Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Talitha Kyla Ardinda
"Latar belakang: Kondisi kehilangan gigi dapat menurunkan kemampuan tubuh seperti saat mastikasi, bicara, estetika, maupun gangguan pada sendi temporomandibular. Salah satu solusi untuk menggantikan gigi yang hilang adalah dengan menggunakan gigi tiruan lepasan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan perawatan, di antaranya adalah pengetahuan dan kepercayaan diri yang dimiliki oleh operator. Kepercayaan diri dapat menunjang terlaksananya prosedur dengan benar. Pengetahuan yang dimiliki didapatkan selama proses pembelajaran. Persepsi yang positif terhadap proses pembelajaran dapat meningkatkan semangat dan kepercayaan diri mahasiswa. Tujuan: Mengetahui distribusi frekuensi kepercayaan diri mahasiswa profesi dalam melakukan perawatan dengan gigi tiruan lepasan, melakukan tahapan perawatan gigi tiruan lepasan, dan mengetahui persepsi mahasiswa profesi mengenai sistem pembelajaran prostodontik. Metode: Studi deskriptif observasional dengan desain potong lintang. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring kepada seluruh mahasiswa profesi dan diisi oleh mahasiswa profesi yang yang telah melakukan perawatan gigi tiruan lepasan, yaitu 1 kasus gigi tiruan lengkap dan 1 kasus gigi tiruan sebagian lepasan. Selanjutnya mahasiswa dikelompokan berdasarkan angkatan tahun memasuki program profesi. Data dianalisis dengan uji desktriptif untuk mencari tahu nilai reratanya. Hasil Penelitian: Didapatkan 80 mahasiswa profesi yang memenuhi kriteria inklusi dan bersedia mengsi kuesioner. Kepercayaan diri mahasiswa profesi saat melakukan perawatan prostodontik paling tinggi dimiliki kelompok angkatan 2013 saat melakukan perawatan gigi tiruan sebagian lepasan (8,00) dan melakukan pencobaan gigi tiruan sebagian lepasan (wax) (9,00) serta kelompok angkatan 2014 saat melakukan pencetakan untuk membuat model studi untuk perawatan gigi tiruan lengkap (9,00). Lebih dari 95% mahasiswa profesi FKG UI yang mengisi kuesioner memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran prostodontik yang diterimanya. Kesimpulan: Kepercayaan diri mahasiswa profesi paling tinggi dalam menangani perawatan gigi tiruan sebagian lepasan, serta pada tahapan perawatan gigi tiruan lepasan paling tinggi pada pencetakan untuk membuat model studi dan pencobaan gigi tiruan (wax). Mayoritas mahasiswa profesi yang terlibat dalam penelitian memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran prostodontik di FKG UI.
Latar belakang: Kondisi kehilangan gigi dapat menurunkan kemampuan tubuh seperti saat mastikasi, bicara, estetika, maupun gangguan pada sendi temporomandibular. Salah satu solusi untuk menggantikan gigi yang hilang adalah dengan menggunakan gigi tiruan lepasan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan perawatan, di antaranya adalah pengetahuan dan kepercayaan diri yang dimiliki oleh operator. Kepercayaan diri dapat menunjang terlaksananya prosedur dengan benar. Pengetahuan yang dimiliki didapatkan selama proses pembelajaran. Persepsi yang positif terhadap proses pembelajaran dapat meningkatkan semangat dan kepercayaan diri mahasiswa. Tujuan: Mengetahui distribusi frekuensi kepercayaan diri mahasiswa profesi dalam melakukan perawatan dengan gigi tiruan lepasan, melakukan tahapan perawatan gigi tiruan lepasan, dan mengetahui persepsi mahasiswa profesi mengenai sistem pembelajaran prostodontik. Metode: Studi deskriptif observasional dengan desain potong lintang. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring kepada seluruh mahasiswa profesi dan diisi oleh mahasiswa profesi yang yang telah melakukan perawatan gigi tiruan lepasan, yaitu 1 kasus gigi tiruan lengkap dan 1 kasus gigi tiruan sebagian lepasan. Selanjutnya mahasiswa dikelompokan berdasarkan angkatan tahun memasuki program profesi. Data dianalisis dengan uji desktriptif untuk mencari tahu nilai reratanya. Hasil Penelitian: Didapatkan 80 mahasiswa profesi yang memenuhi kriteria inklusi dan bersedia mengsi kuesioner. Kepercayaan diri mahasiswa profesi saat melakukan perawatan prostodontik paling tinggi dimiliki kelompok angkatan 2013 saat melakukan perawatan gigi tiruan sebagian lepasan (8,00) dan melakukan pencobaan gigi tiruan sebagian lepasan (wax) (9,00) serta kelompok angkatan 2014 saat melakukan pencetakan untuk membuat model studi untuk perawatan gigi tiruan lengkap (9,00). Lebih dari 95% mahasiswa profesi FKG UI yang mengisi kuesioner memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran prostodontik yang diterimanya. Kesimpulan: Kepercayaan diri mahasiswa profesi paling tinggi dalam menangani perawatan gigi tiruan sebagian lepasan, serta pada tahapan perawatan gigi tiruan lepasan paling tinggi pada pencetakan untuk membuat model studi dan pencobaan gigi tiruan (wax). Mayoritas mahasiswa profesi yang terlibat dalam penelitian memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran prostodontik di FKG UI.

Background: Loss of teeth can reduce the ability of the body such as during mastication, speech, aesthetics, and disorders of the joints. One solution to replace missing teeth is to use removable dentures. There are several factors that influence the success of treatment, including knowledge and confidence possessed by the operator. Confidence can support the implementation of the procedure correctly. Knowledge is gained during the learning process. A positive perception of the learning process can increase student enthusiasm and confidence. Objective: To determine the frequency distribution of clinical year students' confidence in handling removable denture treatment, and the stage prosthodontic treatments, also to determine their perception of the quality of prosthodontic studies. Method: An observational descriptive study with a cross-sectional design. Retrieval of data using a questionnaire distributed online to all clinical year students and will be filled by clinical year students who have done 1 case of complete denture and at least 1 case of partial denture. Furthermore students are grouped according to the year of entering the professional program. Data were analyzed with descriptive test to find out the mean value. Results: There were 80 clinical year students who met the inclusion criteria and were willing to fill in the questionnaire. The highest confidence levels of clinical year student in performing removable prosthodontic treatment are found in the 2013 group when performing partial denture treatment (8,00) and try-in stage of partial denture (wax) (9,00) and also the 2014 group taking primary impression for complete denture (9,00). More than 95% of the FKG UI clinical year students who filled out the questionnaire had a positive perspective on the prosthodontic learning they received. Conclusion: The confidence of clinical year students is higher in handling removable partial denture treatment and in specific treatment is higher when taking primary impession and try-in stage (wax). The majority of professional students have positive perceptions of prosthodontic learning at FKG UI."
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nida Allya Yasmin
"Latar belakang: Kehilangan gigi merupakan salah satu masalah gigi yang umum terjadi di seluruh dunia dan sudah menjadi perhatian dalam bidang kedokteran gigi. Kehilangan gigi yang tidak ditangani akan berdampak kepada kesehatan oral. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kehilangan gigi, salah satunya dengan menggunakan gigi tiruan lepasan. Akan tetapi, saat pertama kali gigi tiruan di insersi, pasien mungkin akan mengalami beberapa masalah akibat pemasangan gigi tiruan. Hal ini dapat disebut sebagai masalah pasca insersi gigi tiruan. Jika masalah ini tidak diperbaiki, kepuasan pasien saat menggunakan gigi tiruan akan menurun. Selain itu, fungsi gigi tiruan sebagai alat yang dapat membantu proses mastikasi juga akan terganggu. Penelitian-penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa prevalensi masalah pasca insersi gigi tiruan lepasan cukup tinggi. Tujuan: Mengetahui frekuensi distribusi masalah pasca insersi gigi tiruan lepasan di RSKGM FKG UI. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif potong lintang pada 50 subjek. Data diambil dengan menggunakan borang survei Koul et al dan Mir et al yang telah dimodifikasi yang diisi ketika subjek datang untuk kontrol pertama, kedua, dan/atau ketiga. Selanjutnya, data yang didapatkan diolah untuk dilihat distribusi dan frekuensi dari masing-masing variabel masalah pasca insersi. Hasil Penelitian:  Dari 50 subjek yang didapatkan, 88,0% setidaknya terdapat satu masalah pasca insersi gigi tiruan lepasan. Dari subjek yang terdapat setidaknya satu masalah pasca insersi gigi tiruan lepasan, secara berurutan dari proporsi paling besar ke terkecil adalah masalah lain (misalnya gagging, mual, makan terjebak di gigi tiruan, tidak bisa membuka mulut, terdapat bunyi antara gigi tiruan saat makan atau berbicara, kesulitan makan dan mengunyah) 62%, nyeri atau ketidaknyamanan 56%, masalah retensi dan stabilitas 38 %, masalah fonetik 11%, masalah estetika 4%. Kesimpulan: Proporsi setidaknya ada satu masalah pasca insersi pada pasien dengan perawatan gigi tiruan lepasan cukup tinggi. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, tingginya masalah pasca insersi dapat menjadi gambaran bagi klinisi untuk dapat lebih memperhatikan dan menanggulangi saat pembuatan gigi tiruan lepasan.

Background: Tooth loss is one of common dental issues worldwide and has been a concern in the field of dentistry. Untreated tooth loss can have an impact on oral health. Therefore, the management of tooth loss is necessary, one of which is using removable dentures. However, when removable dentures are first inserted, patients may experience some problems due to the denture placement. This can be referred to as post-insertion problems of dentures. If these problems are not addressed, patient satisfaction with wearing dentures may decrease. Additionally, the function of dentures as aids in the mastication process may also be disrupted. Previous studies have also indicated a relatively high prevalence of post-insertion problems with removable dentures. Objective: This study aims to determine the frequency and distribution of post-insertion problems with removable dentures. Method: This study is a cross-sectional descriptive study that involved 50 subjects. The data were collected using research forms from Koul et al and Mir et al, which were modified and filled out during the subjects first, second, and/or third follow-up appointments. The collected data were then analyzed to observe the distribution and frequency of each post-insertion problem variable. Results: Out of the 50 subjects, 88.0% experienced at least one post-insertion problem in removable dentures. Among those with at least one post-insertion problem, the proportions, from highest to lowest, were miscellaneous problem (such as gagging, nausea, food getting stuck in dentures, inability to open the mouth, noise between dentures while eating or speaking, difficulty in eating and chewing) 62%, pain or discomfort 56%, retention and stability issues 38%, phonetic problems 11%, and aesthetic problems 4%.Conclusion: The proportion of at least one post-insertion problem in patients with removable dentures is relatively high, potentially influenced by various factors. Therefore, the heightened occurrence of post-insertion problems should serves as a prompt for clinicians to pay closer attention to and proactive intervention during the fabrication of removable dentures."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library