Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 30 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gabrielle Angela Christie
"Laporan magang ini membahas evaluasi atas kesesuaian antara teori strategi Customer Relationship Management dengan praktik nyata yang dijalankan oleh PT Bank IAN dalam menerapkan strategi Customer Relationship Management terhadap nasabahnya. Dalam pembahasannya, terdapat keterbatasan dalam data untuk mengevaluasi detail program atau protokol yang dijalankan pada PT Bank IAN. Karenanya, lingkup pembahasan hanya meliputi kesesuaian ekseksusi strategi Customer Relationship Management oleh PT Bank IAN dalam mengakusisi nasabah baru dan mempertahankan nasabah lama. Selain itu, laporan ini membahas evaluasi atas kesesuaian tim Divisi Relationship Manager Bank IAN dengan Teori Model Efektivitas Tim oleh Robbins & Judge (2015), serta stakeholder management nasabah. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kerangka evaluasi, yaitu teori yang telah dipelajari pada mata kuliah Pengantar Manajemen, Struktur, Proses, dan Perilaku Organisasi, Strategi dan Manajemen Kinerja Organisasi, serta beberapa referensi relevan lainnya, dengan pengalaman penulis selama menjalani magang pada Divisi Relationship Manager Bank IAN di PT Bank IAN. Melalui analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa praktik PT Bank IAN, walau agak berbeda dengan teori, memiliki esensi yang sama dengan kerangka evaluasi.

This internship report discusses about the suitability check of the Customer Relationship Management theory with the real practice carried out by PT Bank IAN in maintaining the relationship with its clients. Due to the data scarcity of PT Bank IAN’s customer acquisition programs and protocols, the report will not evaluate the program effectiveness. Thus, the scope of discussion includes the suitability evaluation of PT Bank IAN’S Customer Relationship Management strategy in acquiring new clients and retaining existing clients with theory. In addition, this report also evaluates the suitability of PT Bank IAN Relationship Manager Division with Effective Team Model by Robbins and Judge (2015) and client stakeholder management. Evaluation was conducted by comparing the evaluation framework, namely the lesson that has been studied in Introduction to Management, Structure, Process and Organizational Behaviour, Strategy and Organizational Performance Management courses, as well as several other relevant references, with the author’s internship experience in Bank IAN Relationship Manager Division at PT Bank IAN. From this analysis, it is concluded that real practices performed by PT Bank IAN has the same essence as the evaluation framework although has slight differences from the theory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Hardiansyah Priyo Utomo
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit substantif atas akun penjualan pada PT ABC yang dilakukan oleh KAP XYZ. PT ABC merupakan perusahaan yang bergerak di bidang agrikultur. Prosedur audit substantif atas akun penjualan dilakukan melalui beberapa langkah, yaitu pembuatan lead schedule, prosedur analitik substantif, prosedur cut-off, uji arm’s length, dan test of details. Evaluasi dilakukan dengan menganalisis kesesuaian antara prosedur audit substantif yang dilakukan KAP XYZ dengan Standar Audit yang berlaku dan literatur akademis. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur audit substantif KAP XYZ atas akun penjualan telah sesuai dengan Standar Audit dan literatur akademis. Selain melakukan evaluasi terhadap prosedur audit, laporan ini juga mencakup refleksi diri terhadap pengalaman selama kegiatan magang. Pembelajaran yang diperoleh meliputi pemahaman tentang proses audit dan akuntansi, kemampuan menjalin komunikasi yang baik, dan kemampuan beradaptasi. Refleksi diri juga mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, seperti peningkatan konsentrasi saat bekerja, penambahan pengetahuan, dan peningkatan kepercayaan diri. Langkah-langkah untuk pengembangan diri termasuk mengikuti pelatihan atau bootcamp terkait praktik audit dan akuntansi, belajar melalui kelas atau kursus online, serta pelatihan manajemen emosi.

This internship report aims to evaluate the substantive audit procedures for the sales account at PT ABC conducted by KAP XYZ. PT ABC is a company engaged in the agricultural sector. The substantive audit procedures for the sales account include the creation of a lead schedule, substantive analytical procedures, cut-off procedures, arm's length test, and test of details. The evaluation was carried out by analyzing the conformity of the substantive audit procedures performed by KAP XYZ with the applicable Audit Standards and academic literature. The results of the evaluation indicate that the substantive audit procedures performed by KAP XYZ for the sales account were in accordance with the Audit Standards and academic literature. In addition to evaluating the audit procedures, this report also includes a self-reflection on the experience gained during the internship. The learning outcomes include an understanding of the audit and accounting process, the ability to establish good communication, and adaptability skills. The self-reflection also identifies areas that need improvement, such as increasing concentration while working, expanding knowledge, and boosting self-confidence. Steps for self-improvement include participating in training or bootcamps related to audit and accounting practices, learning through online classes or courses, and emotional management training."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Firdaus Nikmatullah Akbar
"PT. ABC merupakan perusahaan investasi yang bertempat di Jakarta. Saat ini proses kegiatan manajemen risiko masih belum memadai sehingga memberikan dampak yang kurang optimal dalam meminimalisasi risiko-risiko yang dihadapi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi penerapan manajemen risiko pada kegiatan PT. ABC dengan harapan hasil dari evaluasi penerapan manajemen risiko dapat meningkatkan kualitas proses manajemen risiko. Penelitian dilakukan dengan melakukan penilaian tingkat kematangan manajemen risiko, evaluasi terhadap kebijakan manajemen risiko, dan evaluasi terhadap pelaksanaan manajemen risiko.

PT. ABC is an investment company located in Jakarta. Currently, the process of risk management activities is still inadequate so that it gives a lesser optimal impact in minimizing the risks faced by the company. The purpose of this study is to evaluate the implementation of risk management of PT. ABC activity in the hope that the results of the evaluation of the risk management implementation can improve the quality of the risk management process. The study was conducted by assessing the level of risk management maturity, evaluating risk management policies, and evaluating the implementation of risk management."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angelique Dasma Marsauli
"Laporan magang ini membahas terkait pelaksanaan prosedur audit yang dilakukan oleh KAP Bestfriend terhadap bank garansi dan letter of credit PT Bank Lucky, Tbk sebagai bagian dari general audit atas laporan keuangan untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2019 dan Evaluasi Diri. Bank Lucky sendiri merupakan perusahaan yang melakukan usaha dalam bidang jasa perbankan. Prosedur audit dilakukan berdasarkan Pedoman Audit KAP Bestfriend yang telah disesuaikan dengan International Standards on Auditing (ISA). Penulis membahas prosedur audit yang dilakukan tim audit terhadap bank garansi dan letter of credit untuk menilai kesesuaiannya dengan aturan/regulasi serta kebijakan akuntansi yang berlaku di Indonesia, yakni PSAK 50, 55, dan Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI). Hasil audit menunjukkan bahwa bank garansi dan letter of credit PT Bank Lucky, Tbk telah disajikan secara wajar untuk semua hal yang material. Dari hasil refleksi diri disadari bahwa peningkatan dan pengembangan diri dalam hal kemampuan hard skill (penggunaan aplikasi dan program komputer), kemampuan beradaptasi dan berkomunikasi, dan berpikiran kritis diperlukan demi perkembangan karir di masa depan.

This internship report discusses the implementation of audit procedures of KAP Bestfriend on Bank Lucky's bank guarantee and letter of credit as part of general audit for financial statements of the period ended on 31 December 2019. This internship report also includes Author's Self-Evaluation. PT Bank Lucky is a company which doing business in the banking services sector. The audit procedure was based on the KAP Bestfriend Audit Guidelines which have been adjusted to the International Standards on Auditing (ISA). The author discusses the audit procedures of the audit team on bank guarantees and letters of credit to assess their compliance with accounting rules/regulations and policies in Indonesia, namely PSAK 50, 55, and Indonesian Banking Accounting Guidelines (PAPI). The audit results show that PT Bank Lucky's bank guarantee and letter of credit have been fairly presented for all material matters. From the self-reflection result, it is realized that self-improvement and development in terms of hard skills (use of computer applications and programs), adaptability and communication skills, and critical thinking are necessary for future career development. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Zahra Mahatmarani
"Laporan magang ini merupakan pembahasan terkait evaluasi terhadap prosedur audit atas akun pendapatan jasa interkoneksi yang dilakukan oleh KAP PZM pada PT LAX untuk periode 31 Desember 2023. Evaluasi yang dilakukan berdasar pada literatur dan standar audit yang berlaku dan dilakukan berdasarkan pengalaman yang dilaksanakan di KAP PZM. Prosedur audit yang dibahas mencakup prosedur pengujian rinci atas akun pendapatan jasa interkoneksi PT LAX. Untuk prosedur pengujian rinci sendiri terdiri dari pembuatan lead schedule dan pengujian rinci vouching. Berdasarkan hasil evaluasi prosedur audit yang dilakukan, KAP PZM sudah melakukan prosedur sesuai dengan literatur dan standar audit yang berlaku. Selain evaluasi, laporan magang ini juga membahas proses refleksi diri selama menjalankan program magang serta tindak lanjut yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri menjadi individu yang lebih baik kedepannya.

This internship report discusses the evaluation of the audit procedures performed on the interconnection services revenue account of PT LAX by KAP PZM for the period ended December 31, 2023. The evaluation was based on the applicable literature and auditing standards, as well as the internship experience at KAP PZM. The audit procedures discussed include the test of details procedure for PT LAX's interconnection service revenue account. The test of details procedure consisted of preparing a lead schedule and performing tests of details. Based on the results of the evaluation of the audit procedures carried out, KAP PZM has performed the procedures in accordance with the applicable literature and auditing standards. In addition to the evaluation, this internship report also discusses the self-reflection process during the internship program and the follow-up actions that can be taken to support personal development and becoming a better individual in the future.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Damayanti
"Laporan magang ini membahas prosedur audit atas akun properti investasi PT MLA untuk laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2017. Perusahaan ini bergerak pada industri real estat. Pada tahun 2017, perusahaan mengubah kebijakan akuntansi untuk akun properti investasi yang semula menggunakan metode biaya menjadi metode nilai wajar. Berdasarkan PSAK 25 tentang kebijakan akuntansi, perubahan estimasi akuntansi dan kesalahan, mengatur bahwa perubahan kebijakan harus diberlakukan retrospektif sejak tahun dimana perhitungan kembali dapat dilakukan. Risiko lain yang melekat adalah kapitalisasi biaya ke dalam nilai properti investasi yang tidak sesuai dengan kriteria PSAK. Prosedur audit yang dilakukan adalah prosedur audit substantif yaitu pengujian terperinci. Secara umum, prosedur audit yang dijalankan oleh KAP KCSOL adalah telah sesuai dengan standar audit yang disyaratkan dan berdasarkan hasil prosedur audit, laporan keuangan PT MLA telah disajikan secara wajar sesuai pernyataan akuntansi yang berlaku, dimana tidak terdapat salah saji material baik karena fraud maupun error khususnya pada akun properi investasi.

This Internship Report discusses the audit procedures for PT MLA 39;s investment property account of financial statements for the year ending December 31, 2017. The company is engaged in the real estate industry. In 2017, the company changed its accounting policy for investment property account that originally used the cost method to be a fair value method. Based on PSAK 25 : Accounting Policies, Changes In Accounting Estimates and Errors, provides that changes in accounting policies should be applied retrospectively since the year in which recalculation can be determined. Another inherent risk for investment property account is improper capitalization of costs into investment property, that inconsistent with the PSAK criteria. The audit procedure performed is a substantive audit procedure and test of detail. In general, the audit procedures carried out by KAP KCSOL are in accordance with the required audit standards and based on the results of audit procedures, the financial statements of PT MLA have been fairly presented in accordance with the applicable reporting framework, where there is no material misstatement either due to fraud or error, particularly on investment property account.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Linda Tanumihardja
"

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh risk identification, risk measurement dan monitoring, risk controlling, dan bank size terhadap tingkat rasio non-performing loans pada industri perbankan di Indonesia. Objek penelitian yaitu seluruh bank umum yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia yang memublikasikan laporan tahunannya selama periode tahun 2011 sampai dengan 2015. Estimasi model penelitian terdiri dari tiga model yang dilakukan dengan menggunakan metode regresi data panel Feasible General Least Square (FGLS), Fixed Effect, dan Panel-Corrected Standard Errors (PCSE) secara berurutan. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa pada umumnya bank telah melaksanakan risk identification, risk measurement dan monitoring, risk controlling. Namun, dalam implementasinya belum sepenuhnya berjalan dengan efektif. Pengelolaan manajemen risiko kredit yang baik dan tepat dapat membantu bank, baik berukuran kecil maupun besar, untuk meminimalisir tingkat rasio non-performing loans.


This study aims to examine the impact of risk identification, risk measurement and monitoring, risk controlling, and bank size to non-performing loan ratio in Indonesian banking industry. The object of study is all commercial banks listed in the Indonesian Stock Exchange that published its annual reports during the period of 2011 to 2015. The model estimation consists of three models which is being employed by Feasible General Least Square (FGLS), Fixed Effect, Panel-Corrected Standard Errors (PCSE), respectively. The findings reveal that in general bank has implemented risk identification, risk measurement and monitoring, risk controlling. However, the implementation has not fully run effectively. Sound and proper credit risk management, both small and large bank, play important roles in minimizing non-performing loan ratio.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arnika Dwiyanti
"Pandemi COVID-19 berpengaruh besar terhadap kemampuan perusahaan untuk bertahan hidup, dan yang paling marak adalah melalui merger dan akuisisi (M&A), yaitu dalam kondisi perbankan di Indonesia, diperkuat dengan adanya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12/POJK.03/2020 Tentang Konsolidasi Bank Umum. Dengan ini, kegiatan M&A di industri Perbankan Indonesia makin marak, sehingga tidak dapat lepas dari peran auditor selaku praktisi yang memiliki kompetensi dalam melakukan financial due diligence (FDD) atau uji tuntas keuangan untuk menyoroti aspek-aspek kritis yang terdampak langsung maupun yang tidak terdampak langsung dengan kondisi pandemi sehingga mampu mengurangi risiko kegagalan M&A melalui konfirmasi kebenaran data. Tujuan penelitian berfokus pada evaluasi proses FDD untuk mendukung M&A agar tidak terjadi kerugian dan berhasil menciptakan penambahan nilai bagi pemegang sahamnya. Untuk memahami praktik tersebut, penelitian metode campuran konkuren diterapkan pada kasus akuisisi PT Bank Mayora (Mayora) oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) melalui wawancara dan dokumentasi. Evaluasi penelitian ini tidak hanya dalam lingkup M&A seperti penelitian sebelumnya, namun mengusung proses FDD M&A industri perbankan terhadap berlakunya POJK tersebut di masa pandemi COVID-19. Hasil penelitian menemukan beberapa aspek baru yang menjadi sudut pandang tambahan yang lebih luas bagi auditor dalam melakukan FDD, juga termasuk perkembangan proses dan prosedur FDD ke arah yang lebih berbasis teknologi.

The COVID-19 pandemic took enormous effect on company's ability to survive, and the most popular way to survive is through mergers and acquisitions (M&A), which in Indonesia, is triggered by the stipulation of Financial Services Authority Regulation Number 12/POJK.03/2020 on Commercial Bank Consolidation. Thus, M&A activities in Indonesian Banking industry were increased, in relation to the role of engaged auditors as practitioners who have competency in conducting financial due diligence (FDD) through critical aspects that are directly and not directly affected with pandemic conditions. This research focused on FDD process evaluation to support the aims on reducing failure of M&A by confirming the veracity of data, so it could prevent loss and create value for shareholders. To understand the practice, concurrent mixed method research was applied to the acquisition case of PT Bank Mayora (Mayora) by PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) through interviews and documentation. The evaluation of this research is not only within the scope of M&A in previous research but carries the banking industry's FDD for M&A process to comply on POJK during the COVID-19 pandemic. The study finds some new aspects to contribute wider points of view for auditors in conducting FDD, including technology based FDD development of process and procedures."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Dhaifan Attallah Anda
"Laporan magang ini berisi evaluasi mengenai persiapan PT ABC dalam pengisian SPT PPh badan untuk PT IPI sesuai dengan kepatuhan terhadap Pedoman Direktorat Jenderal Pajak. Evaluasi yang dilakukan dalam laporan ini bertujuan untuk menilai Alur Pelaporan SPT PPh Badan di PT ABC, input awal ke Formulir 1771, equalisasi pajak, dan klarifikasi data yang diajukan oleh klien. Selain itu, aspek penting dari laporan magang ini adalah identifikasi perbedaan antara ringkasan penerimaan Pajak Penghasilan Pasal 23 dan jumlah biaya bunga. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, praktek-praktek ini sesuai dengan peraturan yang ada serta memfasilitasi layanan yang menyeluruh. Lebih dari sekadar evaluasi, laporan magang ini juga mencakup penilaian diri yang kritis yang dilakukan oleh magang selama masa kerja mereka di PT ABC. Latihan introspeksi ini adalah bagian integral dari proses pembelajaran yang berkelanjutan, membentuk dasar yang kuat untuk kemajuan profesional mereka di masa depan.

This internship report contains a review of PT ABC’s preparation of corporate tax returns for PT IPI according to the compliance towards Directorate General of Taxes Guidelines. The evaluation carried out in this report is aimed at assessing the Corporate Tax Return Reporting Flow at PT ABC, initial input to Form 1771, tax equalization, and clarification of client’s submitted data. Additionally, a significant aspect of this report is the identification of the difference in Income Tax Article 23 receipt summary and the amount of interest expense. Based on the evaluation carried out, these practices are in accordance with the existing regulations as well as facilitating a thorough service. Beyond mere evaluation, this internship report constitutes a critical self-assessment carried out by the intern during their tenure at PT ABC. This introspective exercise is an integral part of their continuous learning process, forming a robust foundation for their future professional progression."
2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Jihad Wisnubhakti
"Laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit uji substantif KAP AWD atas transaksi kombinasi bisnis entitas sepengendali pada PT BTR, sebuah perusahaan jual- beli alat berat dan suku cadangnya, di tahun 2022. Fokus dari pembahasan pada laporan magang ini adalah menganalisis kesesuaian antara praktik prosedur audit yang telah dilaksanakan dengan standar audit (SA) yang berlaku. Praktik prosedur audit yang dianalisis terbatas pada salah satu tahap audit uji substantif yakni, test of details. Hasil analisis menunjukkan bahwa prosedur test of details yang telah dilakukan KAP AWD atas transaksi kombinasi bisnis sepengendali di tahun 2022 telah sesuai dengan standar audit yang berlaku.

This internship report aims to evaluate the audit procedure for the substantive test of KAP AWD on the business combination under common control transactions at PT BTR, a trading company which sell heavy equipments and its spareparts, in 2022. The focus of the discussion in this internship report is to evaluate the compatibility between the practice of audit procedures that have been implemented by KAP AWD with applicable auditing standards. The evaluation is limited to the audit substantive procedures, test of details, analysis results. Based on the analysis made, the test of details carried out by AWD KAP on Business Combination under common control transactions in 2022 has been done appropriately according to the applicable audit standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>