Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Yulita Astriani Putri
"
[ABSTRAKbr
Perilaku voice pegawai, yang didefinisikan sebagai tingkah laku pemberian saran inovatif dan konstruktif, dapat mendatangkan banyak dampak positif bagi organisasi. Di sisi lain, voice dapat mengancam bagi hubungan interpersonal pegawai yang melakukannya. Penelitian ini menginvestigasi karakteristik unik tersebut dengan menyoroti interaksi faktor situasional berupa kohesivitas kelompok dengan faktor individu berupa kepemilikan ide dan voice efficacy. Sampel penelitian ini adalah 244 pegawai di salah satu institusi pemerntahan. Hasil analisis statistik menunjukan kepemilikan ide dan voice efficacy ...
"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59020
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Achmad Nizar
"
PT. XYZ perusahan yang bergerak di bidang jasa keuangan non-bank, dituntut untuk terus berinovasi. Untuk dapat memunculkan inovasi, sangat penting adanya kontribusi dari seluruh karyawan. Kontribusi tersebut diantaranya melalui perilaku karyawan untuk bersuara yaitu perilaku proaktif yang bersumber dari diri atau inisiatif, berorientasi ke depan, dan bertujuan untuk meningkatkan suatu kondisi tertentu. Di sisi lain struktur organisasi yang birokratis menjadikan perilaku bersuara menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk dikembangkan. Untuk mendorong terjadinya perilaku bersuara, faktor ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mutia Almira Rachmazamiati
"
[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara voice efficacy dan psychological safety dengan employee voice behavior dengan persepsi bawahan terhadap perilaku etis atasan sebagai moderator. Employee voice behavior diukur dengan menggunakan alat ukur dari Van Dyne dan LePine (1998), psychological safety diukur dengan alat ukur yang dikembangkan oleh Edmondson (1999), dan persepsi bawahan terhadap perilaku etis atasan diukur melalui Ethical Leadership Scale (Brown, TreviƱo, & Harrison, 2005). Hasil analisis menggunakan 244 data peer-report employee voice behavior ...
"
2015
T43938
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Widya Maharisa
"
Although employee silence is already well-known to cause harms to both employees and organizations, less is known about the individual and situational factors that can influence it. This study reveals the relationships among acquiescent silence, defensive silence, psychological contract breaches, job-based psychological ownership, voice efficacy, psychological safety and task cohesion. Employing scales with good reliability scores (α between 0.8 to 0.95), we conducted a survey on a sample of of 260 public employees of an ...
"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
PDF
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library