal dan mengajak untuk bekerjasama dalam event tersebut untuk sekaligus mempromosikan produk-produk atau jasa dari tenant tersebut. Penerapan konsep CRM ini dilakukan sesuai dengan tahapan pencapaian loyalitas yang ada pada konsep CRM James G. Barnes, yaitu penekanan pada penciptaan hubungan kekeluargaan dengan upaya komunikasi dengan tenant. Kesimpulannya, mal CJ dalam penerapan CRM hanya fokus pada tenant dengan kategori end-core tenant dibandingkan dengan basic-permanent, karena sesuai dengan pernyataan dari divisi tenant relations bahwa end-core tenant merupakan tenant besar yang dapat meningkatkan citra mal CJ. Manajemen mal CJ tidak memiliki divisi humas, tetapi fungsi humas dilakukan oleh divisi tenant relations.

The vast increasing of the domestic buying attitude in society has been affecting the massive growth of shopping center nowadays. This is obviously has attracted seriously by the retailer to broaden their business network in shopping center which seems to be the placed on a strategic area. Cibubur Junction mal, as one of the biggest mall in the east Jakarta has been the main meeting point at Cibubur area. The building management of Cibubur Junction Mall find it as a potential challenge to win and gathered more tenant attention, so that they will start their business at the Mall, as well as the existing tenants, to make them as loyal tenants. The main purpose of this research is to describe and analyze the understanding building management, especially the tenant relations divisions about the Customer Relationship Management (CRM) concept, as well as the communications effort in the application of CRM concept; also the tenant perceptions about the CRM application at the mall in the purpose of gaining the loyality phase of tenants toward the Cibubur Junction Mall. The research is using the CRM concept by James G.Barnes, where the CRM started with the creations of customer values which will generates customer satisfactions, then followed with cutomer retentions and finally get the main purpose of CRM which is the loyality of the customers This research is using the constructivism paradigma, with qualitative approach. The prime data collection method conducted with in-depth interviews and observation. The secondary data collected by references and books, also websites. The informans of this research were devided into 2 parts, the first part is from the tenant relations division, and another part came from the tenants. In cibubur junction mall, tenants are devided into three categories; end-core, basic permanent and casual leasing. In this case, only end-core and basic permanent tenants used due to the credibility level of the informan base on this research. The triangulations phase conducted with interviewing one of the PR and marketing expert, Mr. Silih Agung Wasesa. Based on the data collected, it shows that the mall has been using the CRM approach in running its business due to get the loyality of its tenants, which is conducted by the tenant relations divisions. The communication approaches conducted are visiting the tenants regularly as well as brainstorming the ideas of the building events related to each tenants in order to increase the visitor of the mall as well as the selling of the existing tenants. For the new comers, the communications approach starts exactly when the new tenant is about to open their new store, especially the design and style of the store in particular. There are also hospitality efforts that only conducted for the end-core tenants to show appretiation to maintain good relations. The applications of CRM concept conducted by following the phases within the concept of loyality by James G. Bames book, which emphasizing in good family relationship with the communications efforts to the tenants. In conclusions, the CRM applications in cibubur junction mall, has only been focusing to the end-core tenants rather than basic-permanent. The reason is that the end-core tenant are more likely profitable and potential in gaining more visitors and good image toward the mall. Cibubur junction mall does not have PR divisions, so that the PR functions conducted by the tenant relations division."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
S-pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library