Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 51 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pradizza Septiana Putri
"Keberadaan rancangan undang-undang redenominasi Indonesia meningkatkan kemungkinan terjadinya perubahan pada mata uang rupiah dalam waktu dekat. Ketika Dewan Perwakilan Rakyat kelak mengesahkannya menjadi undang-undang, tiga digit nol akan menghilang dari nominal rupiah saat ini. Penelitian ini berusaha menguji apakah perubahan itu akan mengakibatkan timbulnya ilusi uang pada konsumen di Indonesia. Dalam penelitian ini, ilusi uang diteliti pada 104 mahasiswa dengan metode eksperimental. Perbedaan willingness to pay (WTP) mahasiswa diamati menggunakan 2 (jumlah nol: normal vs redenominasi) x2 (batasan anggaran: tinggi vs rendah) between subject factorial design. Meskipun ada indikasi bahwa WTP mahasiswa pada kondisi anggaran tinggi dan jumlah nol normal cenderung lebih tinggi daripada WTP mahasiswa yang diberi anggaran rendah ataupun jumlah nol redenominasi, perbedaan itu tidak signifikan (F=0,248, p>0,05, partial η2=0,002). Dengan demikian, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa ilusi uang tidak akan timbul saat redenominasi diberlakukan. Oleh sebab itu, baik konsumen maupun pelaku bisnis tidak perlu cemas akan diterapkannya kebijakan redenominasi kelak.

The existence of Indonesian redenomination draft raise a possibility that a change will be seen on the currency of rupiah in the near future. When the house of representatives legalize the draft as a new law, three digits of zero will disappear from the nominal of rupiah. This study examines whether such change will create money illusion on Indonesian consumer. In this study, money illusion is observed on 104 college students using the experimental method. The difference between students’ willingness to pay (WTP) is observed under the 2 (amount of zero: normal vs redenomination) x2 (budget constraint: high vs low) between subject factorial design. Although this study indicates that students treated in the high budget and normal amount of zero condition tend to have higher WTP than students treated in low budget or redenomination condition, the difference is insignificant (F=0,248, p>0,05, partial η2=0,002). Therefore, the results of this study indicates that money illusion will not occur in times of redenomination. Hence, this study suggests that consumers and business owner should not be worried about the implementation of redenomination in the future."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S44910
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puji Astuti
"Dalam keseharian, pembuatan rencana untuk mengerjakan tugas merupakan hal yang lumrah dilakukan, namun ketika waktu pelaksanaan rencana tersebut sudah tiba, apakah pembuat rencana benar-benar melaksanakannya sesuai rencana atau menundanya? Penelitian field eksperiment dilakukan untuk melihat pengaruh dari keterhubungan psikologis terhadap temporal discounting pada pelaksanaan tugas. Sebelum penelitian dilakukan, partisipan diminta menentukan kapan dirinya bersedia mengikuti penelitian. Sebanyak 66 partisipan dibagi secara random menjadi dua kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok eksperimen. Pada waktu yang telah partisipan tentukan sendiri sebelumnya, partisipan menerima manipulasi keterhubungan psikologis dari Bartel dan Rips (2010) yang telah dimodifikasi sebelum memutuskan apakah akan mengikuti penelitian pertama yang akan dilaksanakan saat itu juga sesuai dengan rencana sebelumnya, atau mengikuti penelitian yang akan dilaksanakan pada minggu selanjutnya. Kelompok kedua merupakan kelompok kontrol, kelompok ini tidak menerima manipulasi apapun sebelum menentukan pilihannya. Hasil analisis chi-square test for independence menunjukkan tidak adanya pengaruh keterhubungan psikologis terhadap temporal discounting pada pelaksanaan tugas χ2 (1, N=66) = 1.29, p<.256. Pada bagian akhir, dibahas mengenai metode penelitian temporal discounting pada pelaksanaan tugas yang pertama kali dilakukan pada penelitian ini serta aspek-aspek pengambilan keputusan dengan konsekuensi yang akan segara dirasakan oleh pengambil keputusan.

In daily life, planning upcoming activities, including when to do various tasks, is one way people often do to organize their activities, but, when the time of this plan’s execution comes, are people following the original plan or delaying the task execution to some other times in the future? A field experiment was conducted to see whether there is relationship between psychological connectedness and temporal disounting of effort. Before the main research, partisipants were asked about the time they were able to join the research. 66 participants were divided into two group. The first group was the experiment group, at the time that were decided by partisipants themselves, partisipants received psychological connectedness manipulation before making decision whether they would stick to their previous plan and join the research right at that time, or would join a newly-offered research that would be held a week later. The second group was the control group, this group did not receive any manipulation before making decision on the same matter. Statistical analysis chi-square test for independence indicate there is no effect of psychological connectedness on temporal discounting of effort χ2 (1, N=66) = 1.29, p<.05. In the end, the method to asses temporal discounting of effort that was used for the first time in this research was discussed. There are also discussion about aspects of intertemporal choice with immediate consequences, and its relations to this study."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S45265
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Richard Antoni
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai pengaruh Persepsi Akan Ancaman (Perceived Threat) atas Harga Diri (Self-esteem) pada Intensi Bergosip. Pengukuran perceived threat to self-esteem dilakukan dengan menggunakan self-report scale atas skenario eksperimen yang diberikan kepada para partisipan dengan skala likert 6, dan pengukuran intensi bergosip menggunakan adaptasi alat ukur tendency to gossip scale (Massar et al., 2011).
Partisipan berjumlah 120 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang sudah berkuliah sekurang-kurangnya 1 (satu) semester dan aktif bersosialisasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara perceived threat to self-esteem pada intensi bergosip pada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (t = 24.869; p = 0.000, signifikan pada L.o.S 0.01). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, ketika seseorang mempersepsikan adanya ancaman atas harga dirinya, maka semakin ia merasakan intensi untuk bergosip.

This research was conducted to find the effect of perceived threat to self-esteem on intention to gossip. Perceived Threat to Self-esteem was measured with a 6 likert scale self-report inventory on the experiment scenarios that was given to the participants. Intention to Gossip was measured using an inventory named Intention to Gossip scale which is a modified inventory from Tendency to Gossip (Massar et al.,2011).
The participants of this research were 120 University of Indonesia Faculty of Law students who have studied for at least 1 (one) semester and actively socializing.
The main results of this research show that perceived threat to self-esteem has a significant positive effect on intention to gossip (t = 24.869; p = 0.000, significant at L.o.S 0.01). This research’s result shows that, when someone perceived that their self-esteem being threatened, they will feel higher intention to gossip.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47206
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Findez Shidiq Anugrah
"Penelitian ini ingin melihat apakah permintaan maaf masih berharga atau tidak dalam konteks transaksi ekonomi. Melihat konteks budaya Indonesia yang sering sekali meminta maaf, bahkan pada hal-hal yang sebetulnya tidak perlu untuk meminta maaf. Lebih jauh lagi penelitian ini ingin membandingkan respon manusia terhadap permohonan maaf pada jumlah besaran uang yang berbeda- beda. Penelitian ini menggunakan game theory untuk menemukan respon mengenai intensi seseorang untuk melanjutkan hubungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tidak lagi menghargai maaf dari ucapan permintaan maaf seseorang, namun yang dilihat adalah usaha yang dilakukan untuk melakukan permintaan maaf seperti memberikan kompensasi uang. Hal ini terlihat dari tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kompensasi uang yang ditambahkan dengan maaf, maupun yang tanpa maaf t(46) = -,907, p>0,05. Selanjutnya juga tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara jumlah uang terhadap intensi untuk melanjutkan hubungan F(2,60) = 0,34, p>0,05.

The purpose of this research is to examine the value of apology in economic transaction. In Indonesian culture, apology or saying sorry does not always mean the person begging others apology for their mistakes. Instead, they say sorry for non-sense meaning. Furthermore, this research is intended to compare human response to apology in various value of money. Dictator game has been used to reveal the individual intention for preserving interpersonal relationship. Present
research suggests that Indonesian count apology in terms of money compensation from their partner. The result between apology along with money compensation and without money compensation is not statistically significant, t(46) = -,907, p>0,05. The result is consistent for various value of money, to intention for preserving interpersonal relationship F(2,60) = 0,34, p>0,05.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57806
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Zilal Kamal
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah machiavellianisme, narsisisme, dan faktor-faktor big-five memiliki hubungan dengan respon utilitarian dalam dilema moral. Responden penelitian (n=137) merupakan responden umum yang diambil berdasarkan cara pengambilan data secara langsung dan online, dimana pengambilan data secara langsung dilakukan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa machiavellianisme berkorelasi positif dengan moral dilema (rs=0,360, p<0,01). Selain itu, machiavellianisme dapat memprediksi pengambilan keputusan dalam dilema moral dengan β = 0,320, t(7,109) = 3,374, p <0,01. Dengan kata lain, individu dengan skor machiavellianisme yang tinggi akan cenderung untuk memunculkan respon utilitarian dalam dilema moral dibanding individu dengan skor machiavellianisme rendah. Narsisisme dan faktor-faktor big-five tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan respon utilitarian dalam dilema moral.

The purpose of this research was to see if machiavellianism, narcissism, and big-five factors correlated with utilitarian response in moral dilemmas. Research respondent (n=137) were general, chosen with direct and online methods, which direct methods is being done in Faculty of Psychology, University of Indonesia. The result of this research was that machiavellianism has a positive correlations with moral dilemma (rs=0.360, p<0.01). Then, machiavellianism could predict the decision making in moral dilemma, with β = 0.320, t(7.109) = 3.374, p <0.01. In other words, individuals with higher machiavellian score were more likely to show an utilitarian response than individuals with lower machiavellian score in moral dilemmas. Narcissism and big-five factors didn’t have a significant correlation in response to moral dilemmas.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57705
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wada Anzilah
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh isi pesan peringatan kematian atau harga diri pada bungkus rokok pada sikap terhadap perilaku merokok berdasarkan Terror Management Health Model. Bila harga diri relevan dengan perilaku merokok yang dimiliki individu maka sikap terhadap perilaku merokok menjadi positif ketika diberikan peringatan kematian dan sebaliknya ketika diberikan peringatan harga diri. Penelitian ini memiliki desain 3 (bentuk peringatan: tulisan vs gambar vs gambar dan tulisan) x 2 (isi pesan peringatan: kematian vs harga diri). Partisipan (N = 175) diberikan kotak rokok dengan peringatan merokok berbentuk tulisan, gambar atau gambar dan tulisan kemudian mengisi kuesioner sikap terhadap perilaku merokok. Efek moderasi dari relevansi harga diri dengan perilaku merokok diukur menggunakan Smoking as Relevant to Self-Esteem yang dikembangkan oleh Hansen, dkk.(2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan dalam kelompok peringatan kematian memiliki skor nilai sikap yang lebih tinggi secara signifikan, dibandingkan kelompok peringatan harga diri, F(1, 169)= 10,369; p<0,05; ω =0,227 namun tidak dimoderasi relevansi harga diri dengan perilaku merokok, b= 0,097, 95% CI [-0,361, 0,229] t = 1,44; p = 0,153. Disimpulkan bahwa peringatan bahaya merokok kematian membuat sikap terhadap perilaku merokok menjadi lebih positif namun tidak dimoderasi oleh relevansi harga diri dengan perilaku merokok.

The objective of this study was to determine the effect of the death-related or self-esteem-related message content of the cigarettes on-pack warning to the attitudes toward smoking using the Terror Management Theory Health Model. If one’s self-esteem is relevant to his smoking behavior then his attitudes toward smoking will be more positive when given the death-related warnings and vice versa when given the self-esteem related warnings. The design of this study is 3 (type of the warnings: text vs picture vs text and picture) X 2 (message content: death vs selfesteem). Participants (N=175) were given cigarette packs with text or picture or text and picture warnings on them and then filled out the attitudes toward smoking measurement. The moderation effect of relevancy of self-esteem to smoking behaviour was measured using Smoking as Relevant to Self-esteem conducted by Hansen, et.al. (2010). Results show that participants on the death-related warnings have significantly higher score of attitudes toward smoking than selfesteem-related warnings, F(1, 169)= 10,369; p<0,05; ω =0,227, although it wasn’t moderated by the relevancy of the self-esteem to the smoking behavior b= 0,097, 95% CI [-0,361, 0,229] t = 1,44; p = 0,153. In conclusion, death-related warnings make attitudes toward smoking be more positive but the relationship wasn’t moderated by the relevancy of the self-esteem to the smoking behaviour.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S58341
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulidta Masyithah
"Pemerintah Indonesia berencana melaksanakan kebijakan redenominasi. Redenominasi adalah pemotongan jumlah angka nol pada tampilan suatu mata uang. Eksperimen 2 x 2 anova mixed design ini dilakukan untuk melihat apakah akan terjadi ilusi uang ketika tampilan jumlah angka nol pada mata uang berkurang dan apakah kemampuan kognitif akan memberikan pengaruh terhadap terjadinya ilusi uang tersebut. Sejumlah 78 yang dibedakan pada dua kelompok tahapan kognitif berdasarkan teori Piaget, yaitu, concrete operational dan formal operational. Setiap partisipan diberikan dua treatmen, yaitu treatmen menggunakan uang dengan tampilan tanpa digit angka nol dan treatmen menggunakan uang dengan tampilan 3 digit angka nol. Uji terhadap willingness to pay antar kedua treatmen memperlihatkan bahwa tidak ditemukan perbedaan yang signifikan pada nilai willingness to pay (F (1,76) = 1.312, p > 0.05, partial = .017).
Eksperimen ini juga menemukan bahwa perbedaan nilai willingness to pay antar treatmen akan lebih besar pada partisipan dengan kemampuan kognitif yang lebih rendah(F (1,76) = 5.040, p < 0.05, partial = .062). Penelitian ini berimplikasi pada rancangan strategi sosialisasi kebijakan redenominasi yang akan dilaksanakan Indonesia dan juga berimplikasi pada produsen dan pelaku usaha dalam menerapkan strategi penjualan untuk mendapatkan laba yang lebih besar.

The Indonesian government plans to implement redenomination. Redenomination in a policy that cutting the number of zeros on money display. A 2 x 2 ANOVA mixed desing experiment was conducted to see if money illusion will appear when the number of zeros on money display change and if cognitive ability influence the money illusion. A number of 78 participant divided in two group based on Piaget?s Theory, that is, concrete operational and formal operational. Each participant is given two treatmens, the treatmen using money without zero on its display and the treatmen using money with 3 zeros on its display.
The experimental result are seen from the difference in the willingness to pay between the two treatmens. Althought there is no significant differences in participant?s willingness to pay (F (1,76) = 1.312, p > 0.05, partial = .017) value between the two treatment, this experiment also find that differences in willingness to pay among the treatment would be greater in participants with lower cognitive ability(F (1,76) = 5.040, p < 0.05, partial = .062). This study has implications for the design of redenomination strategies policy that will be implemented in Indonesia and also has implications for manufacturers and businesses in implementing sales strategies to earn greater profits.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pravitasari
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dorongan untuk mendapatkan jawaban dan ketidakpastian terhadap preferensi pemilih dalam pemilihan kandidat gubernur. Dorongan untuk mendapatkan jawaban diukur dengan menggunakan kuesioner Need for Closure Scale, sedangkan ketidakpastian dioperasionalisasikan dengan keberadaan informasi mengenai potensi kandidat penantang dan prestasi kandidat petahana. Preferensi partisipan terhadap kedua kandidat diukur dengan skala yang digunakan oleh Tormala, Jia, dan Norton (2012), yaitu terdiri dari item penilaian positif dan negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara ketidakpastian terhadap preferensi pemilih F(1, 36) = 4.46, p < .05. Akan tetapi, tidak ditemukan pengaruh dorongan untuk mendapatkan jawaban terhadap preferensi pemilih (β = .0773, t(36) = .45, ns). Meskipun begitu, skor rata-rata preferensi individu dengan dorongan untuk mendapatkan jawaban yang rendah menunjukan bahwa mereka menilai penantang lebih positif daripada petahana.
Pada akhirnya disimpulkan bahwa dalam penelitian ini partisipan mempertimbangkan kandidat dengan prestasi sebagai kandidat yang lebih mengesankan dibandingkan kandidat yang digambarkan memiliki potensi. Partisipan juga menunjukan adanya preferensi umum untuk memilih kandidat petahana sebagai kandidat gubernur.

This study examined the impact of need for closure and uncertainty towards candidate preference. Need for closure (NFC) was measured using Need for Closure Scale, while uncertain information was operasionalized by the presence of information about challenger’s potential and incumbent's achievement. Participant's preference towards incumbent and challenger was measured by preference scale which was used before in Tormala, Jia, and Norton (2012). In that scale, preference was divided into two kind of evaluation: possitive assessment and negative outcome.
Result show that uncertainty is a significant influence on candidate preference F(1, 36) = 4.46, p < .05, yet there is no significant effect between NFC level towards candidate preference (β = .0773, t(36) = .45, ns). In spite, the mean of preference score from participant with low NFC shows that they value challenger better than incumbent.
In the end, it can concluded that participants recognized that candidate with achievement was more objectively impressive and showed a general preference for achievement rather than potential in their voting decision.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S53438
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Choirunnisa
"ABSTRACT
Restorasi merupakan proses pemulihan directed attention yang didukung oleh konfigurasi lingkungan tertentu. Dengan minimnya ruang hijau restoratif yang tersedia, rumah menjadi salah satu tempat restoratif yang penting bagi penduduk kota Jakarta. Penelitian ini ingin menguji peran karakteristik fisik rumah terhadap persepsi restorasi penghuninya. Penelitian ini juga melibatkan kelekatan tempat sebagai moderator hubungan kualitas kelayakan rumah dengan persepsi restorasi. Dengan menggunakan metode survei, penelitian ini dilakukan pada 179 warga Jakarta yang tinggal di Kampung Muka, Ancol dan Jalan Pertanian, Lebak Bulus. Pemilihan kedua lokasi didasarkan pada perbedaan karakteristik rumah yang ada di lokasi tersebut. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas kelayakan rumah tidak berhubungan dengan persepsi restorasi penghuninya (B = -,034, p = ,812). Akan tetapi kelekatan tempat berhubungan secara positif dengan persepsi restorasi (B = ,524, p <,01). Terkait perannya sebagai moderator, kelekatan tempat terbukti tidak signifikan memoderasi hubungan kualitas kelayakan rumah dengan persepsi restorasi penghuninya (B = ,427, p = ,746). Hasil penelitian ini juga memunculkan bahasan baru mengenai konstruksi restorasi dalam konteks rumah.

ABSTRACT
Restoration is a directed attention recovery process that is supported by a certain environmental configuration. With the lack of restorative green space available, the house is one of the important restorative places for residents of Jakarta. This study wants to examine the role of the physical characteristics of the house on the perception of the restoration of its inhabitants. This research also involves the attachment of place as a moderator of the relationship between the quality of the feasibility of the house and the perception of restoration. Using the survey method, this research was conducted on 179 Jakarta residents who lived in Kampung Muka, Ancol and Jalan Pertanian, Lebak Bulus. The selection of the two locations is based on differences in the characteristics of the houses in that location. The results of the study prove that the quality of the feasibility of the house is not related to the perception of restoration of its inhabitants (B = -, 034, p =, 812). However, site attachment is positively related to perceptions of restoration (B =, 524, p <, 01). Regarding their role as moderator, the viscosity of the place is proven to not significantly moderate the relationship between the quality of the feasibility of the house and the perception of the restoration of its inhabitants (B =, 427, p =, 746). The results of this study also gave rise to a new discussion about the construction of restoration in the context of the house."
[;;, ]: 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hapsari Kusumaningdyah
"Penelitian ini adalah sebuah eksperimen tekait pengaruh paparan uang terhadap derajat Social Dominance Orientation (SDO) yang menggunakan teknik supraliminal priming. Merujuk dari penelitian Caruso, dkk (2013) yang menemukan bahwa paparan terhadap gagasan uang akan meningkatkan derajat SDO seseorang.
Penelitian ini menguji apakah pengaruh paparan terhadap gagasan “uang banyak” akan tetap mengingkatkan derajat SDO. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh paparan uang banyak akan tetap meningkatkan derajat SDO, yang diukur melalui skala SSDO (Pratto, dkk, 2013). Dalam hal ini partisipan yang terpapar oleh gagasan uang banyak dilaporkan memiliki SDO yang lebih tinggi dengan p<0,01 dan d=1.

This study was an experiment concerned about mere exposure of money towards Social Dominance Orientation (SDO) which is facilitated by supraliminal priming technique. According to Caruso, et al (2013) mere exposure to the idea of money will increase SDO’s level.
This study examined whether mere exposure to the idea of abundance money still influence the enhancement of SDO level. This study found that, mere exposure to abundance money still increasing the SDO level, which is measured by SSDO scale (Pratto, et al, 2013). This findings also confirmed that participants which is exposed to the idea abundance of money reported to have higher SDO, with p<0,01 and d=1.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52531
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>