Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 24 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lubis, Siska Anggreni
"Diskusi pertama kelompok tutorial merupakan sesi paling penting yang menentukan pola dan dinamika kelompok dalam berdiskusi. Pada sesi ini dibutuhkan partisipasi aktif dan kemampuan kepemimpinan (leadership) dari fasilitator dalam memfasilitasi proses tutorial, maka perlu dilakukan penelitian untuk menyelidiki preferensi mahasiswa dan pemahaman fasilitator mengenai tipe kepemimpinan fasilitator dalam diskusi kelompok tutorial PBL di FK Universitas
Islam Sumatera Utara (UISU).
Metode : Penelitian ini dilakukan di FK UISU pada bukan juni 2013. Kuesioner tipe
kepemimpinan fasilitator dan kuesioner peran tanggung jawab fasilitator versi bahasa Indonesia yang telah divalidasi, dibagikan kepada 850 orang mahasiswa dan 50 orang fasilitator tahap prekilinik FK UISU tahun ajaran 2012-2013.
Hasil: Dalam penelitian ini dijumpai hubungan bermakna antara tipe kepemimpinan fasilitator menurut preferensi mahasiswa dengan pemahaman fasilitator tentang tipe kepemimpinan yang diperlukan dalam diskusi kelompok tutorial PBL.
Mahasiswa lebih menginginkan tipe kepemimpinan demokratis yang harus dimiliki fasilitator, tetapi fasilitator lebih memahami tipe non demokratis sebagai fasilitator. Penelitian ini juga menunjukkan mahasiswa dan fasilitator mengetahui dengan baik tentang semua peran dan tanggung jawab fasilitator kecuali peran
fasilitatif.
Kesimpulan: Tipe kepemimpinan demokratis merupakan tipe kepemimpinan yang diinginkan
mahasiswa dalam diskusi kelompok tutorial PBL FK UISU.

The first discussion group tutorial sessions are most crucial in determining the
pattern and dynamics of the group in discussion. At this session it takes active
participation and leadership skills (leadership) of the fascilitator in fascilitating the tutorial, it is necessary to study to investigate: type of fascilitator leadership in tutorial group discussion PBL: student preference and fascilitator understanding at Islamic of North Sumatra University (UISU) medical school
Methode : The research was conducted in June instead of UISU medical school in 2013.
Questionnaires leadership type and questionnaires role fascilitator responsible
Indonesian version that has been validated and distributed to 850 students and 50 fascilitators preclinic stage UISU medical school 2012-2013 school year.
Result: In the present study found a significant relationship between the type of leadership fascilitator preference about the student with an understanding of the type of
leadership fascilitator required in tutorial group discussion PBL. Students prefer more democratic type of leadership that should be owned by the fascilitator, but fascilitators understand more non-democratic type of facilitator. This study also shows students and fascilitators know well about all the roles and responsibilities of a facilitator than a fascilitative role.
Conclusion: Democratic type of leadership is the type of leadership in the student preference tutorial group discussion PBL UISU medical school.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013
T58578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Kiki Riezky
"Latar Belakang: Umpan balik membantu mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran dan membantu staf pengajar menjamin pencapaian sasaran pembelajaran oleh mahasiswa. Berdasarkan penelitian, perbedaan persepsi mengenai umpan balik antara staf pengajar dan mahasiswa dapat menghambat proses pemberian dan penerimaan umpan balik. Sampai saat ini belum diketahui proses pemberian dan penerimaan umpan balik dalam diskusi Problem Based Learning (PBL) di Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama, sehingga perlu dilakukan eksplorasi mengenai gambaran keseluruhan pemberian dan penerimaan umpan balik pada tutor dan mahasiswa tahap pre-klinik. Pemberian umpan balik konstruktif dapat memotivasi mahasiswa, memperbaiki kinerja dan mempersiapkan diri untuk masuk ke tahap klinik.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan fenomenologi. Pengambilan data menggunakan focus group discussion (FGD) pada tutor dan mahasiswa pra klinik serta observasi kegiatan diskusi PBL dengan menggunakan daftar tilik.
Hasil: Berdasarkan analisis data kualitatif ditemukan tiga faktor yang mempengaruhi pemberian umpan balik oleh tutor, yaitu; 1) Tutor kurang memahami materi pembelajaran, 2) Sikap tutor yang tidak peduli terhadap diskusi, 3) Tidak memiliki waktu untuk memberikan umpan balik. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya umpan balik oleh mahasiswa yaitu; 1) Sikap tutor (ramah, arogan dan tidak peduli) selama diskusi PBL, 2) Karakter mahasiswa (dapat menerima dan tidak dapat menerima umpan balik negatif) , 3) Reaksi afektif, 4) Self assessment, 5) Kepercayaan mahasiswa terhadap staf pengajar kurang dan 6) Umpan balik tidak spesifik.
Kesimpulan : Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pemberian umpan balik harus mendapat perhatian khusus dari tutor agar umpan balik yang diberikan dapat ditanggapi oleh mahasiswa. Tutor dan mahasiswa sepakat bahwa umpan balik konstruktif dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa

Background: Feedback should help student to achieve learning objectives and teacher to ensure achievement of learning objectives by student. Based on the research, the different perceptions about feedback between teachers and students can obstruct the process of delivering and receiving the feedback process. Hitherto, the process of delivering and receiving feedback in Problem Based Learning discussion at the Medical School of University of Abulyatama is not known yet. Thus, an exploration of the overall picture of delivering and receiving feedback to the tutors and the students of preclinical stage is necessary. The delivery of constructive feedback should be able to motivate students in improving their performance and prepare them to enter the Clinical Stage.
Method : This study used qualitative research methods with phenomenology study. Data was retrieved trough focus group discussion (FGD) on tutors and students and observation of PBL discussions using a checklist.
Result: Based on the qualitative data analysis it is found that three influential factors for the delivery of feedback are 1) Incomprehension of tutors upon the learning material, 2) Lack of attention on discussion, 3) Lack of time to deliver the feedback. Whereas, factors that influenced whether or not feedback was received by the students are 1) Attitude of tutors (friendly, arrogant and careless) during discussion, 2) Students’ characteristic (can or cannot receive negative feedback), 3) Affective reaction, 4) Self-assessment, 5) Lack of trust on the tutors, and 6) General feedback.
Conclusion : Factors that influence the delivery of feedback should gain special attention from the tutors, so that students can receive the feedback given. Tutors and students agree that constructive feedback can improve students’ learning motivation.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gregorius Ben Prajogi
"Pendahuluan: Derajat supervisi yang tepat tidak hanya mendorong pencapaian kompetensi peserta didik namun juga menjamin pelayanan kesehatan yang aman dan berkualitas. Namun demikian, hingga saat ini masih ditemukan berbagai kendala dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan memperoleh pemahaman mendalam mengenai kebutuhan, kondisi dan tantangan yang dihadapi terkait pentahapan kompetensi dan supervisi dalam pendidikan profesi dokter spesialis, sebagai masukan dalam pengembangan kurikulum. Metode: Penelitian dijalankan menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mempelajari secara mendalam pentahapan kompetensi dan kewenangan sebagai suatu fenomena berdasarkan pengalaman pihak-pihak yang terlibat secara langsung dalam pendidikan profesi dokter spesialis. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara semi-terstruktur dan focus group discussion untuk mendalami pandangan stakeholder, pengelola, pelaksana pendidikan dan peserta didik mengenai konsep kompetensi, kewenangan dan pentahapan, kebutuhan akan pentahapan kompetensi dan kewenangan, faktor-faktor yang mempengaruhi, pola implementasi, masalah dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi, serta bentuk implementasi yang diharapkan. Hasil: Telah dilakukan wawancara dan FGD terhadap 26 narasumber, yang mewakili pihak fakultas, pengelola program studi, staf dan peserta didik dari kelompok keilmuan surgikal, medikal dan penunjang. Pandangan mengenai kompetensi erat kaitannya dengan sistem pentahapan, pemberian kewenangan dan supervisi yang dilakukan. Faktor penentu keberhasilan implementasi meliputi perumusan kompetensi dan unit kewenangan yang jelas, dukungan staf, sistem evaluasi yang valid dan terpercaya, serta sudut pandang yang integratif. Sistem asesmen konvensional masih belum memadai sebagai sumber informasi pengambilan keputusan terkait pentahapan dan supervisi. Beban kerja yang tinggi, khususnya administratif, disadari sebagai tantangan terbesar dalam penerapan supervisi yang efektif pada saat ini. Kemandirian disadari sebagai unsur penting dalam pencapaian kompetensi peserta didik, tingkat kemandirian dalam pendidikan perlu disesuaikan dengan regulasi dan sistem pelayanan kesehatan saat ini. Kesimpulan: Sistem supervisi yang lebih baik dibutuhkan untuk menyeimbangkan antara keselamatan pasien dengan kebutuhan pencapaian kompetensi selaras dengan sistem pendidikan di universitas dan regulasi rumah sakit.
Introduction: Proper supervision not only promotes the competency development of residents but also the delivery of safe medical care. However, challenges have frequently been identified in its implementation. In this study we attempted to explore the needs, patterns and challenges in the implementation of competency leveling, as inputs for future curriculum development. Methods: This is a qualitative study with phenomenological approach to explore in depth the issue of competency levels and supervision as a phenomenon from the perspectives of the parties directly involved in residency training. Through semi-structured interviews and focus group discussions, we explored the view on the concept of competencies, supervision and leveling; the expressed needs regarding supervision and leveling; factors affecting implementation patters; challenges in its implementation; and the ideal form according to the perspectives of the parties involved. Results: Through interview and FGD with 26 respondents representing the faculty, program directors, staffs and residents from surgical, medical and diagnostic disciplines, we identified that the concept of competencies were closely related to how training programs implement their system of leveling and supervision. Success factors included properly defined competencies and units of supervision, support from staff members, availability of valid and reliable system of assessment, and an integrative view of the system. Conventional assessment methods were inadequate in supporting entrustment decision making. Excessive workload, mainly administrative, were identified as the biggest challenge in implementing effective supervision. Independence was identified as an important part in the development of resident's competence, but the most appropriate system which incorporates demands from regulations and existing healthcare system still needs to be developed. Conclusion: Further curriculum development will need to find the best fit between the current university-based course organization and the unique needs of competency based postgraduate medical education with its characteristics as a workplace-based training."
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rose Feri
"Latar belakang: Pergeseran teori motivasi kuantitas menjadi kualitas, yaitu self-determination theory (SDT) telah merubah paradigma staf pengajar pendidikan kedokteran tentang motivasi. Menurut SDT, motivasi otonomi (MO) merupakan variabel penting dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa kedokteran dan MO sangat berpotensi untuk ditingkatkan atau dilemahkan oleh hubungan interpersonal antara tutor dengan mahasiswa selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk merumuskan hubungan motivasi otonomi dan dukungan otonomi tutor dengan prestasi akademik mahasiswa kedokteran.
Metode: Penelitian cross-sectional dilaksanakan di FK-UPH pada bulan Januari-Maret 2016 dan melibatkan seluruh angkatan 2015 (total sampling) yang mengikuti diskusi tutorial problem-based learning Blok Fundamental Medical Science (FMS). Data motivasi otonomi dan dukungan otonomi tutor diperoleh dari Learning Self-Regulation Questionnaire dan Learning Climate Questionnaire. Data prestasi akademik mahasiswa didapat dari nilai ujian FMS (multiple choice questions).
Hasil: Data yang diperoleh secara lengkap sejumlah 199 orang. Penelitian menunjukkan 79,4% mahasiswa memiliki MO dan mendapat dukungan otonomi tutor yang tinggi, yaitu sebesar 5,22 dari total skor 7. Hasil analisis regresi linier multipel menunjukkan peningkatan MO mahasiswa sejalan dengan peningkatan prestasi akademik mahasiswa. Kedua, prestasi akademik mahasiswa akan menurun jika mendapat peningkatan dukungan otonomi tutor. Ketiga, terdapat hubungan MO dan dukungan otonomi tutor secara bersamaan terhadap prestasi akademik.
Kesimpulan: Motivasi otonomi dan dukungan otonomi tutor berperan menentukan prestasi akademik mahasiswa. Namun, dukungan otonomi tutor tanpa disertai structure kepada mahasiswa dengan latar belakang pendidikan teacher-centered dan keterampilan belajar mandiri yang rendah dapat menurunkan prestasi akademik mahasiswa.

Background: A transformation in motivation theory from quantity to quality, such as self-determination theory (SDT) has changed the paradigm of medical educators. In accordance with SDT, autonomous motivation (AM) is an important variable in improving medical students? academic achievement and AM has a possibility to be augmented or diminished by interpersonal relationships between tutors and students during learning activities. This study is aimed to assess the relationship between AM and tutors? autonomy support with students? academic achievement.
Methods: This study was conducted between January 2016 and March 2016 at the UPH medical school; and all medical students from 2015 class (total sampling) participated in problem-based learning tutorial discussion for Fundamental Medical Science (FMS) Block. Learning Self-Regulation Questionnaire and Learning Climate Questionnaire were distributed to assess students? AM and tutors? autonomy support. Students? academic achievement data was obtained from the score of FMS assessment (multiple choice questions).
Results: The final data was completed by 199 students. About 79,4% of the students were autonomously motivated and the score of perceived tutors? autonomy support was high (5.22 out of 7). The results of multiple regression analysis indicated that first, AM was consistent with students? academic achievement. Second, the augmentation of tutors? autonomy support resulted in the diminished students? academic achievement. Third, there was a concurrent association between AM and tutors? autonomy support with academic achievement.
Conclusion: Students? autonomous motivation and tutors? autonomy support are necessary for academic achievement. However, tutors? autonomy support itself without structure will diminish students? academic achievement especially in students with teacher-centered educational background and poor self-regulated learning skills.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachel Ethelind
"ABSTRAK
Latar Belakang: Extended Spectrum Beta Lactamase ESBL merupakan salah satu dari kelompok beta lactamase yang dapat menghidrolisis sefalosporin generasi ke-3, penisilin, dan aztreonam. Kejadian ini dapat menyebabkan gagal terapi pada pasien yang terinfeksi bakteri tersebut. Di Indonesia, data yang tersedia mengenai prevalensi Klebsiella pneumoniae yang memproduksi ESBL masih sangat terbatas. Metode: Sampel diambil dari seluruh data isolat Klebsiella pneumoniae dari WHO.net Departemen Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dari tahun 2009 sampai tahun 2014. Selanjutnya, data isolat dianalisis dan dibandingkan setiap tahun menggunakan uji chi-square, SPSS versi 16. Hasil: Jumlah seluruh isolat K. pneumoniae dari tahun 2009-2010 sebanyak 555 isolat. Prevalensi K. pneumoniae penghasil ESBL pada tahun 2009-2010 menurun 31.1 menjadi 17.4 secara signifikan p0.05 . Dari tahun 2011-2014 prevalensi mengalami kenaikan secara berturut turut 9.4 , 10 , 10.2 , 12.1 , walaupun secara statistic tidak signifikan. Jika prevalensi K. pneumoniae penghasil ESBL dibandingkan pada tahun 2009 dengan tahun 2014, terdapat penurunan yang signifikan.

ABSTRACT
Background Extended Spectrum Beta Lactamase ESBL is one of beta lactamases group that hydrolyzes third generation cephalosporin, penicillin, and aztreonam. This event might cause failure in treating the patients infected with Klebsiella pneumoniae due to resistance problem. In Indonesia, there is still inadequate data regarding ESBL producing K. pneumoniae. Method Samples were obtained from all Klebsiella pneumoniae isolates data from WHO.net in Microbiology Department, Faculty of Medicine, Universitas Indonesia from 2009 to 2014. Therafter, data was analyzed and compared year by year using chi square test, SPSS version 16. Results The total of K. pneumoniae in 2009 2014 was 555 isolates. There was a marked decrease p0.05 from 2010 to 2011 17.4 to 9.4 . Unfortunately, it then increased from 2011 until 2014 9.4 , 10 , 10.2 , 12.1 respectively , although it was insignificant p 0.05 . Moreover, if we compare the prevalence of ESBL producing K. pneumoniae in 2009 and 2014, we found a significant decreased prevalence."
2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Valencia Jane
"ABSTRACT
Latar Belakang: Organisme yang memproduksi ESBL merupakan masalah kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Salah satu organisme yang paling sering yang menghasilkan ESBL yaitu Escherichia coli E.coli . Bakteri yang memproduksi ESBL lebih resisten terhadap antibiotik dan mengakibatkan infeksi menjadi lebih sulit untuk diobati. Di Indonesia, tidak banyak data yang memadai mengenai prevalensi E. coli yang memproduksi ESBL, terutama di Jakarta.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan laporan terkini tentang munculnya E. coli yang memproduksi ESBL di Indonesia.Metode: Isolat E. coli diambil dari berbagai sampel klinis pasien yang diperoleh dari Laboratorium Mikrobiologi Klinik, Universitas Indonesia pada tahun 2009-2014. Jenis data isolat yang digunakan berupa data sekunder mengenai kerentanan E. coli terhadap beberapa antimikroba. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 20 untuk melihat kemungkinan terdapatnya kenaikan atau penurunan prevalensi E. coli penghasil ESBL yang terjadi secara signifikan.Hasil: Dari total 471 isolat E. coli, 56 11.9 merupakan E. coli penghasil ESBL. Prevalensi E. coli yang memproduksi ESBL menunjukkan kecenderungan menurun setiap tahun dari tahun 2009 sampai 2014, kecuali tahun 2012-2014, terdapat sedikit peningkatan. Namun secara statistik, penurunan atau kenaikan prevalensi tersebut, secara statistik tidak bermakna dengan p>0.05. Prevalensi E.coli yang memproduksi ESBL pada tahun 2009-2014 berturut-turut 19.1 , 21.2 , 6.9 , 5.4 , 7.56 , dan 8 .Kesimpulan:Terjadi penurunan prevalensi Escherichia coli yang memproduksi ESBL pada tahun 2009-2014, namun hasilnya tidak signifikan secara statistik. Kata kunci: E. coli, Extended-spectrum beta-lactamases, Indonesia.

ABSTRACT
Background ESBL producing organism has been a public health concern in the entire world. One of the most prevalent organisms that produce ESBL is Escherichia coli E.coli . The production of ESBL has made bacteria to be more resistant to antibiotics and therefore make infections harder to treat. In Indonesia, there is not many adequate data regarding prevalence of ESBL producing E. coli, especially in Jakarta. The aim of this research is to provide an updated report about the emergence of ESBL producing E. coli in Indonesia.Method E. coli isolates are obtained from many clinical samples of patients obtained from Clinical Microbiology Laboratory, Universitas Indonesia from 2009 2014. The isolates data was obtained as a secondary data that has been tested for its antimicrobial susceptibility. The data was analyzed using SPSS version 20 to see whether the increase or decrease was statistically significant.Results From a total of 471 E. coli isolates, 56 11.9 are identified as ESBL producing E. coli. The prevalence of positive ESBL producing E. coli decreased each year from 2009 to 2014, except for 2012 to 2014 where there is a slight increase. However, the decrease or increase of the prevalence was not statistically different p 0,05 . This p value illustrated that the change in prevalence was not significant from year to year. The prevalence of ESBL producing E. colifrom 2009 to 2014 was 19.1 , 21.2 , 6.9 , 5.4 , 7.56 , and 8 respectively.Conclusion There has been a decrease in the prevalence of ESBL producing Escherichia coli from 2009 2014. However, the result is statistically insignificant. "
2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Ardinansyah
"Keselamatan pasien harus diajarkan sejak dini pada mahasiswa di bidang layanan kesehatan dan seharusnya menjadi bagian kurikulum. Penerapan pembelajaran keselamatan pasien berkaitan erat dengan manajemen pasien yang dihadapi, karena itu pembelajarannya perlu dilakukan pada tahap klinik pendidikan dokter gigi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis proses pembelajaran keselamatan pasien di tahap klinik pendidikan kedokteran gigi FKG UNHAS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus dengan melakukan analisis dokumen terkait rancangan pengajaran modul-modul praktik klinik, wawancara mendalam terhadap pengelola pendidikan, pengelola modul dan staf pengajar serta Focus Group Discussion FGD pada kelompok mahasiswa tahap klinik kedokteran gigi. Penelitian dilakukan pada bulan Februari-Mei 2016. Didapatkan bahwa tidak ada dokumen kurikulum yang lengkap mencantumkan pembelajaran keselamatan pasien dalam modul. Pengelola pendidikan dan staf pengajar menyadari pentingnya pembelajaran keselamatan pasien sejak tahap preklinik kemudian diaplikasikan pada tahap klinik. Variasi metode pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran saat ini sulit disimpulkan karena sasaran pembelajaran terkait keselamatan pasien tidak eksplisit. Mahasiswa memahami keselamatan pasien berdasarkan pengalaman menjalani proses kepaniteraan tahap klinik dan dapat diajarkan kepada mahasiswa dengan beragam metode. Mahasiswa membutuhkan evaluasi formatif untuk mengasah dan mengukur kemampuan keselamatan pasien. Peningkatan kapasitas bagi para staf pengajar khususnya mengenai pembelajaran keselamatan pasien dan penyusunan modul agar pembelajaran keselamatan pasien menjadi komponen tertulis dalam kurikulum perlu dilakukan.

Patient safety must be taught early to all students of health professions and should be a part of learning process in formal curriculum. The practice of patient safety learning is very relevant with patient care therefore, patient safety learning must be conducted in clinical years of dental education. This research is carried out to assess the process of patient safety learning in clinical years of dental education in the Faculty of Dentistry, Hasanuddin University.This is a qualitative research with case study design. The study utilizes document analysis on clinical practice modules, deep interviews with faculty administrators, modules administrators, lecturers, and Focused Group Discussion with clinical years dental students. The research is held on February May 2016. We find that there is no curriculum document which includes clear patient safety learning in the clinical modules . Faculty administrators and lecturers realize about the importance of patient safety learning since the preclinical year to be applied in the clinical years. Variety of the learning methods and the evaluations of leaning outcomes are inconclusive due to that the learning outcomes related to patient safety are not explicit. The students identified patient safety subjects through experience during their clinical years and the subjects are taught to them in many methods. The students also need formative evaluation to measure and sharpen their abilities in patient safety. Capacity building for academics on patient safety learning and explicitly written patient safety curriculum are needed."
Jakarta: Fakultas Kedokteraan Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ronny
"ABSTRAK
Pasien mikosis meningkat sejalan dengan bertambahnya populasi imunokompromi. Pengetahuan tentang jamur penyebab dan respons terhadap antijamur penting dalam tatalaksana mikosis yang dipengaruhi oleh geografi, sehingga penting untuk menelitinya sesuai wilayah dalam hal ini Jakarta. Penelitian bersifat retrospektif dilakukan di Laboratorium Parasitologi FKUI dengan meneliti data tahun 2004-2015. Didapatkan 16478 isolat dari 14707 bahan klinis. Golongan khamir terbanyak adalah C. albicans, C. tropicalis dan C. parapsilosis, sementara golongan kapang adalah Aspergillus dan Fusarium. Sebagian besar khamir peka terhadap flukonazol dan Aspergillus seluruhnya peka terhadap vorikonazol. sebagian besar uji kepekaan khamir peka terhadap itrakonazol sedangkan kepekaan kapang hanya sekitar 50 peka.
ABSTRACT Patients with mycosis rise along with increasing number of immunocompromised population. Awareness to causative fungi and its susceptibility to antifungals is important in mycoses treatment which is influenced by geographic conditions, so investigation by region is needed, in this case Jakarta. Retrospective study was conducted to investigate data at Parasitology laboratory FKUI from 2004 2015. There were 16,478 isolates obtained from 14,707 clinical specimens. The most common yeasts are C. albicans, C. tropicalis and C. parapsilosis, whereas Aspergillus and Fusarium were the most common mold. Most of the yeasts are sensitive to fluconazole and itraconazole, the whole Aspergillus are sensitive to voriconazole, whereas the susceptibility to itraconazole is only about 50 . "
2017
SP-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Eka Fatril
"ABSTRAK
Candida krusei merupakan lima besar spesies Candida terbanyak penyebab kandidosis. Candida krusei sulit diobati karena memiliki resistensi primer terhadap flukonazol. Data pola kepekaan C. krusei di Jakarta berbeda dengan di dunia karena masih ditemukan isolat sensitif terhadap flukonazol. Tujuan penelitian ialah mengidentifikasi isolat C. krusei isolat Jakarta yang peka dan resisten terhadap flukonazol. Sampel penelitian menggunakan enam isolat uji C. krusei (empat resisten dan dua sensitif flukonazol) dan dua isolat kontrol kualitas yaitu C. albicans dan C. parapsilosis yang merupakan isolat koleksi Laboratorium Mikologi Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Analisis yang dilakukan adalah fenotipik berupa makroskopik, mikroskopik serta biokimia. Analisis molekular menggunakan teknik PCR pada regio ITS (NCBI dan ISHAM) dan D1/D2 (NCBI). Hasil perbandingan sekuens ITS antar isolat uji didapatkan satu perbedaan basa pada urutan basa 465. Hasil perbandingan sekuens regio D1/D2 tidak ditemukan perbedaan basa. Analisis multi gene sequence menunjukkan kemiripan dengan isolat C. krusei CBS 5147 yang sensitif terhadap flukonazol. Analisis filogenetik regio ITS dan D1/D2 memperlihatkan isolat uji merupakan C. krusei. Identifikasi ke enam isolat Jakarta berdasarkan analisis fenotipik dan analisis molecular menunjukkan bahwa semuanya merupakan C. krusei.

ABSTRACT
Candida krusei is one of the big five species of Candida caused disease. Candida krusei becomes difficult to treat due to the primary resistance against fluconazole. Examination data of resistance in C. krusei in Jakarta contrast to the world is isolates which are still sensitive to fluconazole. The objective of this study was identified of C. krusei of Jakarta's isolates which is sensitive and resistant fluconazole. The samples used 6 isolates C. krusei (four resistant and two sensitive fluconazole) and two isolates quality control the C. albicans and C. parapsilosis were cultured collection of Mycology Laboratory Parasitology's Department, Faculty of Medicine, Universitas Indonesia. Analysis phenotypic using by macroscopic, microscopic and biochemistry. Analysis molecular was done using PCR method for ITS (NCBI and ISHAM) and D1/D2 (NCBI) regions. The results of ITS sequences comparison with isolates test were found one difference base at 465. The results of D1/D2 sequence comparison did not find the difference of sequences base, and analysis of multi Gene sequence showed the isolated test had a similarity with C. krusei CBS 5147 which sensitive fluconazole. Phylogeny of the region ITS and D1/D2 showed the isolates test was C. krusei. Identification six isolates based on analysis phenotypes and analysis of molecular was C. krusei."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
T59171
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Hidayati Nosi Prastiyani
"ABSTRAK
Latar Belakang: Chairside teaching merupakan salah satu metode pembelajaran di tahap klinik pendidikan dokter gigi yang memberikan perawatan secara langsung pada pasien. Meskipun telah dinyatakan kompeten dalam melakukan tindakan pada phantom gigi, namun mahasiswa tetap membutuhkan pengalaman klinis dengan bimbingan dan umpan balik konstruktif dari staf pengajar. Umpan balik konstruktif merupakan media pembelajaran yang penting dalam membantu mahasiswa menganalisis hal baik dan buruk dalam performanya sehingga dapat mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik pemberian umpan balik konstruktif pada chairside teaching
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di FKG Universitas YARSI. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam pada pemangku kebijakan, FGD Focus Group Discussion) dengan dosen klinik dan mahasiswa tahap profesi. Triangulasi data dilakukan dengan observasi pelaksanaan pemberian umpan balik konstruktif pada chairside teaching, serta studi dokumen selama bulan Januari sampai dengan April 2019. Hasil wawancara mendalam dan FGD dituliskan dalam bentuk transkrip verbatim lalu dilakukan analisis tematik.
Hasil: Pengambilan data melalui FGD staf pengajar terlaksana dalam 2 kelompok (8 dan 6 staf), FGD mahasiswa profesi sebanyak 2 kelompok (masing-masing 8 mahasiswa), dan wawancara mendalam pada 5 staf pemangku kebijakan. Tiga tema utama disepakati oleh seluruh informan pada penelitian ini. Tema pertama yaitu peran staf dalam pendidikan profesi di kedokteran gigi. Staf pengajar klinik merasa memiliki peran sebagai pengelola pendidikan, membimbing dan melakukan supervisi, mendidik profesionalisme, dan mengevaluasi pekerjaan mahasiswa. Kedua, pembelajaran klinik dengan pasien di kedokteran gigi chairside teaching. Pada pembelajaran ini terdapat supervisi, kurikulum tahap klinik dan mahasiswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Ketiga, proses pemberian umpan balik dalam pembelajaran klinik dengan pasien. Proses pemberian umpan balik dilakukan dengan berbagai cara serta ditemukan tantangan dalam pemberian dan tindak lanjut terhadap umpan balik.
Diskusi: Proses pemberian umpan balik pada chairside teaching merupakan suatu siklus interaksi antara mahasiswa, dosen klinik, dan pasien. Siklus interaksi ini membentuk suatu sistem yang langsung berhubungan dengan mahasiswa (microsystem). Menurut Teori sistem ekologi, beberapa microsystem akan saling berhubungan membentuk mesosystem yang akan memengaruhi penerimaan dan tindak lanjut mahasiswa terhadap umpan balik yang diberikan. Berbagai sistem lain seperti kurikulum pendidikan profesi kedokteran gigi exosystem), budaya institusi macrosystem), serta berbagai pengalaman belajar yang diterima oleh mahasiswa selama pendidikannya (chronosystem) akan turut memengaruhi proses pemberian dan penerimaan umpan balik.
Simpulan: Perbedaan persepsi antara pemangku kebijakan, staf pengajar dan mahasiswa terkait proses pemberian umpan balik konstruktif pada chairside teaching diidentifikasi terutama penerimaan mahasiswa dan upaya tindak lanjut terhadap umpan balik yang diberikan. Perbedaan persepsi ini dipengaruhi oleh interaksi mahasiswa dengan berbagai sistem yang ada dalam lingkungan pembelajarannya sehingga dibutuhkan intervensi yang melibatkan dosen, mahasiswa, institusi serta intervensi terhadap interaksi antara ketiganya.

ABSTRACT
Background: Chairside teaching is one of the teaching-learning methods used in clinical stage of dentistry that enable students to provide direct care to patients under supervision. Despite being deemed competent after training with phantom head, real clinical experiences are still needed in which one of the roles of teachers is to give constructive feedback. Constructive feedback is an essential and powerful learning tool that gives opportunity for students to analyze what went well and what to improve. This study aimed to explore the practice of giving constructive feedback in the chairside teaching.
Methods: This qualitative study, adopting a case study design, obtained participants' perspectives on feedback through in-depth interview with leaders and focus group discussion (FGD) with students and clinical teachers. Data triangulation was carried out by observing the implementation of chairside teaching, as well as document analysis in January to April 2019. A thematic analysis was conducted to identify recurrent themes in relation to experiences of giving or receiving constructive feedback during chairside teaching.
Results: A total of 5 in-depth interviews, 2 FGDs with clinical teachers (8 and 6 teachers), and 2 FGDs with clinical students (8 students per group), were completed. Three main themes were identified. The first theme was the role of clinical teacher in dentistry. Clinical teachers realized the role as manager, giving guidance and supervision, teaching professionalism, and evaluating students' performance. Second, clinical learning with patients in dentistry. Supervision, the curriculum of clinical phase, and active involvement of students in the learning process, were discussed. Third theme was on feedback provision in chairside teaching. The feedback was provided in various ways and various challenges were identified in giving and receiving feedback.
Discussion: The process of giving feedback on chairside teaching is a cyclical interaction between students, clinical teachers, and patients. This interaction forms a system that is directly related to students (microsystem). According to the ecological system theory, several microsystems will be interconnected to form a mesosystem that will affect the acceptance and students' follow-up to the feedback. The other systems such as the curriculum of dental clinical stage (exosystem), institutional culture (macrosystem), and various learning experiences received by students during their education (chronosystem) might also influence the process of giving and receiving feedback.
Conclusion: There were differences in perceptions among respondents regarding the process of providing constructive feedback, especially on students' acceptance and follow-up efforts on the feedback given. It is influenced by student interaction with various systems that exist in the clinical learning environment so that a comprehensive intervention involving lecturers, students, institutions and interventions for interactions between those three aspects, is needed."
2019
T55518
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>