"Media massa adalah pengantar pesan untuk masyaxakat umum yang dibedakan menjadi 3 jenis yaitu media cetak, media elektronik dan media online. Isi dari media massa mampu menimbulkan rangsangan psikologis yang akan memacu kelja horrnon sehingga tetjadi percepat/an dalam pencapaian usia menarche.
Menarche adalah menstmasi pertama. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui hubungan media massa dengan usia menarche pada siswi SMP. Jenis penelitian deskriptif korelatif dengan desain cross sectional dan jumlah sampel 96 siswi yang telah mengalami menarche. Analisis statistik menggunakan uji Chi-Square.
Rata-rata usia menarche yaitu 11.52 1: 0.754 tahun. Usia menarche termuda yaitu 10 tahun dan tertua adalah 13 tahun. Usia menarche terbanyak adalah pada umur l I tahun (51%), Sebagian besar responden menggunakan media elektronik dibandingkan media massa lain. Tidak ada hubungan yang bermakna antara televisi dengan usia menarche (p va1uc= l.000; a=0.05).
Tidak ada hubungan yang bermakna amara film VCD,DVD, dan bioskop dengan usia menarche (p value=0.l 81; a=0.05). Tidak ada hUbl1l'lg3.I\ yang bermakna antara media cetak dengan usia menarche (p value=0.638; a=0.05). Tidak ada hubungan yang bermakna antara media online dengan usia rnenaxche (p value=0.282; a=0.05)"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010