Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
"Kampanye merupakan sebuah tindakan komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi sikap khalayak. Salah satu jenis kampanye yang kerap dilakukan adalah kampanye politik. Tujuan kampanye politik adalah untuk memenangkan dukungan masyarakat terhadap kandidat yang diajukan oleh partai politik. Proposal ini menyajikan serangkaian strategi dan program kampanye politik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, dimana salah satu kandidatnya adalah pasangan Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki. Pasangan ini memiliki citra yang cukup baik di masyarakat, sebab sama-sama memiliki kepedulian tinggi terhadap masalah sosial seperti kesehatan, pendidikan dan perburuhan. Namun pasangan Rieke-Teten hanya didukung oleh satu partai, yaitu PDI-P. Oleh karena itu, proposal kampanye ini berusaha untuk membantu pasangan Rieke-Teten dalam memenangkan Pemilukada Jawa Barat. Kampanye Rieke-Teten menggunakan model kampanye fungsi-fungsi komunikatif dari Judith Trent dan Robert Freidenberg. Dalam model ini, langkah-langkah kampanye dimulai dari tahap surfacing, primary, nomination dan election. Keseluruhan langkah kampanye dan pengukurannya akan dijelaskan secara terperinci didalam proposal ini.
Campaign is one of communication act that used to influence public attitudes. Political campaign is one type of campaign that people usually used in daily activities. The goal of political campaign is to get public support for candidates that submitted by political parties. This proposal presents political campaign strategies and programs that used for Governor and Vice Governor of West Java election, where Rieke Diah Pitaloka and Teten Masduki are one of the candidate. This couple have a good image, because both of them have a high awareness of social issues such as public health, education and labor. But, Rieke-Teten only supported by a single party, PDI-P. Because of that, this proposal campaign seeks to help Rieke-Teten to won West Java General Election. Rieke-Teten political campaign using communicative functions model campaign by Judith Trent and Robert Freidenberg. In this model, the steps of campaign began on surfacing stage, primary stage, nomination stage and the last, election stage. The whole of campaign and the measurement steps will be explained in detail in this proposal."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library