Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 45 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Choi Tae Hee
"ABSTRAK
Dengan diperkenalkannya e-Sports, game telah muncul sebagai budaya publik baru. Juga, itu memiliki efek positif pada industri terkait termasuk game, konten, penyiaran, IT dan lainnya. Studi tentang perilaku konsumen eSports diperlukan untuk vitalisasi berkelanjutan industri eSports. Dalam studi ini, kita akan membahas faktor pengembangan e-sports di Korea melalui kasus Riot Games(League of Legends) dan berkaitan dengan faktor-faktor Tipping point(Malcomm galdwell). Studi ini diharapkan menjadi dasar dari studi pengembangan e-sports, dan arah masa depan e-sports akan menjadi dasar untuk menetapkan strategi untuk pemasaran ke arah mana.

ABSTRACT
With the introduction of e-Sports, games have emerged as a new public culture. Also, it has had positive effects on related industries including game, contents, broadcasting, IT and more. Studies on eSports consumer behavior are required for the continuous vitalization of the eSports industry. In this study, we will discuss the factors of e-sports development in Korea through the Riot Games (League of Legends) case and related to the Tipping point
factors (Galdwell Malcomm).This study is expected to be the basis of the e-sports development study, and the future direction of e-sports will be the basis for establishing a strategy for marketing in which direction."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Nur Azizah Fermana Putri
"Perasaan FOMO memiliki unsur-unsur yang dapat memengaruhi keputusan pembelian seseorang. Perasaan FOMO dapat muncul akibat pengaruh orang terdekat, anggota keluarga, atau figur yang dikagumi oleh seseorang. Tulisan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa star power yang dimiliki selebriti media sosial Instagram berpengaruh terhadap perasaan FOMO yang dirasakan oleh audiensnya. Penelitian dilakukan melalui metode analisis konten terhadap Instagram brand Street Boba. Analisis konten dilakukan dengan melihat perbandingan jumlah like, jumlah komentar, dan isi komentar pada konten yang menampilkan seorang Instafamous Jovi Adhiguna dan konten yang khusus menampilkan produk Street Boba. Selain itu, analisis juga dibatasi dengan jenis konten (gambar dan gambar yang dapat digeser atau carousell) dalam batas periode unggahan 27 Juni 2020 sampai dengan 27 September 2020. Hasil penelitian menemukan bahwa konten yang memiliki elemen star power terbukti lebih menarik perasaan FOMO pada audiens dibandingkan konten yang hanya menampilkan visualisasi produk.

Fear of missing out (FOMO) has elements that could form attitudes and affect purchase intention. FOMO occurs from the influence of peers, family members, and an admirable figure. This study aims to prove star power that's possessed by a celebrity from social media Instagram has an impact on its audience's FOMO. This research uses content analysis method towards the brand Street Boba's Instagram. Content analysis was done by looking at the comparison of the number of likes, the number of comments, and the discussion in the comment section on content that displays the Instafamous Jovi Adhiguna and content that specifically displays Street Boba products. Furthermore, the analysis was also limited to content types (only image and image carousel) within the upload period from June 27, 2020 to September 27, 2020. The result of this study shows that content that has star power element proved to attract more FOMO in the audience compared to content that only displays product visualizations."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Luvina Alya Syakira
"Dalam E-WOM, terjadi interaksi antar konsumen yang dapat mempengaruhi purchase intention. Shopee merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan strategi E-WOM. E-WOM yang digunakan oleh Shopee berbentuk konten Shopee haul. Strategi konten haul juga digunakan oleh kompetitor Shopee. Tulisan ini bertujuan untuk membahas bagaimana Shopee haul dapat bertindak sebagai E-WOM dan pengaruhnya terhadap purchase intention. Melalui metode secondary research, tulisan ini akan membahas perbedaan Shopee haul dengan kompetitornya. Hal yang menjadi perbedaan Shopee dibandingkan kompetitornya adalah adanya fitur Shopee haul dalam aplikasi Shopee. Namun, tulisan ini menemukan bahwa potensi dari fitur Shopee haul yang ada di aplikasi Shopee belum berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, fitur Shopee haul yang ada di aplikasi Shopee belum dapat sepenuhnya mempengaruhi purchase intention. Di sisi lain, konten Shopee haul di media sosial terlihat memiliki potensi yang lebih besar.

In E-WOM, there is interaction between consumers that can affect purchase intention. Shopee is one of the companies that implement E-WOM strategy. The E-WOM used by Shopee is in the form of Shopee haul. Shopee’s competitors are also using haul content as their strategy. This paper aims to discuss how Shopee haul can act as an E-WOM and its influence on purchase intention. Through secondary research method, this paper will discuss the differences between Shopee haul and its competitors. What makes Shopee different from its competitor is the Shopee haul feature in the application. However, this paper finds that the potential of this feature has not been maximally developed. Therefore, the Shopee haul feature in the application has not been able to fully influence purchase intention. Meanwhile, Shopee haul content on social media seems to have greater potential."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Siti Nabila Widya Renjani
"[ ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelusuri nilai ekspektasi dan
kenyataan para konsumen online terhadap pengalaman saat belanja online.
Komunitas online telah menghadapi masalah dengan kepercayaan dan keamanan.
Hasilnya menjadikan konsumen tidak percaya untuk belanja online. Alat ukur
mengenai kualitas pelayanan telah digunakan untuk mengukur kesenjangan
antara nilai ekspektasi dan kenyataan para konsumen terhadap pengalaman saat
belanja online. Penelitian berdasarkan model SERVQUAL diuji kepada kelompok
penggemar belanja online di Melbourne untuk memahami aspek-aspek yang turut
berkontribusi terhadap kesenjangan diantara ekspektasi dan kenyataan para
konsumen. Singkat kata, konsumen online mencari keamanan dan jaminan
sebagai prioritas utama ketika mereka telibat dengan belanja online.
ABSTRACT The purpose of this paper is to explore the perceived and actual value of
online consumers towards online shopping experience. The problem the online
community has been dealing with was trust and security. The outcomes of those
actions were distrusts from consumers to shop online. A measurement of quality
service is used to measure the gaps between consumer?s perceived and actual
value towards online shopping experience. A research based on the SERVQUAL
model was conducted to a group of avid online consumers in Melbourne to
understand which aspect contributes the most to the gap of their expectations and
perceptions. In summary, online customers seeks security and assurance as the
top priority when engaging in online shopping experience, The purpose of this paper is to explore the perceived and actual value of
online consumers towards online shopping experience. The problem the online
community has been dealing with was trust and security. The outcomes of those
actions were distrusts from consumers to shop online. A measurement of quality
service is used to measure the gaps between consumer’s perceived and actual
value towards online shopping experience. A research based on the SERVQUAL
model was conducted to a group of avid online consumers in Melbourne to
understand which aspect contributes the most to the gap of their expectations and
perceptions. In summary, online customers seeks security and assurance as the
top priority when engaging in online shopping experience]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Adityatama Adriyadi
"[ ABSTRAK
Era globalisasi dimasa kini menjadikan semua hal menjadi berhubungan.
dengan demikian, banyak hal ekonomi, politik, dan hubungan budaya tidak dapat
dijelaskan dalam satu sudut pandang. Globalisasi merubah cara masyarakat
mengkonsumsi, bekerja dan hidup hampir diseluruh dunia. Perubahan ini disebut
modernisasi, fase dimana orang orang bergantung dengan teknologi. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak dalam hal merk global,
Samsung. Samsung adalah salah satu perusahaan besar yang juga
berspesialisasi di bidang smartphone. Studi ini focus pada bagaimana Samsung
berusaha untuk menjadi perusahaan global ternama dan mencari tahu faktor apa
saja yang mempengaruhinya. Teori Modernisasi digunakan untuk
mendeskripsikan bagaimana masyarakat selalu berkembang menjadi fasih dalam
penggunaan teknologi dan bagaimana hal tersebut merubah perilaku daya beli
mereka. Analisa SWOT juga digunakan untuk mecari tahu faktor contributor
lainnya yang berujung dengan kesuksesan strategi pemasaran Samsung. Singkat
kata, modernisasi membawa dampak besar dalam perilaku konsumen dan strategi
pemasaran global milik Samsung, juga pasar smartphone pada umumnya.
ABSTRACT The world today is in the era of globalization where everything seems to
be connected. Consequently many economic, political, and cultural relationships
are not explainable from one perspective. Globalization changes how people
consume, work, and live almost everywhere in this world. This change called
modernization, the phase when people are dependence with technology. The
purpose of this research is to explore its impact on a global brand, Samsung.
Samsung is one of the giant companies in the world that also specializing in
smartphone sector. This study focuses on how Samsung managed to change into a
major global company and find out what are the influencing factors. The
Modernization Theory is used to describe how the society is always developing to
become more technology savvy and how it changes their purchasing behavior.
SWOT Analysis is also used to investigate the contributing factors that result in
Samsung?s successful marketing strategy. In short, modernization brings a huge
impact towards consumer behavior and Samsung?s global marketing strategy as
well as the smartphone market in general, The world today is in the era of globalization where everything seems to
be connected. Consequently many economic, political, and cultural relationships
are not explainable from one perspective. Globalization changes how people
consume, work, and live almost everywhere in this world. This change called
modernization, the phase when people are dependence with technology. The
purpose of this research is to explore its impact on a global brand, Samsung.
Samsung is one of the giant companies in the world that also specializing in
smartphone sector. This study focuses on how Samsung managed to change into a
major global company and find out what are the influencing factors. The
Modernization Theory is used to describe how the society is always developing to
become more technology savvy and how it changes their purchasing behavior.
SWOT Analysis is also used to investigate the contributing factors that result in
Samsung’s successful marketing strategy. In short, modernization brings a huge
impact towards consumer behavior and Samsung’s global marketing strategy as
well as the smartphone market in general]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Athiya Dista Ramadhani
"ABSTRAK
Penelitian berjudul ?Peralihan Medium Komunikasi di Antara Generasi Muda Sebagai Dampak dari Munculnya Aplikasi Pesan Instan dan Media Sosial? membahas tentang apakah generasi muda melihat interaksi sosial di dunia maya sama halnya dengan interaksi langsung. Karena pada dasarnya komunikasi bersifat dinamis, dapat di pengaruhi oleh budaya, dan diubah oleh media dan teknologi, komunikasi selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Pada era digital sekarang ini, teknologi sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat dan sedikit banyak dianggap telah mempengaruhi alur komunikasi dari generasi muda dan merubah pengalaman komunikasi mereka dari apa yang telah dialami oleh generasi terdahulu. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk membuktikan hipotesis yang telah dikembangkan terlebih dahulu yang mengatakan bahwa kehadiran media sosial dan aplikasi pesan instan tidak berarti mengurangi kualitas komunikasi antar pengguna melainkan hanyalah sebatas peralihan alur komunikasi. Pembuktian dari hipotesis didapatkan melalui wawancara dan pengamatan dari cara pandang responden terpilih yang sesuai dengan kriteria penelitian

ABSTRACT
The research titled ?Shifting Communications platforms among youth due to the emergence of Instant Messaging and Social Media? discusses about whether youth, or the digital natives, perceive socializing digitally as similar to a physical face-to-face socialization. As communication is naturally dynamic, being affected by culture and being transformed by the media and technology, communication has always been changing from time to time. In today‟s digital era, technology has become a part of the society‟s culture and seems to affect the way of communications among the new generation, and alter their communication experience as different from the older generation. This qualitative research aims to testify the prior developed hypothesis saying that the emergence of social media and instant messaging do not necessarily reduce the quality of communication but a mere shift in platform through in depth interview and observations of the selected respondents who fit the research criteria.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tahlia Salima Motik
"ABSTRAK
Penelitian berjudul ?Snapchat: Alasan Dibalik Kebiasaan Ephemeral Messaging Antara Remaja di Jakarta? membahas tentang penggunaan Snapchat dari responden, fitur yang membuat Snapchat berbeda dari media sosial lain, dan bagaimana ?ephemeral messaging? menjadi kebiasaan antara mereka. Penelitian kualitatif ini mencoba untuk menganalisis hal tersebut menggunakan wawancara mendalam sebagai metodenya. Responden terdiri dari wanita dan pria remaja yang tinggal di Jakarta dan dapat dikategorikan sebagai pengguna aktif Snapchat. Hasil dari penelitian ini didasarkan dengan 2 tema dari teori Simbolik Interaksi (SI); Pentingnya Konsep Diri dan Hubungan antara individu dan masyarakat, dan Teori Media Ekologi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa responden menggunakan Snapchat untuk mengekspresikan diri mereka dan untuk ?eksis? dengan cara yang baik.

ABSTRACT
The research titled ?Snapchat: The Reasons Behind the Habit of Ephemeral Messaging Amongst Young Adults in Jakarta? discusses about the Snapchat?s usage of the respondents, feature that makes Snapchat different from other social media, and how ephemeral messaging became a habit among them. This qualitative research tries to analyze it by using in-depth interview as its data sampling method. The respondents are consisted of male and female young adults who live in Jakarta and categorized as active Snapchat users. According to Erik Erikson?s theory of psychosocial development, young adults entail 20 ? 24 year olds (Newman and Newman, 2011, p.69). The result of this research is based on two themes of Symbolic Interaction (SI) Theory; The Importance of the Self-Concept and The Relationship between the Individual and Society, and Media Ecological Theory. In conclusion, the respondents use Snapchat to express themselves and to be ?exist? in a good way
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hannanda Abdullah
"ABSTRAK
Situs jejaring sosial ada dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah YouTube. Salah satu bentuk iklan di youtube adalah iklan pre-roll. Banyak orang yang menolak untuk melihat iklan ini dan tujuan dari studi ini adalah mencari alasan kenapa orang melewatkan iklan pre-roll. Studi ini mengandalkan metode kajian literatur dengan teori disonansi kognitif dan beberapa elemen dalam iklan yang sukses sebagai konsep untuk mendukung temuan-temuan. Studi ini akan menganalisa dua macam iklan pre roll yang sukses, yaitu iklan pre-roll Geico dan iklan pre-roll La Casa Eco. Studi ini mengungkapkan bahwa beberapa iklan pre-roll yang sukses mempunyai beberapa elemen yang ada didalamnya untuk menumbuhkan rasa ingin tahu penonton.

ABSTRACT
Social networking sites come in many forms, and one of them is YouTube. Pre-roll advertisement is one of the advertising forms on YouTube. Many audiences refused to watch the pre-roll and the aim of this paper is to find the reason why people skip pre-roll ads. This research will rely on literature review to analyze the cognitive dissonance theory and the elements of successful advertisings as the main concept to back up the findings. This study will analyze two examples of successful pre-roll ads, the Geico and the La Casa Eco ad. This study also discovered that some of the successful pre-roll advertisements have several elements to ignite the viewers’ curiosity. "
[, ], 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Claudia Murrin
"ABSTRAK
Omnichannel marketing adalah sebuah pendekatan pemasaran yang mementingkan pengalaman konsumen yang ldquo;mulus rdquo; saat terjadi proses pemasaran. Untuk mencapai omnichannel marketing, pemasar menggunakan strategi O2O. Strategi O2O Online-to-Offline, dan Offline-to-Online , adalah strategi yang memadukan channel-channel online dan offline suatu toko untuk memudahkan konsumen. Setiap perusahaan memiliki strategi yang berbeda untuk mencapai omnichannel marketing, dan Ramayana memutuskan untuk bekerjasama dengan Tokopedia untuk menjalankan Strategi O2O. Tulisan ini dibuat untuk mengkaji strategi Ramayana tersebut dengan dibandingkan dengan perusahaan lain. Strategi yang dilakukan oleh Ramayana untuk mengandeng Tokopedia dapat memberikan manfaat-manfaat tersendiri bagi Ramayana jika dibandingkan dengan strategi pemasaran dari perusahaan lain, yaitu kepraktisan yang didapat oleh Ramayana karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan modal untuk menambah berbagai infrastruktur bagi konsumen dan penambahan khalayak sasaran bagi Ramayana yang berasal dari Tokopedia. Srategi tersebut juga berpotensi untuk digunakan oleh perusahaan lain di masa mendatang dengan banyaknya perusahaan baru yang memfasilitasi strategi tersebut di Indonesia.

ABSTRACT
Omnichannel Marketing is an approach that highlights the importance of a ldquo seamless rdquo consumer experience in a marketing process. To achieve an omnichannel marketing, marketers use O2O strategy. O2O strategy Online to Offline, and Offline to Online , is the strategy that combines online and offline channels of a shop to facilitate consumers in buying process. Each company has developed their own strategy to achieve omnichannel marketing, and Ramayana has decided to cooperate with Tokopedia to run its O2O Strategy. This paper examines the said strategy and compares it to other kinds of strategy. The decision to cooperate with Tokopedia has shown multiple advantages for Ramayana, such as the practicality since it eliminates the need to add more infrastructure of its own and the addition of target consumers from Tokopedia. Said strategy also shows potential in the upcoming future to be applied for other firms, since there are more upcoming new specialized firms that facilitate the strategy in Indonesia.
"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rian Adhi Purwanto
"ABSTRAK
Tulisan ini membahas tentang efektivitas iklan politik Partai Perindo yang ditayangkan di media massa elektronik yaitu stasiun televisi nasional. Iklan Partai Perindo menggunakan elemen musik berjudul ldquo;Mars Perindo rdquo; sebagai salah satu elemen di dalam kontennya. Lagu tersebut dimaksudkan sebagai penggambaran identitas dan ideologi dari Partai Perindo. Penayangannya dengan intensitas yang tinggi menjadikan iklan tersebut lebih mudah diingat sekaligus menimbulkan pro dan kontra di masyarakat sebagai khalayaknya. Di dalam penulisan ini, penulis membahas mengenai konten iklan tersebut serta apakah pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut dapat tersampaikan kepada khalayaknya. Hasil penulisan menyatakan bahwa objektif untuk menyampaikan identitas dan ideologi tidak tercapai.

ABSTRACT
This writing discusses about the effectiveness of political advertising of Partai Perindo Perindo Party which was aired on electronic mass media that is national television station. Partai Perindo commercial uses musical element titled ldquo Mars Perindo rdquo as one of elements in its content. Its high intencity airing makes it easier to be memorized and also arising both pro and contra between people as its audience. In this writing, the writer will discuss about contents of that commercial and also if the message that delivered on that commercial was able to be delivered to its audience. The result of this article states that objective to deliver the identity and ideology was not achieved."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>