Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Nadhira Dwiathayya
"Skripsi ini bertujuan untuk menelusuri pembentukan tempat oleh penulis cerita untuk hadir sebagai karakter melalui signifikansinya terhadap plot. Suatu tempat di narasi pada dasarnya dibentuk oleh penulis cerita, tetapi kehadirannya cenderung diposisikan sebagai pelengkap. Dengan melepas tempat dari definisinya sebagai latar, terdapat potensi untuk mereposisinya dari sekadar latar menjadi karakter melalui pemaknaannya terhadap cerita yang ada. Skripsi ini akan mengkaji tempat pada cerita fiksi untuk melihat bagaimana penulis cerita membentuknya sebagai karakter melalui basis teori narrative, place, character, serta pemaknaan tempat melalui critical worldbuilding. Melalui studi kasus, ditemukan bahwa interelasi antara tempat dengan elemen lain pada cerita akan membentuk suatu tempat yang terikat secara kausal, menjadikannya khas terhadap cerita serta turut berkembang seiring jalannya cerita. Keterikatannya dengan elemen lain pada cerita membuat kehadiran tempat menjadi signifikan terhadap plot yang ada, untuk kemudian mereposisinya sebagai karakter pada cerita tersebut.
This thesis aims to explore the construction of place by a story author to be positioned as a character through its significance to the plot. A place in a narrative is shaped by the author, but the presence of a place tends to be positioned as a complement. By detaching place from its definition of setting, there is a potential to reposition it from a mere setting element to a character through its meaning to the story. This thesis will examine a place in a fictional story to see how the story author shape it as a character through the basis of narrative theory, place, character, as well as the construction of meaning in fictional places through critical worldbuilding. The study reveals that the interrelation between place and other elements in the story will form a place that is causally tied, making it particular to the story and dynamic as the story progresses. The interrelatedness with other elements of the story makes the place significant to the plot, therefore repositions it as a character of the story."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fahrel Farda Khairi Somawiharja
"Dunia fiksi telah menjadi elemen penting dalam karya sastra, film, dan media interaktif, khususnya dalam industri kreatif global. Penelitian ini menganalisis kelayakan dunia fiksi sebagai ciptaan yang dapat dilindungi oleh hak cipta, dengan menitikberatkan pada doktrin dikotomi ide-ekspresi. Doktrin ini membedakan antara ide dan ekspresi konkret. Dalam konteks ini, dunia fiksi yang diwujudkan melalui proses worldbuilding yang mencakup pembuatan elemen-elemen narasi seperti karakter dan desain visual. Penelitian ini mengkaji konsep dunia fiksi melalui kerangka hukum nasional (UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta) dan internasional (Konvensi Bern dan TRIPS). Analisis lebih lanjut dilakukan menggunakan contoh kasus dunia fiksi Lands Between dalam Elden Ring dan Warhammer 40k, yang menunjukkan bagaimana dunia fiksi dapat diintegrasikan ke dalam perlindungan hak cipta melalui ekspresi kreatif yang spesifik. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa dunia fiksi layak dilindungi oleh hak cipta apabila memenuhi syarat orisinalitas, unsur pembeda yang unik, dan keterhubungan elemen-elemen fundamental dalam narasi.
The fictional world has become a significant element in literature, film, and interactive media, particularly in the global creative industry. This study analyzes the feasibility of fictional worlds as creations eligible for copyright protection, focusing on the idea-expression dichotomy doctrine. This doctrine distinguishes between ideas and their concrete expressions. In this context, fictional worlds are realized through the process of worldbuilding, which includes creating narrative elements such as characters and visual designs. This study examines the concept of fictional worlds through the legal framework of national law (Law No. 28 of 2014 on Copyright) and international regulations (the Berne Convention and TRIPS Agreement). Further analysis is conducted using case studies of the fictional worlds in Lands Between from Elden Ring and Warhammer 40k, demonstrating how fictional worlds can be integrated into copyright protection through specific creative expressions. The findings of this study affirm that fictional worlds are eligible for copyright protection if they meet the requirements of originality, unique distinguishing elements, and interconnectedness of fundamental narrative components."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library