Ditemukan 216 dokumen yang sesuai dengan query
Adisti Kinanti Baga
"Skripsi ini mengevaluasi penerapan metode pencatatan dan penilaian persediaan pada bidang usaha restoran menurut Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK-EMKM). Studi kasus dilakukan pada PT. GIP yang bergerak di bidang usaha restoran dan memiliki beberapa outlet diantaranya outlet Slice of Heaven (SOH), outlet Fresh and Co, dan outlet Kantin yang berlokasi di ibu kota Jakarta. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian berfokus pada metode pencatatan dan penilaian persediaan pada PT.GIP. Berdasarkan pencatatan yang dilakukan oleh PT.GIP diketahui bahwa perusahaan belum dapat mengakui semua persediaannya sebagai aset perusahaan dan belum dapat mengklasifikasikan biaya konversi sebagai bagian dari biaya perolehan persediaannya. Hal tersebut menyebabkan nilai persediaan menjadi understated di dalam laporan posisi keuangan. Sedangkan dari penilaian persediaan, perusahaan menilai persediaannya menggunakan metode Moving Average yang merupakan pengukuran untuk sistem pencatatan perpetual. Perusahaan menggunakan sistem pencatatan periodik, maka seharusnya persediaan diukur dengan metode Weighted Average. Sehingga diketahui bahwa perusahaan belum dapat mengukur biaya persediaan sesuai dengan sistem pencatatannya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pencatatan dan penilaian persediaan yang dilakukan oleh PT. GIP belum sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum yaitu SAK EMKM.
This study evaluate the application of inventory record and valuation methods in the restaurant sector in accordance with Financial Accounting Standards for Micro, Small, and Medium Enterprise (SAK-EMKM). This case study was conducted at PT. GIP, which engaged in the restaurant business and has several outlets that are Slice of Heaven (SOH), Fresh and Co, and Canteen, which located in the capital city of Jakarta. Research method was conducted using qualitative methods. The object of research focuses on inventory record and valuation methods at PT. GIP. Based on the inventory recording by PT.GIP, it is known that the company has not been able to recognize all of its inventory as a company asset and has not been able to classify conversion costs as part of its inventory costs. So that the value of inventory becomes understated in the statement of financial position. While from the inventory valuation, the company assesses its inventory using the Moving Average method which is a measurement for a perpetual recording system. Companies use a periodic recording system, so inventory should be measured by the Weighted Average method. It is known that the company has not been able to measure inventory costs in accordance with the recording system. The results of analysis show that inventory record and valuation conducted by PT. GIP is not carried out in accordance with SAK EMKM."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Silaban, Jefri Jumadi
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian internal siklus pengeluaran PT. AT yang dimulai dari tahap pemesanan barang dan/atau jasa, tahap penerimaan barang dan/atau jasa, tahap persetujuan invoice, dan tahap pencairan tunai. Proses evaluasi dilakukan dengan membandingkan pola kerangka analisis Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission Internal Control Integrated Framework 2013 (COSO IC IF 2013) dengan praktik pekerjaan yang berlangsung. Hasil evaluasi menunjukan bahwa terdapat empat prinsip pengendalian internal yang belum diimplementasikan oleh perusahaan, yaitu: prinsip penentuan tujuan laporan non-keuangan eksternal, prinsip kontrol umum atas teknologi, prinsip rincian kebijakan dan prosedur, dan prinsip komunikasi internal. Keempat prinsip ini dapat diimplementasikan perusahaan untuk mencegah potensi kerugian di masa depan pada siklus pengeluaran PT. AT.
The internship report aims to evaluate PT. AT’s internal control system on its expenditure cycle that will start from the process of ordering goods/services process, receiving the goods/services, approving supplier invoices, and the cash disbursement process. The evaluation process is carried out by comparing the Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission Internal Control Integrated Framework 2013 (COSO IC IF 2013) with ongoing work practices. The evaluation results show that there are four principles that have not been implemented by the company, such as the principal of determining the objectives of external non-financial reports, the principal of general control over technology, the principal of detailed policies and procedures, and the principal of internal communication. These four principles of internal control should be implemented to prevent potential future losses in the expenditure cycle of PT. AT."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Fiona Natalia
"
ABSTRAKSkripsi ini membahas peran Audit Internal dalam perwujudan Tata Kelola Perusahaan yang baik pada salah satu bank asing di Indonesia, yaitu Bank XYZ Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan metode studi pustaka serta melakukan wawancara terstruktur kepada beberapa organ perusahaan yang menjadi fokus dalam pembahasan.
Hasil dari penelitian penulis bahwa Audit Internal di Bank XYZ Indonesia telah menjalankan perannya dengan baik dan sesuai dengan Kode Etik yang berlaku dan peraturan dari regulator di Indonesia. Selain itu, Komite lainnya di Bank XYZ telah melakukan koordinasi dengan baik dalam menjalankan tugas-tugasnya.
ABSTRACTThis study discussed the role of Internal Audit in the embodiment of Tata Kelola Perusahaan yang baik in one of foreign bank in Indonesia, named Bank XYZ Indonesia. This study is qualitative research with descriptive design. The approach taken is using literature study method and conducting structured interview to several company?s organ which are highlighted in this study.The result of this study is Internal Audit in Bank XYZ Indonesia performed their role properly, in accordance with the applicable Code of Conduct and regulations in Indonesia. In addition, other committees at Bank XYZ has coordinated well in carrying out their duties."
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61630
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Natasya Christine
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh struktur kepemilikan keluarga terhadap biaya audit di Indonesia. Penelitian ini juga menguji pengaruh pengawasan dewankomisaris sebagai variabel yang memoderasi pengaruh struktur kepemilikan keluarga terhadap biaya audit di Indonesia. Struktur kepemilikan keluarga membagi perusahaankeluarga dan non-keluarga dengan batas kepemilikan saham di atas atau sama dengan 5 . Sampel yang digunakan adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 dan 2015. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa struktur kepemilikan keluarga tidak terbukti berpengaruh terhadap biaya audit di Indonesia. Pengawasan yang dilakukan oleh dewan komisaris juga tidak terbukti mampu berperan sebagai pemoderasi pengaruh struktur kepemilikan keluarga terhadap biaya audit di Indonesia.
The purpose of this study is to provide empirical evidence about the effect of familyownership structure on audit fee in Indonesia. This research also examines the influence of supervision of board of commissioners as a variable that moderates the effect of family ownership structure on audit fee in Indonesia. Family ownership structure divides the family and non family companies with shares ownership above orequal to 5. Sample in this study is listed firms on Indonesia Stock Exchange on 2014and 2015. This result showed that family ownership structure is not proven to have an effect on audit fee in Indonesia. There is also no evidence that board of commissioners can act as a moderating effect of family ownership structure on audit fee in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hutauruk, Keirstin Mauli Rogate
"Laporan Magang ini membahas perlakuan akuntansi untuk aset tetap di PT ADE yang merupakan perusahaan yang menjalankan usaha di bidang investasi. Laporan ini juga membahas prosedur audit yang dijalankan KAP MA untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2018. Proses audit dilaksanakan berdasarkan ISA. Selama melakukan audit, auditor melihat kesesuaian kebijakan akuntansi terkait aset tetap dengan PSAK 16 sebagai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Hasil audit menunjukkan beberapa temuan terkait reklasifikasi aset tetap berupa renovasi kantor (asset lainnya). Temuan tersebut dinilai material sehingga dilakukan penyesuaian. Secara keseluruhan, aset tetap pada PT ADE dinyatakan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material.
This internship report examined the accounting treatment on fixed assets of PT ADE, an investment company. This report also discusses the audit procedures carried out by MA Public Accounting Firm for the period ended in 31 December 2018. Audit processes are implemented based on ISA. During the audit process, auditor analyses the conformity of accounting treatment related to fixed assets using accounting standard that applicable in Indonesia, which is PSAK 16. The audit result shows that there is finding related to reclassification of office renovation (other assets). Since theamount of the finding is considered material, an audit adjustment was made. In conclusion, fixed assets of PT ADE are presented fairly in all material respects."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Andre Royan Saputra
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses perhitungan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai Piutang yang dilakukan oleh KAP ABC pada PT AD. PT AD merupakan perusahaan bergerak dalam bidang penyediaan peralatan suku cadang untuk sektor kereta barang dan transit. Evaluasi dilakukan untuk membandingkan kesesuaian antara standar dalam PSAK 109 dengan prosedur perhitungan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai pada piutang yang dilakukan KAP ABC pada PT AD. Perhitungan CKPN yang dilakukan KAP ABC menggunakan pendekatan yang disederhanakan. Perhitungan CKPN yang dilakukan pada PT AD menunjukkan nilai ECL sebesar Rp10.946.410. Berarti kemungkinan piutang yang tidak dapat ditagih sebesar Rp10.946.410 dari total piutang sebesar Rp118.211.769.426 (0,926%).Cadangan Kerugian Penurunan Nilai atas piutang ini sangat kecil karena pelanggan PT AD hanya satu perusahaan dan pembayaran selalu lancar. Maka dapat disimpulkan bahwa piutang pada PT AD masih tergolong dalam kondisi baik. Sehingga, pencadangan yang dilakukan tidak perlu terlalu besar. Secara keseluruhan, KAP ABC telah melaksanakan prosedur perhitungan CKPN sesuai dengan PSAK 109. Terdapat juga refleksi diri penulis selama melakukan kegiatan magang di KAP ABC, dan rencana tindak lanjut penulis.
The purpose of this intersnhip repot is to evaluate the process of calculating the Allowance for Impairment Losses on Receivables carried out by KAP ABC at PT AD. PT AD is a company engaged in providing spare parts equipment for the freight and transit train sectors. The evaluation was carried out to compare the conformity between the standards in PSAK 109 and the procedure for calculating the Allowance for Impairment Losses on receivables carried out by KAP ABC at PT AD. The CKPN calculation carried out by KAP ABC uses a simplified approach. The CKPN calculation carried out at PT AD shows an ECL value of IDR 10,946,410. This means that the possibility of uncollectible receivables is IDR 10,946,410 out of total receivables of IDR 118,211,769,426 (0.926%). The allowance for impairment losses on these receivables is very small because PT AD's customers are only one company and payments are always smooth. So it can be concluded that receivables from PT AD are still in good condition. So, the backup done does not need to be too large. Overall, KAP ABC has implemented CKPN calculation procedures in accordance with PSAK 109. There is also the author's self-reflection during his internship at KAP ABC, and the author's follow-up plans."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Stellaluna Valen
"Laporan magang disusun dengan tujuan untuk membahas evaluasi prosedur audit pencarian utang yang belum tercatat yang dijalankan oleh KAP TXT pada PT BTS. Evaluasi dijalankan untuk menguji akun liabilitas perusahaan terkait dengan ketepatan asersi, kesesuaian pada langkah-langkah prosedur pencarian utang yang belum tercatat, serta apakah bukti audit yang diperoleh telah sesuai. Berdasarkan evaluasi, dapat disimpulkan bahwa prosedur yang dijalankan oleh KAP TXT telah sesuai dengan kerangka teori dan standar audit relevan, berhasil mencapai keyakinan memadai serta mampu mencapai asersi yang relevan. Pada akhir laporan, dilengkapi dengan refleksi diri akan pengalaman Penulis selama menjalani magang di KAP TXT selama tiga bulan.
This internship report discusses the evaluation of search of unrecorded liabilities audit procedures by KAP TXT to PT BTS. This evaluation was carried out to test the company’s liability accounts related to the relevancy and accuracy of the assertions, suitability of the steps, and to see whether the audit evidence obtained was already appropriate. Based on the evaluation, it can be concluded that the procedures by KAP TXT were in accordance with the theoretical framework and relevant audit standards, managed to achieve reliable assurance and have been able to achieve the relevant assertions. At the end of the report, there is self-reflection on author’s experience while undergoing an internship at KAP TXT for three months."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Haryo Perdana Seno Aji
"
ABSTRAKLaporan magang ini membahas tentang penerapan ISO 9001 2015 yang
merupakan sistem penjaminan mutu yang diterapkan oleh PT HHH. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan penerapan sistem penjaminan mutu pada PT HHH dan persyaratan yang tercantum dalam ISO 9001 2015 yang dibuat oleh International Organization for Standarization (IOS). Hasil dari perbandingan menunjukkan bahwa
penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 2019 pada PT HHH telah sesuai dengan peraturan yang disyaratkan oleh IOS. Laporan magang ini juga membahas refleksi diri yang merupakan bentuk pembelajaran berkelanjutan atas pelaksanaan program magang di PT HHH. Evaluasi dari refleksi diri ini adalah dapat melihat kelebihan dan kelemahan dalam program magang.
ABSTRACTThis internship report discusses the application of ISO 9001 2015 which is a quality assurance system implemented by PT HHH. The evaluation was carried out by comparing the implementation of the quality assurance system at PT HHH and the requirements listed in ISO 9001 2015 made by the International Organization for Standarization (IOS). The results of the comparison show that the implementation of the ISO 9001 2019 quality management system at PT HHH is in accordance with the regulations required by IOS. This internship report also discusses self-reflection which is a form of ongoing learning of the implementation of the internship program at PT HHH. Evaluation of self-reflection is to see the strengths and weaknesses in the internship program."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Prima Sukarni
"Tesis ini membahas anallsa dan perancangan Sistem Informasi Penggajian yang mencakup Sistem Personalia, Sistem Penggajian dan Sistem Penagihan pada PT. KNE. Tekhnik analisa dan perancangan yang dignnakan adalah metode FAST (Framework for the Applicolion of Systems Techniques). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan informasi-informasi sebagai bahan penelitian berupa hasil wawancara dengan manajemen dan karyawan PT. KNE dan juga basil dokumentasi data. Hasil . penelitian ini menyarankan agar PT. KNE - Jakarta segera mengimplementasikan Sistem HRD, agar proses bisnis yang ada menjadi Jebih efisien danefektif.
The focus of this study is about Payroll Infonnation System analysis and design. This system including Personeel System, Payroll System and Invoicing System in PT.KNE. Systems analysis technic and·design methods in this thesis is FAST (For the Application of Systems Techniques) methods. This research .is a qualitative research that documenting all informations as a research resources such as direct interview with PT. KNE employee and management and also data documentations. The research shows that PT. KNE have to implemented the Payroll Infonnation Systems in order to gain a more efficient and effective business process."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25606
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Nasution, Muhammad Iman
"
ABSTRAKLaporan magang ini membahas tentang proses audit test of control pada account receivable aging and allowance dari system pendapatan yang dilakukan oleh KAP SUT pada periode akhir 31 December 2018. Proses audit yang dibahas pada laporang magang ini dibatasi pada tahap test of control. Pengujian yang dilakukan auditor adalah menghitung dan mencocokkan ulang dokumen terkait yang dikerjakan oleh PT SME. Hal ini bertujuan untuk membuktikan bahwa procedure internal control yang diterapkap PT SME telah sesuai dengan procedure yang dijalankan oleh tim auditor. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa tim audit tidak menemukan adanya perbedaan yang signifikan terhadap jumlah yang dilakukan oleh client dengan auditor.
ABSTRACTThis internship report discuss about the audit test of control process on account receivable aging and allowance from the revenue system carried out by the SUT KAP in the final period of December 31, 2018. The audit process discussed in this internship report is limited to test of control stage only. The test conducted by the auditor is to calculate and reconcile related documents that prepared by PT SME. This aims to prove that the procedure internal control implemented by PT SME is in accordance with the procedures that applied by the auditor team. From the results of the analysis, it can be concluded that the audit team did not find any significant differences in the amount carried out by the client with the auditor."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library