Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 77 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Khairiyah
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai proses audit terhadap akun persediaan di Rumah Sakit RSPD, salah satu unit Rumah Sakit PT ISH Tbk, yang merupakan perusahaan terbuka yang bergerak dalam bidang jasa kesehatan, meliputi jasa rumah sakit, klinik, poliklinik, dan kegiatan usaha terkait. Proses audit yang akan dibahas mencakup lima tahap proses audit yang dijalankan oleh KAP X terhadap akun persediaan Rumah Sakit RSPD, yang dimulai dari penentuan keputusan penerusan klien sampai dengan penyelesaian audit. Terdapat temuan terkait pengendalian internal persediaan ketika auditor melaksanakan observasi perhitungan fisik. Secara keseluruhan, proses audit terhadap akun persediaan yang dilakukan telah sesuai dengan standar audit yang ditetapkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia.

ABSTRACT
This report discusses audit process on inventories of RSPD Hospital, one unit of PT ISH Tbk Hospital, a public company that engages in health services, including hospital services, clinics, polyclinics, and other related business activities. The audit process that will be discussed include the five stages of audit process conducted by KAP X on inventories of RSPD Hospital, that begin from the determination of continuation client until the completion of audit. There was a finding related to inventory internal control noted when the auditors conducted their physical count. Overall, the audit process related to inventories had been conducted in accordance with the auditing standards established by the Indonesian Institute of Certified Public Accounting."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Yusyawiru
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian internal terkait pengelolaan persediaan di Universitas Riau serta bertujuan memberikan rekomendasi untuk menghadapi masalah yang terjadi. Laporan audit BPKP menyatakan bahwa UR belum melaksanakan kegiatan pengendalian dengan tepat dan memadai. Metode dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif berupa studi kasus. Data telah diperoleh melalui analisis dokumen, observasi, serta wawancara mendalam terhadap informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan universitas dalam melaksanakan kegiatan pengendalian atas pengelolaan persediaan. Kelemahan yang ditemukan seperti pada pengendalian fisik aset, ditemukannya kegiatan yang belum memiliki SOP serta flowchart pada SOP yang sangat sederhana atas proses penerimaan, penyimpanan dan pendistribusian barang. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada universitas terkait kelemahan atas kegiatan pengendalian tersebut, seperti SOP baru dan rekomendasi lain dalam upaya mengatasi masalah yang ada. Kelemahan penelitian ini adalah tidak adanya data terkait audit report dari Tim SPI serta data audit atas sistem informasi akuntansi.

ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze internal control system related to inventory management at University of X and aims to provide a recommendation to manage problems that occurred. Audit report from State Development Audit Agency stated that the university has not conducted proper and adequate control activities. The method in this research is descriptive analysis in the form of case study. Data have been obtained through document analysis, observation, and in-depth interviews with informants. The results show that there are weaknesses of university in conducting control activities on inventory management. The weakness that has been found such as, at physical control of asset, where there is an activity that does not have a SOP and an unsophisticated flowchart for standard SOP on accepting, saving and distributing goods. The recommendation obtained from this study to organization related to control activities such as new SOP and other recommendation that can be applied to solve existing problems. The limitations of this study are the absence of audit reports from the university's internal audit team and the audit results of the accounting information system.

"
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Ramadhani Savitri
"Laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit substantif uji rinci yang diterapkan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) S atas akun persediaan PT J untuk periode 31 Desember 2021. PT J adalah perusahaan yang bergerak pada industri otomotif yang memproduksi kendaraan dan komponennya. Laporan magang ini berfokus pada evaluasi uji rinci yang dilakukan penulis selama magang di KAP S. Prosedur substantif uji rinci yang di evaluasi antara lain tes rekonsiliasi persediaan, tes biaya persediaan bahan baku, tes cut-off penerimaan persediaan, dan tes pergerakan saldo persediaan sejak tanggal observasi. Evaluasi dilakukan dengan menguji kesesuaian antara prosedur dengan Standar Audit (SA) yang berlaku di Indonesia. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur substantif uji rinci yang diterapkan KAP S terhadap akun persediaan PT J telah sesuai dengan standar yang berlaku. Selain evaluasi tersebut, laporan magang ini juga membahas hasil refleksi diri penulis terhadap pengalaman yang diperoleh selama magang di KAP S.

This internship report discusses the substantive audit procedure test of details implemented by S Public Accounting Firm (KAP) on PT J’s inventory for the period of December 31st, 2021. PT J is a company engaged in the automotive industry which produce vehicle and its components. This internship report focuses on the evaluation of the test of details carried out by the author during the internship at KAP S. Substantive procedure test of details which are evaluated consists of test inventory reconciliation, test the cost of raw materials inventory, test inventory receipts cut-off, and test the inventory balance movement since the observation date. The evaluation is carried out by testing the conformity of the procedures and the auditing standards implemented in Indonesia. The result of the evaluation shows that the substantive audit procedure test of details implemented by KAP S on PT J’s inventory are in accordance with the applicable standards. Other than that, this internship report also discusses the result of the author’s self-reflection on the internship experience gained during the internship at KAP S."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhistira B. Nugrahadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengungkapan informasi CSR dan Mekanisme GCG terhadap kinerja keuangan dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan – perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2006, 2007, dan 2008 yang berjumlah 28 perusahaan.
Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara pengungkapan informasi CSR terhadap kinerja dan nilai perusahaan. Disisi lain penelitian tidak berhasil membuktikan hubungan antara mekanisme GCG terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan.

The purpose of this research is to examine the relations of CSR disclosure and GCG mechanism with corporate financial performance and the effect to market value. The sample of this research is mining sector companies which listed at Bursa Efek Indonesia in 2006, 2007, and 2008. The number of the samples is 28 companies.
Results of this research shows that there is a positive relation between CSR disclosure and corporate financial performance and market value. But this research also shows that there are no significant relations between GCG mechanism either with corporate financial performance or market value.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T34645
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Chairunnisa
"

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis desain dan penerapan pengendalian internal pada siklus pembelian PT X serta memberikan rekomendasi cara-cara optimalisasi pengendalian internal. Penelitian ini dilakukan dipicu oleh banyaknya kasus pencurian dan penyalahgunaan aset di PT X dari 2015-2017 yang menunjukkan kelemahan pengendalian internal terutama pada siklus pembelian. Analisis atas desain dan penerapan pengendalian dilakukan dengan mengacu pada kerangka kerja pengendalian internal yang dikeluarkan oleh COSO tahun 2013 dan komponen yang dinilai yaitu control environment, control activity dan monitoring activity. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder berupa peraturan perusahaan yang kemudian data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode content analysis. Dari hasil penelitian ini, masih ditemukan kelemahan baik dari sisi desain maupun penerapan pada masing-masing komponen pengendalian internal COSO pada PT X. Pada komponen control environment, kelemahan disebabkan oleh penerapan yang kurang memadai pada sub komponen tone at the top, code of ethics, pembagian dan pemisahan tugas, evaluasi kompetensi dan tindak lanjut perbaikan, manajemen sumber daya manusia, sistem penilaian kinerja dan peninjauan atas tekanan. Pada komponen control activity, kelemahan disebabkan karena aktivitas pengendalian belum dipilih berdasarkan hasil penilaian risiko, belum dilakukan evaluasi atas pengendalian yang diterapkan, belum adanya pertimbangan penerapan pengendalian pada level aktivitas yang sesuai serta peninjauan berkala atas kesesuaian aktivitas pengendalian dengan lingkungan bisnis organisasi. Pada komponen monitoring activity, kelemahan disebabkan proses evaluasi yang kurang memadai, belum adanya kebijakan yang mengharuskan evaluasi pengendalian internal ketika terjadi perubahan struktur organisasi serta pemantauan pelaksanaan tindakan perbaikan yang masing kurang memadai. Atas kelemahan tersebut, PT X diharapkan mempertimbangkan melaksanakan rekomendasi cara-cara perbaikan pengendalian internal pada siklus pembelian.


The purpose of this research is to analyze the design and implementation of internal control at PT X’s purchasing cycle and to give recommendations in ways to optimize its internal control. This research is based on the fact that there are a lot of theft and asset misappropriation cases at PT X from 2015 to 2017 which is a signal of weak internal control in purchasing cycle. The analysis is done based on the internal control framework issued by COSO on 2013 and the components that being analyzed in this study are control environment, control activity and monitoring activity component. The data used in this research namely primary data that is gathered from interview and observation also secondary data that taken from company regulations. This data will be analyzed by using content analysis method. From this research, it shows that there are a lot of internal control weaknesses at PT X’s purchasing cycle based on COSO Internal Control Framework. On control environment component, the weaknesses source from lack of tone at the top and code of ethics, lack of segregation of duties, deficiencies in evaluating competence and address shortcomings, inadequacy in human source management, incapability in doing performance measurement and considering excessive pressures. On control activity component, the weaknesses source from the control activity has not chosen based on the risk assessment result, evaluation on mix of control activity types has not been done properly, consideration on what level control activities are applied has not been done fairly and reassessing policies and procedures has not been done routinely. On monitoring activity, weaknesses come from the ongoing and separate evaluations that has not been done sufficiently, absence in policy that considering the evaluation of company procedure when corporate structure is changing and lastly is the monitoring actions has not been done adequately. From all this weaknesses, PT X can reconsider to do the recommendation to optimize its internal control in purchasing cycle.

 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viksi Kusumasari
"ABSTRACT
Tesis ini membahas apakah divisi audit internal PT Bank X telah memberikan nilai
tambah bagi perusahaan melalui assurance, independensi, dan sebagai katalis sesuai
dengan best practice.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa divisi audit internal PT Bank X telah
memberikan nilai tambah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa audit kepatuhan
masih menjadi fokus utama dari aktivitas divisi audit internal. Oleh karena itu, divisi
audit internal perlu memperluas cakupan perannya yaitu sebagai katalis melalui
peningkatan pemberian jasa konsultasi, pelaksanaan control risk self-assessment, dan
juga peningkatan sertifikasi profesional bagi auditor internal PT Bank X.

ABSTRACT
This thesis discusses whether the internal audit division of PT Bank X has provided
value added to the company through assurance, independence, and as a catalyst in
accordance with best practice.
This study is a qualitative study using descriptive methods. The research concludes
that the internal audit division of PT Bank X has provided value added. The results
also show that the compliance audit is still dominant of the activities of the internal
audit division. Therefore, the internal audit division needs to expand the scope of its
role as a catalyst through increased consulting services, implementation of control risk
self-assessment, and also an increase in professional certification for internal auditor
PT Bank X."
2013
T54350
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenni Yufantria
"Pendekatan terbaru dari proses audit internal adalah dengan memasukkan konsep manajemen risiko ke dalam prose audit internal. Audit internal dituntut untuk mengerti analisis risiko yang akan berguna dalam proses pengambilan keputusan tentang apa yang akan dilakukan, berapa banyak waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dari suatu kegiatan audit dan hal - hal penting yang perlu dilaporkan sehingga audit internal dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. PT XYZ adalah salah satu perusahaan yang telah menerapkan proses audit internal berbasis risiko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang efektifitas peranan audit, proses manajemen risko serta proses audit internal berbasis risiko pada PT XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dimana data diperoleh peneliti, dianalisis dan dibandingkan dengan beberapa teori yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Departemen Audit Internal PT XYZ masih belum bekerja secara efektif. Proses pengendalian risiko di perusahaan di bagi kedalam tiga bagian dimana pengendalian risiko operasional perusahaan merupakan tanggung jawab dari pihak Audit Internal. Jika dilihat dari tiga garis pertahanan manajemen risiko, proses manajemen risiko yang diterapkan oleh perusahaan masih belum sesuai. Auditor terlibat dalam penyusunan perencanaan strategi dan proses manajemen risiko secara langsung. Hal ini membuat proses audit berbasis risiko belum berjalan optimal di dalam perusahaan. Namun, metode risk based internal audit yang dilakukan dapat membantu auditor untuk memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk area audit yang berisiko tinggi sehingga risiko tersebut dapat dikelola dengan baik. PT.XYZ memakai program dokumentasi audit berbasis risiko yang dapat membantu kinerja proses audit.

The latest approach of internal audit process is to include the concept of risk management into the internal audit process. Internal audit are required to understand risk analysis that would be useful in the decision making process about what to do, how much time and resources required of an audit activities and important things that need to be reported so that internal audit can add value to the company. PT. XYZ is one of the company that has implemented a risk based internal audit processes. The purpose of this research is to gain an overview of the role of audit effectiveness, process of risk management, and risk based internal audit process in PT XYZ. The method used in this study is a descriptive analysis, in which the researchers obtained data is analyzed and compared with several existing theories.
Based on the research, concluded that the Internal Audit Department at PT. XYZ still not working effectively. The process of risk management in the company is classified into three parts where the company's operational risk management is the responsibility of the Internal Audit. Based on The Three Lines of Defense in risk management, risk management process adopted by the company is still not appropriate. Auditors involved in the preparation of strategic planning and risk management processes directly. This makes the risk based audit process is not optimal in the company. However, methods of risk based internal audit can assist auditors to focus its resources on high-risk audit areas so that these risks can be managed properly. PT. XYZ using a risk based audit program documentation that can help the performance of the audit process.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T54140
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hilmia Andi Paliwangi
"ABSTRAK
Laporan magang ini dibuat untuk membahas prosedur audit atas akun pinjaman bank pada PT. HIP, perusahaan yang gagal memenuhi debt covenant. Berdasarkan prosedur audit yang dilakukan, ditemukan bahwa PT. HIP gagal memenuhi nilai minimum debt service coverage ratio yang merupakan covenant dengan Bank MNO dan melewati batas nilai maksimum rasio pinjaman terhadap EBITDA yang merupakan covenant dengan Bank JKL. Hal ini dapat menimbulkan risiko salah saji atas klasifikasi akun pinjaman bank pada bagian liabilitas dalam laporan keuangan PT. HIP. Auditor dan Bank MNO sepakat menggunakan perhitungan Bank MNO untuk debt service coverage ratio, sehingga covenant dianggap terpenuhi. Sedangkan terkait covenant dengan Bank JKL, PT. HIP telah menerima surat waiver dari Bank JKL dan telah didokumentasikan oleh auditor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyajian atas akun pinjaman bank pada laporan keuangan PT. HIP adalah wajar, sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia.

ABSTRACT
This report is aimed to explain audit procedures of bank loan account in PT. HIP, a company that breached the debt covenant. Based on the audit procedures, auditor noted that PT. HIP has failed to fulfill their debt covenant with Bank MNO to fulfill the minimum debt service coverage ratio and the covenant with Bank JKL about the maximum loan to EBITDA ratio. This problem could raise the risk of misstatement of bank loan account classification in liabilities section of PT. HIPs financial statement. Auditor and Bank MNO agreed to use Bank MNOs calculation for debt service coverage ratio, so that the covenant is considered fulfilled. While PT. HIP has received the waiver letter from Bank JKL for the breached covenant and this waiver has been documented by the auditor. In conclusion, the presentation of bank loan account in PT. HIPs financial statement was fairly stated, in accordance with Financial Accounting Standards applicable in Indonesia."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hanif Dwiratma
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas review laporan keuangan yang dilakukan tim audit KAP XYZ terhadap pengakuan pendapatan kontrak konstruksi PT PGSL untuk periode pelaporan keuangan 30 Juni 2016. Tahapan review yang dilakukan tim auditor terbagi menjadi tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, proses review, serta pelaporan. Berdasarkan pembahasan dan analisis penulis, proses review yang dilakukan tim KAP XYZ telah sesuai dengan standar review yang berlaku secara umum di Indonesia yaitu Pernyataan Standar Akuntansi dan Review PSAR yang dikeluarkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia IAPI . Laporan magang ini juga menjelaskan tentang perlakuan akuntansi yang diterapkan pada pendapatan kontrak konstruksi PT PGSL dengan menggunakan PSAK 34 ldquo;Kontrak Konstruksi rdquo; sebagai pedoman.

ABSTRACT
This internship report discusses review of financial statements performed by KAP XYZ on PT PGSL rsquo s revenue recognition of construction contract for the period ended June 30th 2016. The review steps performed were divided into three steps, they are planning, review process, and reporting. Based on the writer rsquo s analysis, the review process performed by KAP XYZ are in accordance with the generally applicable review standards called Pernyataan Standar Akuntansi dan Review PSAR , published by Institut Akuntan Publik Indonesia IAPI . This internship report also explains the accounting treatment for constrcution contract revenue in PT PGSL with PSAK 34 ldquo Construction contract rdquo as their references. "
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Debrina Rosalyn
"Laporan magang ini membahas tentang implementasi sistem informasi akuntansi SIA beserta pengendalian internal di PT SAF Tbk. Ruang lingkup pembahasan difokuskan pada siklus pengeluaran untuk kegiatan perdagangan. Penyusunan laporan magang ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada laporan magang ini, implementasi SIA di PT SAF Tbk telah memenuhi tiga fungsi utama SIA melalui ketersediaan seluruh komponen SIA. Namun, penerapan SIA di PT SAF Tbk belum menghasilkan informasi yang berkualitas, ditunjukan dengan permasalahan-permasalahan yang muncul di setiap komponen SIA dan ketidakefektivan pengendalian internal. Penulis memberikan saran untuk improvisasi kepada PT SAF Tbk yang ditujukkan untuk setiap permasalahan yang muncul serta prinsip pengendalian internal yang belum terpenuhi.

This report examines implementation of Accounting Information System AIS and information system control in PT SAF Tbk. Analysis and discussion is narrowed to expenditure cycle in trading section. Data were collected by individual observation and user interview. Result of this report indicates that PT SAF Tbk conducts sufficient practice of AIS to satisfy its three main function by implementing full existence of AIS components. However, in further explanation, the implementation of AIS does not meet criterias to produce qualified information, evidenced by issuess in each of AIS rsquo components and ineffective internal control. Writer suggests recommendations for improvement to PT SAF Tbk in order to achieve the best practice of AIS and internal control for its business activities.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>