Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
Tetet Kartilah
"
ABSTRAK
Masih rendahnva kualitas pelayanan keperawatan dan tingkat pendidikan perawat
direspon dengan berkembangnya program peningkatan pendidikan lanjut bagi perawat,
baik pelaksana maupun pengelola, dengan tujuan meningkatkan kompetensi dan kinerja
pelayanan keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah Tasikmalaya sejak tahun 1999
telah melaksanakan program tersebut dengan rnenyelenggarakan pendidikan DIII
Keperawatan Khusus bagi perawat lulusan SPK bekerja sama dengan Akper Depkes
Tasikmalaya, tetapi belum diketahui dampaknva terhadap pencapaian kompetensi dan
kinerja pelaksanaan tugas masing-masing.
Penelitian ini bermaksud mengidentifikasi kompetensi dan kinerja kepemimpinan
Kepala Ruangan di Rumah Sakit ...
"
2002
T3811
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Siregar, Muhammad Lufti
"
ABSTRAK
Peran kader kesehatan sebagai ujung tombak di bidang kesehatan sudah mulai
menurun ditandai dengan pemanfaatan posyandu hanya sebesar 13% dan 14%
kategori posyandu Purnama dan Mandiri . Sehingga dilakukan penelitian untuk
analisis hubungan peran kader pada UKBM di posyandu berdasarkan 2 (dua)
kriteria yakni kriteria kontekstual kelurahan dan kriteria Malcolm Baldrige, untuk
mendapatkan dari sisi mana dari keduanya yang dapat mempercepat peningkatan
peran kader kesehatan. Penelitian dengan 159 kader dari 32 posyandu. Uji yang
digunakan dengan Chi Square untuk melihat hubungan yang ...
"
Universitas Indonesia, 2013
T32730
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nasution, Wita Nursanthi
"
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran kepatuhan petugas kesehatan di RSUD Pasar Rebo dalam Pencegahan dan Pengendalian Infeksi terkait rawat inap, meneliti hubungannya dengan faktor predisposisi, penguat dan pemungkin dan juga perbedaan pengetahuan, sikap dan persepsi pada ruang rawat inap kelas 3 RSUD Pasar Rebo.
Penelitian menggunakan metode observasional kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Data primer melalui observasi langsung dan pengisian kuesioner oleh petugas kesehatan yang bekerja di ruang rawat inap kelas tiga. Faktor yang diukur adalah ...
"
Universitas Indonesia, 2013
T32792
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Liana Zulfa
"
ABSTRAK
Rumah Sakit Ibu dan Anak Puspa Husada saat ini masih
menerapkan pelayanan administrasi secara manual baik dari pengumpulan data
pasien, pengumpulan tagihan pasien, serta perhitungannya. Hal ini dinilai kurang
efektif karena mengakibatkan waktu pelayanan yang lama, terutama bagi pasien
rawat inap. Rumah Sakit Ibu dan Anak Puspa Husada bermaksud
mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) secara
bertahap yang dimulai dari computerized billing system pada instalasi rawat inap.
Billing system yang tepat waktu dan akurat sangat dibutuhkan untuk
meningkatkan pelayanan kesehatan yang efisien ...
"
2013
T32624
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Kadek Sri Mulya Wati
"
ABSTRAK
Kepuasan pelanggan menjadi aspek yang sangat penting sehingga harus dikelola
dengan baik. Rendahnya kepuasan dalam suatu proses layanan rumah sakit dapat
berdampak tidak terselesaikannya pembayaran oleh pasien (minggat), yang berimbas
pada pasien tidak akan datang kembali atau terjadi kehilangan pelanggan. Beberapa
masalah yang masih sering dikeluhkan oleh pasien adalah lamanya waktu tunggu.
Waktu tunggu dicari dengan melakukan pengamatan terhadap pasien yang melakukan
proses pelayanan di rawat jalan, kemudian diukur kepuasannya, dan ditanyakan pula
mengenai niat kunjugan ulangnya. Disimpulkan bahwa waktu tunggu pelayanan
rawat ...
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42394
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ni Gusti Puthu Mariyanti
"
ABSTRAK
Pelayanan terhadap pasien umum di Rumah Sakit Tk II Udayana merupakan salah
satu kegiatan yang sangat penting karena pemanfaatan kapasitas lebih di rumah sakit bagi
pasien umum dapat membantu masyarakat diluar pasien dinas dari sisi kesehatan
disamping sebagai cosharing bagi pasien dinas. Adanya fenomena penurunan jumlah
pasien umum yang rawat inap pada tahun 2010-2012 maka perlu dicari faktor-faktor yang
menyebabkan penurunan kunjungan terutama dari sisi kualitas pelayanan.
Tujuan penelitian adalah menganalisis persepsi kualitas layanan dan loyalitas
pasien umum terhadap Rumah Sakit TK ...
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42040
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Alwi Alhabsyi
"
ABSTRAK
Di Indonesia pembayaran kapitasi kepada fasilitas kesehatan primer (Puskemas dan DP) telah dilakukan oleh PT . Askes sejak tahun 1991. Rumah Sakit swasta seperti Metropolitan Medical Centre (MMC) pada tahun 2000 telah menjalin kontrak kapitasi dengan jumlah cakupan 2.000 orang dan besaran kapitasinya adalah Rp l75.000,- per kapita per bulan. Tahun 2004 MMC bersedia dikontrak kapitasi dengan jumlah cakupan minimal 3.000 orang dan besaran kapitasinya Rp 350.000,- per orang per bulan (Ima, 2004).
Dalam program Askeskin, ...
"
Depok:
2007
D647
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Asrofi Sueb Surachman
"
ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang kelayakan pendirian Hospital Social Responsibility ( HSR ) di 7 RS TNI-AD TK II dalam rangka lebih mendayagunakan kegiatan bakti sosial. HSR semacam ini sudah dimiliki oleh RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad sebagai RS TNI-AD TK I, sejak 4 tahun yang lalu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis isi ( content analysis ). Hasil penelitian menyarankan agar Kepala RS TNI-AD TK II atau atasannya untuk membuat surat perintah atau surat keputusan ...
"
Universitas Indonesia, 2013
T31332
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Regina Angelia Suwignjo
"
ABSTRAK
Kepemimpinan tranformasional menjadi faktor yang paling penting dalam
membangun iklim keselamatan pasien demi pelayanan kesehatan yang
mengutamakan keselamatan pasien dan mengurangi kejadian tidak diharapkan
(KTD). Indikator kepemimpinan transformasional adalah stimulasi intelektual,
motivasi inspirasional, idealisasi pengaruh, dan konsiderasi individual. Indikator dari
iklim keselamatan pasien adalah komitmen manajemen, pemberdayaan pegawai,
sistem pelaporan, sistem hadiah, dan identitas organisasi. Tujuan penelitian adalah
memperoleh faktor-faktor kepemimpinan yang berpengaruh dalam iklim keselamatan
pasien dan faktor kepemimpinan yang paling dominan berpengaruh dalam iklim
keselamatan pasien di Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong. ...
"
2014
T38599
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Luky Dwiantoro
"
ABSTRAK
Gizi buruk, AKI dan AKB masih menjadi masalah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku merawati tim pelayanan kesehatan primer dengan capaian program gizi dan KIA di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama studi kualitatif untuk membangun konstruk instrumen perilaku merawati tim pelayanan kesehatan primer program gizi dan KIA; tahap kedua studi kuantitatif untuk melihat hubungan antara perilaku merawati tim pelayanan kesehatan primer dengan capaian program gizi dan KIA. Wawancara ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
D1979
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library