Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raisa Rakhmania
"Tesis ini membahas tentang bagaimana representasi perempuan sebagai Objek Moe yang tercermin dalam Manga K-On!. Moe merupakan suatu ungkapan yang mengekspresikan obsesi dan perasaan Otaku yang menggebu-gebu terhadap karakter pujaannya. Tesis ini menganalisis tokoh utama perempuan pada Manga K-On! yang populer di kalangan Otaku. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis menggunakan bantuan Semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama dalam Manga K-On! merepresentasikan perempuan sebagai Objek Moe dengan karakteristik utama sebagai perempuan muda yang lugu dan imut. Selain itu, penelitian menemukan bahwa penggemar tokoh fiksi sebagai Objek Moe dalam Manga dan Anime adalah pria dewasa. Oleh karena itu, Manga K-On! yang bertema Moe masuk dalam kategori Seinen Manga.

The thesis discuss about how representation of women as the object of Moe which portrayed in K-On! Manga. Moe is a phrase to express an obsession and Otaku's passionate feeling toward their favorite character. This thesis analyze heroines in K-On! Manga who are very popular among Otaku. Also, the type of this research is a qualitative research using descriptive analysis with help of Charles Sanders Peirce's Semiotic method. The result shows that heroines in K-On! Manga represent women as the Object of Moe with the main characteristic as an innocent and cute young beauties. Furthermore, this research found that fans of Moe's Object in Manga or Anime are adult men. In consequence, K-On! Manga as Manga with Moe theme is categorized as Seinen Manga.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yelni Rahmawati
"Penelitian ini membahas mengenai fenomena virtual idol dalam kebudayaan populer Jepang dilihat dari Kawaii Bunka dengan studi kasus Hatsune Miku. Penelitian ini meliputi studi pustaka yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana HAtsune Miku yang merupakan figure hologram tida dimensi disejajarkan dengan idola/bintang nyata (real idol) dilihat dari gaya kawaii yang terdapat pada Hatsune Miku dan menunjukkan dimensi baru gaya kawaii pada virtual idol.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan antara real idol dan virtual idol, seperti pada gaya dan penampilan mereka yang terlihat kawaii. sedangkan perbedaan yang ada adalah suara yang dihasilkan oleh virtual idol terdengar lebih halus dan tinggi merupakan jenis suara kawaii. kemudian dari semua tanda yang dimiliki oleh HAtsune Miku, ia merupakan simbol dari gaya kawaii. dimensi baru dalam mendukung gaya kawaii pada virtual idol ialah dukungan teknologi dan peran aktf penggemar.

This research included the cultural phenomenon of popular virtual idol in Japan viewed from Kawaii Bunka with a case study Hatsune Miku. This research includes the study of literature that aims to understand how the caracter Hatsune Miku is the hologram three dimensional (3D)aligned with the idol/real star (real idol) viewed from kawaii stlye contained in Hatsune Miku and show the new dimensions contained in kawaii stlye of virtual idol.
Results of this study indicate that there are similarities between the real idol and the virtual idol, like the appearance and style of those who look kawaii. The differences is in the sound produced by the virtual idol that more refined. High and smooth voice is a symbol of kawaii voice. Then of all marks owned by Hatsune Miku, she is a symbol of kawaii style. New dimension in support of kawaii style is technology and active roles fans.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khaira Imandiena Bahalwan
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang representasi dari nilai-nilai maskulinitas yang terdapat dalam anime berjudul Shuffle! dalam masyarakat kontemporer Jepang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa anime Shuffle! sebagai anime yang ditujukan untuk remaja pria, karakter di dalamnya tidak mencerminkan nilai-nilai maskulinitas tradisional secara umum namun lebih cenderung kepada sifat dan karakteristik herbivore men di Jepang
ABSTRACT
The focus of this study is about the representation of masculinity values in a Japanese anime titled Shuffle!, on Japanese contemporary society. This study is a qualitative research with descriptive method. The result of the study concludes that the characters in Shuffle! as anime for young boys don’t represent the general traditional masculinity values but tend to represent the characteristics and values of Japanese herbivore men."
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paramita Winny Hapsari
"Tesis ini membahas mengenai budaya penggemar, yang dilihat dari perilaku konsumsi, pola produksi dan motivasi para penggemar khususnya kepada penggemar musik VOCALOID di Jepang. VOCALOID merupakan sebuah fenomena saat ini di Jepang, yang dimulai sejak merebaknya peranti lunak yang disebut Desktop Music. Para penggemar VOCALOID ini telah membentuk komunitas besar yang bisa disebut sebagai fandom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perilaku konsumsi dan pola produksi yang dilakukan oleh komunitas penggemar musik VOCALOID serta motivasi mereka dalam menggemari musik-musik VOCALOID sebagai budaya penggemar. Komunitas penggemar musik VOCALOID ini melakukan proses konsumsi seperti penggemar lainnya, seperti membeli benda-benda kecil kegemaran mereka. Mereka juga melakukan kegiatan produksi yang membuktikan bahwa mereka merupakan penggemar aktif yang mampu menghasilkan nilai ekonomis tersendiri. Motivasi mereka dalam menggemari musik VOCALOID ternyata juga dipengaruhi oleh keadaan sosial masyarakatnya. Motivasi para penggemar inilah yang membuat mereka bersatu. Sesuai dengan konsep yang diungkapkan oleh Henry Jenkins, bahwa mayoritas dari penggemar tersebut tertarik pada hal-hal kecil dari objek fandom mereka dan menghabiskan sebagian besar waktu dan energi mereka dengan terlibat dalam kegiatan –kegiatan tertentu yang biasa dilakukan oleh fandom. Kegiatan yang dilakukan oleh individu-individu dalam fandom inilah yang bisa dikatakan sebagai budaya penggemar.

This thesis discusses about fan culture, as seen from the behavior of consumption, production patterns and fans motivations, especially from the VOCALOID music fans in Japan. VOCALOID is a current phenomenon in Japan, which started since the outbreak of software called Desktop Music. VOCALOID fans have formed large communities that can be called a fandom. The purpose of this study is to analyze the behavior of consumption and production patterns made by community of VOCALOID music fans as well as their motivation to like the music as a fan culture. This VOCALOID music fans are different from the consumption process as other fans. They are doing some production activities which differ them from other fans. This means that they are an active fans. They are capable of generating the economic value of its own. Their motivation for liking VOCALOID music was influenced by their society circumstances. The motivation of the fans is what brought them together. In accordance with the concept expressed by Henry Jenkins, that the majority of the fans are interested in the minutiae of the object of their fandom and spend most of their time and energy to engage in certain activities commonly conducted by the fandom. Activities undertaken by individuals in this fandom that can be regarded as fan culture.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Hermawan
"Kekalahan Jepang pada perang dunia II membawa sebuah dampak besar kepada negara Jepang. Kekalahan Jepang pada saat itu membawa sebuah perubahan pada memori kolektif bangsa Jepang yang kelak akan bertahan selama puluhan tahun. Hal ini dapat terlihat dengan kebijakan pertahanan bangsa Jepang. Bangsa Jepang merasa bertanggung jawab terhadap kekejaman yang telah mereka lakukan selama perang dunia II, sehingga mereka membuat sebuah undang-undang yang menyatakan mereka selamanya akan meninggalkan perang dan tidak akan mengakui keberadaan angkatan bersenjata. Sebuah Konstitusi yang kemudian dijuluki Konstitusi Pasifis. Tapi seiring berkembangnya dinamika hubungan internasional, keberadaan pasal ini menjadi sebuah hal yang bersifat paradoks. Pada saat ini Jepang memiliki angkatan bersenjata yang memiliki anggaran terbesar ketiga di dunia. Sementara interpretasi konstitusi hanya menyebutkan Jepang boleh memiliki angkatan bersenjata untuk keperluan pertahanan. Kehadiran Shinzo Abe sebagai perdana menteri Jepang membawa Jepang kepada sebuah langkah baru, menuju perubahan Konstitusi. Dalam penelitian ini penulis berusaha untuk menangkap bagaimana perubahan ini kemudian tercermin melalui sebuah fenomena budaya populer Jepang, yaitu serial animasi Gundam.

Japan's defeat at World War II gives a huge impact to the Japanese people. The defeat is causing the Japanese people collective memory to be changed, and it was unchanged for decades after it. The Japanese people feel the responsibility for the cruelty that they came up with, which is causing them to create a constitution that state the renunciation of war and will never admitting any military power. This Constitution is called the Pacifist constitution. But at present, Japan have a third largest defense budget, yet their constitution interpretation still insist that this "Self Defense Force" is for defense purposes only. Through this research, I would like to analyze three Gundam movies from three different era, which will show us how Japanese have changed their collective memory of a traumatic one in World War II. Also, I am analyzing and find out how the Japanese have change from the traumatic past to the current society which is shown by the popular culture phenomenon, Gundam.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iis Muhayaroh
"Penelitian ini berfokus kepada perubahan peran ayah dalam masyarakat Jepang modern dikarenakan adanya perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Perubahan sosial juga terjadi pada peran dan identitas ayah di Jepang dimana saat ini muncul ayah yang menikmati merawat anak sambil bekerja yang disebut dengan ikumen. penyebutan ikumen sendiri dibuat oleh media dan kemudian didukung oleh pemerintah. Tetapi dalam pelaksanaannya ikumen mendapatkan hambatan dari perusahaan dan orang-orang sekitar yang masih menganut sistem patriarki di Jepang dimana mereka masih memiliki pandangan bahwa laki-laki bertugas mencari nafkah dan tidak memiliki hubungan dengan mengurus anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana perubahan peran dan identitas ayah di Jepang dengan menggunakan teori perubahan sosial yang digagas oleh Anthony Giddens. Tesis ini menggunakan metode kualitatif dan wawancara langsung dengan ikumen yang tergabung dalam NPO Fathering Japan. Penelitian ini menemukan bahwa saat ini sudah banyak ayah yang memiliki keinginan untuk merawat anak atau paternal leave di Jepang meningkat.

This research focuses on the changes of father?s role within Japanese modern society due to social changes that happen in the life of people. Social changes also happen in the role and identity of father in Japan where it has now appear the type of father who enjoys caring for children while working which is called ikumen. The term of ikumen itself was made by media, and then in was supported by government. However, within is implementation, ikumen gets hindrance from companies and people who still embrance the patriarch system in Japan where they still hold the view that men are tasked to be breadwinners and have nothing to do with bringing up children.
The purpose of this research is to analyse to changes of father?s role and identity in Japan using social change theory by Anthony Giddens. This research used qualitative method and directly interviewed ikumen who are members of NPO Fathering Japan. It finds that right now there have been many fathers who have the desire to put family first. It is proven by amount of fathers who have taken paternity leave in Japan.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Dewi Arlusy
"[ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang karakter Hello Kitty merupakan brand yang identik dengan generasi anak-anak dan gadis muda, namun digemari juga oleh generasi usia dewasa di Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa motivasi penggemar Hello Kitty dalam Kitty Chan Fan Club yang konsistensi menggemari Hello Kitty hingga saat ini. Penulis melakukan analisis motivasi penggemar Hello Kitty dengan menggunakan konsep encoding-decoding oleh Stuart Hall dan Sirkuit Kebudayaan oleh Paul du Gay. Penggemar Hello Kitty dalam Kitty Chan Fan Club menerima sepenuhnya ?pesan? yang disampaikan oleh Sanrio melalui karakter Hello Kitty. Kemudian anggota Kitty Chan Fan Club melakukan proses konsumsi seperti penggemar lainnya, membeli produk-produk Hello Kitty dan mengumpulkan dengan jumlah hingga ribuan item. Sehingga memberi identitas pada mereka sebagai penggemar Hello Kitty. Dari analisis tersebut didapat motivasi mereka dalam menggemari Hello Kitty. Mereka mendapatkan perasaan bahagia ketika bersama dengan Hello Kitty. Motivasi inilah yang melatarbelakangi para penggemar Hello Kitty dalam komunitas Kitty Chan Fan Club konsisten menggemari Hello Kitty.

ABSTRACT
This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ?message? delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty.;This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ?message? delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty.;This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ?message? delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty., This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ‘message’ delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty.]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library