Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 39 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Luh Cinthia Fatma Dewi
"Penelitian ini berawal dari dari permasalahan yang timbul dari adanya penurunan profitabilitas PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. secara signifikan di tahun 2013 mencapai 89,89%. Disaat yang bersamaan, pendapatan perusahaan justru mengalami peningkatan sebesar 7%. Penelitian akan ditujukan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan signifikan profitabilitas perusahaan, mengingat profitabilitas sangat erat kaitannya dengan keberlangsungan bisnis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penyebab utama penurunan profitabilitas adalah karena adanya peningkatan beban operasional mencapai 10,75%, yang secara nominal jauh melebihi pendapatannya. Peningkatan ini terutama berasal dari beban bahan bakar (fuel costs) yang mengambil proporsi sekitar 40% dari total biaya, dan beban operasional penerbangan dengan proporsi 25% dari total biaya. Adanya kenaikan beban bahan bahan bakar terutama disebabkan oleh peningkatan blockhours yang signifikan sebesar 23,8% karena di tahun 2013 harga avtur cenderung turun. Kenaikan presentase pendapatan yang tidak sebanding dengan biaya operasional, terutama disebabkan oleh pembentukan harga yang tidak mencerminkan biaya akibat kurang efektifnya pengalokasian biaya ke dalam biaya per unit. Atas kurang efektifnya sistem alokasi biaya, maka direkomendasikan pengaplikasian pendekatan target costing yang didasarkan pada metode Time-Driven Activity-Based Costing (TDABC). Melalui pendekatan ini, didapatkan hasil bahwa pengalokasian biaya per unit lebih mencerminkan komposisi biaya yang sebenarnya.

This study originated from the problems arising from significant decrease of PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk profitability in 2013 reached 89.89%. At the same time, the company's revenues have increased by 7%. The research will be devoted to analyze the factors that cause a significant decrease in the profitability of the company, since profitability is closely associated with going concern of the business. The analysis showed that the main cause of the decline in profitability was due to an increase in operating expenses reached 10.75%, which nominaly far exceeds the income. This increase is mainly derived from the fuel costs which took the proportion of about 40% of the total cost, and the cost of operating expenses with the proportion of 25% of the total cost. An increase in the burden of fuels mainly due to a significant increase in blockhours 23.8% and jet fuel prices tend to fall in 2013 until 2014. The increase in the percentage of income that is not comparable to the operating costs, mainly due to the formation of prices that do not reflect the actual costs due to lack of effective allocation of costs to the cost per unit. Over the lack of effective cost allocation system, it is recommended to use the application of target costing approach based of Time-Driven Activity-Based Costing (TDABC) method. Through this approach, it is showed that the allocation of the cost per unit better reflect the actual cost of the composition.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57777
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anak Agung Ayu Arini Azhalia Djlantik
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat utilitas settlement platform transaksi valuta asing di Bank OOO selama periode Januari – Maret 2023. Bank OOO memiliki beberapa platform berbasis web untuk menyelesaikan proses settlement transaksi valuta asing. Namun Penulis menemukan fakta selama periode magang bahwa terdapat ketidak seragaman fitur dan metode di setiap settlement platform yang dimiliki Bank OOO. Sehingga, mempengaruhi efisiensi kerja para Dealers di Kantor Pusat Bank OOO, yang juga berdampak pada tingkat utilisasi dari masing-masing platform.

This internship report aims to evaluate the utility level of the foreign exchange transaction settlement platform at Bank OOO from January to March 2023. Bank OOO has several web-based platforms to complete the foreign exchange transaction settlement process. However, the Author found facts during the internship period that there were differences in features and methods in each settlement platform owned by Bank OOO. The inconvenience affects the work efficiency of Dealers at Bank OOO Head Office, which also impacts the utilization rate of each platform.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Devina Mayori
"Dengan menggunakan strategi penelitian berupa studi kasus, studi ini dilakukan guna mendalami fenomena penilaian investasi dengan meningkatnya peran aspek-aspek non-keuangan yang digunakan investor dalam pengambilan keputusan investasinya. Penilaian ini menggunakan pendekatan berupa studi kualitatif, dan menggunakan instrumen penelitian berupa wawancara semi terstruktur dan observasi dalam melakukan pendalaman fenomena yang terjadi. Berdasarkan studi dan pengumpulan data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa para investor di Indonesia mengatakan sudah adaptif dan sangat positif terhadap faktor-faktor non finansial yang kerap bermunculan, terutama dalam era disrupsi ekonomi, perubahan iklim, dan manajemen sumber daya manusia. Namun, pemangku kepentingan lain, seperti penyusun atau preparers, tidak setuju dengan pernyataan investor dan mengklaim bahwa implementasi dan pendidikan tentang faktor non-keuangan di Indonesia masih relatif kurang.

With the use of a research strategy in the form of case studies, this study was conducted to explore the phenomenon of investment valuation with the increasing role of non-financial aspects used by investors in making investment decisions. This study uses an approach in the form of qualitative studies and uses research instruments in the form of semi-structured interviews and observations in deepening the phenomena that occur. Based on studies and data collection that have been conducted, it can be concluded that investors in Indonesia say they have been adaptive and very positive to non-financial factors that often arise, especially in the era of economic disruption, climate change, and human resource management. However, other stakeholders, such as preparers, disagree with investors' statements and claim that implementation and education on non-financial factors in Indonesia are still relatively lacking."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jo Regine Richardo
"Laporan magang bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan KAP REN atas akun Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) piutang usaha atas pendapatan dari pemasok PT RON, yang merupakan perusahaan ritel, untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2021. Evaluasi akan dilakukan atas kesesuaian prosedur uji rinci (Test of Details) terhadap PSAK 71, kesesuaian estimasi akuntansi yang dibuat oleh manajemen berdasarkan SA 540 dan kesesuaian pengujian asersi manajemen. Secara keseluruhan, KAP REN telah melaksanakan prosedur audit dan pengujian asersi yang sesuai dengan konsep dan standar audit yang berlaku. Terdapat juga refleksi diri penulis selama melakukan kegiatan magang di KAP REN, dan rencana tindak lanjut penulis.

This internship report aims to evaluate the audit procedures carried out by KAP REN on the allowance for impairment losses accounts receivable on revenues from suppliers of PT RON, which is a retail company, for the period ending December 31, 2021. The evaluation will be carried out on the appropriateness of the Test of Details (ToD) procedures against PSAK 71, ensuring the accounting estimates made by management is in line with SA 540 and the suitability of testing the management's assertions. Overall, KAP REN has carried out audit procedures and assertion testing in accordance with applicable audit concepts and standards. There is also the author's self-reflection during her internship at KAP REN, and the author's follow-up plan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Grace Gloria
"Laporan magang ini disusun untuk mengevaluasi prosedur audit substantif atas akun pendapatan penerbangan haji pada PT SNU yang dilakukan oleh KAP HOD untuk laporan keuangan yang berakhir pada periode 31 Desember 2023. PT SNU adalah perusahaan yang bergerak di bidang angkutan udara niaga. Kebijakan akuntansi atas pendapatan penerbangan haji PT SNU mengacu pada PSAK 72 mengenai kontrak dengan pelanggan. Prosedur audit yang dievaluasi merupakan tahap pengujian dan pengumpulan bukti audit dan terbatas pada aktivitas magang. Prosedur audit audit yang dilakukan KAP HOD meliputi pengujian substantif atas transaksi pendapatan penerbangan haji dan penilaian penerapan PSAK 72 melalui pengujian rinci dan prosedur analitis. Evaluasi dilakukan dengan menilai kesesuaian proses audit yang dilakukan KAP HOD dengan standar atau teori yang relevan. Berdasarkan evaluasi, KAP HOD belum melakukan pengujian asersi pisah batas atas transaksi pendapatan penerbangan haji. Selain itu, ditemukan perbedaan perhitungan atas pencatatan pendapatan yang melemahkan asersi akurasi. Atas ketidakcocokan tersebut, KAP HOD telah melakukan prosedur audit tambahan dan menilai kewajaran saldo pendapatan penerbangan haji. Dengan demikian, prosedur audit substantif yang dilakukan KAP HOD mampu memberikan bukti audit yang cukup dan tepat melalui pengujian rinci dan prosedur analitis serta telah sesuai dengan standar yang berlaku.

This internship report was prepared to evaluate the substantive audit procedures for the Hajj flight revenue account at PT SNU carried out by KAP HOD for financial reports ending on 31 December 2023. PT SNU is a company that operates in the commercial air transportation sector. The accounting policy for PT SNU's Hajj flight revenues refers to PSAK 72 regarding contracts with customers. The audit procedures evaluated are part of testing and audit evidence collection stages and the evaluation is limited to internship activities. Audit procedures carried out by KAP HOD include substantive testing of Hajj flight revenue transactions and assessing the application of PSAK 72 through test of details and analytical procedures. Evaluation is done by assessing the suitability of the audit process carried out by KAP HOD with relevant standards or theories. Based on the evaluation, KAP HOD did not test the cut-off assertion for Hajj flight revenue transaction. In addition, discrepancy in revenue calculation were found and weakened the accuracy assertion. However, KAP HOD has carried out additional audit procedures and assessed the reasonableness of Hajj flight revenue balance. Therefore, the substantive audit procedures conducted by KAP HOD are able to provide sufficient and appropriate audit evidence through test of details and analytical procedures and is in accordance with applicable accounting standards."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Taufika Nurani Fajri
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena food loss dan food waste pada Warung Tegal di Kota Bekasi dimana dominasi food loss dan food waste di Tempat Pembuangan Akhir menyebabkan overload capacity. Warteg sebagai bisnis makanan belum mengetahui potensinya menyebabkan food loss dan food waste diabaikan. Analisa potensi timbulan food loss dan food waste menggunakan material flow cost accounting (MFCA) dari 3 (tiga) unit Warung yang menjadi obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan neutralization dan nudge theory guna melihat perilaku Warung Tegal. Strategi penelitian berupa studi kasus dengan metode kualitatif, menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan wawancara. Analisis dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, konten, tematik, dan konstan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan Warteg A menghasilkan food loss dan food waste sebesar 10,57% setara dengan Rp 568.855, Warteg B sebesar 11,68% setara Rp178.857, dan Warteg C sebesar 11,05% setara Rp 192.814. Hasil temuan penelitian menyimpulkan Warteg melakukan 3 (tiga) teknik netralisasi antara lain: denial of responsibility, denial of injury, dan appear to higher loyalty. Warteg berupaya mitigasi minimal atas food loss dan food waste melalui upaya nugding yang dilakukan pada hulu dan hilir melalui kebijakan pemasok dengan mendorong penyediaan bahan sesuai dengan standar, intervensi porsi, dorongan untuk membungkus dan evaluasi pada pelanggan.

This study aims to analyze the phenomenon of food loss and food waste at Warung Tegal in Bekasi City where the dominance of food loss and food waste in landfills causes overload capacity. Warteg as a food business does not yet know its potential to cause food loss and food waste to be ignored. Analysis of potential food loss and food waste generation using material flow cost accounting (MFCA) from 3 (three) Warung units which are the object of research. This research uses neutralization and nudge theory to see the behavior of Warung Tegal. The research strategy is in the form of case studies with qualitative methods, using research instruments in the form of observation and interviews. The analysis in this study is descriptive quantitative, content, thematic, and comparative constant. The results showed Warteg A produced food loss and food waste of 10.57%, equivalent to Rp. 568,855, Warteg B was 11.68%, equivalent to Rp. 178,857, and Warteg C was 11.05%, equivalent to Rp. 192,814. The research findings concluded that Warteg carried out 3 (three) neutralization techniques, including: denial of responsibility, denial of injury, and appear to higher loyalty. Warteg seeks to minimize minimal food loss and food waste through nudging efforts carried out upstream and downstream through supplier policies by encouraging the provision of materials according to standards, portion interventions, encouragement to package, and evaluation to customers."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gian Nathaniel
"Laporan magang ini membahas mengenai pelaksanaan prosedur audit yang dilakukan oleh KAP HLV pada PT NSJ, sebuah perusahaan asuransi milik pemerintah. Prosedur audit yang akan dibahas sebagai fokus laporan magang adalah prosedur audit atas akun estimasi cadangan klaim OCR. Pembahasan ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian praktik audit dengan kerangka evaluasi yang berlaku (termasuk PSAK dan Standar Audit terkait estimasi cadangan klaim). Penulisan laporan magang ini juga bertujuan untuk merefleksikan perasaan dan pikiran penulis selama menjalani proses magang. Dalam penulisan laporan evaluasi ini penulis menyimpulkan bahwa prosedur audit yang dilakukan oleh KAP HLV atas akun estimasi cadangan klaim OCR PT NSJ telah diterapkan sesuai dengan standar audit dan konsep audit yang berlaku. Namun, terdapat kekurangan dalam tahap pelaksanaan prosedur audit. Kekurangan tersebut terletak pada metode penyusunan listing oleh manajemen, pemilihan metode sampling, keamanan data, dan ketidakkonsistenan bukti audit. Penulis memberikan rekomendasi sebagai tanggapan atas kekurangan yang ditemukan. Rekomendasi penulis mencakup mensyaratkan manajemen menyusun listing secara lengkap, menggunakan metode sampling statistik, memperjelas permintaan dokumen, membatasi akses data bagi karyawan PT NSJ, dan menyamakan penggunaan dokumen pendukung. Pengalaman magang yang dilakukan penulis menimbulkan berbagai perasaan positif dan negatif, termasuk perasaan cemas, bangga, senang, hingga sedih. Setelah dilakukan evaluasi, penulis menyadari bahwa perasaan positif dan nilai yang didapat penulis dalam melaksanakan magang melampaui perasaan negatif yang dirasakan penulis.

This internship report discusses the implementation of audit procedures carried out by KAP HLV at PT NSJ, a government-owned insurance company. The audit procedure that will be discussed as the focus of the internship report is the audit procedure for OCR estimated claims reserve. This discussion aims to evaluate the suitability of audit practices with the applicable evaluation framework (including PSAK and SA regarding estimated claims reserve). The internship report also function as a reflection of the author's feelings and thoughts during the internship process. In writing this evaluation report the author concludes that the audit procedures carried out by KAP HLV on PT NSJ's OCR estimated claims reserve account have been implemented in accordance with applicable audit standards and audit concepts. However, there are deficiencies in the implementation stage of audit procedures. These deficiencies lie in the method of compiling the listing by management, the selection of sampling methods, data security, and inconsistent audit evidence. The author provides recommendations in response to the deficiencies found. The author's recommendations include requiring management to compile a complete listing, using statistical sampling methods, clarifying document requests, limiting data access for PT NSJ employees, and equalizing the use of supporting documents. The author's internship experience gave rise to various positive and negative feelings, including feelings of anxiety, pride, joy, and even sadness. After carrying out the evaluation, the author realized that the positive feelings and value the author got from carrying out the internship outweighed the negative feelings felt by the author.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Febriani Cristina Susianti Magdalena
"Standar IFRS 9 membawa perubahan signifikan pada model untuk menentukan loan loss provisions, yakni expected credit loss model, standar ini efektif sejak 1 Januari 2018. European Bank Central telah melakukan supervisi kepada bank di Eropa sejak tahun 2017 sehingga bank memiliki persiapan yang lebih matang dan dapat mengadopsi tepat waktu. Hal ini menjadi motivasi penelitian ini untuk menguji nilai loan loss provisions dan diskresioner loan loss provisions setelah adopsi IFRS 9, serta peran keahlian akuntansi komite audit dan audit tenure dalam membatasi diskresioner loan loss provisions setelah adopsi IFRS 9 di Eropa. Penelitian ini menggunakan sampel bank konvensional di Eropa periode 2016-2018. Dengan menggunakan analisis univariat dan analisis data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa loan loss provisions setelah adopsi IFRS 9 tidak meningkat signifikan dibandingkan IAS 39, sementara diskresioner loan loss provisions setelah adopsi IFRS 9 meningkat jika dibandingkan IAS 39. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa komite audit dengan keahlian akuntansi belum dapat membatasi diskresioner loan loss provisions setelah adopsi IFRS 9, hanya masa perikatan partner audit dengan bank yang pendek, yang dapat membatasi diskresioner loan loss provisions. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong standard setter untuk membentuk kebijakan tertentu yang lebih dapat membatasi diskresioner loan loss provisions. Penelitian ini dapat menjadi pertimbangan regulator untuk membatasi masa perikatan partner audit dengan bank, sehingga peran partner audit semakin efektif dalam mengurangi asimetri informasi antara investor dengan manajemen yang pada akhirnya mengurangi diskresioner loan loss provisions.

IFRS 9 standard brings significant changes to the model for loan loss provisions, namely the expected credit loss model, this standard is effective from January 1, 2018. European Central Bank has been supervising banks in Europe since 2017 so banks have better preparation and adopt on time. The motivation of this study to examine the value of loan loss provisions and discretionary loan loss provisions after the adoption of IFRS 9, as well as the role of accounting expertise audit committee and audit tenure to reduce discretionary loan loss provisions after IFRS 9 adoption in Europe. This study uses a sample of conventional banks in Europe in the 2016-2018 period. By using univariate analysis and panel data analysis. The results of this study indicate that loan loss provisions after IFRS 9 adoption do not increase significantly compared to IAS 39, while discretionary loan loss provisions after IFRS 9 adoption increase when compared to IAS 39. The results of this study also prove that accounting expertise audit committees cannot reduce discretionary loans loss provisions after IFRS 9 adoption, only a short period of audit partner engagement with banks can reduce discretionary loan loss provisions. The results of this study are expected to encourage standard setters to form certain policies that can reduce discretionary loan loss provisions. This research can be considered by regulators to limit the audit partner engagement period with banks, so audit partners is more effective in reducing information asymmetry between investors and management, which in turn reduces discretionary loan loss provisions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T55232
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Putri Sari
"Laporan magang ini membahas tentang prosedur audit KAP EPS Indonesia atas aset tetap pada Dana Pensiun SR untuk periode laporan keuangan 31 Desember 2019. Prosedur audit yang dilakukan berupa prosedur substantif yang terdiri dari prosedur analitis substantif dan uji rinci. Laporan ini juga menganalisis kesesuaian praktik oleh Dana Pensiun SR dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 16 (Revisi 2015) tentang aset tetap. Berdasarkan analisis yang dilakukan, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP EPS telah sesuai dengan standar audit yang berlaku dan akun aset tetap telah disajikan secara wajar sesuai dengan PSAK 16 (Revisi 2015).
Kata kunci: Prosedur Audit, Aset tetap, Dana Pensiun, PSAK 16

This internship report discusses the audit procedures of the Indonesian EPS KAP on fixed assets in the SR Pension Fund for the financial statement period 31 December 2019. The audit procedures carried out in the form of substantive procedures consisting of substantive analytical procedures and detailed tests. This report also analyzes the appropriateness of practices by the SR Pension Fund with Statement of Financial Accounting Standards 16 (Revised 2015) concerning fixed assets. Based on the analysis carried out, the audit procedures performed by KAP EPS have been in accordance with applicable auditing standards and the fixed assets account has been fairly presented in accordance with PSAK 16 (Revised 2015).
Key words: Audit Procedure, Investment, Fixed Assets, Pension Fund, PSAK 16
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jeffry Kencana Halim
"Ketidakpastian makro ekonomi sehubungan dengan terjadinya volatilitas nilai tukar mata uang asing, harga dan permintaan akibat pandemi COVID-19, serta terjadinya perubahan iklim. PT XYZ dinilai memiliki budaya yang tidak kondusif tercermin oleh tidak tepat waktu dalam menyelesaikan penutupan pembukuan dan menyampaikan laporan keuangan. Kondisi ini diperburuk karena PT XYZ mengalami nilai hutang lebih tinggi dari nilai asset yang di miliki (PT XYZ, 2022). Hal ini mengakibatkan nilai modal perusahaan menjadi negatif atau sering disebut dengan istilah “Capital Deficiency”. Diperlukan langkah strategis untuk dapat keluar dari masalah-masalah yang dialami PT XYZ, salah satu strategi perusahaan adalah melakukan transformasi budaya & tata kelola. Penelitian ini bertujuan menganalisa bagaimana transformasi budaya organisasi & tata kelola mendukung kelangsungan hidup usaha (going concern) yang lebih bersifat jangka eknik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian triangulasi melalui kuisioner dan wawancara dengan eknik analisis konten, tematik, dan konstan komparatif. Survei dilakukan terhadap karyawan PT XYZ sedangkan wawancara dilakukan dengan Kepala Bagian Perusahaan dari beberapa fungsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai “AKHLAK” & ketiga pilar komitmen organisasi mendorong terciptanya budaya yang kondusif. Keterikatan emosional (rasa memiliki terhadap organsiasi) dan kepercayaan terhadap nilai-nilai organisasi meningkatkan kinerja karyawan, produktifitas, efisiensi, & kinerja keuangan. Hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian (Rashid et al., 2003) yang mengatakan bahwa terdapat hubungan positif antara budaya perusahaan, komitmen organisasi, dan kinerja keuangan. Kedua, terdapat peran budaya yang kondusif dan tata kelola perusahaan yang membaik, dalam memastikan kelangsungan hidup usaha PT XYZ. Tata kelola perusahaan menjadi faktor yang mencerminkan atribut kontrol, pengawasan, dan dukungan terhadap rencana serta tindakan manajemen yang dimaksudkan untuk mengatasi kesulitan keuangan hasil ini sejalan dengan penelitian (Zureigat et al., 2014; Parker et al., 2005). Good corporate governance berimplikasi pada kinerja perusahaan namun dibutuhkan adanya budaya organisasi yang kondusif, hasil ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh (Manik, 2014). 

Macroeconomic uncertainty related to volatility in foreign currency exchange rates, prices, and demand due to the COVID-19 pandemic, and climate change. PT XYZ is considered to have a culture that is not conducive to the wrong time in completing book closings and submitting financial reports. This condition is exacerbated because PT XYZ experiences a debt value that is higher than the value of its assets (PT XYZ, 2022). This causes the value of capital to be negative or often referred to as Capital Deficiency. Strategic steps are needed to get out of the problems experienced by PT XYZ, one of the company’s strategies is to carry out a cultural transformation & corporate governance. This study aims to analyze how the transformation of organizational culture & corporate governance supports the company's going concern which is more long-term in nature. This research was conducted using the triangulation research method through questionnaires and interviews with content, thematic, and constant comparative analysis techniques. The survey was conducted with employees of PT XYZ while interviews were conducted with the Heads of Company Sections from several functions. The results of this study indicate that “AKHLAK” values & third pillar of organizational commitment encourage the creation of a conducive culture. Emotional attachment (sense of belonging to the organization) and belief in organizational values improves employee performance, productivity, efficiency, & financial performance. The results of this study are by research (Rashid et al., 2003 who said that there is a positive relationship between corporate culture, organizational commitment, and financial performance). Second, there is the role of a conducive culture and improved corporate governance, in ensure the PT XYZ's going concern supported by organizational commitment. Corporate governance is a factor that reflects the attribute control, supervision, and support for management plans and actions intended to overcome financial difficulties this result is in line with the study conducted by (Zureigat et al., 2014 and Parker et al., 2005). Good corporate governance has implications for company performance but a conducive organizational culture is needed, which is in line with research conducted by (Manik, 2014)."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>