Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Satria Jetmelin Pamungkas
"Skripsi ini berisi tentang kajian mengenai bagaimana seseorang melakukan wayfinding tanpa adanya destinasi yang spesifik, saat ia bernavigasi di dalam sebuah lingkungan. Di dalam skripsi ini juga akan dibahas mengenai peran environment terhadap pemilihan rute oleh para pelaku wayfinding. Elemen lingkungan seperti apa yang akan mengundang pelaku wayfinding dan elemen lingkungan apa yang akan menjadi sesuatu yang membuat pelaku wayfinding untuk memilih rute yang lain. Tulisan ini mengungkapkan bahwa untuk melakukan wayfinding tanpa adanya destinasi yang spesifik. pelaku wayfinding tetap memiliki sebuah goal yang menyebabkannya untuk melakukan wayfinding tersebut, cara ia melakukan wayfinding ditentukan berdasarkan dengan goal yang ia miliki. Hasil observasi dapat berguna untuk mendesain suatu lingkungan terbangun dimana lingkungan tersebut dapat menjadi pemicu untuk membuat orang melakukan eksplorasi di dalam suatu lingkungan. Studi Kasus dilakukan dengan cara melakukan observasi seseorang melakukan wayfinding di dalam ruang virtual 3D video game, yaitu di dalam open world video game. Fokus utama di dalam open world video game adalah untuk menjelajah atau bereksplorasi di dalam suatu lingkungan.
This study investigates how someone is doing wayfinding without any specific destination in mind when navigating inside an environment. This study will also investigate the role of the environment on how someone might choose their route, what kind of environmental element that would attract someone to go to its direction and what kind of element would repel someone from coming close to it. This study reveals that to do a wayfinding without any specific destination the wayfinder still needs to have a goal in mind that forces them to do wayfinding in which the goal affects how someone is doing the wayfinding in the first place. The result of this study could be used to create an environment where the environment itself could entice the users to explore the environment and have an enjoyable experience while doing so. The study case was done by observing a few people that were performing wayfinding inside a virtual environment that is a 3d video game, specifically an open world video game where the focus of the game is to explore inside an environment. The There are of course objectives and places that the players have to go to inside the game but the player could just roam and explore while ignoring the objective and don’t have to go to any specified destination."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Marisa Edwina
"Misalkan G= V,E adalah suatu graf dengan V adalah himpunan simpul dan E adalah himpunan busur. Ketetanggaan pada suatu graf dapat direpresentasikan dengan matriks adjacency dan matriks antiadjacency. Sifat determinan matriks adjacency graf tak berarah dan sifat determinan matriks antiadjacency pada graf berarah telah dibahas, akan tetapi sifat determinan matriks antiadjacency pada graf tak berarah belum mendapat perhatian oleh para peneliti. Penelitian ini memberikan sifat determinan matriks antiadjacency pada beberapa graf hasil operasi dua graf seperti gabungan, join, korona dan penambahan satu simpul daun.
Let G V,E be a graph with V is a set of vertices and E is a set of edges. Adjacency of vertices in a graph can be represented by adjacency matrix and antiadjacency matrix. Properties of determinant of an adjacency matrix in undirected graphs and properties of determinant of an antiadjacency matrix of directed graphs have been discussed. However, properties of determinant of an antiadjacency matrix of undirected graph have not been explored yet. This undergraduate thesis provides properties of determinant of an antiadjacency matrix of several graph operations such as union, join, corona and adding one leaf vertex. "
2016
S66019
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library