Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Stranti Nastiti Kusumaningrum
"ABSTRAK
Tarif listrik pada sektor rumah tangga dengan daya sambungan menengah ke
atas (High VA) mulai berubah semenjak tahun 2013. Tulisan ini menganalisa
responsivitas dari permintaan listrik rumah tangga terhadap perubahan harga dan
pendapatan pada dua kelompok rumah tangga (Low VA dan High VA) di tahun 2011
dan 2014. Dengan menggunakan model konsumsi listrik dan metode regresi kuantil,
didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa permintaan listrik rumah tangga bersifat
inelastic terhadap harga dan pendapatan. Elastisitas pendapatan lebih rendah daripada
elastisitas harga. Lebih lanjut diketahui bahwa pengaruh terhadap elastisitas
pendapatan juga dapat dilihat di kelompok Low VA, walaupun kelompok ini tidak
mengalami perubahan harga. Sementara itu, hasil penelitian tidak berhasil
menyimpulkan dampak perubahan kebijakan tariff terhadap elastisitas pendapatan.
Keseluruhan hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan pemerintah untuk lebih
berhati-hati dalam menyusun kebijakan harga listrik untuk kelompok Low VA sembari
mempertahankan kestabilan ekonomi.

ABSTRACT
Since 2013, the residential electricity price for High VA (Volt Ampere)
households has changed due to changes in pricing policies. This paper analyzes the
responsiveness of residential electricity demand to the change in electricity prices and
income among two different household groups (Low VA and High VA) in 2011 and
2014. Using an electricity consumption model and the Quantile Regression method,
the results show that residential electricity demand is price and income inelastic.
Income elasticity is lower than price elasticity. Furthermore, the effects on price
elasticity were also found in the Low VA group, whose price remained stable. At the
same time, evidences prove that the impact of change in pricing policy on income
elasticity remains unclear. Considering the results, the government has to be more
careful in regulating electricity prices for the low VA group, while maintaining
economic stability."
2017
T49246
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Gunawan GTP
"ABSTRAK
Tulisan ini menganalisis permintaan ekspor pulpwood Indonesia selama periode tahun 1994-2014 dengan menggunakan model Trancendental Logarithmic TL . Adapun hasil yang ditemukan adalah sebagai berikut. Pertama, logaritmik pendapatan and second order logaritmik pendapatan berpengaruh signifikan di pasar Cina dan Korea. Kedua, secara umum Indonesia own-price adalah elastis dan memiliki nilai negatif. Hal ini didukung oleh Detomasi 1969 , meskipun Buongiorno Turner 2004 menyatakan bahwa own-price dari pulpwood adalah inelastic. Ketiga, sehubungan dengan nilai elastisitas cross-price dan pendapatan yang positif, maka pulpwood Indonesia dapat dikategorikan sebagai barang substitusi dan barang normal. Terakhir, penerapan kebijakan subsidi untuk mengurangi harga pulpwood Indonesia sebanyak 10 akan meningkatkan share permintaan di pasar Korea dan dunia, sementara share permintaan di pasar Cina akan tetap stabil. Khususnya di pasar Jepang, share permintaan Indonesia akan mengalami penurunan

ABSTRACT
This paper examines demand of Indonesian pulpwood export during period 1994 2014 using Transcendental Logarithmic TL model. The important findings are as follows. Firstly, logarithmic income and second order logarithmic income significantly influence in China and Korea market. Secondly, in general Indonesia own prices are elastic and have negative signs. This is supported by Detomasi 1969 , even though Buongiorno Turner 2004 suggested that own price of pulpwood is considered as inelastic. Thirdly, due to its positive sign of cross price and income elasticity, Indonesian pulpwood can be considered as substitute and normal good. Lastly, implementing subsidy policy to reduce pulpwood price by 10 would increase quantity of Indonesia rsquo s pulpwood demanded in all markets. However, the share of demand will only increase in Korea and World market, while in China market the demand share would remain stable. And particularly in Japan market, the Indonesia demand share will slightly decrease. "
2016
T47475
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putut Purwandono
"ABSTRAK
Tesis ini membahas dampak masuknya maskapai berbiaya murah low-cost carrier terhadap perubahan jumlah penumpang internasional pada rute-rute penerbangan internasional di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Dengan memanfaatkan data dari 30 bandara internasional di Asia Timur dan Asia Tenggara serta analisis fixed-effect, penelitian ini mampu membuktikan bahwa masuknya maskapai tersebut mampu meningkatkan jumlah penumpang internasional secara signifikan. Namun demikian, dampak positif ini akan sedikit terkoreksi ketika jarak antara bandara asal dan bandara tujuan semakin jauh. Penelitian ini juga menemukan bahwa bertambahnya jumlah maskapai berbiaya murah pada rute-rute internasional jarak pendek mampu meningkatkan jumlah penumpang dengan signifikan

ABSTRACT
This master thesis studies the impact of low cost carrier LCC on the change of international air passenger movements in Southeast Asia and East Asia. By using data of 30 major international airports in Southeast Asia and East Asia and employing fixed effect model, this research is successful in finding the fact that LCC entry causes number of international air passenger to increase significantly. This impact however, is moderated as distance between origin and destination airports becomes longer. Furthermore, it is found that additional LCC company is effective to increase number of international air passenger for relatively short distance route"
2016
T47502
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Krisianto
"ABSTRAK
Dengan menggunakan kasus elektrifikasi di Kepulauan Seribu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak elektrifikasi terhadap kesejahteraan masyarakat dengan mengevaluasi dampaknya terhadap pengeluaran rumah tangga. Pada Februari 2008, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan mendapat aliran listrik PLN untuk pertama kalinya melalui sambungan kabel listrik bawah laut dari Jakarta. Selanjutnya pada tahap kedua, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mendapat jaringan listrik PLN pada Februari 2012. Pelaksanaan elektrifikasi secara bertahap tersebut, secara tidak langsung menciptakan kelompok treatment dan control yang ideal untuk dilakukannya penelitian evaluasi dampak elektrifikasi.Penelitian ini menggunakan metode Difference in Difference dimana Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan digunakan sebagai treatment group dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara sebagai control group. Tahun 2007 dipilih sebagai periode awal penelitian dan periode lanjutan adalah tahun 2008 sampai 2011. Hasil regresi menunjukkan bahwa elektrifikasi mengakibatkan dampak signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga khususnya pada tahun pertama dan kedua setelah elektrifikasi. Elektrifikasi meningkatkan pengeluaran rumah tangga total, makanan dan bukan makanan. Sedangkan pengeluaran transportasi turun signifikan. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa elektrifikasi dapat meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat yang ditunjukkan oleh peningkatan pengeluaran rumah tangga.

ABSTRACT
By using the electrification cases in Seribu Islands Regency, this research tries to analyze the impact of small islands electrification on community 39 s welfare by evaluating the household expenditures. In February 2008, the Indonesian South Seribu Islands district enjoyed its first electricity connection via submarine cables from the main island Jakarta. In a second stage, the North Seribu Islands district also got a submarine power connection in February 2012. Since the electrification is done gradually, it creates an ideal treatment and control group for impact evaluation methodology.This paper uses Difference in Difference method using the South Seribu Islands district as a treatment group, and the North Seribu Islands district as a control group. 2007 was selected as the baseline period with the follow up period from 2008 to 2011. The regression result shows that electrification gives a significant impacts on household expenditures particularly in the first two year after electrification. It increases the total, food, and nonfood expenditure. At the same time, the household expenditure for transportation purposes drop significantly. From these results, we may conclude that electrification can increase the community economic activity which is showed by the increasing of household expenditure"
2016
T47497
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heru Widiatmoko
"Salah satu industri andalan masa depan adalah industri kendaraan bermotor (otomotif) dimana telah menjadi salah satu industri prioritas dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan produktivitas (TFP) dan input-input produksi terhadap pertumbuhan sektor industri otomotif. Selain itu juga untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pertumbuhan Produktivitas (TFP), modal, tenaga kerja dan bahan baku terhadap pertumbuhan sektor industri otomotif selama kurun waktu 2003-2006. Observasi dilakukan terhadap Industri otomotif berdasarkan data per ISIC 4 angka versi 3 (International Standard Industrial Classification) terdiri ISIC 34100, ISIC 34200, ISIC 34300, ISIC 35911, ISIC 35912. Dalam mendapatkan nilai TFP industri otomotif ini, menggunakan teknik residual Solow dengan model fungsi produksi Cobb-Douglas. Pada fungsi produksi tersebut menggunakan variabel dependen nilai output industri dan variabel independen berupa kapital, tenaga kerja dan bahan baku. Setelah mendapatkan nilai TFP kemudian dilakukan pengujian terhadap variabel status kepemilikan, ukuran perusahaan, intensitas kapital, serta HHI pada industri kendaraan bermotor. Dari hasil pengujian tersebut pada variabel kepemilikan perusahaan dan ukuran perusahaan signifikan terhadap nilai TFP. Hasil analisis menunjukkan bahwa TFP untuk industri kendaraan bermotor milik PMA lebih besar dibandingkan milik lokal kecuali pada industri kendaraan roda 2, TFP industri kendaraan bermotor roda 4 memiliki TFP lebih tinggi dari industri kendaraan bermotor lainnya. Dengan demikian secara rata-rata industri milik asing memiliki pertumbuhan teknologi lebih tinggi dibandingkan milik lokal. Hal ini dikarenakan industri kendaraan bermotor asing lebih banyak menggunakan teknologi yang dibawa dari pihak prinsipal untuk melakukan transfer teknologi dalam proses produksi. Pada perhitungan nilai kontribusi untuk faktor input lebih berpengaruh daripada faktor teknologi dalam meningkatkan pertumbuhan output industri kendaraan bermotor. Kontribusi faktor bahan baku sangat mempengaruhi dalam pertumbuhan output industri kendaraan bermotor dibandingkan faktor modal dan tenaga kerja.

One of the mainstay industries for the future is the motor vehicle industry (automotive) which has become one of the priority industries in spurring economic growth. The purpose of this study was to determine the effect of productivity growth (TFP) and production inputs on the growth of the automotive industry sector. In addition, it is also to determine how much the contribution of productivity growth (TFP), capital, labor and raw materials to the growth of the automotive industry sector during the period 2003-2006. Observations were made on the automotive industry based on data per ISIC 4 number version 3 (International Standard Industrial Classification) consisting of ISIC 34100, ISIC 34200, ISIC 34300, ISIC 35911, ISIC 35912. In obtaining the TFP value of the automotive industry, using the Solow residual technique with the Cobb-Douglas production function model. The production function uses the dependent variable the value of industrial output and the independent variable in the form of capital, labor and raw materials. After obtaining the TFP value, the variables of ownership status, company size, capital intensity, and HHI are tested in the TFP of  motor vehicle industry. From the test results, the variable company ownership and company size are significant to the TFP value. The results of the analysis show that the TFP for the motorized vehicle industry owned by PMA is greater than that for locally owned vehicles except for the 2-wheeled vehicle industry, the TFP for the 4-wheeled motorized vehicle industry has a higher TFP than other motorized vehicle industries. Thus, on average, foreign-owned industries have higher technological growth than locally owned industries. This is because the foreign motorized vehicle industry uses more technology brought from the principal to transfer technology in the production process. In calculating the contribution value for the input factor is more influential than the technology factor in increasing the growth of motorized vehicle industry output. The contribution of raw material factors greatly affects the growth of motorized vehicle industry output compared to the factors of capital and labor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library