Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
A. Setyo Mulyanto
"Skripsi ini mencoba menjelaskan mengenai proses penentuan harga produk jasa, yang dalam hal ini adalah harga sewa mobil. Dengan memperhatikan faktor-faktor yang menentukan harga sewa, dapat diketahui apakah terdapat hubungan antara biaya dengan harga sewa. Selan-jutnya dapat mempelajari sejauh mana biaya mempengaruhi harga sewa. Penelitian dilakukan dengan mengadakan studi literatur dan studi lapangan dengan mengambil suatu perusahaan penyewaan mobil sebagai obyek penelitian utama. Dengan studi literatur, diharapkan dapat diperoleh landasan teoritis yang cukup mengenai biaya dan penentuan harga. Selain itu dengan mempelajari proses penentuan harga yang dilakukan oleh perusahaan penyewaan mobil dapat diperoleh pemahaman mengenai penentuan harga dalam praktek usaha. Penelitian dilakukan pada perusahaan penyewaan mobil Toyota Rent a Car. Dari penelitian yang telah dilaksana-kan diketahui bahwa perusahaan memperhitungkan biaya-biaya tertentu sebagai faktor pembentuk harga sewa. mobil. Biaya-biaya yang diperhitungkan itu digunakan dalam membentuk suatu model atau formula tertentu untuk menentukan harga sewa pada suatu jenis mobil. Secara garis besar perusahaan memperhitungkan beberapa aspek biaya. Aspek tersebut adalah biaya pengadaan mobil, biaya untuk tenaga supir dan biaya untuk pemakaian bahan bakar. Setelah mengetahui proses penentuan harga yang diguhakan pada perusahaan dapat dilakukan perbandingan dengan harga sewa yang diberikan oleh perusahaan lain. Perbandingan ini menggambarkan bagaimana efektifitas penentuan harga yang telah dilakukan oleh perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain. Kesimpulan yang didapat menyebutkan bahwa harga sewa mobil ditentukan dari persentase tertentu atas harga beli mobil. Biaya yang mempengaruhi harga sewa ditentukan dalam persentase atas harga beli mobil. Biaya itu merupakan biaya variabel. Sebenarnya ada biaya yang lebih tepat dihitung sebagai biaya variabel."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18707
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafiqa Afwina Zaki
"Laporan magang ini bertujuan untuk membahas evaluasi prosedur audit yang dilakukan KAP HRJ atas akun aset tetap PT LDH untuk Laporan Keuangan dengan periode akhir 31 Desember 2019. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur audit yang telah dilakukan KAP HRJ dengan standar yang berlaku, yaitu Standar Audit yang ditetapkan oleh IAPI. PT LDH merupakan perusahaan dengan ruang lingkup kegiatan yang meliputi penciptaan energi, industri konstruksi, dan industri pabrikasi. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP HRJ telah sesuai dengan standar audit yang berlaku. Bagian akhir laporan magang ini juga akan membahas refleksi diri penulis selama menjalani magang.

This internship report aims at discussing the audit procedures of fixed assets in PT LDH done by KAP HRJ for financial statements ended December 31st, 2019. The evaluation is done by comparing the audit procedures that has been carried out by KAP HRJ to the applicable standard, which is Auditing Standard determined by IAPI. PT LDH is a company with a scope of activities that include the creation of energy, the construction industry, and the manufacturing industry. Based on the evaluation that has been carried out, the audit procedures performed by KAP HRJ was in accordance with the applicable audit standard. The final part of this internship report also discusses the self-reflection of the writer during the internship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mardhiyah Almira Ramandasari
"Laporan magang ini membahas mengenai audit atas beban pada Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Bank XYZ yang dilakukan oleh KAP ABC untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2015. Laporan magang ini fokus dalam membahas peraturan dan pedoman akuntansi pada PKBL, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP ABC serta hasil temuan audit. Berdasarkan hasil proses audit, terdapat beberapa temuan audit terkait dengan akun-akun beban pada laporan keuangan PKBL PT Bank XYZ. Prosedur audit yang dijalankan oleh KAP ABC telah sesuai dengan teori dan standar yang berlaku.

The report is aimed to explain the audit of Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Expense in PT Bank XYZ which is conducted by KAP ABC for the period ended December 31st 2015. The report will be focus on regulations and accounting guidelines in PKBL, audit procedures performed by KAP ABC, and also audit findings. Based on the result of the audit process, there are several audit findings that related to expense in financial statement of PKBL PT Bank XYZ. In addition, the audit procedures performed by KAP ABC have complied with the theory and the standards which prevail.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Vicky Valeriana
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas praktik keberlanjutan sebagai bagian dari strategi perusahaan Siemens, dimana perusahaan menargetkan untuk menjadi perusahaan karbon netral pada tahun 2030 dengan pengurangan emisi sebesar 50 persen pada tahun 2020 baseline 2015 . Praktik keberlanjutan dikoordinasi dari Siemens AG ke seluruh bagian Siemens, termasuk PT Siemens Indonesia. Hal ini diselaraskan dengan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan PROPER oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Hasil analisa menunjukkan bahwa PT Siemens Indonesia dapat mencapai pengurangan emisi sebesar 50 persen pada tahun 2020 dan target PROPER Hijaunya.

ABSTRACT
This paper discusses sustainability practices as part of Siemens rsquo corporate strategy, where Siemens aims to be a carbon neutral company by 2030 and 50 percent of carbon emission reduction by 2020 2015 baseline . Sustainability programs are coordinated by Siemens AG to all parts of Siemens, including PT Siemens Indonesia. Execution of the sustainability initiative is in line with Indonesian Corporate Environmental Management Performance Assessment Program PROPER by the Indonesian Ministry of Environment and Forestry. The analyses shows that PT Siemens Indonesia will be able to achieve the 50 percent emission reduction target by 2020 and their Green Level PROPER target. "
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nafisa Arzalia Angie
"Laporan magang ini menyajikan evaluasi atas Penerapan Manajemen Risiko Terintegrasi pada PT Klien P menggunakan sembilan prinsip Risk Intelligence Framework sebagai kerangka evaluasi utama, serta kepatuhan penerapannya terhadap Peraturan Kementerian BUMN Nomor PER-5/MBU/09/2022. Kerangka evaluasi utama yang digunakan akan dievaluasi menggunakan standar yang relevan seperti ISO 31000:2018, COSO ERM 2017, serta Peraturan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor PER-5/MBU/09/2022. Berdasarkan hasil evaluasi, kerangka utama yang digunakan dinilai layak untuk mengevaluasi penerapan Manajemen Risiko untuk seluruh BUMN. Di sisi lain, hasil evaluasi terhadap implementasi Manajemen Risiko Terintegrasi PT Klien P sudah mematuhi Peraturan KBUMN, namun belum berada pada tingkat yang mahir jika dievaluasi dengan 9
prinsip pada Risk Intelligence Framework. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan implementasi berdasarkan kerangka evaluasi terkait. Laporan ini diakhiri dengan rekomendasi terhadap implementasi PT Klien P dan prosedur yang dilakukan PT Konsultan A, serta refleksi mengenai pengalaman magang secara keseluruhan oleh penulis, termasuk perkembangan profesional dan personal yang dialami.

This internship report presents an evaluation of PT Client P's Enterprise-Wide Risk Management Implementation using the nine principles of the Risk Intelligence Framework as the main evaluation framework and its compliance with the Ministry of SOE Regulation Number PER-5/MBU/09/2022. The main evaluation framework will also be evaluated using relevant standards such as ISO 31000:2018, COSO ERM 2017, as well as Ministry of State-Owned Enterprises Regulation Number PER-5/MBU/ 09/2022. Based on the evaluation, the main framework used is considered appropriate for evaluating the Risk Management implementation for all SOEs. On the other hand, the results of the evaluation of the implementation of Enterprise-Wide Risk Management at PT Client P have complied with the SOE Ministry Regulations, but not at a mature level yet when evaluated with the 9 principles of the Risk Intelligence Framework. Therefore, it is necessary to improve implementation based on the related evaluation framework. This report ends with recommendations on the implementation of PT Client P and the procedures carried out by PT Konsultan A, as well as reflections on the author's overall internship experience, including the professional and personal development experienced."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nafizal Muhammad Effendy
"Laporan magang ini disusun dengan tujuan untuk melakukan evaluasi atas proses Financial Due Diligence (FDD) pada PT TOL oleh PT PIA. FDD dilakukan terhadap PT TOL atas transaksi antara PT TOL dan OUT Pte Ltd. PT TOL merupakan perusahaan infrastruktur yang bergerak di bidang jalan tol. Evaluasi proses FDD dilakukan untuk melihat kesesuaian kegiatan dalam penugasan FDD yang dilakukan oleh PT PIA berdasarkan pendapat mengenai proses penugasan FDD oleh Sayuthi (2010), Gole & Hilger (2009), dan LehmanBrown (2014). Berdasarkan hasil evaluasi, proses FDD yang dilakukan oleh PT PIA sebagian besar telah sejalan dengan ketiga pendapat mengenai proses penugasan FDD. Kegiatan dalam FDD, fact finding dan investigation of special matters, tidak terlaksana secara efektif karena terdapat hambatan dalam pengoleksian data dan terdapat inkonsistensi dalam kalkulasi bagian pendapatan potensial dan biaya potensial. Terlepas dari evaluasi, laporan magang ini juga disusun untuk merefleksi diri Penulis selama menjadi karyawan magang selama di PT PIA sebagai pembelajaran diri ke depannya.

This internship report is made to evaluate the process of financial due diligence (FDD) on PT TOL by PT PIA. FDD on PT TOL is carried out due to the merger and acquisition transaction happening between PT TOL and OUT Pte Ltd. PT TOL is a company within infrastructural industry engaged in toll road sector. The evaluation is focused on the key activities within the FDD engagement carried out by PT PIA compared to the FDD engagement theory from Sayuthi (2010), Gole & Hilger (2009), and LehmanBrown (2014). The evaluation results in the fact that PT PIA accomplished carrying out most of the key activities of the theories. Two activities failed to be carried out effectively, fact finding and investigation of special matters, are due to the timely data collection and the calculation inconsistency between the calculation of potential gain and potential loss. Despite the evaluation, this internship report is also containing Author’s self-reflection on internship period in PT PIA."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Layla Khusnul Marati Nurwahib
"Pandemi Covid 19 mempengaruh aktivitas perdagangan internasional, menyebabkan berkurangnya pendapatan perusahaan startup logistik yang melakukan jasa pengurusan transportasi di Indonesia. Risiko bisnis meningkat karena keterbatasan jumlah kargo tersedia, sebagai efek terganggunya rantai pasok eksportir importir. Akibatnya risiko keuangan PT A bertambah, berupa risiko kredit dan risiko pasar, yang kemudian mempengaruhi modal kerja. Sumber utama modal kerja perusahaan startup adalah penyertaan modal dari investor, karena perusahaan startup tidak dapat mendapat pinjaman dari bank (non- bankable), sehingga perusahaan startup memilih alternatif untuk melakukan pembiayaan dengan P2P Lending dengan tingkat suku bunga lebih dari bank konvensional. Risiko keuangan yang muncul akibat pandemi Covid-19 membuat tertundanya arus kas masuk, sehingga burning rate perusahaan menjadi lebih besar karena arus kas keluar menjadi lebih besar. Bertambahnya arus kas keluar, membuat sisa kemampuan PT A dalam beroperasi (runway) menjadi lebih pendek, sehingga muncul isu keberlanjutan dalam usaha PT A.

The COVID-19 pandemi has affected international trade activities, resulting in reduced revenues for logistics startup companies that provide transportation management services in Indonesia. Business risk increases due to the limited number of available cargos, as a result of the disruption to the import-exporter supply chain. As a result, PT A's financial risk increases, in the form of credit risk and market risk, which then affects working capital. The main source of startup companies working capital is investment from investors, because startup companies is non-bankable, so they choose alternatives such as doing financing with P2P Lending with interest rates higher than conventional banks. The financial risks that arise due to the Covid-19 pandemi have delayed cash inflows, so that the company's burning rate becomes higher due to larger cash outflows. The increase in cash outflows makes the remaining ability of PT A to operate (runway) shorter, so that sustainability issues arise in PT A's business."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Johanes Ricky Nelson
"Skripsi ini membahas tentang evaluasi penerapan manajemen strategik dalam bisnis pakan ternak, khususnya pengeringan jagung. Pakan ternak sendiri mempunyai ketergantungan yang tinggi terhadap pasokan jagung sebagai bahan baku. Ketersediaan jagung sangat menentukan arah bisnis dalam industri perunggasan dari hulu ke hilir. Sebagai salah satu industri yang berumur cukup lama di Indonesia, industri pakan ternak merupakan industri yang menjanjikan namun memiliki tingkat ketergantungan yang cukup tinggi dengan produksi bahan baku jagung. Ketersediaan bahan baku, harga jagung yang fluktuatif, juga risiko pertanian jagung menjadi permasalahan utama yang harus dihadapi, sehingga membutuhkan langkah-langkah pengelolaan perusahaan yang lebih strategik.
Dalam mencapai tujuan perusahaan, terdapat banyak faktor eksternal dan internal yang perlu dipertimbangkan. Selain itu, visi, misi, sasaran-sasaran strategik dan pengendalian manajemen menjadi faktor penting untuk meningkatkan keunggulan perusahaan dalam persaingan di industri. Dalam pengendalian manajemen strategik, balanced scorecard menjadi salah satu instrumen yang dapat mengukur sejauh mana ketepatan pengukuran kinerja perusahaan. Skripsi ini akan membahas tentang evaluasi penerapan strategi perusahaan dalam rangka memberikan masukan terhadap strategy map dan balanced scorecard yang diterapkan oleh PT Santosa Utama Lestari. Hasil dari skripsi ini dharapkan bisa memberikan pertimbangan yang tepat bagi perusahaan dalam mengelola strategi perusahaan.

This thesis discusses the evaluation of strategic management implementation in the animal feed business, particularly corn drying. Animal feed itself has a high dependence on the supply of corn as raw material. The availability of maize greatly determines the direction of business in the poultry industry from upstream to downstream. As one of the long-lived industries in Indonesia, the animal feed industry is a promising industry but has a high degree of dependence on the production of corn raw materials. Availability of raw materials, fluctuating maize prices, as well as the risk of corn farming are the main problems that must be faced, requiring more strategic corporate management steps.
In achieving company goals, there are many external and internal factors that need to be considered. In addition, vision, mission, strategic objectives and management control are important factors in increasing the company's excellence in competition in the industry. In strategic management control, the balanced scorecard is an instrument that can measure the accuracy of company performance measurement. This thesis will discuss the evaluation of the company's strategy implementation in order to provide improvement on the strategy map and balanced scorecard implemented by PT Santosa Utama Lestari. The results of this thesis are expected to provide appropriate considerations for companies in managing corporate strategy.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hadila Franciska Stevany
"Laporan magang ini mengevaluasi prosedur audit utang usaha yang dilakukan oleh PT KAP ABC atas PT XXX Tbk untuk periode audit yang akan berakhir di 31 Desember 2020. PT XXX Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur komunikasi. Penulis melakukan evaluasi terhadap prosedur test of details yang dilakukan oleh KAP ABC. Hasil evaluasi prosedur yang dilakukan oleh KAP ABC telah sesuai dengan teori yang ada.

This internship report evaluates the accounts payable audit procedures carried out by PT KAP ABC on PT XXX Tbk for the audit period which will end on December 31, 2020. PT XXX Tbk is a company engaged in communication infrastructure. The author evaluates the test of details procedure carried out by KAP ABC. The results of the evaluation of the procedures carried out by KAP ABC are in accordance with existing theories."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Frizky Triputra Cahyahana
"Laporan magang ini membahas tentang evaluasi atas proses implementasi PSAK 73 yang dilakukan KAP TWP pada PT PDP dengan tanggal penerapan 1 Januari 2020 sesuai dengan tanggal efektif penerapan PSAK 73 untuk tahun buku perusahaan di periode 31 Desember 2020. PT PDP ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur kosmetik. Dalam transaksi sewa ini, PT PDP merupakan pihak penyewa (lessee) dengan pihak pesewanya (lessor) yaitu vendor ataupun perusahaan sewa terkait. Pembahasan terkait proses implementasi PSAK 73 pada PT PDP ini meliputi pembahasan proses dan evaluasi implementasi beserta analisis dampak dari implementasi. Proses implementasi yang dicakup meliputi tahap permulaan, pengakuan sewa, pengukuran sewa, dan penyajian sewa. Terkait analisis dampak penerapan, akan dibahas mengenai dampak penerapan PSAK 73 terhadap laporan keuangan perusahaan dan juga terhadap performa operasi bisnis perusahaan. Berdasarkan proses implementasi PSAK 73 yang sudah dilakukan, KAP TWP yang bertindak sebagai konsultan telah membantu melakukan proses implementasi PSAK 73 pada PT PDP sesuai dengan metodologi yang berlaku dan sudah dijelaskan di dalam PSAK 73.

This internship report explains the evaluation process of PSAK 73 implementation on PT PDP performed by KAP TWP with the implementation date at 1 January 2020 aligned with the effective date of PSAK 73 implementation for the company financial statement at 31 December 2020. PT PDP is a manufacturing company that mainly produces cosmetic products. In this lease transaction, PT PDP is on the lessee side, with its lessor is the vendor or related lease company. This report’s explanation will consist of PSAK 73 implementation process, evaluation, and impact analysis. The implementation process consists of preliminary stages, lease recognition, lease measurement, and lease presentation stages. Related to impact analysis, it will discuss about PSAK 73 implementation impact for the company’s financial statement and also for the company’s business operational performance. KAP TWP as a consultant has already helped to conduct PSAK 73 implementation on PT PDP accordingly with the method described in PSAK 73."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library