Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Montolalu, Lucy Ruth
"Dalam disertasi ini dilaporkan hasil telaah keaspekan dalam wacana bahasa Indonesia. Dengan bertumpu pada Teori Dwikomponen telaah ini menjawab (1) cara mengidentifikasi aspek dalam bahasa Indonesia, (2) cara menyatakan interaksi aspek situasi dengan argumen dan sudut pandang dalam proposisi, (3) perilaku semantis komponen aspek situasi dan sudut pandang dalam wacana bahasa Indonesia.
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa ada enam tipe verba dalam bahasa Indonesia, yakni (1) verba keadaan dengan ciri semantis kewaktuan [+statis] [+duratif][-telis]; (2) verba kegiatan dengan ciri semantis kewaktuan [-statis][+duratif][-telis]; (3) verba penyelesaian dengan ciri semantis kewaktuan [-statis],[+duratif][+telis]; (4) verba semelfaktif dengan ciri [-statis][-duratif][-telis], (5) verba pencapaian dengan ciri semantis kewaktuan [-statis][-duratif][+telis]; dan (6) verba perulangan dengan ciri semantik [-statis[+duratif][-telis][+berulang]. Tipe-tipe verba ini membentuk aspek situasi yang berinteraksi dengan komponen lain dalam proposisi, sehingga muncul pemertahanan Situasi atau pergeseran Situasi.
Makna aspektual yang dijumpai dalam wacana bahasa Indonesia adalah (l) makna aspektual perfektif, (2) makna aspektual imperfektif, dan (3) makna aspektual netral yang ditentukan berdasarkan interaksi antara tipe situasi dengan keterikatan titik akhir alamiah dalam situasi. Sudut pandang perfektif berinteraksi dengan situasi yang bertitik akhir alamiah, sedangkan sudut pandang imperfektif berinteraksi dengan situasi yang tidak bertitik akhir. Sudut pandang netral tidak berinteraksi dengan titik akhir.
Dari analisis makna aspektual dijumpai enam buah kerangka makna aspektual yakni (1) perfektif aktif, (2) perfektif pasif, (3) perfektif-imperfektif, (4) imperfektif, (5) imperfektif-perfektif, dan (6) netral. Kerangka makna aspektual itu ditentukan berdasarkan analisis makna aspektual dalam konstituen yang membentuk wacana. Telaah ini menghasilkan dua buah rumusan aspek dalam bahasa Indonesia dan enam rumusan aspek situasi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2001
D230
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sugiyono
"ABSTRACT
This study is aimed to find out how the prosodic markers characterize the contrast of declarative and interrogative utterances both in the production and perception perspectives. The research is based on the assumption that studying prosody as a part of the symbols system has to set the prosody completely on the interaction domain, involve how the speaker organizes the prosody component concurrently with segmental and lexical items to enunciate the meaning and how in fact the hearer distinguishes the prosodic symbols to perceive the meaning of the utterance. As well as to find the prosodic marker either an individual part or their configuration to construct melodic and temporal structures, the study is also intended to measure each of the relevant variables within the two structures.
In the production experiment I found that the component of melodic structure such as the reference pitch or initial pitch in tout contour (nada dasar), final pitch (nada final), peak(s) (puncak nada), and pitch range (jam nada.) as well as duration significantly mark the contrast of declarative. and interrogative utterances. In general, the study came to the conclusion that
1. Declaratives reference is about 9.13 st and this is 1 st higher then interrogative reference.
2. The final pitch of declarative is about 7.28 st and it is about 2 st lower than the interrogatives final pitch Compare to the reference, the declarative final pitch feature negative excursion and the interrogative final pitch features positive excursion.
3. The peak(s) excursion of declarative utterances is only about 0.95 st above the reference and this is significantly different from interrogatives peaks, which is about 231 above the reference. Relative to the onset, the peaks are 5.46 st in declaratives contour and 3.14 st in interrogatives.
4. In term of pitch movement (alirnada), the contrasts are mark by the final pitch movement. The contours are closed by flat rise followed fall tail (DNt) in declaratives and by rise followed fall tail (Nt) in interrogatives. Both, declaratives and interrogatives contour started by fall-rise (TN) movement.
5. Moreover, concerning temporal characteristics, the study concludes that the contrast of declarative and interrogatives is marked by lengthening of the syllable at the final constituent It appears that on top of the peak(s), the speaker also indicates the constituent boundaries with length of syllable and the syllabic lengthening that happens at the end of utterance is greater.
In the perception experiment, I found that the declaratives base stimuli could be perceived as fully declarative with perfect intonation if the pitch range of the contour ranges between 3 st to 35 st. In term of excursion size, minimum contour is characterized by P1 onset at the same level of reference (0 st or no excursion), Pi and P2 with excursed 1 st and final pitch excursed about -2 st (or 2 st under the reference). Maximum contour is characterized by P1 onset with excursion approximately -20.11 st P2 about 15.21 st, P2 about 14.28 st, and final pitch -15.53 st
The study did not find minimum contour of interrogative base stimuli since there is no stimulus perceived as perfect interrogative utterance - positively caused by extremely small step size value in stimulus manipulation. However, I found the maximum contour of interrogative base stimuli found with 36 st pitch range which is characterized by onset PI with excursion about -16.6 st, followed, by Pi with 15.8 st, P2 with 19.39 st, and final pitch with 16.04 st
On searching of contrastive threshold, I found that interrogative utterances more sensitive to the prosodic change than declarative utterances. More than 95% of interrogative base stimuli are perceived as declarative, while only about 422% of declarative base stimuli are perceives as interrogative utterance. Regarding excursion, the declarative base stimuli which is initiate interrogative perception has 1.4 st P2 onset, more than 4.3 st
P2, and about 2.4 st excursion of final pitch. On the other hand, the interrogative base stimuli would initiate declarative perception when the stimuli hold and excursion of the P2 onset as much as 03 st with about 1.9 st excursion of P2 and -3.6 st final pitch excursion. In the two base stimuli, the range of syllabic length manipulation is 20% to 60% of the original duration.
Compared to the acoustic characteristics in their utterances, it seems that the speaker of the language can perceived more than that they produce. The pitch range of their utterances distributes from 5 st to 22 st, but the can perceive stimuli as perfect utterances in range of 3 st to 35 st. They are also able to perceive much higher peaks and final pitch excursion then what they can produce.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
D495
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sheddy Nagara Tjandra
"Jika kita membuka koran Jepang, mata akan bertemu dengan huruf-huruf kanji (tulisan bahasa Cina). Itu sudah wajar dan tidak aneh lagi. Selanjutnya mata akan disambut oleh huruf-huruf Jepang. Bagi mereka yang tahu bahasa Jepang, segera mengetahui bahwa hurur-huruf itu adalah hiragana dan katakana. Selain itu, meskipun tidak banyak, mata masih akan bertemu dengan beberapa huruf Latin berikut angka Arab. Itulah wujud bahasa Jepang tertulis. Di antaranya ternyata penggunaan katakana tidak sedikit. Aksara katakana digunakan terutama untuk menulis kata-kata pinjaman yang diserap dari bahasa asing dan ada yang menyebutnya menjadi katakanago (" kata-kata serapan ditulis dengan aksara katakana").
Katakanago yang tampil pada koran antara lain dapat disaksikan dari acara televisi yang dimuat pada koran Asahi Shimbun (salah satu surat kabar nasional di Jepang) tanggal 18 Nopember 2001. Acara TV itu ada dua, dua-duanya diambil dari NHK (Nippon Hoosoo Kyookai "Televisi Jepang"); satu adalah siaran televisi dengan pemancar dari satelit dan satu lagi adalah siaran televisi dengan pemancar biasa (Gambar 1)."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2002
D484
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
F.X. Rahyono, 1956-
"ABSTRAK
Ujaran secara garis besar dibentuk oleh dua unsur, yakni unsur segmental dan unsur supraseginental atau prosodi. Unsur suprasegmental merupakan unsur nonsegmental yang menyertai realisasi pengujaran unsur-unsur segmental itu. Hadirnya unsur nonsegmental dalam pengujaran unsur-unsur segmental itu menunjukkan bahwa unsur segmental dan unsur supraseg__nental bersama-lama membentuk makna sebuah ujaran. Intonasi sebuah ujaran_Vyang merupakan salah satu perwujudan prosodi_Vmemiliki pola-pola tertentu dalam menampilkan ""makna"" tertentu pula, antara lain menyatakan modus kalimat. Perbedaan intonasi modus-modus kalimat direalisasikan dengan perbedaan yang tipis atau sebaliknya direalisasikan dengan kontras intonasi yang sangat mencolok. Bahasa Jawa, yang merupakan salah satu bahasa daerah di Indonesia, kiranya merupakan objek penelitian intonasi yang sangat menarik. Penelitian intonasi bahasa Jawa ini berpeluang untuk mengambil peran dalam pengembangan penelitian fonetik bahasa Indonesia maupun bahasa-bahasa daerah lain di Indonesia. Tujuan pertama penelitian ini adalah menemukan pola intonasi kalimat deklaratif, interogatif, dan imperatif dalam ragam bahasa Jawa yang digunakan di dalam keraton Yogyakarta. Tujuan kedua penelitian ini adalah untuk menemukan ciri signifikan yang menandai kontras modus-modus kalimat itu. Penemuan ciri-ciri yang menandai kontras modus ini diharapkan memberikan gambaran yang menunjukkan bahwa sebuah pola"
2003
D1590
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library