Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 78 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yunindera Puspasari
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pengendalian internal atas pendapatan perusahaan gaming di Indonesia. Pendapatan PT A yang akan dianalisis adalah yang berasal dari model Business to Customer (B2C). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Analisis akan dilakukan dengan menggunakan kerangka pengendalian internal berdasarkan COSO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pengendalian internal berdasarkan COSO belum sepenuhnya berjalan dengan baik.

This study aims to analyze the implementation of internal control over the income of gaming companies in Indonesia. PT A's revenue to be analyzed is derived from the Business to Customer (B2C) model. This research is a qualitative research with a descriptive design. The analysis will be carried out using an internal control framework based on COSO. The results of this study indicate that the implementation of internal control based on COSO has not been fully implemented properly."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gemni Benazir Nastiti
"ABSTRAK
Proyek strategis nasional adalah program pemerintah untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur agar kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan dapat tercapai. BPKP ditugas melakukan Reviu Tatakelola terhadap Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional. Laporan ini bertujuan menganalisis kesesuaian pedoman langkah kerja dengan pelaksanaan reviu yang dilakukan serta menganalisis kesesuaian rekomendasi yang diberikan oleh tim reviu. Sumber data dalam pembuatan laporan ini berasal dari laporan hasil Reviu Tatakelola Triwulan III Tahun 2018 dan wawancara dengan tim reviu BPKP Perwakilan DKI Jakarta. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan reviu yang dilakukan ada yang sudah sesuai dengan pedoman langkah kerja dan ada yang tidak sesuai. Hasil reviu yang sudah sesuai dengan pedoman langkah kerja terdapat pada reviu penyediaan lahan, pendanaan proyek, perizinan dan non-perizinan, pengadaan barang/jasa, penggunaan komponen dalam negeri, pengawasan pengendalian, dan reviu atas aspek regulasi. Sedangkan hasil reviu yang tidak sesuai dengan pedoman langkah kerja terdapat pada reviu persiapan proyek dan aspek tata ruang. Untuk reviu penjaminan pemerintah dan pembangunan fisik proyek baru sebagian dari langkah kerja yang dilakukan oleh tim reviu.

ABSTRACT
National strategic projects are government programs to improve infrastructure development so that community welfare and equitable development can be achieved. The BPKP was tasked with conducting a Governance Review of the Acceleration of the Development of National Strategic Projects. This report aims to analyze the suitability of the work step guidelines with the implementation of the review carried out and analyze the suitability of the recommendations given by the review team. The source of data in the preparation of this report comes from reports on the results of the Quarter III Governance Review of 2018 and interviews with the DKI Jakarta Representative's BPKP review team. From the results of the analysis it can be concluded that the implementation of the review carried out is already in accordance with the guidelines for work steps and some are not appropriate. The results of the review that are in accordance with the guidelines for work steps are in the review of land provision, project funding, licensing and non-licensing, procurement of goods / services, use of domestic components, supervision of controls, and review of regulatory aspects. While the results of the review that are not in accordance with the work step guidelines are in the review of project preparation and spatial aspects. To review government guarantees and the physical construction of new projects, part of the work steps undertaken by the review team."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Siahaan, Mikael Wil Iskandar
"Laporan magang ini membahas tentang analisis penerapan kerangka pengendalian internal terhadap proses pemberian kredit mikro pada PT Bank XYZ Tbk. Penerapan pengendalian internal diperlukan sebagai tindakan mitigasi risiko oleh PT Bank XYZ Tbk. Hasil evaluasi terhadap kegiatan pengendalian pada standar operational prosedur pemberian kredit mikro, menunjukkan bahwa PT Bank XYZ Tbk telah menerapkan Kegiatan Pengendalian Internal yang sesuai dengan komponen pengendalian internal Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission. Aktivitas pemberian kredit mikro PT Bank XYZ Tbk dilakukan telah sesuai dengan standar operasional prosedur yang dimiliki oleh PT Bank XYZ Tbk.

This intern report discuss the implementation analysis of internal control framework in PT Bank XYZ Tbk 39 s micro credit approval process. Implementation of internal control framework neededas risk mitigation action by PT Bank XYZ Tbk. The evaluation results of the control activities on a standard operational procedures for granting micro credits, indicate that PT Bank XYZ Tbk has implemented internal control activities in accordance with the internal control components of the Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission. PT Bank XYZ Tbk 39 s micro credit approval activity have been conducted according to PT Bank XYZ Tbk 39 s Standart Operating Procedure."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqi Fitria Senja Paramita
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis hasil aspek pengungkapan informasidantransparansi pada penerapan GCG pada Perum LPPNPI sertafaktor-faktor yang memengaruhi perubahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan perolehan data primer melalui wawancara dengan Sekretaris Perusahaan, Kepala dan satu orang Staff Biro Pengelolaan Kinerja Perusahaan, Manajemen Risiko dan GCG. Data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan, laporan pelaksanaan evaluasi tingkat maturitas implementasi GCG, laporan hasil assessment penerapan GCG, dan informasi lain yang relevan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengungkapan informasi dan transparansi Perum LPPNPI mengalami perubahan dari tahun 2014-2016. Dari 16 paremeter yang dianalisis, 15 diantaranya mengalami perubahan yaitu enam parameter yang meningkat setiap tahunnya terkait penyajian laporan tahunan, ikhtisar data keuangan penting, laporan dewan pengawas dan laporan direksi, profil perusahaan, analisa dan pembahasan manajemen, serta pengungkapan praktik tata kelola perusahaan yang baik. Tujuh parameter yang meningkat pada tahun 2015 dan menurun pada tahun 2016 terkait prosedur pengendalian informasi, kepatuhan terhadap kebijakan pengendalian informasi, media penyediaan informasi, situs perusahaan, pemutahiran informasi dan situs perusahaan, bagian tersendiri mengenai laporan keuangan, serta perolehan penghargaan. Dua parameter lainnya yaitu adanya media lain dan keikutsertaan dalam Annual Report Award ARA. Satu parameter yang tetap selama tahun 2014-2016 adalah tingkat kemudahan akses informasi perusahaan serta terdapat tujuh faktor yang memengaruhi perubahan tersebut.

ABSTRACT
This study analyzes the results of information disclosure and transparency aspects of GCG implementation on Perum LPPNPI as well as factors influencing the changes. This study uses a case study approach with primary data through interviews with Corporate Secretary, Head and one staff of the Corporate Performance Management, Risk Management and GCG Management Staff. Secondary data obtained from company annual report, GCG level evaluation report, GCG assessment report, and other relevant information on research topic. The results of this study indicate that the results of information disclosure and transparency of Perum LPPNPI have changed from 2014 2016. Of the 16 parameters analyzed, 15 of them were amended, six parameters increased each year in relation to the presentation of annual reports, an overview of important financial data, supervisory reports and reports of directors, company profiles, analysis and management discussions, and disclosure of good corporate governance practices . Seven parameters are increasing by 2015 and declining by 2016 in terms of information control procedures, compliance with information control policies, information provision media, corporate sites, information updates and company sites, separate portions of financial lapses, and award recognition. Two other parameters are the presence of other media and participation in the Annual Report Award ARA . One fixed parameter during 2014 2016 is the level of ease of access to corporate information and there are seven factors that influence the change."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Divanka Alberta Krizia Dameria
"Laporan magang ini memiliki tujuan untuk melihat prosedur audit yang telah dilakukan oleh KAP ABC atas akun piutang usaha milik PT SJ untuk laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2019 dan mengevaluasi kesesuaiannya dengan standar audit yang berlaku. PT SJ merupakan perusahaan kontraktor pertambangan batu bara yang memberikan jasa overburden removal dan coal getting bagi konsumennya. Hasil dari evaluasi memperlihatkan bahwa prosedur audit yang dilakukan KAP ABC atas akun piutang usaha dari PT SJ sudah sesuai dengan standar yang berlaku yaitu ISA 330, ISA 450, dan ISA 500.

The purpose of this internship report is to see the audit procedures that have been carried out by KAP ABC on accounts receivable of PT SJ for financial statements ending on December 31, 2019 and evaluate their compliance with applicable audit standards. PT SJ is a coal mining contractor company that provides overburden removal and coal getting
services for its customers. The results of the evaluation show that the audit procedures performed by KAP ABC on accounts receivable of PT SJ have been in accordance with applicable standards, namely ISA 330, ISA 450, and ISA 500.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hayyin Nur Adisa
"Laporan magang ini membahas evaluasi pelaksanaan prosedur audit yang dilakukan oleh KAP ASF atas akun persediaan PT Langit Biru, perusahaan yang bergerak pada bidang properti. Prosedur audit atas akun persediaan PT Langit Biru dilakukan melalui pengujian substantif dengan menyiapkan lead schedule, mengidentifikasi nilai persediaan, merekapitulasi observasi fisik persediaan, merekapitulasi pergerakan persediaan serta melakukan vouching terkait persediaan. Prosedur ini dilakukan untuk menguji asersi completeness, existence, accuracy, valuation, dan rights. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan atas prosedur audit akun persediaan PT Langit Biru yang dilakukan oleh KAP
ASF telah sesuai dengan standar yang berlaku

This apprenticeship report discusses the evaluation of the audit procedures performed by KAP ASF on the inventory account of PT Langit Biru, a company engaged in the property sector. The audit procedure carried out by the ASF KAP refers to the Global Audit
Methodology sourced from the International Standards on Auditing (ISA). Audit procedures for the PT Langit Biru inventory account are carried out through substantive testing by preparing lead schedules, identifying inventory values, recapitulating physical inventory observations, recapitulating inventory movements and conducting inventoryrelated vouching. This procedure is carried out to test the assertiveness of completeness, existence, accuracy, valuation, and rights. Based on the results of evaluations carried out on the PT Langit Biru inventory account audit procedure conducted by KAP ASF in accordance with applicable standards.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raka Mahdi Naufal
"Laporan magang ini membahas mengenai analisis proses ekualisasi PPN Keluaran yang dilakukan oleh PT. JSO. Metode analisis didasarkan pada hasil observasi langsung selama pelaksanaan program magang. Hasil analisis atas ekualisasi PPN Keluaran di PT. JSO ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab selisih nominal pengakuan penjualan antara yang tercatatat di General Ledger (GL) PT. JSO dengan nominal yang dilaporkan di dalam SPT Masa PPN yaitu perbedaan metode pengakuan penjualan antara PT. JSO dengan DJP, adanya tanggal cutoff didalam siklus akuntansi bulanan PT. JSO, adanya permintaan penggunaan packing khusus oleh salah satu pelanggan PT. JSO, adanya shipping variant, adanya pengiriman atas produk-produk sampel, dan perbedaan kurs yang digunakan antara PT. JSO dengan DJP.

This internship report discusses about analysis of VAT Out (PPN Keluaran) Equalization process implemented in PT. JSO. Analysis method was based on the observation during the period of internship program. The analysis shows that the difference of sales recognition amount recorded in PT. JSOs General Ledger (GL) and the one listed in the periodic tax return (SPT Masa PPN) is caused by sales recognition method used by PT. JSO and Direktorat Jenderal Pajak, cutoff period implemented in PT. JSOs monthly accounting cycle, customer request of special packing for the product shipment, shipping variant, sample products sent to customer, and the exchange rate base difference between PT. JSO and Direktorat Jenderal Pajak.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dyan Palupi Widowati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Manajemen Risiko pada Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan Pushaka. Pushaka bertugas melaksanakan analisis, harmonisasi, dan sinergi kebijakan atas pengelolaan program dan kegiatan Menteri Keuangan. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Pushaka melaksanakan Manajemen Risiko sejak tahun 2008. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi dalam pemerolehan data yang diperlukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pushaka telah menerapkan Manajemen Risiko berdasarkan PMK 171 dan KMK 845, tetapi terdapat beberapa proses yang belum dipenuhi secara sempurna. Pertama, pada tahap Komunikasi dan Konsultasi, Pushaka tidak menjalankan focus group discussion FGD pada semester 1 2019. Kedua, pada tahap Penetapan Konteks, beberapa informasi belum diisikan secara tepat. Ketiga, pada tahap Identifikasi Risiko, Risiko Menteri Keuangan dan Wakil Menteri tidak mendapat bahan pada saat rapat/kegiatan perlu dipertimbangkan lagi. Risiko ini berkaitan erat dengan peran ajudan Menteri Keuangan/Wakil Menteri Keuangan. Selanjutnya, pada tahap Analisis Risiko, Pushaka tidak membuat Peta Risiko. Selanjutnya, pada tahap Evaluasi Risiko, terdapat kebutuhan untuk merevisi manual IRU, khususnya terkait analisis/kajian yang diterima oleh Menteri Keuangan. Kemudian, pada tahap Penanganan Risiko, Pushaka tidak menyusun Rencana Kontinjensi. Terakhir, dalam tahap Pemantauan dan Reviu, pegawai yang mutasi belum didokumentasikan dengan baik dalam Laporan Triwulanan.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azhar Lageranna
"Laporan magang ini membahas mengenai akuntansi piutang transaksi efek dan prosedur audit piutang PT XYZ Sekuritas per 30 Juni 2012. PT XYZ Sekuritas diwajibkan untuk mengikuti peraturan Bapepam dan LK terkait Pencatatan Akuntansi Perusahaan Efek (PAPE) yang telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) untuk seluruh transaksi termasuk piutang transaksi efek. Selain itu, laporan ini juga membahas mengenai prosedur audit piutang PT XYZ Sekuritas.
Dalam laporan ini terungkap bahwa pencatatan piutang transaksi efek PT XYZ Sekuritas sudah sesuai dengan peraturan Bapepam dan LK mengenai Pencatatan Akuntansi Perusahaan Efek (PAPE) dan telah tersaji secara wajar.

The focus of this studies are the accounting of securities transaction receivables and audit procedures in PT XYZ Sekuritas for the periods ended 30 June 2012. PT XYZ Securities is required to implement Bapepam dan LK regulations regarding to Securities Company Accounting Record (PAPE), which has been in accordance with Statement of Financial Accounting Standards (PSAK) for all transactions, including securities transaction receivable. In addition, this report also discusses the audit procedure of PT XYZ Sekuritas receivable.
This report revealed that accounting of securities transaction receivables of PT XYZ Sekuritas are in accordance with Bapepam dan LK regulations regarding to Securities Company Accounting Record (PAPE) and has been stated fairly."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54674
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>