Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sri Hastutiningsih
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pelaksanaan manajemen Sumber Daya Manusia pada Organisasi XYZ berdasarkan empat faktor utama model yang dikembangkan oleh David Ulrich (1997) didalam buku Human Resource Champions, yaitu sebagai Strategic Partner, Administrative Expert, Employee Champion dan Change Agent. Data penelitian ini diambil dari 83 responden yang merupakan karyawan pada Organisasi XYZ yang bergerak di bidang kemanusiaan di Jakarta. Analisis data menggunakan t-test dan one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan menurut divisi HRD, Non-HRD Support, dan Operasi terhadap pelaksanaan manajemen Sumber Daya Manusia pada Organisasi XYZ.

ABSTRACT
This study aims to analyze the implementation of Human Resource Management at XYZ organization based on four role function model developed by David Ulrich (1997) in his book, Human Resource Champions. The four role functions are Strategic Partner, Administrative Expert, Employee Champion and Change Agent. The research data was taken from 83 respondents who are employees at XYZ Organization engaged in humanitarian work in Jakarta. Data analysis was conducted using t-test and one way ANOVA. The results showed that there were significant differences according to the HR, Non-HR Support, and Operations divisions on the implementation of Human Resource Management at XYZ Organization."
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuke Dewi Novianti
"[ABSTRAK
Tesis ini membahas pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi dalam
penerapan manajemen risiko studi pada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)
merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan melalui survei terhadap
karyawan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap penerapan manajemen
risiko, selanjutnya budaya organisasi berpengaruh positif terhadap penerapan
manajemen risiko serta gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh
positif terhadap penerapan manajemen risiko.

ABSTRACT
This thesis describes The Influence of Leadership Style and Organization Culture
in The Risk Management Implementation ? Case Study at PT. ASDP Indonesia
Ferry (Persero). The research is a quantitative study and conducted through a
survey of employees at PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero). The results showed
that leadership style have positive effect on risk management implementation,
further found organization culture have positive effect on risk management
implementation and leadership style with organization culture have positive effect
on risk management implementation.;This thesis describes The Influence of Leadership Style and Organization Culture
in The Risk Management Implementation ? Case Study at PT. ASDP Indonesia
Ferry (Persero). The research is a quantitative study and conducted through a
survey of employees at PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero). The results showed
that leadership style have positive effect on risk management implementation,
further found organization culture have positive effect on risk management
implementation and leadership style with organization culture have positive effect
on risk management implementation., This thesis describes The Influence of Leadership Style and Organization Culture
in The Risk Management Implementation – Case Study at PT. ASDP Indonesia
Ferry (Persero). The research is a quantitative study and conducted through a
survey of employees at PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero). The results showed
that leadership style have positive effect on risk management implementation,
further found organization culture have positive effect on risk management
implementation and leadership style with organization culture have positive effect
on risk management implementation.]"
2015
T43326
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roy Hendrawan
"[ABSTRAK
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh pertumbuhan karir organisasi
(organizational career growth) dan persepsi politik organisasi (perceptions of
organizational politics) terhadap maksud pengunduran diri (turnover intention)
para pegawai dinas luar negeri non diplomatik pada Kementerian Luar Negeri
Republik Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan dianalisis
menggunakan metode regresi. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diperoleh
dari 208 pegawai non diplomatik pada Kementerian Luar Negeri Republik
Indonesia. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pertumbuhan karir organisasi
berpengaruh negatif terhadap maksud pengunduran diri, dan persepsi politik
organisasi berpengaruh positif terhadap maksud pengunduran diri. Ditemukan
bahwa pencapaian tujuan karir mempengaruhi maksud pengunduran diri secara
signifikan. Peneliti menyimpulkan bahwa semakin besar peluang yang diberikan
organisasi kepada pegawai untuk mencapai tujuan karirnya, maka akan mengurangi
kecenderungan pegawai untuk meninggalkan organisasi. General political
behavior sebagai dimensi dari persepsi politik organisasi mempengaruhi maksud
pengunduran diri secara signifikan. Disimpulkan pula bahwa persepsi politik
organisasi meningkatkan niat untuk meninggalkan organisasi.

ABSTRACT
The purpose of this study is to examine the relationship between organizational
career growth and turnover intention, as well as perceptions of organizational
politics and turnover intention, among non diplomatic staffs of the Ministry of
Foreign Affairs of Republic of Indonesia. This research used quantitative design
and analyzed by regression method. The data were collected by questionnaires from
208 respondents of non diplomatic staffs of the Ministry of Foreign Affairs of
Republic of Indonesia. The results of this study show that the organizational career
growth are negatively related to turnover intention, and the perceptions of
organizational politics are positively related to turnover intention. It was found that
career goal progress have strong influences on turnover intention. The researcher
suggest that the greater opportunities provided by an organization for employees to
meet their career goals, make employees less likely to consider leaving the
organization. General political behavior as dimension of perceptions of
organizational politics have strong influences on turnover intention. It suggest that
perceptions of organizational politics are increase the intention to leave the
organization, The purpose of this study is to examine the relationship between organizational
career growth and turnover intention, as well as perceptions of organizational
politics and turnover intention, among non diplomatic staffs of the Ministry of
Foreign Affairs of Republic of Indonesia. This research used quantitative design
and analyzed by regression method. The data were collected by questionnaires from
208 respondents of non diplomatic staffs of the Ministry of Foreign Affairs of
Republic of Indonesia. The results of this study show that the organizational career
growth are negatively related to turnover intention, and the perceptions of
organizational politics are positively related to turnover intention. It was found that
career goal progress have strong influences on turnover intention. The researcher
suggest that the greater opportunities provided by an organization for employees to
meet their career goals, make employees less likely to consider leaving the
organization. General political behavior as dimension of perceptions of
organizational politics have strong influences on turnover intention. It suggest that
perceptions of organizational politics are increase the intention to leave the
organization]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihotang, Yenni Afriani Maria
"Penelitian ini dilakukan untuk dapat melihat adanya pengaruh gaya kepemimpinan klasik, transaksional, visioner, dan organik terhadap employee engagement dengan kecerdasan emosional sebagai variabel mediasi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Responden penelitian ini berjumlah 142 orang pegawai.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan uji regresi berganda. Sedangkan Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jing Scale Leadership Style (2009), Utrech Work Engagement Scale Preliminary Manual Version I oleh Schaufeli dan Bakker (2003), dan Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Short Form (TEIQue-SF) oleh Petrides dan Furnham (2006).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan visioner dan organik memiliki pengaruh terhadap employee engagement dengan efek mediasi kecerdasan emosional. Sementara tidak terdapat efek mediasi kecerdasan emosional pada pengaruh gaya kepemimpinan klasik dan transaksional terhadap employee engagement.

This research is conduct to find whether there is impact between leadership style toward employee engagement with emotional intelligence as mediating variable on employees at Ministry of Administrative Reform. The survey involved 142 civil servant.
The research method used multiple regression. The instrument used in the questionnaire are Jing Scale Leadership Style (2009), Utrech Work Engagement Scale Preliminary Manual Version I which is developed by Schaufeli and Bakker (2003), and Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Short Form (TEIQue-SF) which is developed by Petrides dan Furnham (2006).
The result showed emotional intelligence is partially mediates the relation between visionary and organic leadership on employee engagement. In the other hand, there is no mediation effect for classical and transactional on employee engagement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Adi Yasir Maulana P.
"ABSTRAK
Pada kompetisi global saat ini, perusahaan berlomba-lomba menunjukkan keunggulan daya saingnya baik yang didorong dari kondisi internal maupun eksternal perusahaan. Kondisi eksternal merupakan salah satu faktor yang kuat mendorong perusahaan untuk terus berupaya berkompetisi. Untuk itu, perusahaan mempunyai perhatian yang khusus terhadap kondisi eksternal tersebut dengan melakukan kegiatan kegiatan corporate social responsibility (CSR).
Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu kegiatan perusahaan yang penting dalam mempengaruhi value creation perusahaan yang memiliki dampak terhadap kinerja perusahaan (keuangan dan non keuangan). Namun tidak semua kegiatan CSR berdampak positif bagi perusahaan dikarenakan CSR tidak menyentuh core business atau dapat dikatakan tidak stratejik. Penelitian ini menekan bahwa kegiatan CSR yang stratejik terbagi atas lima dimensi centrality, specificity, proactivity, visibility dan voluntarism akan mempengaruhi value creation perusahaan (Burke & Logsdon, 1996) sehingga mempengaruhi kinerja perusahaan.
Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan studi kasus PT Astra International Tbk yang diharapkan mendapatkan informasi dan pemahaman yang lebih mendekati pada konteks sehingga perusahaan dapat melihat persepsi stakeholder baik dari internal dan eksternal perusahaan dari program CSR yang dijalankan.

ABSTRACT
In today's global competition, companies are competing to show the advantages of both the driven competitiveness of the internal and external conditions. External condition is one of the factors that could strongly encourage companies to continue to compete. Because of that, the company has a focus on the external conditions by conducting activities of corporate social responsibility (CSR).
Corporate Social Responsibility (CSR) is an important corporate activities that affect value creation in companies that have an impact on firm performance (financial and non-financial). However, not all CSR activities have positive impacts for the company because the CSR does not touch the core business or can be said to be strategic. This study stressed that CSR activities are divided into five dimensions of strategic centrality, specificity, proactivity, voluntarism and visibility will affect the company's value creation (Burke & Logsdon, 1996) thus affecting the performance of the company.
This study used a qualitative method focusing on a case study of PT Astra International Tbk. It is expected to gain more information and understanding of the specific context in the field study in order to make the company notices the perception of the stakeholders both internal and external regarding the implementation of CSR programs in PT. Astra International Tbk.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T45472
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Widyantoro
"Tujuan dari Studi ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan persepsi dukungan organisasi terhadap kesiapan pegawai untuk berubah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang terdiri atas komparatif, asosiatif dan deskriptif. Hasil yang didapat menunjukan bahwa empat dimensi dari kepemimpinan transformasional yaitu foster acceptance group goal, high performance expectancy dan intellectual stimulation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat partisipasi pegawai. Dua dimensi dari kepemimpinan transformasional yaitu high performance expectancy dan intellectual stimulation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat keinginan pegawai untuk mempromosikan perubahan. Sedangkan persepsi dukungan organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penolakan pegawai terhadap perubahan.

This study is aim to examines the influence of transformational leadership and perceive organizational support on employees readiness for change. This study using quantitative methode wich consists associative, comparative and descriptive. The result show that four dimensions of transformational leadership namely foster acceptance group goal, high performance expectancy, intellectual stimulation have a significan influence on participating change. Two dimensions of transformational leadership namely high performance expectancy and intellectual stimulation have a significan ingluence on promoting change. While perceive organizational support was found has a significant influence on resisting change."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sendy Puspaatmaja
"ABSTRAK
Penelitian bertujuan meneliti peran dukungan organisasi sebagai mediator pada partisipasi karyawan terhadap kepuasan kerja dan komitmen pada karyawan non manajerial. Penelitian dilakukan pada 211 karyawan non manajerial yang berlokasi di Pabrik PT Unilever Indonesia Tbk, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi adanya dukungan organisasi mampu memediasi secara penuh dan positif pengaruh partisipasi karyawan dalam pengambilan keputusan terhadap kepuasan kerja dan komitmen afektif karyawan. Dengan demikian, partisipasi karyawan dalam pengambilan keputusan akan efektif dalam meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen afektif karyawan jika adanya dukungan dari organisasi terhadap karyawannya.

ABSTRACT
The research aimed to examine the role of organization support as mediator between employee participation towards job satisfaction and commitment to non managerial employees. The study was conducted on 211 non managerial employees who is located at PT Unilever Indonesia Tbk factory, Jababeka Industri Area, Cikarang, using Structural Equation Modeling SEM method. The results showed that perceived organizational support is capable of full and positive mediation for the effect of employee participation in decision making towards job satisfaction and affective commitment to employees. Thus, participation in decision making will be effective in improving job satisfaction and affective commitment of employees if there is a form of support from the organization to its employees. "
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50326
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salma Affifa Karunia Putri
"

Penggunaan internet telah banyak dimanfaatkan oleh perusahaan, baik untuk sekedar bertukar informasi maupun sebagai sarana pendukung fungsi bisnis. Internet juga kerap digunakan untuk melakukan berbagai keperluan pribadi. Ketika kedua aktivitas tersebut dilakukan secara bersamaan oleh karyawan, maka terjadilah workplace internet leisure. Sebagai salah satu sektor yang diandalkan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia, karyawan pada perusahaan perbankan menjadi perhatian dalam penelitian ini. Penelitian ini berfokus pada pengaruh workplace internet leisure, workplace internet leisure policy, dan workplace autonomy orientation terhadap employee satisfaction dan peran mediasinya pada employee productivity. Sebanyak 262 karyawan bank di DKI Jakarta berhasil dikumpulkan untuk kemudian dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh pengaruh positif dari workplace internet leisure, workplace internet leisure policy, dan workplace autonomy orientation pada employee productivity dengan peran mediasi darri employee satisfaction.


The internet has been widely used by companies, both for exchanging information and as a means of supporting business functions. The internet is also often used to do various personal purposes. When both activities are carried out simultaneously by employees, there is an workplace internet leisure. As one of the sectors that drives economic growth in Indonesia, employees in banking companies are the focus of the study. This study also focuses on the effect of the workplace internet leisure, workplace internet leisure policy, and workplace autonomy orientation on employee satisfaction and its mediating role on employee productivity. A total of 262 bank employees in DKI Jakarta were collected and analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The result of the study proves that there is a positive effect of the workplace internet leisure, workplace internet leisure policy, and workplace autonomy orientation on employee productivity with the mediating role of employee satisfaction.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mardhiyyah Inaayatun Aadilah
"Remote e-working menjadi salah satu fenomena dari berkembangnya kebijakan flexible working arrangement. Oleh karena itu penelitian mengenai kesejahteraan dari para remote e-worker ini menjadi menarik untuk dibahas spesifik pada Industri Teknologi dan Informasi yang mana remote e-working erat kaitannya dengan penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari job autonomy dan location autonomy sebagai proksi dari autonomy dan workplace social support terhadap strain dengan emotional intelligence sebagai variabel moderasi pada remote e-worker. Data penelitian diperoleh dari 273 remote e-worker Industri TI di Kota Jabodetabek melalui kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Lisrel 8.5.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa job autonomy, location autonomy, dan social support memiliki pengaruh negatif terhadap strain. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa emotional intelligence sebagai variabel moderasi meningkatkan pengaruh negatif autonomy dan social support terhadap strain."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nathalia Utamaning Nugrahani
"Terdapat beberapa perusahaan terkemuka di bidang barang konsumen fast moving, salah satu di antaranya adalah Coca-Cola System, yang telah berhasil mengembangkan daerah operasinya melewati batas-batas geografis, mempertahankan keberadaannya di pasar selama lebih dari satu abad dan sepertinya memiliki kemampuan untuk selalu meningkatkan volume penjualan dan keuntungan di tengah-tengah situasi konsumen dan pesaing yang selalu berubah dengan dinamis. Dari semua sumber daya yang memungkinkan, kumpulan pengetahuan daru Coca-Cola System memiliki kemampuan yang terbesar untuk menjadi sumber dari pembedaan yang berkelanjutan dan selanjutnya menjadi sumber competitive advantage. Oleh karena itu mengelola pengetahuan adalah salah satu senjata strategis yang dapat menciptakan competitive advantage, oleh karena itu menjadi amat penting untku semua organisasi untuk dapat mengelola pengetahuan yang dimiliki anggotanya dengan efektif.

Manajemen pengetahuan adalah sebuah proses dan tahapan terakhir dari manajemen pengetahuan adalah transfer pengetahuan. Karena transfer pengetahuan adalah manfaat langsung dari kapital sosial, dan kapital sosial adalah mekanisme tambahan untuk meningkatkan transfer pengetahuan baik di antara organisasi-organisasi maupun di dalam organisasi itu sendiri, oleh karena itu kapital sosial menjadi faktor pendahulu dari transfer pengetahuan di antara anggota organisasi. Kapital sosial memiliki tiga dimensi yang saling berkaitan yaitu dimensi structural, kognitif, dan relasional. Tesis ini membahas mengenai dimensi relasional, yang meningkatkan kolaborasi dan membantu mengatasi perlawanan terhadap perubahan dalam organisasi.


There are several prominent fast moving consumer goods companies, one of them is Coca-Cola System, which have been successfully expanding their operations over geographic boundaries, sustaining a market presence for more than a century time span and seemingly holding limitless sales volume and profit growth steadiness in the face of consumers and competitors’ dynamics. Of all possible resources, Coca-Cola System’s knowledge base has the greatest ability to serve as a source of sustainable differentiation and, hence, competitive advantage. Therefore managing knowledge is one of the most strategic weapons that can provide proprietary competitive advantage, it is very essential for any organization to manage knowledge effectively.

Knowledge management is a process and the final stage of knowledge management is knowledge transfer. Since knowledge transfer is a direct benefit of social capital, and social capital is an additional mechanism for enhancing knowledge transfer both within and between organizations, hence becomes the antecedents of knowledge transfer conduct between the employees of the organization. There are three interrelated dimensions of social capital; structural, cognitive, and relational dimensions. This thesis delves further into the relational dimension, which encourages collaboration and can help overcome resistance to organizational change."

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>