Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Restuning Dyah Widyanti
"
ABSTRAKBerdasarkan teori Human Capital, the rate of return to education merupakan tingkat pengembalian investasi pendidikan. Pendidikan tidak hanya memiliki keuntungan positif namun juga dapat mempengaruhi peningkatan ketimpangan upah. Perbedaan tingkat pengembalian investasi pendidikan pada kuantil upah yang berbeda, baik di antara pekerja dengan tingkat pendidikan yang berbeda maupun antar pekerja dengan tingkat pendidikan yang sama, dapat menyebabkan adanya ketimpangan upah. Tujuan paper ini adalah untuk mencari tahu hubungan antara return to education atau tingkat pengembalian investasi pendidikan dengan ketimpangan upah di Indonesia. Teknik regresi kuantil digunakan untuk mendapatkan koefisien tingkat pengembalian investasi pendidikan pada tingkat upah yang berbeda. Hasil regresi menunjukkan bahwa pendidikan berkontribusi terhadap ketidakmerataan upah dikarenakan terdapat variasi yang signifikan pada tingkat pengembalian investasi pendidikan pada setiap kuantil upah dan juga terdapat peningkatan wage dispersion yaitu pemberian upah yang berbeda pada pekerja dengan tingkat pendidikan yang sama. Selanjutnya, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat pengembalian investasi pendidikan juga mempunyai hubungan positif dengan lama studi dan tingkat pendidikan.
ABSTRACTAccording to the Human Capital Theory, the rate of return to education is viewed as the rate of return investment and the individual income is the product of the accumulated investment. Despite the beneficial effects of human capital development on economic growth as a result of an overall increase in skilled labor, it can also lead to negative outcomes such as income inequality. More specifically, the difference in the return to education across the quantile of wage can result in wage dispersion between and within education groups. This paper investigates the association between return to education and wage inequality in Indonesia. The quantile regression technique is applied to compute the return on the investment at different points of wage distribution. The main findings are that education contributes to an increasing wage inequality due to the significant variation in the rate of return to education in every quantile of wage and the increasing wage dispersion within the same education. Furthermore, this study also derives that the return to education in Indonesia has a positive correlation with the duration of school and a higher level of educational attainment."
2017
T49689
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Restuning Dyah Widayanti
"
ABSTRAKPenting bagi pemerintah untuk mengenali faktor-faktor yang menyebabkan meningkatnya kecenderungan ketidaksetaraan pendapatan di Indonesia karena koefisien Gini meningkat antara tahun 1996 dan 2016. Selain itu, ketidaksetaraan upah, yang diwakili oleh presentase persentil yang tinggi dan persentil yang rendag, juga menunjukkan kesenjangan yang meluas sejak 2003. penelitian ini berfokus pada faktor percepatan ketimpangan upah melalui pendekatan sisi penawaran yang mengikuti model persamaan upah mincerian. Secara khusus, makalah ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara tingkat pengembalian pendidikan dan ketimpangan upah di Indonesia. Metode regresi kuantitatif diterapkan untuk menghitung tingkat pengembalian investasi pada berbagai titik distribusi upah. Temuan utamanya adalah bahwa pendidikan berkontribusi terhadap peningkatan ketimpangan upah karena variasi tingkat pengembalian pendidikan yang signifikan dalam jumlah yang berbeda dan meningkatnya dispersi upah dalam pendidikan yang sama."
Jakarta: Faculty of Economic and Business UIN Syarif Hidayatullah, 2018
330 SFK 7:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library