"
ABSTRAKKrisis selalu dikaitkan dengan sesuatu yang akan membawa dampak negatif baik dari
segi reputasi suatu perusahaan bahkan kerugian pada segi ekonomi perusahaan.. Reputasi
sebuah perusahaan sangat dipengaruhi oleh respon mereka selama krisis terjadi. Namun,
tidak semua krisis berdampak negatif bagi suatu organisasi atau perusahaan karena krisis
juga dapat mendatangkan peluang bagi suatu perusahaan untuk memajukan perusahaan
tersebut. Dengan manajemen krisis yang tepat, maka dapat membawa keuntungan bagi
reputasi suatu perusahaan, atau sebaliknya. Tentunya hal ini tergantung dengan bagaimana
perusahaan menangani suatu krisis. Seperti krisis yang terjadi pada Breadtalk karena beredar
isu jika produk roti Breadtalk tidak halal untuk dikonsumsi. Namun, Humas Breadtalk dapat
mengatasi isu tersebut agar tidak menyebar luas ke masyarakat dengan memberikan
klarifikasi bahwa mereka menggunakan bahan baku yang terjamin halal dikonsumsi melalui
media dengan informasi yang dikemas dengan baik. Praktisi Humas Breadtalk dapat
dikatakan sudah melakukan peran dari public relation sebagai communication facilitator serta
technician communication yakni sebagai perantara antara perusahaan dan stakeholder-nya.
Tujuan dari penelitian ini ingin meninjau tipe krisis yang dihadapi Breadtalk dan bagaimana
aktivitas kehumasan Breadtalk dalam menangani rumor negatif yang berkembang di
masyarakat.
ABSTRACTCrisis is often linked to something that would resulted in negative impact for a company, even
either damage the reputation or possibly causes financial ruin. The reputation of the
company heavily influenced by the perception of their responses during the the time when
crisis is happening. However, crisis can also be used as an opportunity to promote the
company, depends on how the company handled the situations. In this topic, the referred
situation has been accomplished by Breadtalk, which it has been going on about rumors that
Breadtalk is prohibited to be consumed in Islam regulation, as stated by MUI before. Public
Relation of Breadtalk certainly have big role to handle the situation. In this case, officially
clarify that their company is using safe raw materials and processing, as legal action to taken
down the rumors, also as in performing their role as both commucation facilitator and
technician communication. The purpose of this study is to observe what type of crisis that has
happened in Breadtalk and how the Public Relation activities goes on in order to handle the
rumors."