Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zalela
"Berat lahir merupakan variabel yang dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan bayi sedangkan lingkar kepala bayi baru lahir mencerminkan fungsi kognitif bayi untuk perkembangan berikutnya Anemia defisiensi besi pada ibu hamil berkontribusi terhadap timbulnya keluaran buruk terhadap kedua variabel tersebut Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara anemia defisiensi besi pada ibu hamil dengan berat dan lingkar kepala bayi baru lahir di Jakarta Timur Metode penelitian adalah potong lintang yang melibatkan 96 ibu hamil trimester 3 yang berusia 19 45 tahun Hasil menunjukkan bahwa prevalensi anemia defisiensi besi pada ibu hamil sebesar 40 2 sedangkan rerata berat lahir adalah 3128 338 gram dan nilai median lingkar kepala sebesar 33 1 cm Tidak ada hubungan signifikan antara anemia defisiensi besi dan berat lahir setelah dikontrol dengan beberapa variabel pengganggu adjusted 0 182 95 CI 306 35 p 0 159 Hasil lainnya adalah adanya hubungan tren menuju signifikan antara anemia defisiensi besi dengan lingkar kepala setelah dikontrol dengan paparan rokok metode persalinan dan jenis kelamin adjusted 0 164 95 CI 1 118 0 168 p 0 099 Ibu hamil dengan anemia defisiensi besi memiliki tren untuk mendapatkan bayi dengan lingkar kepala lebih besar daripada ibu hamil dengan anemia defisiensi zat gizi lainnya akan tetapi tidak ada hubungan signifikan terhadap berat lahir Oleh karena itu diperlukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah subjek penelitian yang lebih besar untuk mengkonfirmasi hasil penelitian ini.

Birth weight is a reliable predictor of infant growth while head circumference reflects a cognitive function of a child in later life Recently iron deficiency anemia has been postulated to contribute as a risk factor for the adverse outcomes of these parameters The objective was to identify a relationship between iron deficiency anemia among pregnant women and their infants rsquo birth weight and head circumference A cross sectional study was conducted involving 96 third trimesters of anemic pregnant women aged 19 45 years in East Jakarta The prevalence of iron deficiency among anemic pregnant women was 40 2 The mean of birth weight 3128 338 gram and the median of head circumference was 33 1 cm Iron deficiency anemia IDA did not significantly associate with birth weight after adjusted for secondhand smoke mother rsquo s education birth spacing delivery method vitamin C and B 12 intake adjusted 0 182 95 CI 306 35 p 0 159 While there was a borderline significant relationship between IDA and head circumference after adjusted for secondhand smoke delivery method and birth sex adjusted 0 164 95 CI 1 118 0 168 p 0 099 Pregnant women with IDA tended to have infants with larger head circumference than women with other nutritional anemia but did not show a relationship with birth weight of their newborns Further study is needed with larger subjects to confirm the results of these findings."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Selma Avianty
"ABSTRAK
Promosi tanpa disadari membentuk pola pemilihan makanan dimana banyak diantaranya tidak sehat. Studi ini melihat promosi makanan, penerimaan strategi promosi makanan, dan kebiasaan makan penyedia makanan rumah tangga berpendidikan tinggi di Jakarta, mengingat mereka lebih terpapar promosi makanan. Menganalisis data dari International Study of the Families and Food Survey 2014 oleh Deakin University, dilengkapi dengan wawancara mendalam 16 informan yang memiliki kemiripan demografis. Hasil menunjukkan promosi makanan bukan faktor utama mempengaruhi kebiasaan makan. Dikarenakan daya tarik promosi hanya pada hal yang diperlukan; faktor lain seperti kesehatan, pilihan keluarga, lingkungan kerja, dan delivery makanan juga menjadi perimbangan dalam memilih makanan

ABSTRACT
Food marketing shaped food preferences provides unhealthy food. This study aimed to assess food marketing exposure, approval, and food practices among highly-educated household food providers in Jakarta, as they were more exposed by integrated food marketing. This study analyzed International Study of the Families and Food Survey 2014 by Deakin University, complemented with in-depth interview among 16 demographically similar informants. This study showed that food marketing exposure was less associated with food practices, due to the lure of promotion only on necessary things; other factors such health, family preference, working environment, and advance delivery technology were among the considerations"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ismi Irfiyanti Fachruddin
"ABSTRAK
Individual behavior was influenced by perception, where perception could determine how individual performing health behavior. This study aimed to explore the difference in perception of causes of obesity and weight control strategies among normal weight and overweight-obese Indonesian women. A mixed method study was conducted with 221 normal weight women and 156 overweight-obese women joined the survey, and 16 women were in-depth interviewed. This study found normal weight women tended to mention individual factors as causes of obesity, while overweight-obese women mentioned more categories of environmental factors. Overweight-obese women statistically agreed eating less and treatment as effective weight control strategies

ABSTRACT
Persepsi dapat mempengaruhi bagaimana perilaku kesehatan seseorang. Studi ini bertujuan untuk mengeksplor perbedaan persepsi mengenai penyebab obesitas dan strategi kontrol berat badan pada wanita dengan berat badan normal dan berat badan lebih?obes di Indonesia. Sebanyak 221 wanita berat badan normal dan 156 wanita berat badan lebih-obes mengikuti survei, serta 16 wanita mengikuti wawancara mendalam. Studi ini menemukan wanita dengan berat badan normal lebih menyadari faktor individu sebagai penyebab obesitas, sedangkan wanita dengan berat badan lebih?obes lebih menyadari faktor lingkungan. Wanita dengan berat badan lebih?obes setuju bahwa makan lebih sedikit dan pengobatan sebagai strategi untuk mengontrol berat badan;"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Luthfiana Sufyan
"ABSTRAK
Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan pangan mencerminkan pola makan pada populasi dari bermacam kalangan usia, termasuk wanita sebagai penyedia pangan dalam rumah tangga. Studi kualitatif ini bertujuan untuk memperoleh pola makan yang dibentuk oleh pilihan pangan. Pengumpulan data yang utama diperoleh dari wawancara mendalam kepada delapan belas (n=18) wanita dengan BMI status yang berbeda berdasarkan laporan individu. Analisis isi diterapkan pada data analisis. Para wanita melaporkan keputusan pembelian makanan dibatasi oleh makanan yang tersedia di area sekitar tempat tinggal dan menu pilihan anak. Kecenderungan pada makanan yang murah, enak, siap saji dan banyak mengarahkan wanita pada konsumsi tinggi lemak, karbohidrat, gula dan garam. Toko makanan yang banyak tersedia mengelilingi area tinggal memenuhi permintaan terhadap makanan kurang sehat tersebut. Promosi ke rumah oleh karyawan supermarket meningkatkan akses pada minyak. Studi ini memberikan wawasan untuk membantu mengembangkan metode advokasi dan edukasi yang berguna untuk perencanaan program gizi pada wanita di area kumuh perkotaan.

ABSTRACT
Studies shown food environment reflects dietary practices among various age populations, including women as household food gatekeepers. The present qualitative study aims to elicit current dietary practices shaped by food choice. Main data collection was obtained from in-depth interviews to eighteen (n=18) women with different self-reported BMI status. Observation and focus group discussion were carried on to attain insights on communal activities and practices. Content analysis was applied. Women reported that purchasing decision was limited to food available nearby and children?s preferred menu. Preference to foods that was cheap, convenient, tasty and plentiful led women to consume foods high in fats, carbohydrates, sugars and salts. Food stores that were massively available surrounding the residents satisfied the demands on such kinds of unhealthy foods. Door to door promotion by convenience store crews, increase access of cooking oil. This study provides insights to foster healthier food choice among urban slum women.
"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library