Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Grace Sendy Natalia
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat fenomena perilaku pencarian kerja pada lulusan baru universitas dalam mendapatkan pekerjaan awal, mempertahankan pekerjaan, serta mendapatkan pekerjaan yang baru yang disebut dengan perilaku mencari kerja. Penelitian sebelumnya mengatakan bahwa faktor-faktornya terdiri dari jaringan sosial, kurikulum pendidikan, identitas, dan juga pelatihan. Peneliti berargumen bahwa perilaku mencari kerja memiliki hubungan dengan pemanfaatan jaringan sosial dan citra diri. Hipotesis penelitian ini merumuskan bahwa terdapat hubungan positif antara tingkat jaringan sosial dan tingkat citra diri dengan tingkat perilaku mencari kerja pada lulusan baru universitas, yakni semakin tinggi tingkat jaringan sosial dan citra diri, maka tingkat perilaku mencari kerja pada lulusan baru universitas akan semakin tinggi juga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode pengumpulan daya berupa survei yang dilakukan secara online dan disebar di Jabodetabek.
This study aims to look at the phenomenon of job search behaviour in fresh graduates in getting first jobs, retaining jobs, as well as getting new jobs called job searching behaviour. Previous research said that the factors consisted of social networks, educational curriculum, identity, and also training. Researchers argue that job searching behaviour can be influenced by social networks and self-esteem. The hypothesis of this study formulates that there is a positive relationship between the level of social networks and the level of self-image with the level of job-seeking behaviour in new university graduates. i.e. the higher the level of social networks and self-image, the level of job searching behaviour in new university graduates will also be higher. The approach used in this research is a quantitative approach, with a power collection method in the form of a survey conducted online and distributed in Greater Jakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nina Indriyanti Ratnasari
"Penelitian ini membahas price formation pada komoditas #SobatAmbyar yang terjadi di ruang virtual world. Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa faktor pendorong bangkitanya komoditas Contemporer Ethnic Music akibat dorongan pemerintah sebagai aktor utama dan kualitas intrinsik dari produk yang ditawarkan. Namun, kekuatan fanbase yang saat ini dominan pada interaksi fanbase berbasis digital belum banyak dibahas. Peneliti berargumen bahwa pasar musik etnik kontemporer eksisiting kembali bukan hanya karena faktor pemerintah (makro), sistem produksi (meso), melainkan adanya price formation yang berasal dari interaksi fanbase (mikro) di ruang digital. Penelitian ini menggunakan konsep Beckert’s tentang The Market From Meaning Model sebagai pisau analisis. Metode penelitian yang digunakan adalah mix-methods in Social Network Analysis (SNA) dengan mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif melalui Social Network Analysis (SNA) dan Textual Network Analysis (TNA). SNA digunakan untuk memetakan aktor-aktor dalam tagar #SobatAmbyar. TNA digunakan untuk memetakan relasi teks dan mengungkap makna dalam tagar #SobatAmbyar. Penelitian ini menggunakan Gephi dan WORDij sebagai aplikasi pengumpulan dan analisis data digital. Temuan dalam penelitian ini bahwa komoditas pasar musik etnik kontemporer dapat eksis kembali akibat adanya kelekatan emosional pada fanbase Sobat Ambyar, kemajuan teknologi, dan faktor entertainment yang mendorong untuk mengkonsumsi produk budaya.
This article discusses the rising of Indonesian Contemporary Ethnic Music market through the exploration of #SobatAmbyar commodity in virtual world space. Previous research explained that the driving forces behind of the Contemporary Ethnic Music market was encouragement of government as the main actor and the intrinsic quality of the product. However, for the commodity market in the digital space, the power of fansbase has not been widely explored. This article argues that the rise of the Contemporary Ethnic Music market is not only due to government factors at the macro level, the production system at the meso level, but also the price formation that comes from fanbase interactions at the micro level in digital space. This study uses Beckert’s concept of The Market From Meaning Model. This research used mix-methods in Social Network Analysis (SNA) by combining quantitative and qualitative approaches through Social Network Analysis (SNA) and Textual Network Analysis (TNA). SNA used to map actors in the hashtag #SobatAmbyar. TNA used to map text relations and reveal the meaning about hashtag #SobatAmbyar. This study uses Gephi and WORDij as digital data collection and analysis applications. The findings in this study are that contemporary ethnic music market commodities can re-exist due to emotional attachment to the Sobat Ambyar fanbase, technological advances, and entertainment factors that encourage consuming these cultural products."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Faizah
"Studi-studi mengenai keberadaan lokapasar di Indonesia menunjukkan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui kontribusi platform secara menyeluruh sebagai solusi untuk pengelolaan bisnis secara analitis dan efektif pada aspek operasional, logistik, pemasaran, dan resistensi terhadap pandemi. Akan tetapi, keberadaan TikTok Shop sebagai lokapasar jenis social commerce menghadapi berbagai respons negatif, meliputi menurunnya penjualan UMKM hingga 50%, tuduhan predatory pricing, dan masalah perdagangan lintas batas, yang menciptakan konstruksi wacana negatif di media sosial sehingga berujung pada ditutupnya TikTok Shop bersamaan dengan diresmikannya Permendag No. 31 tahun 2023 mengenai regulasi lokapasar. Penelitian ini menyoroti efek reaksi dan kesadaran publik pada X terhadap dinamika social forces di pasar digital Indonesia sehingga mendorong intervensi pemerintah ketika menghadapi dua kepentingan publik yang bersinggungan; perlindungan UMKM dan pengembangan perdagangan dalam negeri melalui transformasi digital. Penelitian ini mengadopsi pendekatan studi kasus menggunakan social network analysis dan framework analysis terhadap kasus aktual di Indonesia, yang memungkinkan eksplorasi mendalam tentang kompleksitas interaksi antara social forces dan logika institusional dalam konteks penutupan TikTok Shop. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada jejaring sosial X yang mendiskusikan TikTok Shop setelah munculnya konten mengenai dampak negatif TikTok Shop terhadap UMKM. Selain itu, ditemukan perubahan fokus pada proses penyusunan di Kementerian Perdagangan akibat adanya dorongan eksternal untuk berfokus pada perlindungan UMKM.
Studies on the existence of marketplaces in Indonesia show a positive impact on economic development and Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia through the overall contribution of the platform as a solution for analytical and effective business management in operational, logistics, marketing and resistance to pandemics. However, the existence of TikTok Shop as a social commerce type of marketplace has faced various negative responses, including a great decline in MSME revenue of up to 50%, accusations of predatory pricing, and problems with cross-border trade, which created the construction of negative discourse on social media, leading to the closure of TikTok Shop and the ratification of Permendag No. 31 tahun 2023 concerning marketplace regulations. This research highlights the effect of public reactions in X and awareness of issues towards the dynamics of social forces in the Indonesian digital market, in encouraging government intervention while dealing with two intersecting public interests: protecting MSMEs and improving domestic trade by digital transformation. This research adopts a social network and framework analysis of actual cases in Indonesia, which allows an in-depth exploration of the complexity of the interaction between social forces and institutional logic in the context of TikTok Shop closures. The results show a significant difference in X social network which discusses TikTok shops after the emergence of content regarding the negative impact of TikTok shops on MSMEs. Apart from that, it was also found that there was a change in the focus of drafting regulations at the Ministry of Trade as a result of external forces to focus on protecting MSMEs."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fathia Rizkiayu Safira
"Penelitian ini bertujuan menggali interaksi antar entitas di dalam ekosistem komersialisasi NFT art dan konstruksi nilai simbolis dalam NFT art. Studi-studi sebelumnya yang berfokus pada komersialisasi di dalam pasar blockchain melihat bagaimana peran sistem blockchain dan tokenisasi NFT memengaruhi proses komersialisasi. Namun demikian, kedua kelompok studi tersebut belum menjelaskan ikatan antar entitas di dalam maupun di luar sistem blockchain yang dapat mempengaruhi ekosistem komersialisasi NFT art dan menjelaskan konstruksi nilai simbolis NFT art. Peneliti berargumen bahwa interaksi antar entitas dalam proses komersialisasi NFT art lebih daripada interaksi antar aktor di dalam pasar NFT dan sistem blockchain. Studi ini menggunakan Actor Network Theory (ANT) melalui tahapan Translasi untuk mengidentifikasi terbentuknya jaringan. Studi ini juga menggunakan tipologi nilai simbolis untuk melihat konstruksi nilai simbolis yang terbentuk dalam pasar NFT terhadap NFT art. Studi kualitatif ini menggunakan metode Social Network Analysis (SNA) dengan teknik pengumpulan data in-depth interview dan observasi digital sebagai triangulasi metode terhadap informan yaitu NFT artist. Studi ini menemukan bahwa interaksi di dalam ekosistem ini mencakup aktor manusia dan non-manusia yang bergerak ke arah tujuan yang sama baik di dalam maupun luar jaringan blockchain. Nilai simbolis NFT art ditentukan oleh interaksi antara artist, collector, media sosial, dan pasar, dengan fokus pada kelangkaan, eksklusivitas, dan prestise sosial. Dalam studi ini, komunitas menjadi aktor yang berperan sebagai representasi jaringan komersialisasi NFT art.
This study aims to explore the interactions among entities within the commercialization ecosystem of NFT art and the construction of symbolic value in NFT art. Previous studies focusing on commercialization in the blockchain market have examined how the blockchain system and NFT tokenization influence commercialization processes. However, these studies have not addressed the connections between entities both within and outside the blockchain system that can impact the commercialization ecosystem of NFT art and explain the construction of its symbolic value. This study argues that interactions among entities in the commercialization process of NFT art extend beyond interactions among actors within the NFT market and blockchain system. The study using Actor-Network Theory (ANT) through the stages of Translation to identify the formation of networks. Additionally, it is also using a typology of symbolic value to examine the construction of symbolic value within the NFT market for NFT art. This qualitative study using Social Network Analysis (SNA) methodology with data collection techniques including in-depth interviews and digital observation as a triangulation involving NFT artists as informants. The study finds that interactions within this ecosystem involve both human and non-human actors moving towards common goals both within and outside the blockchain network. The symbolic value of NFT art is determined by interactions among artists, collectors, social media, and the market, with a focus on scarcity, exclusivity, and social prestige. In this study, the community emerges as an actor representing the commercialization network of NFT art."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library