Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 30 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Titis Hutami
"Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana koleksi buku perpustakaan SMP Negeri 2 Depok sudah dimanfaatkan, mengetahui jenis bacaan mana yang banyak diminati, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan koleksi buku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Untuk mengamati, mengumpulkan informasi dan menyajikan analisis penelitian dilakukan pendekatan penelitian. Penelitian ini lebih menekankan pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang berkisar pada masalah pengukuran. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti yaitu wawancara informal terhadap kepala sekolah, staf perpustakaan dan beberapa siswa pengunjung, serta pengumpulan data dengan menggunakan koleksi buku beserta catatan peminjaman buku. Sampel penelitian adalah buku-buku yang dapat digunakan di luar perpustakaan, yang terdaftar sampai dengan bulan Juli 1994. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi buku perpustakaan belum dimanfaatkan secara optimal. Secara keseluruhan koleksi buku perpustakaan baru 26% yang dimanfaatkan siswa dalam tahun ajaran 1994/1995. Frekuensi rata-rata perbuku dimanfaatkan siswa hanya 4 kali. Jenis bacaan yang paling banyak diminati dan dimanfaatkan siswa adalah buku fiksi, terutama buku cerita petualangan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya pemanfaatan koleksi buku perpustakaan yaitu : kualitas koleksi buku, organisasi koleksi buku, ruangan perpustakaan, petugas perpustakaan, dan program perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15663
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Latul, Hengky
"Penelitian mengenai perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar ini telah dilakukan di sejumlah perpustakaan Sekolah Menengah, Atas Negeri di Jakarta Pusat pada bulan April sampai bulan Juni 1990. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui sampai sejauh manakah keterlibatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar-mengajar bagi guru dan murid di sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan di 7 perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri di Wilayah Jakarta Pusat. Tehnik pengolahan data menggunakan prosentase dan Skala sikap Likert. Proses pengolahan data di.jelaskan. Hasi1 penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan pemahaman akan fungsi dan tujuan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar-mengajar cukup baik. Namun guru masih bersikap negatif terhadap perpustakaan. Di samping itu fasilitas sarana dan prasarana di perpustakaan sekolah sangat memprihatinkan serta ketrampilan dalam mengelola perpustakaan sama sekali belum dimiliki oleh petugas perpustakaan karena tidak mempunyai latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan. Layanan perpustakaan sekolah juga belum dilaksanakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada serta koleksi perpustakaan sekolah yang pada umumnya masih lemah dan belum terarah. Eksistensi perpustakaan sekolah juga sangat tergantung pada sikap kepala sekolah se1aku pemegang kebijaksanaan dalam pendanaan serta sumber dana yang terbatas. Kesempatannya ini merupakan faktor penghambat yang mengakibatkan perpustakaan sekolah tidak dapat menjalankan fungsi dan peranannya dengan baik. Akhirnya beberapa rekomendasi dan usul penulis ajukan sebagai jalan keluar untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di perpustakaan sekolah."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S15123
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rohana B.T.E. Mahmood
"Penelitian mengenai penggunaan dan reaksi pemakai terhadap koleksi bentuk mikro telah dilakukan di Perpustakaan Sultanah Zanariah, Universiti Teknologi Malaysia pada 12 _ 30 Januari 1992. Tujuannya ialah untuk mengetahui daya guna bentuk mikro sebagai salah satu koleksi Perpustakaan dan reaksi pemakai bila menggunakan koleksi tersebut yang memerlukan alat baca untuk membacanya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa, dan statistik peminjaman koleksi bentuk mikro (mikrofilm dan mikrofis) dari tahun ajaran 1987/86 sampai dengan 1990/91. 96% responden menggunakan koleksi bentuk mikro, sementara 4% responden tidak pernah menggunakan koleksi tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa koleksi bentuk mikro terutama mikrofilm lebih banyak digunakan dari koleksi mikrofis. Alasan utama pemakai menggunakan koleksi bentuk mikro ialah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh staf pengajar terutama untuk menyelesaikan makalah, skripsi dan sebagainya. Rata-rata pemakai menunjukkan reaksi bahwa bentuk mikro tidak sepeti buku maka masalah utama yang dihadapi ialah sulit untuk membalik-balikkan halaman jika mereka ingin kembali atau mengacu halaman sebelumnya. Selain itu membaca koleksi bentuk mikro menyebabkan kelelahan mata."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15468
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Dorea Masa
"Topik skripsi ini mengenai minat dan kebiasaan membaca mahasiswa SI Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Uni_versitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan kebiasaan mahasiswa SI JIP-FSUI secara umum-terhadap jenis terbitan tertentu, yaitu buku, majalah, koran dan tabloid--dengan mengacu pada beberapa segi pokok: jenis bahan bacaan yang dibaca, dan diantara jenis-jenis bacaan tersebut mama yang paling banyak dibaca, waktu yang digunakan untuk membaca setiap harinya, nama bahan bacaan yang dibaca, subjek atau topik bahan bacaan yang diminati, alasan utama membaca bahan bacaan, cara utama untuk memperoleh bahan baca_an, serta kegiatan apa yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa minat dan kebiasaan membaca mahasiswa S1 JIP-FSUI secara umum sudah cu_kup baik. Hal itu terlihat dari waktu yang mereka pergunakan untuk - membaca tiap harinya yang umumnya berkisar antara 1 sampai dengan lebih dari 2 jam, bervariasinya jenis bacaan yang mereka baca, alasan-alasan yang mereka kemukakan sehing_ga mereka membaca-umumnya atas dasar kesadaran yang tumbuh dari diri sendlri, cara-cara yang mereka tempuh untuk menda_patkan bahan bacaan, serta dari pengisian waktu luang mereka, yang oleh sebagian besar dari responden diisi dengan membaca."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Porwanto
"Penelitian tentang konsepsi pemikiran kepustakawanan Mastini Hardjoprakoso bertujuan untuk memberikan gambaran kecenderungan pemikiran kepustakawanan Mastini Hardjoprakoso dan kontribusinya terhadap perkembangan perpustakaan nasional di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur sumber-sumber primer dan sekunder yang dapat diperoleh sesuai dengan judul penelitian, dan wawancara terhadap beberapa pelaku sejarah yang hidup di zaman Mastini termasuk wawancara terhadap Mastini sendiri. Wawancara dimaksudkan untuk melengkapi data yang diperoleh dari sumber tertulis. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan gambaran mengenai biografi Mastini, baik pemikiran maupun aktivitasnya di bidang kepustakawanan. Sebab penelitian tidak hanya mengungkap segi pemikiran kepustakawanan Mastini, juga memberikan deskripsi riwayat hidup Mastini yang melatarbelakangi konsepsi pemikiran Mastini di kemudian hari terutama tentang kepustakawanan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15408
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sudjono
"Penelitian tentang kepuasan siswa terhadap koleksi dan layanan di perpustakaan SMUN 68 Jakarta pada bulan April 1996. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pemakai mengunjungi perpustakaan SMUN 68, bagaimana tingkat kepuasan siswa terhadap koleksi dan layanan perpustakaan SMUN 68, apakah ada hubungan antara kepuasan siswa terhadap koleksi dan layanan secara keseluruhan dengan frekuensi kunjungan ke perpustakaan SMUN 68, mengetahui apakah ada perbedaan antara kepuasan siswa kelas 1, 2, dan 3 terhadap koleksi dan layanan perpustakaan SMUN 68 secara keseluruhan. Data yang diperlukan bagi penelitian ini diambil dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner. Kuesioner disebarkan secara insidentil kepada para siswa yang berkunjung ke perpustakaan SMUN 68 sewaktu penelitian ini berlangsung. Pengolahan data dilakukan secara manual dan perhitungannya menggunakan rumus persentase, skala numerik, dan rumus Chi-Square."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15361
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isti Suryaningrum
"Penelitian mengenai pelestarian dan pengawetan koleksi peter Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang telah di lakukan pada bulan Oktober 1991 di Perpustakaan Nasional RI dan Arsip Nasional RI Jakarta, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana sistem perawatan koleksi peta sebagai salah satu jenis koleksi di Perpustakaan Nasional RI, sudah diterapkan berdasarkan metode yang digunakan perpustakaan tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara beberapa responden serta observasi langsung ke tempat penelitian. Hasil panelitian menunjujkan bahwa perawatan koleksi peta di Perpustakaan Nasional RI pada dasarnya sudah dilakukan dengan baik walaupun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti, penggunaan Air Conditioning (AC), ruang penyimpanan koleksi, dan proses perbaikan koleksi yang maaih dilakukan di Arsip Nasional RI. Agar kelestarian koleksi peta Perpustakaan Nasional Rl dapat lebih terjaga dengan baik, usaha-usaha yang perlu dipertimbangkan, adalah sebagai berikut: Pengadaan laboratorium pengawetan agar kegiatan pengawetan dapat dilakukan sendiri oleh pihak Perpustakaan Nasional. Perluasan ruang penyimpanan koleksi dengan mempertimbangkan penambahan jumlah peta. Pertimbangan letak ruang koleksi demi kelancaran proses pengalahan koleksi peta berkisarkan alur kerja yang sudah di tentukan. Dengan pemakaian AC secara terus menerus serta peningkatan pengawarsan suhu dan kelembaban di ruang penyimpanan koleksi. Pengadaan katalog kartu sebagai sarana penelusuran koleksi bahkan komputerisasi koleksi jika dana yang dimiliki sudah memungkinkan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15426
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sofi Suwaris
"Ada berbagai fungsi dan tujuan dari perpustakaan sekolah, salah satunya adalah untuk meningkatkan minat baca para siswa. Program Book Week merupakan suatu program yang bisa dilakukan oleh perpustakaan yang bertujuan untuk mengakrabkan anak dengan buku dan meningkatkan minat baca mereka. Penelitian mengenai Program Book Week di British International School bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan.dan minat para siswa terhadap program ini serta menunjukkan bagaimana program ini.mempengaruhi kegiatan membaca para siswanya. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden, wawancara dengan para pustakawan serta dari pengamatan penulis sendiri. Hasilnya menunjukkan bahwa para siswa berminat terhadap berbagai aktivitas yang diselenggarakan dalam program Book Week. Aktivitas yang paling disukai secara berturut-turut adalah jumpa pengarang, aneka lomba, DEAR, Book Buddies, Readathon dan mendongeng. Aktivitas-aktivtas tersebut merangsang para siswa untuk membaca, terbukti dengan jawaban para siswa (60%) yang mengatakan bahwa mereka lebih banyak membaca ketika program Book Week berlangsung. Tanggapan para siswa terhadap keseluruhan program Book Week sangat postif, terbukti dengan jawaban para siswa yang sangat suka (35%) dan suka (31%) dengan acara Book Week. Program Book Week merupakan kegiatan yang menarik bagi anak-anak dan bisa dijadikan sebagai contoh program yang bisa dilakukan oleh perpustakaan-perpustakaan sekolah di Indonesia. Yang diperlukan hanyalah sedikit kreatifitas, antusiasme dan kerja keras dari para guru dan terutama pustakawan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15300
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widjantoro
"Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) sebagai salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia telah menayangkan siarannya kurang lebih 10 tahun sejak tanggal 23 Januari 1991. Pendidikan sebagai bagian dari namanya dan siaran yang diadakan menjadi suatu hal yang penting dan sangat disayangkan bila tidak tersampaikan kepada masyarakat dengan baik. Proses penyiaran yang cukup kompleks didukung oleh sarana dan prasarana yang baik, seperti video dan peralatan pendukungnya sebagai suatu hal yang penting, oleh karena itu agar proses penyiaran berlangsung dengan baik, dibutuhkan usaha pelestarian dan pengawetan video yang baik hingga tetap dapat dipakai selama mungkin. Pengoleksian video menjadi suatu keharusan di stasiun penyiaran karena saat ini stasiun penyiaran masih harus menggunakan video dalam menyiarkan segala acaranva. termasuk dalam hal ini yaitu stasiun penyiaran TPI. TPI sebagai stasiun televisi juga mempunyai perpustakaan yang bernama Pusat Dokumentasi dan Informasi (PUSDASI) yang bertugas untuk menyimpan. mengolah dan menemukan kembali koleksi video untuk mendukung penyiaran di stasiun tersebut. Dalam struktur organisasi TPI, perpustakaan tersebut berada di bawah unit Informasi dan Teknologi (IT). Perpustakaan ini dikelola oleh seorang pustakawan D3 dan 2 orang staf nya. Pengelolaan video di perpustakaan termasuk penyimpanan. perawatan dan pemakaiannya dibahas secara umum. Ada pun yang menjadi objek permasalahan adalah perpustakaan TPI. Pelestarian dan pengawetan video di perpustakaan yang direkomendasikan meliputi: (1) Perawatan suhu dan kelembaban yang rendah dan stabil; (2) Penghilangan debu dan cetakan-cetakan jari; (3) Pencegahan mechanical deformation (perubahan mekanis); (4) Pengaturan radiasi ultra violet dan cahaya; (5) Pengaturan medan magnetis (untuk pembawa magnetis); (6) Pemakaian peralatan replay yang dirawat dengan baik; (7) Penulis menambahkan 3 hal lain yaitu: (a) Antisipasi bencana; (b) Kerja sama; (c) Kebijakan. Secara umum pelestarian dan pengawetan koleksi video di perpustakaan TPI (PUSDASI) cukup baik karena telah mendukung dengan baik penyiaran TPI."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15657
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vivin Nuraizah
"Penelitian mengenai peranan perpustakaan sekolah dalam membina minat baca siswa telah dilakukan di Sekolah Menengah Umum 8 (SMU 8), Jakarta, pada bulan Februari dan Maret 1995, tujuannya ialah untuk mengetahui minat baca siswa SMU 8, upaya-upaya yang dilakukan perpustakaan sekolah, dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan dalam pembinaan minat baca tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Cara penyusunan kuesioner, pembentukan kerangka sampel dan pemilihan sampel dijelaskan. Hasilnya menunjukkan bahwa minat baca responden didukung oleh faktor lingkungan keluarga yang suka membaca (90,23%) dan ketersediaan bahan bacaan. Walaupun 59,38% responden hanya 1 kali dalam seminggu berkunjung ke perpustakaan sekolah dan 43,75% yang membaca buku 1 buah atau bahkan tidak membaca buku sama sekali, manfaat perpustakaan sudah mereka rasakan. Manfaat itu terutama dalam menunjang kegiatan belajar mereka (87,5%). Minat dan kebiasaan membaca siswa ini tidak terlepas dari upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru pustakawan untuk terus meningkatkan daya guna perpustakaan, yang antara lain: menambah koleksi, menambah fasilitas perpustakaan, memperbaiki gedung, memberi kesempatan kepada staf untuk mengambil kursus perpustakaan, dan memberi hadiah kepada siswa yang membaca buku paling banyak. Guru pustakawan juga mengundang orang tua murid agar turut bekerja sama. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembinaan minat baca ini adalah dana dan guru. Karena itu perlu diadakan kampanye penerangan tentang fungsi dan peranan perpustakaan sekolah bagi guru, sehingga mereka ikut berpartisipasi memanfaatkan layanan di perpustakaan sebagai contoh bagi siswa mereka."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15538
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>