Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Clarissa Winona
"
ABSTRAKKesehatan merupakan hal yang penting di setiap individu manusia. Hal ini dikarenakan kesehatan merupakan kebutuhan pokok dan unsur utama dalam kehidupan agar manusia dapat beraktivitas secara optimal. Rumah Sakit merupakan tujuan utama apabila mengidap suatu penyakit. Kenyataannya, tidak semua Rumah Sakit dianggap kredibel, setiap individu cenderung memilih fasilitas kesehatan mana yang paling baik baginya. Namun, mahal dan terkenalnya suatu Rumah Sakit tidak menentukan secara absolut bahwa Rumah Sakit tersebut merupakan yang terbaik. Malpraktik merupakan salah satu aktivitas yang paling berbahaya dan dapat terjadi pada semua pasien. Malpraktik dapat terjadi pada dokter dan tenaga kerja kesehatan lainnya, tidak terkecuali tenaga kerja pada produsen obat. PT Kalbe Farma selaku produsen obat terbesar di Indonesia melakukan kesalahan pelabelan obat injeksi yang menyebabkan dua pasien urologi di RS Siloam meninggal dunia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) selaku pihak yang berwenang mengeluarkan beberapa perintah agar PT Kalbe Farma menarik obat injeksi Buvanest Spinal dan Asam Traneksamat serta memberhentikan produksi obat tersebut. PT Kalbe Farma dan RS Siloam pun menggunakan berbagai strategi untuk mengatasi krisis dan memperbaiki citranya pada publik. Berdasarkan hal tersebut, dalam jurnal ini penulis menggunakan dua konsep besar yaitu Persepsi dan Strategi Public Relations untuk menganalisis lebih dalam mengenai kasus yang terjadi.
ABSTRACTHealth is a substantial thing in every individual. It is because health is a basic needs and main factor in life so that people optimally active. Hospital is a main destination of people who have an illness. In fact, not all hospital has a great credibility, every individual tend to choose which health care facility that the best for them. The credibility of a hospital not depends on the high-price and well-known named. Malpractice is one of the activity that most dangerous and it can be happen in every single patient. Malpractice can cause by doctors and others health labour, also labour in medication industry. PT Kalbe Farma as a biggest medication producer in Indonesia committed mistake in medication injection labelling that cause the death accidents in two patients of urology at Siloam Hospital. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) as the authority issued orders for PT Kalbe Farma to immediately take out Buvanest Spinal and Asam Traneksamat in the market, also suspend the production of that medication injection. PT Kalbe Farma and Siloam Hospital implement various strategy to overcome this crisis and improve the image of the company in public. Based on that, the author using two main concepts, Perceptions and Public Relations Strategic for more analyzing about this case."
2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Amelia Indah Sari
"
ABSTRAKTransportasi merupakan sarana vital bagi manusia perkotaan saat ini. Di Indonesia sendiri, khususnya di Jakarta malah terjadi peledakan jumlah kendaraan hingga menyebabkan macet yang tak terhindarkan di setiap harinya.Untuk mengatasi kemacetan seperti ini, Pemerintah DKI Jakarta sedang mengembangkan transportasi massal yang aman dan nyaman seperti Transjakarta, Kopaja AC, Monorail, dll. Disaat masalah transportasi belum terpecahkan, muncul berbagai macam transportasi berbasis teknologi yang mudah dan menawarkan berbagai fitur dan harganya murah seperti misalnya Go-Jek, Blu-Jek, GrabTaxi, Uber, dan lain sebagainya. Diantara transportasi berbasis teknologi ini yang paling kontroversial adalah Uber. Hal ini dikarenakan Uber sangat disukai masyarakat namun banyak melanggar aturan sehingga dikecam oleh Pemerintah. Brand Activation adalah sebuah konsep yang dirasa mampu membedah fenomena ini. Konsep Brand Activation terdiri dari prduk, identitas, pegawai dan komunikasi. Dengan membedah ke-empat hal ini, dapat dilihat bahwa Uber telah melakukan Brand Activation. Tetapi sayang, Brand Activation yang dibangun Uber kurang maksimal sehingga timbul banyak masalah terutama dengan pemerintah.
ABSTRACTTransportation becomes a vital element in the urban age nowadays. In Indonesia, especially in Jakarta, the very huge amount of vehicle causing one of the biggest problem in the daily activities of the citizens, traffic jam. To overcome this situation, the government of DKI Jakarta is now developing the mass transportation which is better than the previous, such as, Transjakarta, Kopaja AC, Monorail, etc. During this critical moment, where the problem has not been solved yet, another kinds of transportation like Go-Jek, Blu-Jek, GrabTaxi, and Uber, appears to be an alternative way. These technology-based transportation brings us a new feature in terms of simplicity, comfortness, and the cost as well. Among many technology-based transportation, Uber is considered to be the controversial one for the reason of infringement of the government regulation, contrary to the fact that Uber is well appreciated by the public. Brand Activation is a concept that regard as a way to dissect this phenomenon. This concept consists of product, identities, employee and communications. By dissecting these fourth elements, it can be seen that Uber has been doing the Brand Activation. Unfortunately, the Brand Activation which has been built by Uber is not maximal and it is impacted to emerge many problems especially with government."
2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Raditya Indera Syahreza
"
ABSTRAKGlobalisasi telah menciptakan dunia yang semakin terbuka dan adanya saling ketergantungan (dependensi) antarnegara yang cukup besar. Indonesia misalnya adalah salah satu negara yang memiliki ketergantungan besar terhadap negara lain terutama untuk membantu mengolah sumber daya alamnya. Ketergantungan ini terlihat dari banyaknya perusahaan transnasional (TNC) yang beroperasi di Indonesia. Banyaknya TNC sebenarnya adalah hal yang bagus karena berarti pemerintah berhasil membangun suasana ekonomi yang kondusif bagi negara lain untuk berinvestasi. Teori yang dapat digunakan untuk mengkaji beroperasinya TNC disebuah negara adalah teori diplomasi perusahaan. Pada diplomasi perusahaan setiap TNC harus mempertimbangkan keinginan-keinginan negara tuan rumah dan bertindak secara etis menggunakan keempat elemen kebiasaan diplomasi perusahaan. Keempat elemen itu adalah personal, learning, openness,and mindset. PT Freeport Indonesia adalah perusahaan pertambangan yang paling lama beroperasi di Indonesia. Ternyata banyak praktik-praktik bisnis PTFI yang melanggar empat elemen tersebut. Pelanggaran terhadap keempat elemen kebiasaan diplomasi perusahaan tersebut juga berdampak pada citra PTFI di mata masyarakat.
ABSTRACTGlobalization has made the world more open and dependency between countries are even greater. Indonesia for example, is one country that has a large dependence on other countries. Especially in processing it?s natural resources. This dependence is evident from the many transnational corporations (TNCs) operating in Indonesia. The number of TNC is actually a good thing because it means the government managed to build an conducive economy atmosphere for other countries to invest. One of the theory that can be used to assess the operation of the TNC in a country is the theory of corporate diplomacy. In corporate diplomacy TNC should consider the wishes of the host country and act ethically using four behavioral elements of corporate diplomacy. The fourth elements are personal, learning, openness, and mindset. PT Freeport Indonesia is the longest operating mining corporation in Indonesia. Apparently there are a lot of PTFI?s business practices that violates those four elements. Violations of the four elements of corporate diplomacy also have an impact on the PTFI's image in the public?s eyes."
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Claudia Michelle Paramesvari
"
ABSTRAKDewasa ini, sedikit usaha yang dilakukan untuk menelaah isu yang berhubungan dengan pemasaran dalam industri pemakaman, khususnya taman makam. Padahal, industri ini memiliki prospek cerah khususnya diIndonesia. Selain permintaan yang semakin meningkat, ditemukan adanya pertumbuhan tren melaksanakan upacara pemakaman yang mewah - termasuk pembelian lahan makam premium oleh orang-orang kaya di Indonesia. Di lain sisi, memasarkan produk industri pemakaman dianggap sulit oleh karena adanya beberapa kendala seperti sifat produk yang kontroversial ataupun kebudayaan setempat menyangkut kematian. Pemasaran memainkan peran penting dalam jenis perusahaan apapun. Namun, ketika menyangkut bisnis pemakaman, kemampuan untuk memasarkan brand dapat menjadi faktor yang sangat menentukan kesuksesan perusahaan.
Brand activation merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat berpengaruh dalam menciptakan ekuitas brand pada benak konsumen. Dengan brand activation yang mumpuni, pemakaman yang dianggap seram dapat dianggap sebagai tempat wisata, sementara lahan makam dapat laku keras meski dibanderol harga hingga milyaran Rupiah. Pada penulisan ini akan dibahas lebih jauh mengenai empat pilar yang menyokong aktivitas brand activation ? identitas, produk & layanan, karyawan dan komunikasi, serta praktiknya oleh salah satu pemain industri pemakaman terbesar di Indonesia, San Diego Hills Memorial Park
ABSTRACTPresently, a little effort has been done to examine issues related to marketing in funeral industry,spesifically cemetery. Meanwhile, in Indonesia, the industry itself has a promising prospect since the demand continuosly raises and moreover, there is the growing trend for luxurious funeral ceremonies ? including purchase of premium cemetery lot, among wealthy Indonesians. On the other hand, marketing products of funeral industry is considered precarious for its product?s controversial nature and for local custom or cultural issues on death. Marketing plays a central role on any kind of company, but when it comes to cemetery business, the ability to market the brand can be the deciding factor to determine the company?s success in the industry.Brand activation is one of the marketing strategy that affects brand equity. Savvy brand activation can make a creepy visit to a cemetery seems no longer creepy but fun as an excursion, it also can make people crave for a hundred million rupiah priced cemetery lot. This review will examine further on the cornerstones of brand activation ? identity, product & services, and communication, and its practice by one of the biggest company in the funeral industry in Indonesia, San Diego Hills Memorial Park."
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Hendi Herdiansyah
"Pengelolaan pelanggan menjadi hal yang penting untuk mempertahankan bisnis dalam tingginya persaingan, khususnya pada bisnis UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan penerapan MPR dan CRM pada Warkop Cumlaude Depok sebagai bisnis UMKM dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan MPR yang diterapkan oleh Warkop Cumlaude bergantung pada komunikasi word of mouth dari pelanggan dan penerapan CRM paling dapat terlihat pada cara pengumpulan data dan informasi pelanggan dan upaya pengelola dalam merespon komplain pelanggan. Dari penerapan dua konsep MPR dan CRM pada Warkop Cumlaude sebagai bisnis kecil, penelitian ini juga menemukan bahwa loyalitas pelanggan Warkop Cumlaude termasuk ke dalam klasifikasi spourious loyalty.
Customer loyalty management becomes an important element in its performance in SMEs business. This study aims to identify and explain the implementation of MPR and CRM of Warkop Cumlaude Depok as a SMEs business in maintaining customer loyalty. This research uses post-positivism paradigm and qualitative approach with case study strategy. The results of this study show that MPR implemented by Warkop Cumlaude Depok depends on the word of mouth communication from customers and the implementation of CRM is most visible in the management effort in response from the customer. From the implementation of MPR and CRM in Warkop Cumlaude Depok as a SMEs business, the research finds that customer loyalty of Warkop Cumlaude Depok is classified to spurious loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library